Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 29, 2015

Wisata Kuala Lumpur, Perpaduan Modern dan Klasik di Ibu Kota Malaysia

Salam Traveling!

Selain destinasi wisata pertama kita kali ini adalah ibukota negara Malaysia, Kuala Lumpur.

Kuala Lumpur, atau sering disingkat dengan KL, merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar di Malaysia. Secara geografis, Kuala Lumpur terletak di Lembah Klang (Klang Valley), wilayah barat Semenanjung Malaysia. Di sebelah timur kota ini dibatasi oleh Pegunungan Titiwangsa, dan di sebelah barat dengan Selat Malaka. Kota ini juga terletak di pertemuan dua sungai, Gombak dan Klang, sehingga diberi nama Kuala Lumpur. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,7 juta jiwa pada tahun 2015. Istana Negara Malaysia terletak di Kuala Lumpur, tetapi kantor pusat Parlemen Malaysia tidak terletak di kota ini, melainkan di Putrajaya. Bandara internasional utama Malaysia, Kuala Lumpur International Airport, terletak di kota ini. Kuala Lumpur juga mendapat julukan sebagai Truly Asia, karena di kota ini merupakan perpaduan 3 etnis terbesar di Asia, yaitu Melayu, Cina, dan India.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Kuala Lumpur? Berikut 10 diantaranya:

1. Petronas Twin Towers

Petronas Twin Towers, Kuala Lumpur
Petronas Twin Towers
Petronas Twin Towers (Menara Petronas) merupakan landmark nomor satu di Kuala Lumpur sekaligus ikon utama negara Malaysia. Menara kembar ini terletak di Jalan Ampang, pusat kota Kuala Lumpur (Kuala Lumpur City Center / KLCC). Menara berarsitektur Postmodern ini memiliki tinggi 452 meter. Menara ini mulai dibuka pada tahun 1996 dan hingga tahun 2004 merupakan yang tertinggi di dunia sebelum dilampaui oleh menara Taipei 101 di Taiwan. Menara ini memiliki 88 lantai yang bisa diakses oleh publik. Untuk masuk ke dalam, pengunjung harus membeli karcis terlebih dahulu. Di lantai 41 dan 42 terdapat sky bridge yang menghubungkan kedua menara. Dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian 175 meter. Di lantai dasar menara terdapat mall Suria KLCC, Art Gallery, Aquaria KLCC, dan Science Center. Di halaman luar menara terdapat KLCC Park, taman luas yang dilengkapi dengan walking path, kolam, air mancur, serta playground. Menara ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

2. KL Tower

KL Tower, Kuala Lumpur
KL Tower
Objek wisata kedua adalah KL Tower atau Menara Kuala Lumpur. Menara ini terletak di Jalan P Ramlee, pusat kota Kuala Lumpur. KL Tower merupakan menara telekomunikasi setinggi 421 meter yang dibangun di atas Taman Nasional Bukit Nanas. Menara ini pertama kali dibuka pada tahun 1996 dan memiliki 6 lantai. Selain tujuan telekomunikasi, menara ini juga digunakan untuk tujuan observasi hilal (Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah) serta pariwisata. Sama seperti Petronas Towers, di menara ini pengunjung juga bisa membeli tiket masuk ke menara dan menikmati suasana kota Kuala Lumpur dari viewing deck. Meski tinggi menara lebih rendah dari Petronas Towers, tetapi viewing deck KL Tower lebih tinggi daripada viewing deck Petronas Towers.

3. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka, Kuala Lumpur
Objek wisata ketiga adalah Dataran Merdeka atau Merdeka Square, yang terletak di Jalan Raja, pusat kota Kuala Lumpur. Dataran Merdeka merupakan sebuah lapangan yang terletak di depan Kompleks Bangunan Sultan Abdul Samad. Di lapangan inilah dulunya bendera kolonial Inggris diturunkan dan bendera negara Malaysia pertama kali dikibarkan. Bangunan Sultan Abdul Samad yang terletak di sekeliling lapangan adalah kompleks bangunan beraksitektur Moghul India yang dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1897. Saat ini Dataran Merdeka adalah tempat dilangsungkannya parade Hari Kemerdekaan Malaysia.


4. Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia
Masjid Negara Malaysia
Terletak di Jalan Perdana, pusat kota Kuala Lumpur. Masjid Negara Malaysia atau yang juga dikenal dengan nama National Mosque of Malaysia, adalah masjid nasional yang dibangun sebagi simbol kemerdekaan Malaysia, sama seperti Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid berarsitektur modern ini perama kali dibuka pata tahun 1965. Masjid ini terletak di lahan seluas 5,3 hektar dan dikelilingi oleh taman yang luas.  Ciri khas utama masjid ini adalah minaret setinggi 73 meter dan atap masjid yang berbentuk bintang segi-16. Masjid ini dapat menampung sekitar 15.000 jamaah. Di taman sekitar masjid juga terdapat kolam dan air mancur. Di sebelah masjid terdapat Makam Pahlawan, tempat dimakamkannya beberapa pemimpin Muslim Malaysia.

5. Masjid Jamek

Masjid Jamek, Kuala Lumpur
Masjid Jamek, Kuala Lumpur
Objek wisata kelima adalah Masjid Jamek atau Jamek Mosque, sebuah masjid cantik yang terletak di Jalan Mahkamah Persekutuan, pusat kota Kuala Lumpur. Masjid ini terletak tepat di samping Masjid Jamek LRT Station. Masjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur yang dibangun pada tahun 1909. Ukuran masjid tidak terlalu besar serta hanya memiliki 2 minaret. Meski demikian arsitektur masjid ini sangat indah, yang merupakan gabungan arsitektur Moor, Indo-Sarasenic dan Mughal, hampir serupa dengan bangunan Sultan Abdul Samad yang terletak di Dataran Merdeka. Masjid ini terletak di persimpangan Sungai Klang dan Sungai Gombak. Di dekat masjid ini terdapat tempat wisata yang juga sering dikunjungi yaitu China Town dan Little India.

6. Batu Caves

Batu Caves, Kuala Lumpur
Batu Caves, Kuala Lumpur
Terletak di Gombak, 13 km di sebelah utara Kuala Lumpur. Batu Caves merupakan perbukitan batu kapur yang telah berusia lebih dari 400 juta tahun. Di bukit ini terdapat banyak gua kapur dan kuil suci umat Hindu. Yang paling terkenal adalah Cathedral Cave atau Temple Cave. Untuk mencapai gua tersebut pengunjung harus mendaki sekitar 272 anak tangga. Di bagian pintu masuk terdapat patung Dewa Murugan yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Nama Batu sendiri diambil dari nama Sungai Batu yang mengalir di wilayah ini. Tempat ini akan ramai dikunjungi oleh umat Hindu pada saat festival Thaipusam. Untuk mencapat Batu Caves dari KL Sentral bisa menggunakan komuter rute Batu Caves-Port Klang.


7. Lake Garden

Lake Garden, Kuala Lumpur
Lake Garden
Terletak di Jalan Perdana atau Venning Road, Kuala Lumpur. Lake Garden atau yang nama resminya Perdana Botanical Gardens, merupakan taman rekreasi terluas di Kuala Lumpur, dengan luas 91,6 hektar. Sebelumnya taman ini bernama Taman Tasik Perdana. Taman ini dibangun pada tahun 1888 untuk menyediakan suasana yang tenang dan asri bagi penduduk di tengah kesibukan kota Kuala Lumpur. Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa berjalan kaki dari Kuala Lumpur Sentral, atau bisa juga dengan menggunakan bis RapidKL kode B112 dari Pasar Seni. Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore. Tiket masuk, untuk dewasa RM 2 dan untuk anak-anak RM 1. Di sekitar taman ini terdapat beberapa objek wisata yang lain seperti National Monument, Deer Park, Hibiscus Garden, Orchid Garden, Kuala Lumpur Bird Park dan Kuala Lumpur Butterfly Park

8. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur Bird Park
Kuala Lumpur Bird Park
Terletak di Jalan Cendrawasih, bersebelahan dengan Lake Garden. Sama seperti Jurong Bird Park di SingaporeKuala Lumpur Bird Park atau yang juga dikenal dengan nama Taman Burung Kuala Lumpur, merupakan taman burung yang publik yang terletak di Kuala Lumpur. Taman burung seluas 8,5 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1991. Sebelum itu taman burung ini  merupakan bagian dari Lake Garden. Di taman ini terdapat lebih dari 3.000 burung dari 200 spesies di seluruh dunia, 90% merupakan spesies lokal dan 10% merupakan spesies yang didatangkan dari luar Malaysia. Atraksi wisata utama adalah Bird Watching. Selain itu di taman ini juga terdapat berbagai flora dan fauna. Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore. Untuk mencapai taman burung ini bisa menggunakan bis, RapidKL, dan KTM.

9. Bukit Bintang

Bukit Bintang, Kuala Lumpur
Bukit Bintang
Bagi penggemar shopping, ini pasti tempat wisata favorit. Bukit Bintang merupakan shopping center, pusat hiburan dan kuliner di Kuala Lumpur. Hampir semua mall terkenal di Malaysia ada disini seperti Berjaya Times Square, Imbi Plaza, Pavilion KL, Fahrenheit 88, Low Yat Plaza, Starhill Gallery, Sungei Wang Plaza, dan Lot 10. Tempat ini bukan hanya untuk penggemar shopping, tetapi juga untuk penggemar kuliner. Masih di area Bukit Bintang, terdapat satu jalan yaitu Alor Road. Di sinilah pusat street food atau kuliner murah di Kuala Lumpur.


10. Central Market / Pasar Seni

Central Market, Kuala Lumpur
Central Market
Central Market atau lebih dikenal dengan nama Pasar Seni adalah pasar yang terletak di pusat kota Kuala Lumpur. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Kompleks bangunan pasar memiliki 2 lantai dan konsep yang digunakan adalah pasar tradisional, jadi jauh beda dengan mall atau shopping center di Kuala Lumpur. Lantai dasar merupakan tempat untuk toko, kios, dan para pedagang dari beberapa etnis: Melayu, China, dan India. Sedangkan di lantai dua khusus diperuntukkan bagi kedai makanan dan minuman. Wisatawan bisa membeli souvenir, merchandise, dan barang-barang lain khas Malaysia dengan harga murah di pasar ini.

Nah, itulah 10 landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Kuala Lumpur, Malaysia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar:

  1. Wahh keren nih artikelnya. kunjungin juga http://otwbali.com buat referensi tempat wisata di Bali.

    BalasHapus