Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2015-06-25

10 Taman Nasional Tujuan Wisata Alam di Alaska, Amerika Serikat

Salam Traveling!
Selain mengunjungi kota-kota wisata di Amerika Serikat, ada satu negara bagian yang merupakan tujuan favorit para pencinta alam. Negara bagian tersebut adalah Alaska, yang memiliki area taman nasional yang sangat luas dengan beragam flora dan fauna.

Sunset di salah satu taman nasional di Alaska - foto oleh Pickpik
Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat (A.S.) yang terpisah dengan daratan utama. Negara bagian ini terletak di sebelah barat Kanada, berbatasan langsung dengan kutub utara dan Samudra Artik di sebelah utara. Alaska merupakan negara bagian terluas di Amerika Serikat tetapi memiliki kepadatan penduduk yang paling sedikit. Meski demikian, negara bagian ini merupakan salah satu tujuan utama wisata terutama bagi pecinta alam dan aktivitas outdoor. Wilayah Alaska dibagi menjadi 5 region: Far North, Interior, Southwest, Southcentral, dan Inside Passage & Southeast. Sebagian besar wilayah Alaska berupa hutan lindung, cagar alam, dan taman nasional.

Berikut ini 10 taman nasional (national park) dan cagar alam (national preserve) utama di Alaska, Amerika Serikat:

1. Denali National Park & Preserve

Denali National Park & Preserve - foto oleh Denali National Park & Preserve/Flickr
Denali National Park & Preserve terletak di perbatasan wilayah Interior dan Southcentral Alaska, dengan luas sekitar 2,4 juta hektar. Puncak tertinggi di Amerika Utara, Mount McKinley, merupakan pusat taman nasional ini. Vegetasi yang hidup disini antara lain hutan taiga dan tundra. Sedangkan jenis fauna, terdapat sekitar 37 spesies mamalia, seperti moose, karibu, serigala, dan beruang grizzly; serta 130 spesies burung termasuk golden eagle. Setiap tahun, sekitar 432 ribu wisatawan yang datang ke taman nasional ini. Yang menarik dari Denali adalah terdapat jalan di sepanjang area taman nasional, Denali Park Road, yang memudahkan bagi pengunjung untuk mengelilingi tempat ini dengan bis atau mobil. Di sini juga terdapat 4 camping area: Sanctuary River, Teklanika River, Igloo Creek, danWonder Lake. Dari kota Anchorage maupun Fairbanks Denali dapat diakses melalui George Park Highways atau Alaska Railroad.

2. Kenai Fjords National Park

Kenai Fjord National Park - foto oleh James St. John/Flickr
Kenai Fjord National Park terletak di tepi Kenai PeninsulaSouthcentral Alaska. Dinamakan Fjords karena di sini terdapat banyak fjord yang terbentuk dari gletser yang mengalir dari pegunungan. Sekitar 38 gletser, dan yang terbesar adalah Bear Glacier. Ekosistem Alpine mendominasi vegetasi di sini. Sedangkan untuk hewan antara lain: mamalia darat seperti brown bear, black bear, moose, dan mountain goat; mamalia laut seperti sea otter, harbor seal, Steller sea lion dan orca; spesies burung seperti bald eagle, puffin dan falcon. Dari Seward, taman nasional ini bisa diakses melalui Seward Highway, tetapi pengunjung yang datang ke sini umumnya lebih suka menggunakan cruise ship.

3. Katmai National Park & Preserve

Beruang di Katmai National Park & Preserve - foto oleh Victoria Bahena Lanzagorta/Wikimedia Commons
Katmai National Park & Preserve terletak di wilayah Southwest Alaska. Taman nasional dengan luas 1,6 juta hektar ini terkenal dengan Valley of Ten Thousand Smokes dan beruang coklat. Nama Katmai sendiri diambil dari nama Mount Katmai yang terletak di taman nasional ini. Karena curah hujan cukup tinggi, ekosistem di wilayah ini beraneka ragam. Hewan yang dominan adalah brown bear, juga terdapat moose, gray wolf, beaver, mamalia air, spesies burung terutama bald eagle, dan ikan salmon. Pusat fasilitas terletak di Kota King Salmon. Di taman nasional ini terdapat area yang menyediakan penginapan dan camping area, Brooks Camp, yang sering didatangi pengunjung. Taman nasional ini hanya dapat diakses dengan boat dan air taxi flight dari Anchorage.

4. Wrangell-St. Elias National Park & Preserve

Wrangle-St. Elias National Park & Preserve - foto oleh Islander61/Wikimedia Commons
Wrangell-St. Elias National Park & Preserve merupakan taman nasional terluas di USA dengan luas lebih dari 5,3 juta hektar. Terletak di wilayah Southcentral Alaska, meliputi separuh wilayah pegunungan St. Elias dan seluruh wilayah pegunungan Wrangell, hingga ke perairan Gulf of Alaska. Berbagai macam vegetasi terdapat di sini seperti: black spruce dan willow di dataran rendah; boreal forest dan taiga di dataran kering; subalpine dan alpine di daerah pegunungan. Hewan yang hidup di sini antara lain Dall sheep, black bear, brown bear, wolverine, beaver, lynx, beberapa spesies ikan di aliran Copper River dan Yukon River, serta berbagai spesies burung seperti ptarmigan dan gray jay. Taman nasional ini bisa diakses melalui highway dari Anchorage. Selama tahun 2011, lebih dari 60 ribu pengunjung datang ke sini.

5. Lake Clark National Park & Preserve

Lake Clark National Park & Preserve - foto oleh Satish Jothikumar/Flickr
Lake Clark National Park & Preserve terletak di wilayah Southcentral Alaska dengan luas 1,6 juta hektar. Taman nasional ini terkenal dengan Danau Clark yang berwarna biru kehijauan (turquoise) yang dikelilingi oleh pegunungan bersalju. Vegetasi yang ada di sini didominasi oleh boreal forest dan tundra. Hewan yang hidup di sini antara lain brown bear, moose, caribou, Dall sheep, gray wolf, dan berbagai jenis spesies ikan salmon. Taman nasional ini hanya bisa dijangkau dengan air taxi dan boat melalui Cook Inlet dan Lake Clark. Pusat layanan pengunjung, Park Service, terletak di Port Alsworth di Lake Clark, yang menyediakan beberapa penginapan.

6. Glacier Bay National Park & Preserve

Glacier Bay National Park - foto oleh Richard Ricciardi/Flickr
Glacier Bay National Park terletak di wilayah Inside Passage & Southeast Alaska. Luas wilayahnya sekitar 1,3 juta hektar. Ekosistem yang ada di sini antara lain tundra basah, tundra Alpine, coastal forest (hutan pantai), gletser dan icefield (padang es). Hewan liar yang hidup di sini diantaranya grizzly bear, black bear, moose, stika black-tailed deer, mountain goat, Dall sheep, serigala, lynx Canada, sea otter, harbor seal, Steller sea lion, Pacific white-sided dolphin, orca, minke whale, humpback whale, bald eagle, gull, waterfowl, dan salmon. Pusat fasilitas terletak di Barlett Cove, yang menyediakan penginapan, restoran, campground, kayak rental dan tour boat dock. Taman nasional ini hanya dapat dijangkau melalui air travel dan cruise ship dari kota terdekat, Gustavus.

7. Kobuk Valley National Park

Kobuk Valley National Park - foto oleh National Park Service Alaska Region/Flickr
Kobuk Valley National Park merupakan taman nasional yang terkenal dengan bukit pasir Great Kobuk Sand Dunes. Taman nasional ini terletak di wilayah Far North, sekitar 40 km di sebelah utara Arctic Circle. Vegetasi yang hidup disini adalah tundra dan boreal forest. Jenis fauna utama antara lain caribou, moose, gray wolf, black bear, brown bear, Dall sheep, serta spesies salmon dan sheefish. Karena terletak di dalam Artic Circle, selama musim dingin suhu udara di sini bisa mencapai minus derajat Celcius. Aurora borealis juga sering terlihat. Taman nasional ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena sulit dijangkau. Satu-satunya cara untuk sampai ke sini adalah dengan berjalan kaki, menggunakan dogsled atau snowmobile dari kota terdekat, Kotzebue dan Nome.

8. Gates of the Arctic National Park & Preserve

Gates of the Arctic National Park & Preserve - foto oleh National Park Service Alaska Region/Flickr
Gates of the Arctic National Park & Preserve merupakan taman nasional terluas kedua setelah Wrangell-St. Elias National Park, dengan luas sekitar 3,4 juta hektar. Taman nasional ini terletak di wilayah Far North, dan berbatasan dengan Noatak National Preserve di sebelah timur. Sebagian besar area taman nasional ini merupakan deretan pegunungan Brook Range. Vegetasi yang ada di sini sebagian besar berupa boreal forest. Hewan yang hidup antara lain moose, brown bear, black bear, Dall sheep, serigala, dan caribou. Untuk menuju ke sini, dari Dalton Highway pengunjung harus berjalan sejauh 8 km dan menyeberangi sungai. Pada akhir Mei hingga awal September, Arctic Interagency Visitor Center di dekat Kota Coldfoot, terbuka dan menyediakan informasi bagi pengunjung yang ingin datang ke sini.

9. Noatak National Preserve

Noatak National Preserve - foto oleh Western Arctic National Parklands/Wikimedia Commons
Noatak National Preserve merupakan cagar alam yang terletak di lembah Noatak River, di wilayah Far North Alaska. Taman nasional seluas 2,6 juta hektar ini berbatasan dengan Kobuk Valley National Park di sebelah selatan dan Gates of the Arctic National Park di sebelah barat. Vegetasi yang hidup di sini merupakan kombinasi boreal forest dan tundra. Hewan yang hidup di sini antara lain moose, grizzly bear, black bear, serigala, Arctic fox, lemming, Dall sheep, caribou, beberapa spesies burung dan ikan salmon. Pengunjung yang datang ke sini umunya melalui Noatak River pada bulan Juni dan Juli saat aliran es di sungai mencair.

10. Bering Land Bridge National Preserve

Bering Land National Preserve - foto oleh U.S. Department of Interior/Flickr
Bering Land National Preserve merupakan salah satu cagar alam terpencil yang terletak di Seward Peninsula, wilayah Far North Alaska. Luas cagar alam ini sekitar 1,1 juta hektar. Bering Land Bridge sendiri merupakan daratan yang menghubungkan benua Asia dan benua Amerika Utara pada zaman es Pleistocene. Saat ini daratan tersebut berada di bawah perairan Laut Chukchi dan Laut Bering. Sebagian besar wilayah ini ditutupi oleh vegetasi tundra. Hewan yang hidup di sini antara lain caribou, muskox, reindeer, brown bear, red fox, gray wolf, wolverine dan beaver. Tidak ada jalan untuk mengakses cagar alam ini. Untuk menuju ke sini, pengunjung umumnya menggunakan bush plane dan boat selama musim panas; ski plane dan snowmobile selama musim dingin. Lokasi yang sering dikunjungi adalah Serpentine Hot Spring.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 10 taman nasional dan cagar alam yang sering dikunjungi oleh para traveler dan pecinta alam di Alaska, Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!

Klook.com



Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar