Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 15, 2015

Wisata Halong Bay, Warisan Alam Dunia di Ujung Utara Vietnam

Salam Traveling!

Selain Ho Chi Minh City dan Hanoi, di Vietnam ada lagi satu objek wisata dunia yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu Halong Bay (Ha Long Bay).

Halong Bay atau Teluk Halong, dalam bahasa Vietnam disebut Vinh Ha Long, merupakan salah satu objek wisata terkenal yang terletak di provinsi Quang Ninh, Vietnam. Teluk ini berjarak sekitar 170 km dari ibukota Hanoi. Wilayah Halong Bay terbentang mulai dari Distrik Yen Hung, melalui Ha Long City, Cam Pha Town hingga ke Distrik Van Don. Di sebelah selatan, teluk ini berbatasan dengan salah satu teluk besar di Asia, Teluk Tonkin.

Halong Bay

Ha Long sendiri diterjemahkan sebagai 'tempat naga turun'. Menurut legenda setempat, pada awal terbentuknya negara Vietnam, rakyat Vietnam harus berusaha keras melawan penjajah sehingga para dewa mengutus sekelompok naga untuk membantu mereka. Naga-naga tersebut kemudian memuntahkan batu-batu permata dan jade yang kemudian menjadi pulau-pulau kecil di sepanjang Ha Long Bay. Pulau-pulau kecil inilah yang menjadi tembok penghalang bagi para penjajah. Setelah menang dari penjajah, naga-naga tersebut tertarik dengan pemandangan Bumi dan memutuskan untuk tinggal di teluk ini. Tempat dimana induk naga turun disebut dengan Ha Long. Tempat dimana anak-anak naga bertemu dengan induk mereka disebut Bai Tu Long. Dan tempat dimana anak-anak naga menghentakkan ekor mereka disebut Bach Long Vi.

Halong Bay
Halong Bay - photo by elogik
Luas area Halong Bay sekitar 1.533 km persegi, yang terdiri dari hampir 2.000 islet (pulau-pulau kecil). Pulau-pulau ini sebagian besar tersusun atas karst (batuan kapur). Halong Bay juga merupakan rumah bagi 14 spesies tumbuhan endemik dan 60 spesies fauna endemik. Pada tahun 1994, UNESCO memasukkan teluk ini ke dalam World Heritage Site serta sering dibandingkan dengan Guilin di China dan Krabi di selatan Thailand.. Selain itu kawasan wisata alam ini juga dinobatkan sebagai salah satu dari 7 Wonders of Nature, seperti Pulau Jeju di Korea Selatan.

Halong Bay sendiri adalah teluk yang luas. Jadi di sekitar teluk ini masih terdapat banyak objek wisata yang bisa dukunjungi, seperti pulau, pantai dan teluk kecil. Beberapa objek wisata tersebut antara lain:

1. Pulau Cat Ba

Pulau Cat Ba
Pulau Cat Ba (Cat Ba Island) adalah pulau terbesar dari keseluruhan pulau di Halong Bay. Dalam bahasa lokal, pulau ini disebut dengan Quan Dao Cat Ba, Pulau Cat Ba terletak di sebelah selatan Halong Bay dengan luas sekitar 260 km persegi. Hampir separuh area dari pulau ini merupakan taman nasional, Cat Ba National Park. Di taman nasional ini tercatat sekitar 1.561 spesies flora, 279 spesies fauna, serta hewan endemik yang terancam punah, langur Cat Ba (Trachypithecus poliocephalus). Selain national park, objek wisata lain di pulau ini adalah pantai berpasir putih Cat Co Beach dan Monkey Island, pulau yang dihuni oleh banyak kera.


2. Teluk Lan Ha

Teluk Lan Ha
Teluk Lan Ha (Lan Ha Bay) merupakan teluk yang terletak di sebelah timur dan selatan Pulau Cat Ba. Teluk ini memiliki sekitar 400 islet dengan pantai yang indah. Yang umum dilakukan oleh wisatawan di sini adalah berenang, kayaking, rock climbing, serta mengunjungi kampung nelayan Viet Hai dan kampung terapung Cua Van.

3. Teluk Bai Tu Long

Teluk Bai Tu Long
Teluk Bai Tu Long
Kalau merurut legenda, Teluk Bai Tu Long (Bai Tu Long Bay) merupakan tempat dimana anak-anak naga bertemu dengan induk mereka. Teluk ini terletak di sebelah utara Ha Long Bay. Bagi wisatawan yang ingin bersantai di wilayah yang lebih sepi, teluk ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menghindari banyaknya wisatawan di Ha Long Bay.

4. Desa Terapung Cua Van

Desa terapung Cua Van
Desa terapung Cua Van - photo by Christophe_Meneboeuf
Terletak di antara Ha Long Bay dan Lan Ha Bay. Seperti namanya Desa Terapung Cua Van (Cua Van Floating Village) merupakan desa yang penduduknya bertempat tinggal di perahu-perahu yang terapung. Jumlah keuarga yang tinggal di desa terapung ini lebih dari 200 keluarga. Mereka umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Oleh karena itu desa ini juga sering disebut dengan nama 'desa nelayan' atau 'fishing village'. Selain menikmati keindahan alam pulau-pulau karst kecil , wisatawan yang datang ke sini juga bisa melihat secara langsung aktivitas keseharian warga lokal dan bagaimana mereka menangkap ikan dengan cara tradisional.


5. Pulau Bach Long Vi

Bach Long Vi Island
Dalam legenda, Pulau Bach Long Vi (Bach Long Vi Island) adalah tempat dimana anak-anak naga menghentakkan ekor mereka. Pulau Bach Long Vi sendiri terletak cukup jauh dari selatan Ha Long Bay, di Teluk Tonkin, antara Hai Phong (Vietnam) dan Pulau Hainan (China). Luas pulau ini hanya sekitar 2,5 km persegi. Karena letaknya cukup jauh, sekitar 110 km dari Hai Phong, sehingga saat ini belum terlalu banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Tetapi pulau kecil ini memiliki lingkungan yang bersih dan pantai yang indah.

6. The Kissing Rocks

The Kissing Rocks
The Kissing Rocks adalah salah satu objek wisata unik di Ha Long Bay. Di antara ribuan pulau batuan karst dengan berbagai bentuk, terdapat 2 batuan unik yang berbentuk seperti sepasang ayam. Menurut legenda, pasangan batu tersebut adalah simbol ayam jantan (rooster) dan ayam betina (chicken) yang berhadapan satu sama lain, yang menandakan kasih sayang abadi atau eternal love. Tetapi legenda lain menyebutnya sebagai 'The Fighting Chicken Rock', kedua batu tersebut adalah simbol 2 ekor ayam yang sedang beradu satu sama lain. Lalu pendapat mana yang benar? Itu kembali ke persepsi masing-masing.


Cara Menuju Ha Long Bay

Halong Bay
Halong Bay - photo by Tango7174
Dari Hanoi, ada banyak cara untuk mencapai tempat Halong Bay, bisa melalui bis, kereta (train), atau melalui paket tour yang umum digunakan oleh wisatawan.
  • Jika menggunakan bis, maka pengunjung bisa menggunakan bis Hoang Long express yang berangkat setiap 15 menit dari stasiun bis Kim Ma di Nguyen Thai Hoc Street. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai dermaga Ha Long Bay sekitar 3-4 jam dengan ongkos 60,000 VND.
  • Jika menggunakan kereta, dari stasiun Yen Vien di Hanoi menggunakan kereta nomor R157 menuju Ha Long, dan jika ingin kembali dari Ha Long menggunakan kereta nomor R158 menuju Hanoi. Biaya train 80,000 VND.
  • Pilihan terakhir menggunakan bis tour. Jika ingin menggunakan jasa bis tour ini, datanglah ke Old Quarter. Disini tersedia berbagai macam shuttle bus dari berbagai operator tour dengan harga yang beraneka ragam tergantung dengan layanan yang diberikan. Bis tour ini merupakan pilihan transportasi yang paling baik digunakan bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Vietnam. 

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Wisata Halong Bay, warisan alam dunia di ujung utara Vietnam. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

3 komentar:

  1. Kalau dari Bangkok / Siem Reap mau ke Hanoi bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, tidak ada bis langsung dari Siem Reap ke Hanoi, flight juga mahal. Jika ingin naik bis, cara terbaik naik bis dari:
      - Siem Reap - Pnomphenh
      - Pnomphenh - Ho Chi Minh City
      - Ho Chi MInh City - Hanoi

      Kalau dari Bangkok ke Hanoi, cara terbaik cuma dengan flight.

      Hapus
  2. hendradi sudikarman31 Juli 2015 12.26

    Saya pernah ke hanoi halong bay dari bangkok, naik pesawat airasia. Kebetulan ada promo gratis waktu itu. Hanya bayar tax saja. Dari hanoi menuju ho chi minh naik bus.

    BalasHapus