Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 25, 2015

10 Destinasi Wisata Favorit di Bali

Salam Traveling!

Setelah Jakarta, tujuan wisata kedua di Indonesia yang akan kita kunjungi adalah Bali, atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Dewata.

Bali adalah provinsi sekaligus pulau yang terletak di antara Pulau Jawa dan Lombok. Wilayah provinsi Bali meliputi pulau utama dan pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Secara geografis, Bali terletak di antara Jawa dan Lombok dengan luas area 5,8 km persegi. Provinsi ini memiliki ibukota di Denpasar, yang terletak di wilayah selatan pulau utama. Sejak dahulu, Bali telah terkenal sebagai tujuan wisata domestik maupun mancanegara, karena keindahan alam dan keunikan seni budayanya. Bukan hanya itu, Bali juga sering menjadi tempat diadakannya kegiatan nasional dan internasional seperti Indonesian Internatonal Film Festival yang diadakan setiap tahun, ASEAN Summit 2011, APEC 2013, dan Miss World 2013.

Nah, apa saja tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di Bali? Berikut 10 diantaranya:

1. Ubud

Ubud, Bali
Ubud
Ubud adalah sebuah desa di Kabupaten Gianyar, berjarak sekitar 40 km dari Denpasar. Desa ini menjadi terkenal setelah digunakan sebagai lokasi syuting film 'Eat, Pray, Love'. Desa ini terkenal dengan keindahan alam dan seni budayanya. Beberapa objek wisata di sekitar desa ini antara lain: areal persawahan, Ubud Monkey Forest, Museum Puri Lukisan Ubud, Puri Ubud, Pura Gunung Lembah dan masih banyak lagi. Untuk mencapai desa ini, dari Denpasar membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam jika menggunakan mobil. Pasar Sukawati yang sering dikunjungi oleh wisatawan untuk membeli oleh-oleh khas Bali, juga terletak tidak jauh dari desa ini.

2. Kuta

Pantai Kuta
Pantai Kuta sangat terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara. Jadi jangan heran jika pantai ini selalu ramai setiap hari. Letaknya tidak jauh dari bandara Ngurah Rai, biaya masuk relatif murah, dan bagi yang hobi surfing, ombak di pantai ini sangat cocok bagi peselancar pemula. Wisatawan yang datang ke sini umumnya ingin menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam. Sayangnya bagi yang tidak suka keramaian dan ingin suasana yang lebih tenang, pantai ini kurang direkomendasikan, karena banyaknya night club serta kemacetan, yang merupakan hal umum di sekitar pantai ini.

3. Tanah Lot

Pura Tanah Lot
Terletak di tepi pantai di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, sekitar 13 km dari Kota Tabanan. Sama seperti Pantai Kuta, wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot umunya ingin melihat sunset atau matahari terbenam. Pura Tanah Lot ini terdiri dari 2 pura, yang merupakan tempat pemujaan Dewa Laut. Pura ini unik karena terletak di atas batu karang besar di pinggir laut. Jika air pasang, air laut akan mengelilingi batu karang tersebut sehingga pengunjung hanya bisa menuju ke pura jika air surut. Di bawah batu karang tersebut juga terdapat ular laut, tapi jangan khawatir karena ular-ular laut tersebut jinak. Ular laut tersebut oleh warga dipercaya sebagai penjaga Pura Tanah Lot.


4. Pantai Sanur

Pantai Sanur
Pantai Sanur terletak di sebelah timur Kota Denpasar, sekitar 30 menit dari Bandara Ngurah Rai. Berbeda dengan Pantai Kuta yang terkenal dengan pemandangan sunset, Pantai Sanur terkenal dengan pemandangan sunrise atau matahari terbit. Pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga tidak cocok untuk surfing, tetapi sangat baik bagi keluarga terutama anak-anak yang ingin berenang di pantai. Kalau datang ke sini pada pagi hari, selain melihat pemandangan sunrise, kita juga bisa melihat deretan perahu tradisional nelayan yang baru pulang dari melalut. Sekitar 3 km dari Pantai Sanur, terdapat taman bunga Bali Orchid Garden yang juga bagus untuk dikunjungi.

5. Jimbaran

Restoran seafood di Jimbaran
Jimbaran adalah sebuah desa yang terletak di pesisir pantai di Kabupaten Badung. Terletak di selatan Pulau Bali, sekitar 15 menit dari Bandara Ngurah Rai. Sebelum menjadi tempat wisata, sebagian besar penduduk lokal bekerja sebagai nelayan, tetapi saat ini hampir semua penduduk mencari nafkah di sektor pariwisata. Selain keindahan pantai, Jimbaran juga terkenal dengan wisata kuliner seafood. Di sini banyak terdapat cafe dan warung makanan yang menyediakan seafood. Wisatawan umumnya datang pada pukul 5 sore untuk menikmati kuliner seafood dan pemandangan matahari terbenam. Karena sangat populer di kalangan turis mancanegara, harga makanan dan biaya akomodasi di tempat ini cukup mahal. Oleh karena itu bagi para traveler yang ingin irit, disarankan untuk tidak berlama-lama di tempat wisata ini.

6. Danau Bedugul

Pura di Danau Bedugul
Terletak di Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Sekitar 55 km dari Kota Denpasar. Danau Bedugul terletak pada ketinggian 1.239 m di atas permukaan laut. Di tepi danau ini terdapat satu pura yang disebut Pura Ulun Danau Beratan. Danau Bedugul sendiri memiliki kedalam sekitar 23 meter. Selain untuk menikmati keindahan alam, wisatawan yang datang ke sini umumnya juga menyewa perahu tradisional atau perabu bermotor untuk berkeliling danau. Yang hobi memancing, juga bisa memancing di danau ini.


7. Danau Batur Kintamani

Danau Batur Kintamani
Kintamani adalah sebuah wilayah kecamatan di Kabupaten Bangli. Tempat wisata di sini adalah Panelokan, sebuah tempat yang terletak di Desa Kedisan, Dari Panelokan ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam Gunung Batur dengan hamparan bebatuan hitam, dan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit di sebuah kaldera. Di tepi Danau Batur, terdapat permandian air panas yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Dari Denpasar, Kintamani dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

8. Desa Jatiluwih

Jatiluwih, Bali
Jatiluwih
Desa Jatiluwih adalah sebuah desa di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Desa ini terkenal dengan areal persawahannya yang hijau dan asri, yang mendapat pengakuan sebagai UNESCO World Heritage Site. Desa ini berada di ketinggian 700 m dari permukaan laut sehingga memiliki suasana yang sejuk. Di desa ini tidak terdapat hotel dan bangunan mewah karena tidak diizinkan oleh pemerintah daerah setempat. Sehingga bagi yang ingin menikmati suasana yang tenang dan nyaman di Bali, desa ini adalah tempat wisata yang terbaik.

9. Pantai Uluwatu

Uluwatu
Pantai Uluwatu adalah sebuah pantai yang terletak Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Di sini terdapat Pura Uluwatu yang terletak di atas batu karang. Pengunjung dapat melihat luasnya Samudra Hindia dari pura ini. Sama seperti Kuta, pengunjung yang datang kesini, umunya ingin menikmati pemandangan sunset atau matahari terbenam. Di pura ini, terdapat beberapa kera yang bertugas untuk menjaga kesucian pura. Selain pemandangan alam, di sini pengunjung juga bisa menikmati tarian tradisional Bali, Tari Kecak, yang dipentaskan pada malam hari.


10. Nusa Dua

Pantai Nusa Dua
Kalau ini, merupakan salah satu wilayah yang tersohor di dunia internasional, terbukti dengan seringnya diadakan kegiatan internasional di sini. Nusa Dua terletak di ujung tenggara Pulau Bali, berjarak sekitar 40 km dari Kota Denpasar. Wilayah ini terkenal dengan pantai pasir putih, laut yang tenang dan juga, di sini banyak terdapat taman-taman yang indah, mungkin karena sering diadakan kegiatan internasional di sini makanya taman-taman ini dibangun. Karena berkelas internasional, jadi jangan heran jika di sini banyak terdapat hotel, villa dan resort mewah seperti Grand Hyatt Bali, The Laguna Resort, Nusa Dua Beach Hotel, Melia Bali, dan shopping mall Bali Collection. Bagi yang berbudget sedikit, tidak disarankan untuk berlama-lama stay di sini.

Nah, itulah 10 tujuan wisata favorit para traveler di Bali. Semoga bermanfaat. Sampai Jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

2 komentar: