Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 16, 2015

10 Tempat Wisata Favorit di Bangkok, Thailand

Salam Traveling!

Setelah Kuala Lumpur dan Singapura, kota selanjutnya yang akan kita tuju di Asia Tenggara adalah Bangkok, Thailand.

Bangkok adalah ibu kota sekaligus kota terebsar di negara Thailand. Dalam Bahasa Thai, Bangkok disebut dengan nama Krung Thep Maha Nakhon atau sering disingkat dengan Krung Thep Secara geografis, Bangkok terletak di bagian tengah negara Thailand, di delta Sungai Chao Phraya. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,2 juta jiwa pada tahun 2010. Bangkok pertama kali dibangun pada abad ke-15 oleh Kerajaan Ayutthaya. Mayoritas penduduk Bangkok beragama Budha, sehingga tempat wisata disini umumnya berupa pagoda atau kuil Budha dengan atap bertingkat-tingkat. Kuil-kuil ini oleh warga setempat disebut dengan Wat. Di Bangkok terdapat 2 bandara internasional yaitu Don Mueang Airport (DMK) yang merupakan bandara lama, dan Suvarnabhumi Airport (BKK) yang merupakan bandara baru.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Bangkok? Berikut 10 di antaranya:

1. Grand Palace

Grand Palace - foto oleh Andy Marchand
Grand Palace merupakan kompleks bangunan kerajaan yang terletak di Na Phra Lan Road, distrik Rattanakosin (Old Town). Bangunan ini merupakan tempat tinggal resmi para Raja Siam sejak tahun 1782. Grand Palace pertama kali dibangun pada tahun 1782 atas perintah King Rama I (Budha Yodfa Chulaloke), pendiri Dinasti Chakri, ketika ia memintahkan pusat pemerintahan dari Thonburi ke Bangkok. Di kompleks ini terdapat kuil Wat Phra Kaew. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 8.30 pagi hingga 3.30 sore. Tiket masuknya 500 Baht, dan sudah termasuk untuk mengunjungi Wat Phra Kaew dan bangunan-bangunan di Dusit Palace. Tiket tersebut berlaku selama 7 hari, tetapi untuk mengunjungi Grand Palace sendiri, harus di hari yang sama dengan pembelian tiket.

2. Wat Phra Kaew

Wat Phra Kaew
Wat Phra Kaew
Wat Phra Kaew, nama resminya Wat Phra Sri Rattana Satsadaram, tetapi lebih dikenal dengan nama Temple of Emerald Buddha, merupakan salah satu kuil penting umat Budha di Thailand. Kuil ini terletak tepat di sebelah Grand Palace. Di dalam kuil terdapat patung Emerald Buddha dengan posisi meditasi yang dipahat dari batu jade. Meski terletak di dekat Grand Palace, tetapi arsitektur Wat Phra Kaew jauh berbeda. Wat Phra Kaew adalah kuil suci umat Budha sedangkan Grand Palace merupakan bangunan berarsitektur Eropa modern. Jika pengunjung sudah membayar entrance fee di Grand Palace, maka tidak perlu lagi membayar untuk masuk kesini. Ada dress code untuk masuk kesini: tidak boleh mengenakan celana pendek, rok pendek, dan baju tanpa lengan (tanktop). Sama seperti Grand Palace, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 3.30 sore.

3. Wat Pho

Wat Pho
Wat Pho
Penduduk lokal menyebutnya dengan Wat Phra Chetuphon tetapi lebih dikenal dengan nama Temple of Reclining Budha. Disebut demikian karena di Wat Pho ini terdapat patung Budha yang berbaring dengan panjang 46 meter dan berlapis emas. Terletak di Sanamchai Road, Rattanakosin District, tidak jauh dari Grand Palace. Yang berbeda dari kuil ini adalah tersedia message dan pengobatan tradisional khas Thailand. Kuil ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Entrance fee sekitar 100 Baht.


4. Wat Arun

Wat Arun
Wat Arun - photo by เฉลิม อัชชมานะ
Wat Arun, nama lengkapnya Wat Arun Ratchawararam Ratchawaramahawihan, adalah kuil umat Budha yang terletak di Distrik Bangkok Yai, Thonburi, tepi barat Chao Phraya River. Penduduk lokal menyebut kuil ini dengan nama Wat Chaeng tetapi dalam Bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama Temple of Dawn. Nama Arun sendiri berasal dari kata Aruna, Dewa Subuh umat Hindu. Tetapi meski namanya Temple of Dawn, waktu terbaik untuk melihat kuil ini adalah pada sore hari, saat matahari mulai terbenam. Menurut sejarah, kuil ini telah dibangun sejak abad ke-17, tetapi baguan atas kuil (prang) mulai dibangun sekitar abad ke-19, pada saat King Rama II berkuasa. Kuil ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Entrance fee sekitar 50 Baht.

5. Wat Traimit

Wat Traimit
Wat Traimit
Nama lokalnya Wat Trimitr Vitrayam Voravihahn atau lebih dikenal dengan nama Temple of Golden Buddha. Di dalam kuil ini terdapat patung Buddha raksasa yang terbuat dari emas dengan tinggi sekitar 5 meter dan berat 5,5 ton. Terletak di ujung Chinatown's Yaowarat Road, di dekat Hua Lampong Railway Station. Jam buka mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Entrance fee 10 Baht untuk mengunjungi museum sedangkan untuk mengunjungi patung Golden Buddha sendiri tidak dipungut biaya.

6. Jim Thompson House

Jim Thompson House
Jim Thompson House
Jim Thompson House awalnya merupakan rumah James H.W. Thompson, seorang art collector dan silk-enterpreneur Amerika. Saat ini, bangunan ini merupakan museum yang berisi berbagai macam barang koleksi Thompson dari seluruh penjuru Thailand selama Perang Dunia II, dari tahun 1950 hingga 1960. Terletak di Soi Kasemsan 2, Rama 1 Road, tidak jauh dari BTS National Stadium. Museum ini buka mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.


7. Ananta Samakhon Throne Hall

Ananta Samakhon Throne Hall
Ananta Samakhon Throne Hall - photo by kluke
Ananta Samakhon Throne Hall merupakan salah satu bangunan yang terletak di Dusit Palace, kompleks Grand Palace. Meski demikian, tiket masuk kesini berbeda dengan Grand Palace. Bangunan berarsitektur Renaissance ini dulunya merupakan reception hall yang terletak di Dusit Palace, Bangkok. Saat ini, bangunan ini merupakan museum yang dibuka untuk umum. Museum ini digunakan oleh seniman nasional untuk mengadakan pameran art & craft. Museum ini dibuka pada hari Selasa hingga Minggu pukul 10 pagi hingga 5 sore. Tiket masuk 50 Baht. Cara terbaik untuk menuju kesini adalah dengan menggunakan taxi.

8. Damnoen Saduak Floating Market

Bangkok Floating Market
Bangkok Floating Market
Jika ingin melihat sesuatu yang berbeda, coba datang kesini. Seperti namanya, tempat ini merupakan kumpulan perahu warga lokal yang bergabung menjadi pasar tradisional terapung. Bahan-bahan yang dijual umumnya buah, sayuran, makanan dan minuman lokal. Ada beberapa floating market, tetapi yang paling terkenal adalah Damnoen Saduak Floating Market. Pasar ini beroperasi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga pukul 11. Untuk menuju pasar terapung ini dari Bangkok bisa menggunakan bis melalui Southern Bus Terminal menuju ke provinsi Samut Sangkram Ratchaburi, sekitar 80 km di barat daya kota Bangkok.

9. Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya, Bangkok
Sungai Chao Phraya
Sungai Chao Phraya (Maenam Chao Phraya) merupakan salah satu sungai utama di wilayah Thailand. Sungai sepanjang 372 km ini memiliki hulu di wilayah provinsi Nakhon Sawan, kemudian mengalir melalui Bangkok, dan bermuara di Teluk Thailand. Karena merupakan sungai utama, hampir semua landmark di kota Bangkok terletak di tepi sungai ini seperti Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Pho, Wat Arun, Wat Kalayanamit, dan Lebua State Tower. Pengunjung bisa menyewa perahu untuk menjelajahi sungai ini serta sungai-sungai kecil lainnya di Bangkok, yang biasa dikenal dengan nama khlong.

10. Chatuchak Market

Chatuchak Market
Chatuchak Market - photo by Eravia
Sebelum meninggalkan Thailand, pastinya kita harus membeli souvenir atau oleh-oleh khas Thailand. Nah disinilah tempatnya, Chatuchak Market. Pasar ini merupakan salah satu landmark kota Bangkok dan termasuk tempat yang harus dikunjungi oleh wisatawan. Berbagai macam merchandise tersedia disini. Di pasar ini terdapat sekitar 8.000 kios dan setiap weekend, lebih dari 200.000 pengunjung datang kesini. Untuk mencapai pasar ini bisa dengan MRT lalu turun di Stasiun Chatuchak atau dengan BTS lalu turun di stasiun Mo Chit.

Nah, itulah 10 tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi di Bangkok, Thailand. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!

Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar