Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 06, 2015

10 Objek Wisata di Singapura yang Wajib Kalian Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Malaysia, sekarang kita akan berkunjung ke negara tetangga yang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia, yaitu  Singapura.

Singapura (Singapore) adalah sebuah negara maju yang terletak di antara Johor Bahru (Malaysia) dan Kepualaun Riau (Indonesia). Negara ini termasuk salah satu negara di dunia dengan luas wilayah yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 719 km persegi. Meski demikian, Singapura merupakan negara terkaya di Asia Tenggara dengan tingkat kesejahteraan hidup penduduk yang tinggi dan tingkat korupsi yang paling sedikit. Wilayah Singapura dibagi menjadi 5 region: Central Region, East Region, North Region, North-East Region, dan West Region. Ibu kota negara negara ini juga bernama Singapore. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, dan Tamil. Sementara mata uang resmi adalah Dollar Singapore (SGD). Bandara internasional di negara ini adalah Changi International Airport (SIN), yang juga merupakan salah satu bandara internasional terbaik di dunia.

Lalu apa saja landmark dan tempat wisata yang wajib teman-teman kunjungi saat traveling di Singapura? Berikut 10 diantaranya:

1. Merlion Park

Merlion Park, Singapura
Merlion Park
Objek wisata pertama adalah Merlion Park atau Taman Merlion, yang terletak di One Fullerton, di dekat Central Business District. Taman seluas 2.500 meter persegi ini pertama kali dibangun pada tahun 1964. Sedangkan patung Merlion sendiri dibangun dibuat pada tahun 1972. Patung Merlion adalah patung berbadan ikan dan berkepala singa, yang merupakan ikon negara Singapura. Patung ini memiliki tinggi 8,6 meter dan berat 70 ton, serta mengeluarkan air mancur dari bagian mulut patung. Tidak jauh dari patung Merlion tersebut, terdapat patung Merlion yang lebih kecil, namanya Merlion Cub, memiliki tinggi 2 meter dan berat 3 ton. Taman ini bisa dikunjungi setiap hari, 24 jam, sepanjang tahun.

2. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay, Singapura
Gardens by the Bay
Gardens by the Bay adalah taman seluas 101 hektar yang dibangun di atas lahan reklamasi di wilayah sentral Singapura, tidak jauh dari Marina Bay. Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 2012 dengan tujuan agar Singapura menjadi negara yang semakin hijau dan kaya akan flora. Gardens by the Bay dibagi menjadi 3 bagian utama yaitu Bay South Garden, Bay East Garden, dan Bay Central Garden. Yang terbesar adalah Bay South Garden dengan luas 54 hektar. Di bagian taman ini terdapat 2 pusat konservasi tumbuhan yaitu Flower Dome dan Cloud Forest, Children’s Garden, Flower Market, serta Supertree Grove, struktur yang menyerupai pohon raksasa dengan ukuran antara 25 – 50 meter. Taman ini dibuka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga 2 malam. Stasiun MRT terdekat adalah Bayfront MRT Station.

3. Esplanade – Theatres on the Bay

Esplanade, Singapore
Esplanade
Selain Gardens by the Bay, ada juga Esplanade – Theatres on the Bay atau yang sering disingkat dengan The Esplanade. Esplanade adalah gedung teater seluas 6 hektar yang terletak di tepi Singapore River, Marina Bay. Gedung yang berbentuk menyerupai buah durian ini pertama kali dibangun pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 2002. Karena bentuknya yang mirip dengan durian sehingga oleh warga lokal Esplanade juga sering dijuluki sebagai “The Big Durian”. Gedung berlantai empat ini memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai area pertunjukan (performance venue), concert hall, teater, studio teater, dan studio recital. Selain itu, di gedung ini juga terdapat perpustakaan, serta di luar gedung terdapat Esplanade Park yang juga terletak di tepi Singapore River. Untuk mencapai tempat wisata ini, stasiun MRT terdekat adalah Esplanade MRT Station dan City Hall MRT Station.


4. Singapore Flyer

Singapore Flyer, Singapura
Singapore Flyer
Singapore Flyer (Bahasa Melayu: Pelayang Singapura) adalah ferris wheel atau bianglala yang terletak di Raffles Ave, Singapura. Flyer ini  memiliki tinggi 165 meter, sedikit lebih tinggi daripada London Eye yang memiliki tinggi 135 meter. Pertama kali dibangun pada tahun 2005 dan dibuka untuk publik tahun 2008. Memiliki 28 kapsul yang dilengkapi dengan air conditioner yang bisa mengangkut wisatawan untuk menikmati pemandangan Singapura dari ketinggian 165 meter. Katanya, dari atas flyer ini kita bisa melihat wilayah Batam. Satu kali rotasi flyer membutuhkan waktu kira-kira 30 menit. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 10.30 malam. Harga tiket masuk per Juni 2015, untuk dewasa (13 tahun ke atas) dikenakan biaya S$ 33, anak-anak (3-12 tahun) S$21, dan anak-anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya.

5. Universal Studios Singapore

Universal Studios
Universal Studios Globe
Kalau tempat wisata ini, cocok bagi keluarga terutama anak-anak. Universal Studios Singapore adalah taman hiburan yang terletak di dalam Resort World Sentosa di Pulau Sentosa. Taman hiburan yang dibuka pada tahun 2011 ini merupakan Universal Studios theme park yang kedua di Asia setelah Jepang, dan satu-satunya di Asia Tenggara. Taman hiburan seluas 20 hektar ini memiliki total 24 atraksi dan 7 theme zone. Setiap theme zone diambil dari blockbuster movie atau television show terkenal seperti Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away, dan Madagascar. Sedangkan atraksi yang tersedia misalnya Battlestar Galactica, Revenge of the Mummy: The Ride, Treasure Hunters, Jurassic Park Rapid Adventure dan masih banyak lagi. Harga tiket masuk per Juni 2015 adalah S$74 (13 tahun ke atas) untuk dewasa, S$54 untuk anak-anak (4-12 tahun), dan free untuk anak-anak usia 3 tahun ke bawah.

6. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens
Singapore Botanic Gardens
Meski terkenal sebagai kota modern yang penuh dengan skyscraper, di Singapura sebenarnya juga banyak terdapat tempat wisata alami. Salah satunya adalah Singapore Botanic Gardens atau yang juga dikenal dengan Kebun Botani Singapura yang terletak di Cluncy Road. Kebun botani seluas 74 hektar ini dibangun pada tahun 1859 dan saat ini memiliki koleksi 10.000 spesies tumbuhan, termasuk 1.200 spesies anggrek. Taman ini dibagi menjadi beberapa area: National Orchid Garden, Rainforest, Ginger Garden, Botany Center and Tanglin Gate, dan Jacob Ballas Children's Garden. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 5 pagi hingga 12 malam dan tidak dipungut biaya masuk kecuali untuk memasuki area National Orchid Garden. Pada tahun 2014, oleh UNESCO, Singapore Botanic Gardens dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site.


7. Night Safari

Night Safari
Night Safari
Kalau biasanya kebun binatang dikunjungi pada siang hari, maka yang ini berbeda. Night Safari Singapore adalah kebun binatang nocturnal yang dibuka hanya pada malam hari. Jadi wisatawan yang datang ke sini bisa melihat seperti apa kehidupan berbagai macam hewan pada malam hari yang hidup di hutan tropis. Karena keunikannya ini, Night Safari menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Singapura. Kebun binatang ini terletak di Mandai Lake Road, di sebelah Singapore Zoo dan Upper Seletar Reservoir. Kebun binatang seluas 40 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1994 dan saat ini menampung lebih dari 2.500 hewan dari 130 spesies, misalnya badak India, gajah, harimau, dan beberapa sepsies hewan yang terancam punah. Untuk berkeliling kebun binatang, pengunjung bisa menggunakan trem (kereta listrik) dan berjalan kaki. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 7.30 malam hingga pukul 12 malam.

8. Jurong Bird Park

Jurong Bird Park
Jurong Bird Park
Tempat wisata alami selanjutnya adalah Jurong Bird Park atau Taman Burung Jurong. Jurong Bird Park adalah taman burung seluas 20,2 hektar yang terletak di Jurong Hill, wilayah barat Singapura. Hampir serupa dengan Kuala Lumpur Bird Park, di tempat ini juga terdapat berbagai macam burung. Total ada sekitar 5.000 ekor burung dari 400 spesies, contohnya flamingo, lorikeet, penguin, emu dan masih banyak lagi. Atraksi wisata yang tersedia antara lain: Waterfall Aviary, kandang burung dengan lebih dari 600 burung dan air terjun setinggi 30 meter; Lory Loft; Penguin Coast; Flamingo Lake; dan Pelican Cove. Taman burung ini pertama kali dibuka pada tahun 1971 dan saat ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Singapura. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga pukul 6 sore.

9. Pulau Ubin

Pulau Ubin, Singapore
Pulau Ubin - foto oleh Sengkang
Pulau Ubin atau Ubin Island adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur-laut pulau utama Singapura, serta di sebelah barat Pulau Tekong. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 10 km persegi. Disebut Pulau Ubin karena pulau tersusun atas batu-batuan granit yang bisa diolah menjadi ubin. Sekitar tahun 1960, ribuan penduduk menempati Pula Ubin dengan berkembangnya penambangan batu granit. Tetapi saat ini, penduduk yang mendiami pulau ini hanya tingga beberapa ratus orang. Pulau Ubn merupakan salah satu area di Singapura yang tetap dijaga kelestarian alamnya, berbeda dengan wilayah-wilayah lain. Selain sebagai objek wisata, pulau ini juga dijadikan pusat konservasi beberapa jenis hewan seperti hornbill, seahorse, dan pipefish. Objek wisata utama di pulau ini adalah Tanjong Chek Jawa yang teletak di ujung timur pulau ini. Dari dataran utama Singapura, Pulau Ubin bisa diakses dengan bumboat melalui Changi Point Ferry Terminal.


10. Masjid Sultan

Masjid Sultan, Kampong Glam, Singapura
Masjid Sultan, Kampong Glam - foto oleh Erwin Soo
Yang terakhir, sebagai seorang Muslim, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu landmark Islami di Singapura, Masjid Sultan. Masjid Sultan adalah salah satu masjid penting dan terbesar di Singapura yang terletak di Muscat Street, Kampong Glam. Masjid ini dibangun pada tahun 1824 atas perintah Sultan Hussain Shah dari Johor untuk menyediakan tempat beribadah bagi warga Kampong Glam yang mayoritas Muslim. Masjid beraksitektur Sarasenik-Mugul-India ini memiliki 2 kubah emas dan pada bagian atapnya terdapat ornamen bulan sabit dan bintang. Masjid ini memiliki 8 buah menara bertingkat. Di depan masjid terdapat deretan toko yang menjual aneka dagangan seperti baju muslim, buku agama, CD Murottal, gantungan kunci, dan lain sebagainya.

2 komentar: