Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2015-07-29

10 Kota Besar Tujuan Wisata di Selandia Baru

Salam Traveling!

Setelah Asia, sekarang kita menuju ke Oseania, negara-negara yang berada belahan bumi bagian selatan. Dan negara pertama yang kita tuju adalah Selandia Baru.

Milford Sound, Selandia Baru - foto oleh Bernard Spragg/Picryl
Selandia Baru (New Zealand) adalah salah satu negara yang terletak di wilayah Oseania, di sebelah tenggara Australia. Negara ini terdiri atas 2 pulau utama yaitu North Island yang terletak di sebelah utara dan South Island yang terletak di sebelah selatan. Jika dibandingkan dengan Australia dan negara kita, wilayah New Zealand relatif kecil dan populasi penduduknya pun hanya sekitar 5,1 juta jiwa pada tahun 2022. Meski demikian, negara ini merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di dunia terutama bagi mereka yang ingin menikmati pemandangan alam serta wisata budaya tradisional suku Maori. Saking menariknya, produser film Lord of The Rings menggunakan beberapa wilayah di negara ini sebagai lokasi syuting.

Bagi yang ingin berkunjung ke Selandia Baru, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui kota-kota besar yang ada di negara ini. Berikut 10 kota besar di Selandia Baru diurutkan berdasarkan jumlah penduduk (estimasi 2014):

1. Auckland

Auckland skyline - foto oleh Rawpixel
Terletak di Region Auckland, North Island. Auckland merupakan kota utama dan terbesar di New Zealand dengan populasi penduduk sekitar 1,6 juta jiwa padatahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Tamaki Makaurau dan sering ditransliterasikan menjadi Akarana. Di Auckland terdapat 2 pelabuhan besar di New Zealand, Waitemata Harbour dan Manukau Harbour, jadi wajar jika kota ini merupakan yang terbesar meski bukan merupakan ibu kota negara. Sky Tower, menara setinggi 328 meter yang merupakan ikon negara New Zealand, juga terdapat di kota ini. Landmark dan objek wisata lainnya yang ada di kota ini antara lain taman kota Auckland Domain, Mount Eden, Mount Victoria, Eden Park, Harbour Bridge, Queen Street, dan Viaduct Basin. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Auckland.

2. Christchurch

Sungai Avon, Christchurch - foto oleh Rawpixel
Terletak di Region Canterbury, South Island. Christchurch merupakan kota terbesar di South Island serta kota terbesar kedua di negara Selandia Baru. Jumlah penduduk kota ini sekitar 381 ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Otautahi. Secara geografis Christchurch terletak di pantai timur South Island, di sebelah timur Dataran Canterbury. Di sepanjang kota ini mengalir Sungai Avon (Avon River). Kota ini mendapat julukan "The Garden City" karena banyaknya taman kota dan pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan kota. Taman kota tersebut antara lain Hagley Park, Christchurch Botanic Gardens, Willowbank Wildlife Park, dan Travis Wetland. Landmark lain yang ada di kota ini antara lain Cathedral Square dan Christchurch Art Gallery.

3. Wellington

Tram di Wellington - foto oleh Hippopx
Terletak di Region Wellington, North Island. Wellington merupakan ibu kota negara sekaligus kota terbesar ketiga di Selandia Baru dengan jumlah penduduk sekitar 212 ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Te Whanga-nui-a-Tara yang menrujuk ke Wellington Harbour. Secara geografis Wellington terletak di ujung North Island, di selat Cook Strait yang memisahkan North Island dan South Island. Pada tahun 2011, Lonely Planet menempatkan kota ini di urutan ke-4 dalam Top 10 Cities to Visit in 2011, dan menjuluki kota ini sebagai "coolest little capital in the world". Beberapa film terkenal dunia, Lord of The Rings trilogy, King Kong, dan Avatar, menggunakan kota ini sebagai lokasi syuting. Objek wisata yang terkenal di kota ini antara lain Museum of Wellington City & Sea, Wellington Zoo, Botanic Garden, Zealandia, dan Wellington Cable Car. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Wellington.

4. Hamilton

Glenview, wilayah selatan Hamilton - foto oleh Nzwj/Wikimedia Commons
Terletak di Region Waikato, North Island. Hamilton merupakan kota terbesar ke-4 dengan jumlah penduduk sekitar 165 ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Kirikiriroa. Kota yang terletak di tepi Waikato River ini dulunya merupakan pusat pertanian. Tetapi saat ini kota ini merupakan wilayah selalu sibuk terutama oleh para pelajar dan peneliti di University of Waikato, Waikato Institute of Technology, dan Ruakura Research Centres. Objek wisata dan landmark yang ada di kota ini antara lain Hamilton Gardens, Hamilton Zoo, Waikato Museum, Hamilton Astronomical Society Observatory, Central Library, dan Lake Rotoroa / Hamilton Lake.

5. Dunedin

Octagon city square, Dunedin - foto oleh Marek Åšlusarczyk/Wikimedia Commons
Terletak di Region Otago, South Island. Dunedin merupakan kota terbesar kedua di South Island dan terbesar ke-5 di New Zealand dengan jumlah penduduk sekitar 128 ribu ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Otepoti. Secara geografis kota ini terletak di pantai timur Otago, dan mengelilingi Otago Harbour. Sama seperti Hamilton, sebagian besar penduduk kota ini adalah pelajar dan peneliti di University of Otago, universitas tertua di New Zealand. Objek wisata dan landmark yang ada di kota ini antara lain Dunedin Railway Station, Toitu Otago Settlers Museum, Botanic Garden, Otago Museum, Public Art Gallery, Chinese Garden, Cadbury World, Larnach Castle, Cargil's Castle, St. Clair Beach, dan University of Otago Clocktower complex.

6. Tauranga

Tauranga Bay - foto oleh Needpix
Terletak di Region Bay of Plenty, North Island. Tauranga merupakan kota terbesar ke-6 dengan jumlah penduduk sekitar 131 ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Tauranga-moana, tidak jauh berbeda dengan nama kota ini sekarang. Secara geografis kota ini terletak di tepi utara Bay of Plenty, di tepi timur Tauranga Harbour. Salah satu port terbesar di New Zealand, Port of Tauranga, terletak di kota ini, sehingga kota ini berkembang menjadi pusat bisnis, perdagangan, fashion, sains dan budaya. Landmark dan objek wisata yang ada di kota ini antara lain Mauao (Mount Maunganui), Tauranga Art Gallery, Classic Flyers Museum, Memorial Park, dan Yatton Park.

7. Lower Hutt

Naenae, Lower Hutt - foto oleh Duane Wilkins/Wikimedia Commons
Terletak di Region Wellington, North Island. Lower Hutt merupakan kota terbesar ke-7 dengan jumlah penduduk sekitar 104 ribu jiwa pada tahun 2017. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Awakairangi (river of food from the sky) yang merujuk pada Hutt River yang mengalir di kota ini. Secara geografis kota ini terletak di lembah Hutt River, di sebelah timur Wellington. Dengan Wellington, Lower Hutt dibatasi oleh Wellington Harbour, dan dengan Upper Hutt, kota ini dibatasi oleh Taita Gorge. Karena sebagian besar wilayah kota dialiri oleh sungai, maka objek wisata di sini umumnya adalah area riverside dengan walking dan cycling trails. Landmark lainnya antara lain Dowse Art Museum, Vogel House, dan Westfield Queensgate.

8. Palmerston North

The Square, Palmerston North - foto oleh Michal Klajban
Terletak di Region Manawatu-Wanganui, North Island. Palmerston North merupakan kota terbesar ke-8 dengan jumlah penduduk sekitar 88 ribu jiwa pada tahun 2020. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Te Papaioea ("how beautiful it is") dan penduduk lokal sering menyebutnya dengan Palmerson atau Palmy. Secara geografis kota ini terletak di sebelah timur Manawatu Plains dan di tepi utara Manawatu River, sekitar 140 km di sebelah utara Wellington. Sama seperti Hamilton dan Dunedin, di kota ini juga terdapat banyak pelajar dan peneliti di Massey University, Universal College of Learning (UCOL) dan International Pacific College. Landmark dan objek wisata yang ada di kota ini antara lain taman kota The Square, Victoria Esplanade Gardens, Lido Aquatic Centre, museum Te Manawa, Palmerson North Library, serta windfarm The Tararua dan Te Apiti.

9. Hastings

Bangunan Art Deco di Hastings - foto oleh Phillip Capper/Wikimedia Commons
Terletak di Region Hawke's Bay, North Island. Hastings merupakan kota terbesar ke-9 dengan jumlah penduduk sekitar 88 ribu jiwa pada tahun 2020. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Heretaunga. Secara geografis kota ini terletak di sebelah timur Central Plateau dan di kaki pegunungan Kaweka Ranges. Dari kota tetangganya, Napier, Hasting hanya berjarak sekitar 18 km. Kedua kota ini sering disebut sebagai "The Bay Cities" atau "The Twin Cities". Objek wisata dan landmark yang ada di kota ini antara lain Vidal Estate (winery restaurant tertua di New Zealand), Hawkes Bay Farmer's Market (farmer's market terbesar dan tertua di New Zealand), Hastings City Square, Cape Kidnappers, dan Te Mata Peak.

10. Napier

Scenic Hotel Te Pania, Napier - foto oleh YourGolfTravel
Terletak di Region Hawke's Bay, North Island, sekitar 18 km di sebelah utara Hastings. Napier merupakan kota terbesar ke-10 dengan jumlah penduduk sekitar 65 ribu jiwa pada tahun 2020. Dalam bahasa Maori nama kota ini adalah Ahuriri. Berbeda dengan Hastings yang terletak di dataran tinggi, Napier merupakan kota pelabuhan (seaport) yang terletak di pantai timur New Zealand. Objek wisata yang sering dikunjungi di Napier adalah bangunan-bangunan berarsitektur Art Deco yang dibangun setelah gempa bumi besar pada tahun 1931. Landmark lainnya antara lain museum & art gallery MTG Hawke's Bay, National Aquarium, Napier Prison, dan Marine Parade.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 10 kota besar sebagai tujuan wisata di Selandia Baru. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!

Klook.com



Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar