Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 02, 2015

10 Kota Besar Tujuan Wisata Utama di Arab Saudi

Salam Traveling!

Sekarang kita menuju ke wilayah Asia yang lain, Timur Tengah. Dan negara pertama yang kita tuju adalah Arab Saudi, salah satu negara penting bagi umat Muslim.

Arab Saudi atau yang nama resminya Kingdom of Saudi Arabia (K.S.A.), semua umat Islam pasti tahu negara ini, dan tentunya ingin berkunjung ke sini. Di negara ini terdapat dua kota suci umat Islam, Makkah dan Madinah, serta banyak masih banyak lagi tempat dan bangunan bersejarah lainnya. Arab Saudi sendiri merupakan negara terbesar di Jazirah Arab yang berbatasan dengan Laut Merah di sebelah barat dan Teluk Persia di sebelah timur. Sebagian besar wilayah geografis negara ini berupa gurun pasir. Meski demikian negara ini tergolong negara kaya, karena merupakan pengekspor minyak terbesar di dunia. Ditambah lagi dari sektor pariwisata, tercatat paling sedikit 14 juta orang yang berkunjung ke sini setiap tahun.

Berikut 10 kota besar di Arab Saudi yang sering dikunjungi oleh wisatawan:

1. Riyadh

Riyadh
Riyadh
Riyadh merupakan ibukota Riyadh Region sekaligus ibu kota negara Arab Saudi. Riyadh adalah kota terbesar dengan jumlah penduduk sekitar 5,3 juta jiwa. Dalam bahasa Arab, Riyadh berarti "taman" ("The Gardens"). Secara geografis kota ini terletak di dataran tinggi (plateau) yang luas di tengah Arabian Peninsula. Riyadh termasuk dalam wilayah historis Najd dan Al-Yamama. Old town di Riyadh terletak dalam city walls yang memiliki lima pintu gerbang: eastern gate of Thumaira, northern gate of Al-Suwallen, western gate of Al-Madhbah, south-western gate of Shumaisi, dan southern gate of Dukhna. Di old town ini terdapat archeological site yaitu Masmak Fort, Masmak Palace, Al-Murabba Palace, Prince Muhammad bin Abdul-Rahman Palace dan Shamsiya Palace. Landmark modern yang ada di Riyadh antara lain Burj Al Mamlakah, Burj Al Faisaliyah, Riyadh TV Tower dan National Museum of Saudi Arabia. Perguruan tinggi yang ada di Riyadh antara lain King Saud University, dan Princess Nora bint Abdulrahman University yang merupakan universitas khusus perempuan terbesar di dunia.

2. Jeddah

Jeddah
King Abdullah Street di Jeddah
Terletak di Makkah Region. Jeddah merupakan kota terbesar ke-2 dengan jumlah penduduk sekitar 3,4 juta jiwa. Dalam bahasa Arab, Jeddah (Jaddah) berarti "nenek" ("grandmother"), yang merujuk pada makam Hawa, nenek seluruh umat manusia, yang terletak di kota ini. Secara geografis Jeddah terletak di pantai Laut Merah, wilayah barat Arab Saudi. Jeddah merupakan kota pelabuhan terbesar di Red Sea dengan pelabuhannya Jeddah Seaport, serta merupakan pintu gerbang (gateway) untuk menuju ke Makkah dan Madinah. Landmark yang ada di kota ini antara lain King Fahd's Fountain setinggi 312 meter, NCB Tower, IDB Tower, Kingdom Tower, Jeddah Flagpole, Quran Gate yang merupakan pintu gerbang ke Makkah, dan Al-Balad (Old City). Perguruan tinggi yang ada di Jeddah antara lain King Abdulaziz University dan King Abdullah University of Science and Technology (KAUST). Jeddah, bersama Makkah dan Madinah termasuk dalam wilayah Hijaz.

3. Makkah

Makkah
Ka'bah dan Masjid al-Haram di Makkah
Makkah (Mecca) merupakan ibu kota Region Makkah, Arab Saudi. Secara geografis, kota ini terletak dataran rendah Tihamah, wilayah barat negara ini. Dari Laut Merah, kota ini berjarak sekitar 80 km. Makkah merupakan kota terbesar ke-3 di Arab Saudi dengan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2010. Dalam bahasa Arab, nama lengkap kota ini adalah Makkah al-Mukarramah yang berarti "Makkah yang suci" atau "The Holy City of Mecca". Kota ini juga sering dijuluki sebagai "Umm al-Quraa" yang berarti "Ibu dari semua pemukiman". Makkah merupakan kota suci umat Islam karena di kota ini terdapat Ka'bah dan Masjid al-Haram yang selalu ramai dikunjungi oleh umat Islam sepanjang tahun. Makkah juga merupakan tanah kelahiran Nabi Muhammad Saw dan wilayah penyebaran agama Islam pertama kali. Gua Hira di Jabal al-Nur, tempat Nabi Muhammad Saw menerima wahyu pertama kali, merupakan salah satu landmark utama di kota ini, dan berjarak sekitar 3 km dari pusat kota. Landmark lain yang terkenal di Makkah adalah Quran Gate dan Abraj Al Bait Tower.


4. Madinah

Madinah
Masjid an-Nabawi di Madinah
Merupakan ibu kota Al Mdinah Region. Madinah adalah kota terbesar ke-4 dengan jumlah penduduk sekitar 1,1 juta jiwa. Dalam bahasa Arab nama lengkap kota ini adalah Madinah al-Munawwarah yang artinya "kota yang bercahaya" ("the radiant city"). Sama seperti Makkah, Madinah juga merupakan kota suci umat Islam karena di sini terdapat Masjid an-Nabawi dan makam Nabi Muhammad Saw. Dalam sejarah Islam, Nabi Muhammad Saw berhijrah dari Makkah ke Madinah, dan menjadikan kota ini sebagai pusat pemerintahan, hingga masa Khulafaur Rasyidin Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Utsman bin Affan. Selain Masjid an-Nabawi, di Madinah juga terdapat Masjid Quba (masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw pertama kali saat hijrah) dan Masjid al-Qiblatayn (masjid dua kiblat, di sini Nabi Muhammad Saw menerima wahyu untuk mengubah arah kiblat dari Jerussalem ke Makkah). Jika Makkah merupakan tempat diwahyukannya surah Al-Qur'an pertama kali, maka Madinah merupakan tempat diwahyukan surah Al-Qur'an yang terakhir.

5 . Al-Ahsa (Al-Hasa)

Al-Ahsa
Reruntuhan Jawatha Mosque di Al-Ahsa
Terletak di Eastern Region. Al-Ahsa merupakan kota terbesar ke-5 dengan jumlah penduduk sekitar 1 juta jiwa. Secara geografis Al-Ahsa merupakan daerah oasis yang terletak sebelah timur Jazirah Arab, sekitar 60 km dari tepi pantai Persian Gulf. Di oasis ini terdapat sekitar 2 juta pohon kurma yang mampu menghasilkan hingga 5 ton kurma setiap hari. Selain itu kota ini juga penghasil minyak bumi yang cukup besar, hingga 1 juta barrel per hari. Landmark yang ada di kota ini umunya berupa situs arkeologis seperti Jawatha Mosque, Al-Aqeer Seaport, Al-Kabir Mosque, Qasr (castle) Ibrahim, Al-Oyan (mata air), Qarah Mountain, dan Samoud Palace.

6. Ta'if

Ta'if
Salah satu masjid di Ta'if
Terletak di Makkah Region. Ta'if merupakan kota terbesar ke-6 dengan jumlah penduduk sekitar 987 ribu jiwa. Secara geografis Ta'if terletak di lereng Sarawat Mountains dengan ketinggian sekitar 1.800 meter dari permukaan laut. Ta'if kadang dijuluki "the unofficial summer capital" karena pada musim panas, keluarga kerajaan Saudi sering berkunjung ke kota ini untuk menghindari panasnya suhu udara di Riyadh. Landmark yang ada di kota ini antara lain Abdullah Ibn Abbas Mosque, Al Rudaf Park, Wadi Mitna, Ta'if Rose Plantation, Shubra Palace, Turkish Fort, Nature Reserve Al-Hada, dan desa pertanian Al Shafa.


7. Khobar

Khobar
Khobar Water Tower
Juga disebut dengan Al-Khobar. Khobar terletak di Eastern Region dan merupakan kota terbesar ke-7 dengan jumlah penduduk sekitar 941 ribu jiwa. Secara geografis, Khobar terletak di wilayah timur Arab Saudi, di tepi pantai Persian Gulf. Khobar bersama dengan Dammam dan Dhahran termasuk dalam Dammam Metropolitan Area. Khobar merupakan kota besar yang selalu sibuk. Di kota ini banyak terdapat skyscraper, lifestyle center dan shopping mall. Landmark dan objek wisata yang ada di kota ini antara lain Half Moon Beach, Khobar Corniche, Prince Bandar Street, Alissa Souk dan Al Rashid Mall.

8. Dammam

Dammam
Dammam Corniche
Merupakan ibukota Eastern Region. Dammam adalah kota terbesar ke-8 dengan jumlah penduduk sekitar 903 ribu jiwa. Secara geografis, Dammam merupakan kota pelabuhan yang terletak di pantai Persian Gulf, sebelah timur Jazirah Arab. King Abdul Aziz Seaport yang terletak di kota Dammam, merupakan pelabuhan laut terbesar di Persian Gulf dan terbesar kedua di Saudi Arabia setelah Jeddah Seaport. Selain itu King Fahd International Airport (KFIA) yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Dammam, merupakan bandara terluas di dunia dengan luas sekitar 780 km2.

9. Khamis Mushait

Khamis Mushait
Salah satu masjid di Khamis Mushait
Terletak di 'Asir Region. Khamis Mushait merupakan kota terbesar ke-9 dengan jumlah penduduk sekitar 630 ribu jiwa. Kota ini terletak di sebelah timur Abha, ibukota 'Asir Province. Sebelum tahun 1970, Khamis Mushait hanya merupakan kota kecil dengan penduduk kurang dari 50 ribu jiwa. Tetapi setelah itu, populasi penduduk di kota ini meningkat drastis. Wilayah kota ini sebagian besar berupa lahan pertanian yang memproduksi beragam hasil pertainan. Di kota ini terdapat beberapa souk (pasar tradisional) yang terkenal seperti Khamis Souk, Silver Souk, dan Spice Souk. Landmark lainnya antara lain Khamis Mushait Mosque, Al-Hayat Hispital, dan Mushait Palace Hotel.


10. Buraidah

Buraidah
Pasar kurma di Buraidah
Merupakan ibukota Al-Qassim Region. Buraidah adalah kota terbesar ke-10 dengan jumlah penduduk sekitar 614 ribu jiwa. Secara geografis kota ini terletak di wilayah sentral Arab Saudi, di tepi Wadi Al-Rummah, lembah sungai terpanjang di Arabian Peninsula. Sama seperti Khamis Mushait, di Buraidah sektor petanian merupakan yang utama dengan hasil pertanian seperti kurma, buah-buahan dan gandum. Landmark yang ada di kota ini antara lain Museum of Buraidah, King Khalid Park and Garden, dan Buraidah Water Tower.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai 10 kota besar tujuan utama wisata di Arab Saudi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar