Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 11, 2015

Wisata Paris, Kota Cantik nan Romantis di tepi Sungai Seine, Prancis

Salam Traveling!

Setelah Amsterdam, Berlin, dan London, sekarang kita menuju ke destinasi wisata paling romantis di Eropa yaitu Paris atau yang lebih dikenal dengan julukan City of Love.

Paris adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Prancis. Kota ini merupakan pusat region Île-de-Franceatau yang juga dikenal dengan nama région parisienne (Region Paris). Jauh sebelum menjadi ibukota negara Prancis, Paris ternyata sudah menjadi kota yang dihuni oleh bangsa Celtic sejak 3 abad sebelum masehi. Secara geografis, Paris terletak di wilayah utara – tengah Prancis dan dialiri oleh Sungai Seine. Wilayah urban Paris memiliki populasi penduduk yang sangat padat, lebih dari 10 juta jiwa pada tahun 2015. Selain terkenal sebagai kota modern dan pusat mode dunia, di Paris juga terdapat banyak bangunan klasik berarsitektur Renaissance yang merupakan tujuan wisata utama para traveler dari seluruh penjuru dunia.

Apa saja landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Paris, Prancis? Berikut 10 di antaranya:

1. Menara Eiffel (Tour Eiffel)

Menara Eiffel, Paris
Menara Eiffel, Paris
Menara Eiffel atau Eiffel Tower (Eiffel Tour) adalah menara setinggi 324 meter yang terletak di Champ de Mars, Paris. Nama Eiffel sendiri diambil dari nama Alexandre Gustave Eiffel, seorang insinyur yang memparakarsai dibangunnya menara ini sebagai pintu gerbang World’s Fair 1889. Pada saat itu, menara ini mendapat banyak kritik dari banyak artist dan kaum intelektual Prancis. Tetapi, seiring berjalannya waktu, menara ini menjadi ikon global bukan hanya bagi negara Prancis, tetapi hingga ke seluruh dunia. Menara ini memiliki 3 lantai yang bisa dikases oleh pengunjung. Di lantai pertama dan kedua bahkan terdapat restoran, sedangkan lantai teratas khusus untuk observatory deck. Menara Eiffel menjadi menara tertinggi di dunia hingga tahun 1930. Saat ini, meski bukan merupakan yang tertinggi, tetapi Menara Eiffel tetap merupakan bangunan tertinggi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan di seluruh dunia.

2. Museum Louvre (Musée du Louvre)

Museum Louvre, Paris
Museum Louvre
Museum Louvre atau Musée du Louvre adalah museum seni dan sejarah yang terletak di tepi Sungai Seine, pusat kota Paris. Museum yang ini telah dibuka sejak tahun 1793 serta merupakan museum seni terbesar di dunia. Museum Louvre terletak di dalam kompleks bangunan Louvre Palace yang memiliki luas lebih dari 6 hektar. Di depan museum terdapat salah satu landmark yang juga terkenal, yaitu Louvre Pyramid. Museum Louvre memiliki koleksi lebih dari 380 ribu objek yang berasal dari zaman prasejarah hingga abad ke-21. Yang terkenal adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang dibuat pada tahun 1503. Di dalam museum ini pengunjung boleh menggunakan kamera dan video recorder asalkan tidak menggunakan flash.


3. Notre Dame de Paris

Notre Dame de Paris
Notre Dame de Paris - foto oleh Livioandronico2013
Pertama kali tahu gereja ini dari serial anak The Hunchback of Notre-Dame karya Victor Hugo. Notre Dame sendiri merupakan gereja katedral yang terletak di  Île de la Cité, salah satu pulau di Sungai Seine. Dalam Bahasa Inggris ‘Notre Dame’ berarti ‘Our Lady’. Gereja berarsitektur French Gothic ini pertama kali dibangun pada tahun 1163 tetapi mengalami kerusakan berat pada saat Revolusi Prancis tahun 1790. Pada tahun 1862 gereja ini direstorasi kembali dan dijadikan Monument Historique pada tahun 1862. Gereja ini memilki satu menara setinggi 10 meter dan 10 bel yang berukuran sangat besar.

4. Arc de Triomphe

Arc de Triomphe, Paris
Arc de Triomphe, Paris
Arc de Triomphe adalah tugu pintu gerbang yang terletak di Place Charles de Gaulle, di tepi barat Champs-Élysées. Nama lengkap bangunan ini adalah Arc de Triomphe de l'Étoile atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Triumphal Arch of the Star. Monumen berarsitektur Neoclassical ini dibangun pertama kali pada tahun 1806 dan memiliki tinggi 50 meter serta lebar 45 meter. Monumen ini dibangun untuk mengenang jasa mereka yang gugur selama Revolusi Prancis dan Napoleonic War. Nama semua pahlawan tersebut dipahat di seluruh permukaan monument. Di bawah monument ini juga terdapat makam para para pahlawan tanpa nama (the Unknown Soldier) yang gugur selama Perang Dunia I.


5. Musée d'Orsay

Musée d'Orsay, Paris
Musée d'Orsay, Paris - foto oleh Daniel Vorndran / DXR
Musée d'Orsay adalah museum yang terletak di Rue de Lille, di tepi Sungai Seine. Museum ini pada awalnya hanyalah sebuah stasiun kereta yang dibangun antara tahun 1898 dan 1900. Tetapi sejak tahun 1930 stasiun ini tidak lagi digunakan sehingga pada tahun 1986 oleh pemerintah Prancis bangunan ini diubah menjadi museum. Koleksi seni yang ada di museum ini umunya berasal dari tahun 1848 hingga 1915. Koleksi tersebut meliputi lukisan, patung, furniture, dan fotografi yang merupakan karya besar seniman dunia seperti Monet, Manet, Degas, Renoir, Cézanne, Seurat, Sisley, Gauguin, dan Van Gogh.

6. Île de la Cité

Île de la Cité
Île de la Cité dan Pont Neuf
Île de la Cité adalah satu dari dua pulau alami yang terletak di Sungai Seine. Pulau kecil ini merupakan pusat Kota Paris di pulau inilah terletak gereja katedral Notre Dame. Selain Notre Dame, di pulau ini juga terdapat bangunan-bangunan klasik lain yang telah ada sejak abad pertengahan seperti Place Dauhine, Place des Vosges, Sainte-Chapelle, penjara Conciergerie, dan monumen Mémorial des Martyrs de la Déportation. Dengan Kota Paris, pulau ini dihubungkan oleh beberapa jembatan. Jembatan yang tertua dan terkenal adalah Pont Neuf yang terletak di ujung barat pulau.


7. Île Saint-Louis

Île Saint-Louis
Île Saint-Louis
Sama seperti Île de la Cité, Île Saint-Louis juga merupakan pulau alami yang terletak di Sungai Seine. Bedanya, Île Saint-Louis memiliki luas wilayah yang lebih kecil sehingga di pulau ini tidak terlalu banyak bangunan penting. Meski demikian, pulau ini merupakan salah satu wilayah di Kota Paris yang memiliki bangunan-bangunan otentik sejak abad ke-17 dan ke-18 yang tidak terpengaruh oleh perubahan zaman. Dengan pulau Île de la Cité, pulau ini dihubungkan oleh jembatan Pont Saint-Louis. Sedangkan dengan Kota Paris, pulau ini dihubungkan oleh 4 jembatan lain. Selain Île de la Cité  dan Île Saint-Louis, di Sungai Seine juga terdapat satu pulau buatan yaitu Île aux Cygnes.

8. Jardin du Luxembourg

Jardin du Luxembourg,Paris
Jardin du Luxembourg - foto oleh PRA
Jardin du Luxembourg adalah taman yang terletak di kompleks Luxembourg Palace, Kota Paris. Taman yang juga dikenal dengan nama Luxembourg Garden ini dibangun pada tahun 1612 oleh Marie de‘ Medici, istri raja Henry IV. Taman seluas 23 hektar ini terkenal dengan keindahan rumput hijau, pepohonan, taman bunga, jalan setapak, kolam, perahu layar, dan air mancur Medici Fountain yang dibangun pada tahun 1620. Di taman ini juga terdapat banyak patung, monumen, dan air mancur kecil yang lain. Di antaranya adalah 20 patung para ratu kerajaan Prancis, termasuk Maria de‘ Medici sendiri. 


9. Centre Georges Pompidou

Centre Georges Pompidou
Centre Georges Popmpidou
Apa yang muncul di benak Anda saat melihat bangunan di atas? Kalau menurut saya pribadi, dari jauh bangunan tersebut terlihat seperti bangunan yang belum rampung alias belum selesai dikerjakan :D. Tetapi tidak bagi para insinyur dan seniman Prancis. Centre Georges Pompidou atau sering disingkat Centre Pompidou merupakan kompleks bangunan berarsitektur Postmodern, Brutalist, dan High-Tech, yang teletak di Beaubourg, di dekat Les Halles, Rue Montorgueil dan Le Marais. Di kompleks ini terdapat perpusatakaan informasi publik (Bibliothèque publique d'information), perpustakaan umum, museum modern art Musée National d'Art Moderne, dan pusat penelitian music dan akustik IRCAM. Kompleks yang telah dibuka sejak tahun 1977 ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Di depan kompleks terdapat patung Horizontal karya Alexander Calder.

10. Disneyland Paris

Disneyland Paris
Disneyland Paris
Kalau ini tempat wisata yang cocok untuk keluarga terutama anak-anak, sama seperti Tokyo Disneyland. Disneyland Paris merupakan taman hiburan dan resort yang terletak Marne-la-Vallée, sekitar 32 km dari pusat kota Paris. Taman hiburan ini pada awalnya bernama Euro Disney Resort dan merupakan taman hiburan terbesar di Eropa. Taman hiburan yang telah dibuka sejak tahun 1992 ini memiliki luas kompleks sekitar 19 km persegi. Di dalam kompleks terdapat 2 theme park (Disneyland Park dan Walt Disney Studio Park), 13 hotel, padang golf, stasiun kereta, serta kota kecil bernama Val d'Europe.


Nah, itulah 10 landmark dan tempat wisata utama di Paris, Prancis. 8 tempat wisata selanjutnya bisa dibaca di Wisata Paris, Prancis - Bag. 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!

Indeks Artikel





Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar:

  1. TERIMA JASA TOUR GUIDE PARIS

    Cocok untuk yang ingin menghemat waktu & tidak tahu kota paris

    KEUNTUNGAN :
    1. Menghemat waktu dari pada harus mencari lokasi/ takut nyasara
    2. Biaya terjangkau/ bias nego
    3. Waktu fleksibel ( hubungin terlebih dahulu )
    4. Tour guide bisa berbicara Bahasa Indonesia dan Prancis
    5. Free antar jemput ke bandara CDG Paris

    Syarat & ketentuan :
    • Transport di tanggung masing2 peserta ( mobil ataupun transport umum )
    • Makan Tour guide di Tanggung peserta

    CP:
    WA : +33771174763
    Line : gratiaatanka
    Email : gratiaatanka@ymail.com

    BalasHapus