Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 20, 2015

Wisata Berlin, Kota Klasik Modern serta Bersejarah di Jerman

Salam Traveling!

Selain, AmsterdamParis, dan London, sekarang kita menuju ke kota selanjutnya di Eropa yaitu Berlin, Jerman.

Berlin adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Jerman, dengan populasi penduduk lebih dari 3,5 juta jiwa pada tahun 2015. Kota ini merupakan pusat region Berlin-Bradenburg Metropolitan. Secara geografis, Berlin terletak di wilayah timur laut negara Jerman, di tepi Sungai Spree dan Sungai Havel. Sepertiga area kota merupakan lahan terbuka, sungai, danau dan hutan. Setelah Perang Dunia II, Berlin dibagi menjadi dua bagian yang dipisahkan oleh Tembok Berlin (Berliner Mauer): Berlin Timur yang merupakan ibukota Jerman Timur; dan Berlin Barat yang merupakan wilayah de facto Jerman Barat. Saat Jerman Timur dan Jerman Barat bersatu pada tahun 1990, Tembok Berlin ini dihancurkan. Salah satu universitas terbaik dunia, Humboldt Universität zu Berlin (HU Berlin), terletak di kota ini. Saat ini, Berlin merupakan kota modern yang terkenal dengan pendidikan, kebudayaan, sains dan teknologi, dengan kualitas hidup terbaik di dunia.

Beberapa landmark dan objek wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Berlin antara lain:

1. Brandenburg Gate (Brandenburger Tor)

Brandenburg Gate, Berlin
Brandenburg Gate, Berlin
Objek wisata pertama adalah Brandenburg Gate atau Brandenburger Tor, sebuah monumen kemenangan (triumphal arch) yang terletak di Pariser Platz, sebelah barat kota Berlin. Monumen ini terletak di persimpangan dua jalan utama di kota Berlin: Unter den Linden dan Ebertstraße. Brandenburg Gate pertama kali dibangun pada abad ke-18 atas prakarsa King Frederick William II. Monumen berarsitektur neoclassical ini memilik tinggi 26 meter dan dibangun sebagai pintu gerbang untuk memasuki kota Berlin dari kota di sebelahnya, Brandenburg an der Havel. Selama Perang Dunia II monumen ini sempat mengalami kerusakan parah tetapi berhasil direstorasi kembali pada tahun 2000. Saat ini, Brandenburg Gate bukan hanya sebagai simbol kemenangan bagi bangsa Jerman tetapi juga merupakan simbol persatuan dan kedamaian bagi seluruh wilayah Eropa. Tepat di sebelah utara monumen terdapat landmark utama kota Berlin yang lain yaitu Reichstag Building.  


2. Reichstag Building (Reichstagsgebäude)

Reichstag Building, Berlin
Reichstag Building, Berlin - foto oleh Matthew Field
Objek wisata selanjutnya Reichstag Building atau Reichstagsgebäude yang terletak di Platz der Republik, tepat di sebelah Brandenburg Gate. Bangunan ini juga berfungsi sebagai gedung parlemen negara Jerman sehingga sering dikenal dengan nama Berlin Bundestag. Reichstag Building pertama kali dibangun pada tahun 1884 dan mulai digunakan sejak tahun 1894 hingga 1933. Setelah itu gedung ini tidak lagi digunakan. Saat Jerman bersatu, reruntuhan gedung ini kemudian direnovasi agar bisa digunakan kembali. Saat ini, Reichstag Building merupakan salah satu landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan di Berlin. Pada bagian atas gedung terdapat sebuah kubah kaca berukuran besar yang memiliki 360-degree view, jadi dari kubah ini pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Berlin dari semua sudut.


3. Tembok Berlin (Berliner Mauer)

Checkpoint Charlie di Tembok Berlin
Checkpoint Charlie di Tembok Berlin
Tembok Berlin atau Berlin Wall atau Berliner Mauer adalah tembok sepanjang 155 km yang membagi wilayah Berlin menjadi 2 bagian: Berlin Barat (West Berlin) dan Berlin Timur (East Berlin). Tembok ini dibangun oleh Jerman Timur pada tahun 1961 dan dihancurkan pada tahun 1990 saat Jerman bersatu. Jika sudah dihancurkan, lalu apa yang bisa dikunjungi oleh wisatawan? Setidaknya ada 3 bagian tembok yang sering dikunjungi: East Side Gallery yang merupakan lukisan mural sepanjang 1,3 km di reruntuhan tembok; Berlin Wall Memorial (Gedenkstätte Berliner Mauer) yang terletak di Bernauer Straße; dan Checkpoint Charlie yang merupakan crossing point antara Jerman Barat dan Jerman Timur yang terletak di Friedrichstraße.


4. Museum Island (Museumsinsel)

Museum Island, Berlin
Museum Island
Museum Island adalah nama yang diberikan untuk wilayah utara pulau yang terletak di Sungai Spree, distrik Mitte, kota Berlin. Diberi nama Musem Island karena di wilayah ini terdapat 5 museum utama dan tertua di negara Jerman yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Museum-museum tersebut antara lain Altes Museum (Old Museum) yang dibangun pada tahun 1830, Neues Museum (New Museum) yang dibangun pada tahun 1859, Alte Nationalgalerie (Old National Gallery) yang dibangun pada tahun 1876, Bode Museum yang dibuka sejak tahun 1904, dan Pergamon Museum yang dibangun pada tahun 1930.



5. Berlin TV Tower (Fernsehturm Berlin)

Fernsehturm Berlin
Berlin TV Tower
Terletak di sebelah Alexanderplatz, distrik Mitte, wilayah sentral kota Berlin. Seperti namanya, Fernsehturm adalah menara televisi yang dibangun pada tahun 1965 oleh Jerman Timur sebagai simbol kota Berlin. Menara setinggi 368 m meter ini merupakan menara tertinggi di negara Jerman dan tertinggi ke-4 di Eropa. Pada bagian atas menara terdapat viewing deck yang berbentuk sphere (bola). Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Berlin dari ketinggian 203 meter. Menara ini juga sering disebut dengan Alex Tower  karena letaknya yang dekat dengan Alexanderplatz.


6. Charlottenburg Palace (Schloss Charlottenburg)

Charlottenburg Palace, Berlin
Charlottenburg Palace
Terletak di distrik Charlottenburg, Berlin. Seperti namanya, Charlottenburg Palace adalah istana kerajaan yang dibangun pada abad ke-17 atas perintah Queen Sophie Charlotte, istri King Friedrich III. Istana yang berarsitektur Baroque dan Roroco ini merupakan istana kerajaan yang terbesar di Berlin. Selain bangunan utama, di kompleks istana juga terdapat taman yang luas, kolam, paviliun, teater dan mausoleum. Saat Perang Dunia II, kompleks istana ini mengalami kerusakan parah tetapi kemudian direnovasi. Saat ini Charlottenburg Palace merupakan salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi di Berlin.


7. Topography of Terror (Topographie des Terrors)

Topography of Terror, Berlin
Topography of Terror
Terletak di Niederkirchnerstraße, Berlin. Sesuai dengan namanya, Topography of Terror adalah museum berkonsep indoor dan outdoor yang mendokumentasikan kekejaman rezim Nazi. Selama Nazi berkuasa sejak tahun 1933 hingga 1945, bangunan ini merupakan kantor pusat Gestapo dan SS (Schutzstaffel). Bangunan ini ditemukan kembali pada tahun 1987 dan dibuat menjadi museum oleh Jerman Timur. Pada tahun 2010 keseluruhan bangunan didesain ulang dengan penambahan sebuah Documentation Center.


8. Sungai Spree

Sungai Spree, Berlin
Sungai Spree
Nah, kalau ini adalah salah satu objek wisata favorit bagi saya, sungai. Sungai Spree adalah salah satu dari dua sungai yang mengalir di Kota Berlin. Sungai sepanjang 400 km juga mengaliri wilayah Jerman yang lain yaitu Saxony dan Brandenburg, serta wilayah Republik Ceko, Ústí nad Labem. Atraksi wisata utama di sungai ini sebenarnya adalah river cruise atau pelayaran menyusuri sungai dengan perahu atau boat. Tetapi keindahan sungai ini juga bisa dinikmati tanpa boat maupun perahu. Beberapa tempat dimana wisatawan bisa menikmati keindahan Sungai Spree antara lain Museum Island, Oberbaum Bridge, dan Treptower Park yang terletak di Alt-Treptow.


9. Grünewald (Grunewald Forest)

Grünewald, Berlin
Grünewald, Berlin - foto oleh A. Savin
Objek wisata saya yang kedua, hutan. Seperti yang dijelaskan di atas, sepertiga wilayah Berlin masih merupakan sungai, hutan, dan lahan terbuka. Salah satunya, yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Grünewald atau Grunewald Forest, sebuah hutan kota atau lebih tepatnya lahan terbuka hijau yang terletak wilayah barat Berlin, tepat di tepi Sungai Havel. Hutan ini memiliki luas sekitar 3000 hektar ini dan sebagian besar ditumbuhi oleh ekosistem conifer dan betulaceae. Di Grünewald juga terdapat danau, kolam, dan sebuah bukit bernama Teufelsberg yang berarti Devil's Mountain. Bukit setinggi 80 meter tersebut dibuat oleh pasukan militer Nazi serta sempat menjadi salah satu stasiun milik Jerman Barat saat berlangsung Perang Dunia II. Untuk mencapai Grünewald, pengunjung bisa menggunakan sistem kereta S-Bahn tepatnya melalui jalur S7 lalu turun di stasiun Berlin Grunewald.


10. Alexanderplatz

Alexanderplatz, Berlin
Alexanderplatz
Tempat wisata terakhir adalah Alexanderplatz, yang terletak di sebelah Berlin TV Tower (Fernsehturm), Distrik Mitte, wilayah sentral Berlin. Sama seperti Trafalgar Square di LondonAlexanderplatz merupakan sebuah lapangan (square) sekaligus pusat transportasi di Berlin. Lapangan ini pertama kali dibangun pada abad ke-19. Nama Alexander sendiri berasal dari nama Emperor Rusia Alexander I yang pada saat itu mengunjungi Berlin atas perintah King Frederick William III of Prusia. Pada saat Perang Saudara, Alexanderplatz masuk dalam wilayah Jerman Timur. Saat Jerman bersatu, lapangan ini direnovasi dan ditambahkan berbagai bangunan, termasuk lukisan grafiti "Fountain of Friendship between Peoples" (Brunnen der Völkerfreundschaft). Warga lokal sering menyingkat nama tempat ini dengan Alex, yang meliputi semua area mulai dari Mollstraße hingga ke Spandauer Straße dan Rotes Rathaus (Red Town Hall). Beberapa landmark utama yang ada di lapangan ini antara lain: World Clock, Bahnhof Alexanderplatz (Alexanderplatz Station), Park Inn Hotel, Die Mitte Shopping Mall, dan Neptunbrunnen (Neptune Fountain).


1 komentar:

  1. Aduuh keren banget ini blognya. Salu deh.. isinya tentang wisata dan memberikan masukan yang berharga untuk yang ingin bepergian dengan aman dan nyaman. Very recommended nih! Salam dari Eka Tanjung di Amsterdam.

    BalasHapus