Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 02, 2015

Wisata London, Kota Cantik di tepi Sungai Thames, Inggris - Bag. 1

Salam Traveling!

Setelah Amsterdam, Paris dan Berlin, sekarang  kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya di Eropa Barat yaitu London.

London merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di country Inggris (England) serta negara United Kingdom. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Thames, wilayah tenggara pulau Great Britain. Menurut sejarah, nama London berasal dari bahasa Romano-British, Londinium. Wilayah kota ini dibagi menjadi dua: City of London yang merupakan pusat kota; dan Greater London yang meliputi urban area Middlesex, Essex, Surrey, Kent dan Hertfordshire. Sungai Thames yang mengalir melalui wilayah London membagi kota ini menjadi 2 bagian: North London dan South London. Saat ini London merupakan salah satu kota modern dunia yang terkenal dengan seni, entertainment, fashion, pendidikan, perdagangan, media, dan tentu saja pariwisata. Di London terdapat 6 bandara internasional, tetapi yang terbesar dan paling sering digunakan oleh para traveler dunia adalah London Heathrow Airport (LHR).

Berikut beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di London:

1. Palace of Westminster

Palace of Westminster
Palace of Westminster
Palace of Westminster merupakan kompleks istana Kerajaan Inggris yang terletak di tepi Sungai Thames, di City of Westminster, Central London. Di kompleks inilah terdapat Big Ben yang merupakan ikon negara Inggris. Kompkeks istana ini juga dikenal dengan nama Houses of Parliament, karena di tempat inilah Dewan Parlemen Kerajaan Inggris mengadakan pertemuan. Kompleks istana ini sebenarnya terdiri atas dua bagian: Old Palace yang dibangun pada abad pertengahan tetapi mengalami kebakaran pada tahun 1843; dan New Palace yang ada saat ini. Di kompleks ini terdapat 3 tower utama: Victoria Tower yang terletak di sebelah selatan; Elizabeth Tower atau Big Ben yang terletak di sebelah utara; dan Central Tower yang terletak di bagian tengah. Di sekeliling istana juga terdapat beberapa taman tetapi yang sering dikunjungi oleh publik adalah Victoria Tower Gardens.

2. Big Ben

Big Ben
Big Ben - photo by Karrackoo
Siapa sih yang gak tahu Big Ben? Saya rasa hampir semua orang di dunia tahu dengan jam besar yang merupakan ikon negara Inggris ini. Big Ben merupakan nickname atau nama julukan bagi Great Bell, sebuah bel dan jam dinding besar yang terletak di sebelah utara Palace of Westminster. Jam ini terletak di atas sebuah menara, Elizabeth Tower, tetapi lebih dikenal dengan nama Clock Tower. Menara berarsitektur Gothic Revival ini dibangun pada tahun 1834 dan memiliki tinggi 96 meter. Bagian jam sendiri memiliki diameter 7 meter dan bel seberat 16 ton. Jadi jika mengujungi Kota London, setiap jam kita pasti akan mendengar suara dentang bel dari Big Ben ini. Big Ben sangat populer pada saat perayaan tahun baru dan bagi film-film yang menggunakan London sebagai lokasi syuting.


3. Tower Bridge

Tower Bridge
Tower Bridge
Salah satu ikon kota London selain Big Ben adalah Tower Bridge. Tower Bridge adalah satu dari lima jembatan yang membentang di atas Sungai Thames. Jembatan ini terletak di dekat Tower of London. Jembatan yang telah beroperasi sejak tahun 1894 ini memiliki panjang 244 meter. Yang unik dari Tower Bridge adalah jembatan ini akan terangkat jika ada kapal yang melalui. Selain itu jembatan ini juga memiliki dua menara kembar dengan tinggi masing-masing 65 meter. Di antara kedua menara tersebut terdapat jalur walkway yang bisa diakses oleh publik. Jembatan ini menghubungkan wilayah Tower Hamlets di sebelah utara dan Southwark di sebelah selatan.


4. Buckingham Palace

BuckinghamPalace
Buckingham Palace
Buckingham Palace merupakan kediaman dan tempat kerja resmi para keluarga Kerajaan Inggris yang terletak di City of Westminster. Sama seperti Istana Negara di Indonesia, istana juga merupakan tempat dilangsungkannya upacara dan kegiatan kenegaraan. Istana yang dibangun pada tahun 1703 ini pada awalnya bernama Buckingham House karena hanya berupa townhouse yang diperuntukkan bagi Duke of Buckingham. Setelah Queen Victoria menjadi ratu pada tahun 1837, bangunan ini kemudian resmi menjadi royal palace dan namanya diganti menjadi Buckingham Palace. Sama seperti Palace of Westminster, tidak semua bagian Buckingham Palace bisa diakses oleh publik. Salah satu bagian yang dibuka bagi publik adalah Queen’s Gallery, yang meyimpan berbagai item koleksi Kerajaan Inggris (Royal Collection).


5. Tower of London

Tower of London
Tower of London
Nama lengkap bangunan kastil ini adalah Her Majesty's Royal Palace and Fortress. Seperti namanya Tower of London ini adalah istana sekaligus benteng kerajaan. Kastil ini terletak di tepi Sungai Thames, di wilayah Tower Hamlets, Central London. Tower of London sendiri sebenarnya merujuk pada White Tower yang dibangun oleh William the Conqueror pada tahun 1078. Tinggi tower ini 27 meter dan luas keseluruhan kompleks 4,8 hektar. Antara tahun 1100 hingga 1952 bangunan ini digunakan sebagai penjara dan dikenal sebagai "place of torture and death". Tetapi setelah direnovasi Tower of London menjadi salah satu landmark dan objek wisata utama di London hingga saat ini.

6. London Eye

London Eye
London Eye
London Eye merupakan Ferris wheel atau bianglala yang terletak di tepi selatan Sungai Thames, Borough of Lambeth. Ferris wheel yang dibuka sejak tahun 2000 ini juga dikenal dengan nama Millennium Wheel dan Coca-Cola London Eye. Tinggi keseluruhan struktur 135 meter, lebih rendah daripada Singapore Flyer yang memiliki tinggi 165 meter, dan dilengkapi dengan 32 kapsul untuk mengangkut wisatawan. Meski demikian, ferris wheel ini merupakan yang tertinggi di Eropa. Di sebelah area London Eye terdapat taman kota Jubilee Gardens yang juga ramai dikunjungi oleh publik.


7. Natural History Museum

Natural History Museum
Skeleton Dinosaurus di Natural History Museum
Nama resminya adalah British Museum (Natural History) tetapi lebih dikenal dengan nama Natural History Museum. Seperti namanya, museum ini menyimpan koleksi berbagai spesimen alam dan makhluk hidup. Museum yang telah dibuka sejak tahun 1881 ini terletak di Cronwell Road, South Kensington, London. Terdapat lebih dari 80 juta spesimen yang dibagi kedalam 5 kategori: botany, entomology, mineralogy, paleontology, dan zoology. Koleksi yang sering dipamerkan adalah skeleton dinosaurus dan spesimen-spesimen koleksi Charles Darwin. Karena merupakan museum nasional, sehingga untuk berkunjung ke dalam tidak dipungut biaya sama sekali.

8. British Museum

British Museum
British Museum
Jika sebelumnya adaah British Museum yang dikhususkan untuk natural history, maka British Museum yang ini dikhususkan untuk human history, art, dan culture (sejarah manusia, seni, dan budaya). Museum ini terletak di Great Russell Street, Bloomsbury, London. Museum ini telah dibuka sejak tahun 1753. Sama seperti Natural History Museum, jumlah koleksi British Museum juga lebih dari 8 juta artifak, yang menggambarkan sejarah manusia dari berbagai wilayah di dunia dan dari berbagai zaman.


9. Hyde Park

Hyde Park
Serpentine di Hyde Park
Selanjutnya, taman kota, tempat wisata favorit saya. Hyde Park adalah taman kota terbesar di London dan termasuk dalam Royal Park. Taman seluas 142 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1637 oleh Pangeran Charles I. Taman ini terkenal dengan Speaker’s Corner dan sering digunakan sebagai area demonstrasi. Wilayah taman ini dbagi menjadi 2 bagian: Serpentine dan The Long Water. Di sebelah taman ini terdapat taman Kensington Gardens yang juga ramai dikunjungi oleh wisatawan.

10. Trafalgar Square

Trafalgar Square
Trafalgar Square
Yang pernah baca novel Negeri 5 Menara pasti tahu dengan tempat ini. Trafalgar Square merupakan sebuah lapangan yang terletak di wilayah Central London, serupa dengan Alexanderplatz di Berlin, Jerman. Lapangan yang telah ada sejak tahun 1840 ini dulunya bernama Charing Cross. Nama Trafalgar sendiri diambil dari peristiwa Battle of Trafalgar, dimana armada laut Inggris meraih kemenagan atas Prancis dan Spanyol dalan Perang Napoleon. Perang tersebut berlangsung pada tahun 1805 di Cape Trafalgar, Spanyol. Di bagian tengah lapangan terdapat monumen Nelson’s Column. Di bagian lapangan yang lain terdapat beberapa patung dan air mancur. Di lapangan ini juga terdapat banyak pigeon atau burung merpati.


Nah teman-teman, demikianlah sekilas informasi tentang wisata London, kota cantik di tepi Sungai Thames, Inggris, United Kingdom. Artikel selanjutnya bisa dibaca di Wisata London, Inggris - Bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar