Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Oktober 23, 2015

Wisata Sydney, Kota Modern di Pantai Timur Australia

Salam Traveling!

Setelah Asia, sekarang kita menuju ke wilayah Oseania, tepatnya di Negeri Kanguru, Australia, lebih tepatnya lagi di salah satu kota utamanya, Sydney.

Sydney adalah ibu kota negara bagian New South Wales (NSW) sekaligus merupakan kota terbesar di Australia. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah pantai timur Australia, dan dikelilingi oleh pelabuhan alam terbesar di benua ini, Port Jackson. Di sebelah timur, wilayah Sydney dibatasi oleh Laut Tasman, di sebelah barat dibatasi oleh Blue Mountains, di sebelah utara dibatasi oleh Sungai Hawkesbury, dan di sebelah selatan dibatasi oleh Woronora Plateau. Wilayah Sydney sebenarnya sudah didiami oleh suku asli Aborigin sejak puluhan ribu tahun yang lalu, tetapi baru berkembang pesat setelah bangsa Inggris datang dan menjadikan kota ini sebagai pusat kolonial pada pertengahan abad ke-19. Jumlah penduduk kota ini sekitar 5 juta jiwa pada tahun 2016. Penduduk lokal menjuluki diri mereka dengan nama Sydneysiders. Bandara internasional utama di kota ini adalah Sydney Kingsford Smith Airport (SYD) yang terletak di wilayah Mascot, sekitar 8 km dari pusat kota.

Berikut beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Sydney:

1. Port Jackson

Port Jackson atau Sydney Harbour
Port Jackson, atau yang juga dikenal dengan nama Sydney Harbour, adalah pelabuhan alam di Sydney yang terdiri dari Sydney Harbour, Middle Harbour, North Harbour, serta Lane Cove River dan Parramata River. Pelabuhan ini terletak di sebuah inlet (teluk kecil) di Laut Tasman. Di sini terdapat dua landmark utama di Sydney dan ikon negara Australia: Sydney Harbour Bridge dan Sydney Opera House. Pelabuhan ini pertama kali ditemukan oleh kapten armada laut Inggris, James Cook, pada tahun 1770. Oleh Kapten Cook, inlet ini kemudian diberi nama Port Jackson yang diambil dari nama Sir George Jackson, salah seorang komisi admiral tentara Inggris. Event yang sering diadakan di tempat ini antara lain Sydney New Year’s Eve dan Sydney to Hobart Yacht Race. Di area ini juga terdapat Sydney Harbour National Park yang meliputi beberapa pantai, pulau, dan area wisata.

2. Sydney Opera House

Sydney Opera House
Landmark yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi, Sydney Opera House. Seperti namanya Sydney Opera House adalah gedung opera yang terletak di Bennelong Point, Sydney Harbour, di sebelah Sydney Harbour Bridge. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1959 dan resmi dibuka pada tahun 1973 oleh Queen Elizabeth II. Gedung berarsitektur Modern dan Expressionist ini didesain oleh arsitek Denmark Jørn Utzon, memiliki panjang 183 meter, lebar 120 meter, tinggi 65 meter, dan luas area 1,8 hektar. Setidaknya ada lebih dari 1.500 pertunjukan seni yang diadakan di gedung ini setiap tahun. Sedangkan sebagai landmark dan tempat wisata, gedung ini dikunjungi oleh lebih dari 7 juta wisatawan setiap tahun. Pada tahun 2007, oleh UNESCO, Sydney Opera House dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site. Di sebelah gedung ini terdapat Royal Botanic Gardens yang juga sering diknjungi oleh wisatawan.


3. Sydney Harbour Bridge

Sydney Harbour Bridge - photo by JJ Harrison
Sydney Harbour Bridge adalah jembatan tipe through arch yang terletak di Sydney Harbour yang menghubungkan Central Busidess District (CBD) dan North Shore. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1923 dan resmi dibuka pada tahun 1932, memiliki panjang 1.149 meter, lebar 49 meter, dan tinggi 134 meter. Di sepanjang jembatan terdapat 8 jalur untuk kendaraan, 2 rail-track, 1 jalur untuk sepeda, dan 1 jalur untuk pejalan kaki. Desain jembatan terinspirasi dari Hell Gate Bridge di New York. Oleh penduduk Sydney jembatan ini sering dijuluki “The Coathanger” karena bentuk desainnya yang menyerupai gantungan baju, tetapi kadang juga disingkat hanya menjadi “The Bridge”.

4. Darling Harbour

Darling Harbour
Selain Sydney Harbour ada satu lagi pelabuhan di Sydney yang sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Darling Harbour. Pelabuhan ini terletak di tepi barat Central Business District, membentang dari Chinatown dan Pyrmont hingga ke Cockle Bay. Di sebelah utara pelabuhan ini terdapat pelabuhan utama Sydney yaitu Sydney Harbour atau Port Jackson. Nama “Darling” sendiri berasal dari nama Letnan Jenderal Ralph Darling, gubernur New South Wales yang memerintah dari tahun 1825 hingga 1831. Di pelabuhan ini terdapat berbagai objek wisata seperti Chinese Garden of Friendship, Tumbalong Park, Sydney Entertainment Centre, Australian National Maritime Museum, Sydney Aquarium, Sydney Wildlife World, dan Harbourside Shopping Centre.


5. The Rocks

Campbell's Cove di The Rocks
The Rocks adalah area wisata sejarah yang terletak di pusat kota Sydney. Di sebelah utara area ini terdapat Sydney Harbour, di sebelah timur terdapat Circular Quay dan Sydney Cove, dan di sebelah selatan terdapat Central Business District yang berjarak sekitar 1 km. Disebut sebagai area wisata sejara karena di sini banyak terdapat bangunan-bangunan klasik peninggalan colonial Inggris saat pertama kali datang di Australia tahun 1788. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Rocks Market, Cadman Cottage, Sydney Observatory, Dawes Point Battery dan Museum of Contemporary Art. Selain itu juga terdapat Campbell’s Cove, Harrington Street dan Argyle Street. Stasiun terdekat untuk mengakses The Rocks adalah Circular Quay Railway Station.

6. Bondi Beach

Bondi Beach
Bondi Beach atau Bondi Bay adalah nama pantai sekaligus wilayah di pinggiran Sydney. Dari Sydney Central Business District (CBD), Bondi Beach berjarak sekitar 7 km. Nama “Bondi” berasal dari bahasa Aborigin yang berarti “water breaking over rocks” atau “air yang menghempas bebatuan”. Bondi Beach pada awalnya berupa pantai privat seluas 81 hektar yang dibeli oleh Edward Smith Hall dan Francis O’Brien pada tahun 1851. Tetapi pada tahun 1882 oleh pemerintah kota pantai ini diubah menjadi pantai publik. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 1 km dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan sepanjang tahun. Berbagai even dan festival juga sering diadakan di pantai ini seperti surf, lomba lari, dan beach volley ball.


7. Manly Beach

Manly Beach
Satu lagi pantai di Sydney yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Manly Beach. Seperti namanya, Manly Beach adalah pantai yang terletak di Manly, wilayah Northern Beaches, Sydney. Wilayah pantai ini dibagi menjadi 3 bagian: Queenscliff di bagian utara; North Steyne di bagian tengah; dan South Steyne di bagian selatan. Nama “Manly” sendiri diberikan Kapten Arthur Philip untuk menghargai penduduk lokal yang selalu bersikap “confidence and manly” (percaya diri dan berani). Dari Sydney, pantai ini hanya bisa dijangkau melalui ferry dari Circular Quay dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pantai ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.

8. Taronga Zoo

Pintu gerbang Taronga Zoo
Taronga Zoo adalah kebun binatang yang terletak di tepi pantai Sydney Harbour, di wilayah Mosman, pinggiran kota Sydney. Kebun binatang ini pertama kali dibuka pada tahun 1916 dengan trading name Taronga Conservation Society . Kebun binatang ini memiliki luas 21 hektar dan dibagi 8 region. Di sini terdapat lebih dari 4.000 hewan yang terdiri dari 340 spesies. Hewan-hewan tersebut antara lain platypus, gajah, alligator, tortoise, beruang, seal, jerapah, dan simpanse. Untuk mencapai tempat ini, dari pusat kota pengunjung umumnya menggunakan jasa ferry melalui dermaga ferry di Bradleys Head Road, serta membutuhkan waktu sekitar 12 menit. Kebun binatang ini dibuka setiap hari mulai pukul 9.20 pagi hingga 5 sore.


9. Sea Life Sydney Aquarium

Sydney Aquarium
Sea Life Sydney Aquarium adalah akuarium publik yang yang terletak di tepi timur Darling Harbour, di sebelah utara Pyrmont Bridge. Di akuarium besar ini terdapat lebih dari 700 spesies hewan air yang terdiri dari 13.000 ekor ikan dan hewan laut lain yang berasal dari perairan laut Australia. Akuarium ini pertama kali dibuka pada tahun 1988 dengan tujuan untuk menyediakan tempat rekreasi bertema laut di Darling Harbour. Saat ini, akuarium ini memiliki 14 theme zone antara lain Bay of Rays, Discovery Rock Pool, Shark Walk, Great Barrier Reef. Selain itu di sini pengunjung juga bisa melihat secara langsung hewan laut di habitat aslinya seperti dugong, hiu, stingray, platypus, penguin, dan berbagai macam ikan tropis. Akuarium ini dibuka setiap hari mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 7 malam.

10. Sydney Tower

Sydney Tower - photo by Adam J.W.C.
Sydney Tower merupakan menara tertinggi di Australia dan tertinggi kedua di Southern Hemisphere setelah Auckland Sky Tower di Selandia Baru. Menara ini terletak di Market Street, Sidney Central Business District. Menara observasi dan komunikasi ini pertama kali dibangun pada tahun 1970 dan resmi dibuka pada tahun 1981. Tinggi keseluruhan menara 309 meter sedangkan tinggi observation deck 260 meter. Menara ini memiliki 4 lantai; lantai 1 hingga 3 merupakan Sydney Tower Dining; sedangkan lantai 4 merupakan observation deck yang disebut Sydney Tower Eye, yang di dalamnya juga terdapat teater 4D. Di atas lantai 4, pada bagian atap, terdapat lantai terbuka yang disebut Skywalk, tetapi hanya dibuka untuk tour tertentu.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Sydney, kota modern di pantai timur Australia. Semoga bermanfaat! Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar