Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Januari 14, 2016

Daftar 6 Airport Internasional di London, Inggris

Salam Traveling!

Sekarang saya akan membahas sedikit tentang bandara atau airport internasional yang ada di London, Inggris, United Kingdom. Jika teman-teman melakukan penerbangan dari Asia atau Afrika menuju ke Eropa atau Amerika dan harus mengganti penerbangan di London, ada baiknya harus tahu tentang airport internasional yang ada di sini.

London Airport
Salah satu airport internasional di London
London berbeda dengan Amsterdam atau Frankfurt, yang hanya memiliki 1 airport utama yang melayani semua rute penerbangan internasional. Di London terdapat 6 airport internasional, mungkin karena pemerintah kota sulit mendapat area yang sangat luas yang bisa dijadikan satu airport besar. Dan yang kadang menjadi masalah adalah jarak antar airport tersebut cukup jauh dan biaya trasportasi di London tidaklah murah. Contoh, dari Heathrow ke Gatwick, biaya bus shuttle sekitar 25 Pounds jika dipesan secara online, dan 35 Pounds jika dibeli pada hari keberangkatan. Cukup mahal kan, jauh lebih mahal dari tiket promo Madrid – London yang bisa mencapai hanya 14 Euro.

Peta airport internasional di London
Peta airport internasional di London - map by Wikipedia
Keenam airport ini hanya melayani sekitar 14 rute domestik, sedangkan rute internasional mencapai 396 dari seluruh kota di dunia. Jadi semua airport ini memang hanya dikhususkan untuk penerbangan internasional. Keenam airport internasional tersebut adalah:

1. London Heathrow Airport (LHR)

London Heathrow Airport
Terminal 5 London Heathrow Airport
London Heathrow Airport (LHR) merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Inggris dan United Kingdom. Hampir semua penerbangan internasional yang melalui Inggris, beroperasi di bandara ini. Airport ini terletak di tepi barat dari kelima airport yang lain, tepatnya di Hillingdon, sekitar 22 km dari pusat kota London. Bandara ini memiliki 5 terminal dan 2 parallel runway. Bandara ini juga merupakan base maskapai utama Inggris, British Airways, di Terminal 5. Pada tahun 2010, bandara ini sempat direncanakan untuk diperluas. Sayangnya, rencana itu ditolak. Padahal, seandainya bisa diperluas, mungkin Heathrow bisa menjadi pusat semua penerbangan internasional di London, sehingga penumpang tidak perlu lagi ke airport lain jika ingin melanjutkan penerbangan.

2. London Gatwick Airport (LGW)

London Gatwick Airport
North Terminal London Gatwick Airport - photo by Roger Gilberson
Bandara tersibuk kedua adalah London Gatwick Airport (LGW). Airport ini terletak di tepi selatan dari kelima bandara yang lain, tepatnya di West Sussex, sekitar 48 km dari pusat kota London. Bandara ini hanya memiliki 1 single runway yang selalu sibuk, dan 2 terminal: North dan South. Maskapai British Airways juga menggunakan bandara ini sebagai base untuk penerbangan ke Eropa dan Karibia. Selain itu bandara ini juga merupakan base bagi beberapa maskapai low-cost seperti Monarch, Easy Jet, dan Flybe.

3. London Stansted Airport (STN)

London Stansted Airport
London Stansted Airport
Bandara tersibuk ketiga adalah London Stansted Airport (STN). Bersama dengan Luton, Stansted terletak di tepi utara. Bedanya, Stansted terletak di sebelah timur, lebih dekat dengan Southend. Airport ini terletak di Standsted Mountfitched, Distrik Uttlesford, Essex, sekitar 48 km di sebelah timur laut Central London, dan sekitar 1,5 km dari perbatasan Hertfordshire. Salah satu maskapai low-cost terkenal Eropa, Ryanair, menggunakan bandara ini sebagai base. Untuk mencapai Central London dari bandara ini bisa menggunakan jasa jasa shuttle bus atau train. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam 15 menit dengan cost mulai dari 2 Pounds.

4. London Luton Airport (LTN)

London Luton Airport
London Luton Airport
Bandara tersibuk keempat adalah London Luton Airport (LTN). Sama dengan Standsted, bandara ini terletak di tepi utara. Tetapi, Luton terletak di sebelah barat, lebih dekat dengan Heathrow. Airport ini terletak di Bedforshire, sekitar 57 km dari pusat kota London. Bandara ini merupakan base maskapai low-cost Easy Jet. Jadi jika teman-teman kebetulan menggunakan maskapai Easy Jet menuju ke London, kemungkinan besar teman-teman akan mendarat di bandara ini.

5. London City Airport (LCY)

London City Airport
London City Airport
Bandara tersibuk kelima adalah London City Airport (LCY). Airport ini terletak tepat di tengah kelima airport yang lain, tepatnya di Newham, sekitar 11 km dari pusat kota London. Dari ukuran, bandara ini tidak terlalu besar, hanya memiliki 1 single runway yang berukuran cukup pendek, sehingga pesawat-pesawat yang berukuran besar tidak bisa menggunakan bandara ini. Meski demikian sejak tahu 2011 British Airways menggunakan bandara ini untuk penerbangan menuju ke New York JFK melalui Shannon Airport.

6. London Southend Airport (SEN)

London Southend Airport
London Southend Airport
Bandara tersibuk terakhir adalah London Southend Airport (SEN). Airport ini terletak di tepi timur dari kelima airport yang lain, tepatnya Essex, sekitar 64 km dari pusat kota London. Rute penerbangan yang beroperasi di bandara ini umunya dari dan menuju Irlandia dan Eropa. Karena tidak terlalu sibuk dibandingkan dengan kelima bandara yang lain, sehingga pihak bandara sering mengklaim bahwa saat pesawat mendarat, penumpang yang tidak memiliki bagasi hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke terminal train/kereta. 15 menit, waktu yang sangat cepat ya.

Itulah keenam airport internasional yang ada di London. Selain keenam airport tersebut, tentunya masih ada banyak airport yang ada di London yang khusus melayani rute domestik, jumlahnya ada sekitar 17 airport. Jadi bisa dibayangkan betapa sibuknya Kota London setiap hari. Jakarta saja yang hanya memiliki 2 airport, 24 jam tidak pernah mati, apalagi London yang memiliki total 23 airport..

Info lain bagi teman-teman yang ingin kuliah, atau melanjutkan studi, atau mungkin hanya mengunjungi wilayah Oxford, sebaiknya menggunakan penerbangan yang menuju ke Heathrow atau Luton, karena kedua airport tersebut letaknya lebih dekat ke Oxford.

Selain itu, jika harus menggunakan bus shuttle antar bandara, misal HeathrowGatwick, sebaiknya lakukan pembelian tiket bus secara online beberapa hari sebelumnya. Karena jika membeli tiket bus pada hari itu juga, harga tiket umunya jauh lebih mahal.

Nah, itulah sekilas informasi tentang daftar 6 airport internasional yang ada di London, Inggris, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di info dan trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar