Sabtu, 13 Februari 2016

10 Destinasi Wisata Cantik di Austria yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Belanda, Jerman, dan Swiss, negara selanjutnya yang akan kita kunjungi di Eropa adalah Austria.

Sama seperti Swiss, Austria (Österreich) juga merupakan negara cantik dengan desa-desa kecil di Pegunungan Alpen yang selalu bersalju. Kota-kota di negara ini memiliki berbagai bangunan berarsitektur klasik baroque, khas abad ke-17 seperti Schonbrunn Palace dan Hofburg Palace. Secara geografis Austria juga terletak di wilayah Eropa Tengah dan tidak memiliki laut. Di sebelah utara negara ini berbatasan dengan Republik Ceko dan Jerrman; di sebelah barat dengan Swiss dan Liechtenstein; di sebelah selatan dengan Italia dan Slovenia; serta di sebelah timur dengan Slowakia dan Hongaria. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Jerman. Dalam Bahasa Jerman, Austria disebut dengan Österreich, yang berarti "Eastern Realm" atau "Kerajaan Timur". Negara ini dibagi menjadi 8 negara bagian (state): Burgenland, Carinthia, Lower Austria, Salzburg, Styria, Tyrol (Tirol), Upper Autria, Vorarlberg, serta ibu kota negara, Vienna.

Apa saja destinasi wisata cantik yang wajib teman-teman kunjungi di Austria? Berikut 10 diantaranya:

1. Wina (Wien)

Vienna
Stadtpark, Vienna
Destinasi wisata pertama adalah Wina, ibu kota negara Austria. Wina merupakan kota terbesar di Austria dengan jumlah penduduk 1,8 juta jiwa (estimasi 2016). Secara geografis kota ini terletak di wilayah timur laut Austria, di tepi Sungai Danube. Vienna dikenal dengan julukan City of Music karena  di kota ini pernah tinggal beberapa musisi dunia sepeti Mozart dan Beethoven. Selain itu di kota ini juga terdapat banyak opera house teater musik klasik. Sama seperti Jenewa di Swiss, di Vienna juga terdapat kantor pusat PBB (United Nations) dengan nama Vienna International Center. Landmark utama di kota ini antara lain Schönbrunn PalaceHofburg Palace, Belvedere PalaceAustrian Parliament Building, Naturhistorisches MuseumPalais Augarten, Rathaus (Town Hall), Stadtpark, dan Vienna State Opera.Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Wina.


2. Salzburg

Salzburg
Altstadt, Salzburg
Destinasi wisata kedua adalah Salzburg. Salzburg merupakan ibu kota state Salzburg dengan populasi penduduk sekitar 146 ribu jiwa (estimasi 2014). Salzburg terletak di perbatasan AustriaJerman dengan latar belakang Pegunungan Alpen. Sungai Salzach mengalir membagi wilayah kota menjadi dua bagian: Old Town (Altstadt) dengan bangunan-bangunan klasik abad pertengahan; dan New City (Neustadt) dengan berbagai bangunan modern. Pada tahun 1997 oleh UNESCO, Old City dimasukkan ke dalam World Heritage Site dengan nama Historic Centre of the City of Salzburg. Salzburg juga merupakan kota kelahiran musisi dunia, Mozart. Landmark yang ada di kota ini antara lain Mirabell Palace, Hohensalzburg Castle, Hellbrunn Palace, Salzburg Cathedral, dan Hangar-7. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Salzburg.


3. Innsbruck

Innsbruck
Innsbruck - photo by Dnalor 01
Destinasi wisata ketiga adalah Innsbruck. Innsbruck merupakan ibu kota state Tyrol (Tirol) dengan populasi penduduk sekitar 124 ribu jiwa (estimasi 2014). Innsbruck terletak di wilayah barat Austria, tepatnya di Lembah Inn Pegunungan Alpen, di persimpangan Sungai Sill. Innsbruck dikenal sebagai pusat olah raga musim dingin (winter sports) seperti ski dan hiking. Olimpiade musim dingin beberapa kali diadakan di kota ini. Selain itu, Innsbruck juga terkenal dengan bangunan-bangunan imperial berarsitektur klasik dan modern. Landmark yang sering dikunjungi oleh wisatawan di kota ini antara lain Goldenes Dachl (Golden Roof), Ambras Castle, Hofkirche (Court Church), Tyrolean Folk Art Museum, dan Imperial Palace Hofburg.


4. Zell am See

Zell am See
Zell am See
Destinasi wisata keempat adalah Zell am See. Zell am See adalah kota kecil di state Salzburg dengan populasi penduduk hanya sekitar 9.500 jiwa (estimasi 2014). Kota ini terkenal dengan objek wisata ski-resort yang dikenal dengan nama Zell am See – Kaprun. Kaprun sendiri merupakan sebuah kota kecil yang masih berada dalam wilayah Zell am See. Secara geografis kota ini terletak di Lembah Zell, Pengunungan Alpen Kitzbuhel, dengan Danau Zell di bagian tengah kota. Wilayah kota dibagi menjadi 5 area: Bruckberg merupakan pemukiman penduduk; Erlberg sebagian besar merupakan hutan lindung dan cagar alam; Schmitten merupakan area ski-resort dengan banyak cableways; Thumersbach merupakan resort dan pemukiman penduduk; serta Old Town (Altstadt) dan Zell am See-Süd (Schüttdorf).


5. Hallstatt

Hallstatt
Hallstatt
Destinasi wisata kelima adalah kota kecil cantik yang merupakan ikon wisata negara Austria, Hallstatt. Hallstatt lebih tepat dikatakan sebagai sebuah desa karena jumlah penduduknya hanya 788 jiwa (estimasi 2014). Desa cantik ini terletak di region Salzkammergut, state Upper Austria, di tepi Danau Hallstatt (Hallstätter See). Yang membuat Hallstat menjadi kota yang cantik adalah pemandangan rumah-rumah tradisional penduduk di tepi Danau Hallstatt dengan latar belakang Pegunungan Alpen. Rumah-rumah tradisonal tersebut merupakan bangunan klasik khas Pegunungan Alpen yang telah dibangun sejak abad ke-16. Karena keindahan inilah sehingga pada tahun 1997, UNESCO memasukkan desa ini ke dalam daftar World Heritage Site dengan nama Hallstatt-Dachstein / Salzkammergut Cultural Landscape. Pada tahun 2012 China bahkan membuat replika desa ini Huizhou, Provinsi Guangdong. Untuk ebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Hallstatt.


6. Seefeld

Seefeld
Seefeld
Destinasi wisata keenam adalah Seefeld. Seefeld merupakan kota kecil yang terletak di state Tyrol, dengan populasi penduduk sekitar 3.300 jiwa (estimasi 2014). Dari Innsbruck, kota ini berjarak sekitar 17 km. Secara geografis, Seefeld terletak di dataran tinggi antara Pegunungan Wetterstein dan Pegunungan Karwendel. Di wilayah kota ini terdapat Danau Wildsee (Seefeld) yang merupakan asal mula nama Seefeld. Pada musim dingin, kota ini merupakan tujuan wisata populer bagi para pecinta ski. Sedangkan pada musim panas, Seefeld juga tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan kota kecil ini. Landmark yang ada di kota ini antara lain Seekirchl Church, Pfarrhügel, cagar alam Karwendel, dan Danau Wildsee.


7. Graz

Graz
Rathaus, Graz
Destinasi wisata ketujuh adalah Graz. Graz adalah ibu kota state Styria sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Austria setelah Vienna, dengan populasi penduduk sekitar 278 ribu jiwa (estimasi 2014). Secara geografis Graz terletak di wilayah tenggara Austria, di tepi Sungai Mur. Dari Vienna, kota ini berjarak sekitar 200 km. Graz dikenal sebagai “university town” karena di kota ini terdapat 6 universitas dengan lebih dari 44 ribu pelajar. Area Old Town (Altstadt) merupakan salah satu objek wisata yang tetap dijaga kelestariannya, sehingga pada tahun 1999 oleh UNESCO area ini dimasukkan ke dalam daftar World Heritage Site dengan nama City of Graz – Historic Centre and Schloss Eggenberg. Landmark terkenal yang ada di kota ini antara lain Rathaus (Twon Hall),  old town Schloßberg, clock tower Uhrturm, museum seni Neue Galerie, museum modern Kunsthaus, pulau artifisial Murinsel, Schloss Eggenberg, dan Basilika Mariatrost.


8. Linz

Linz
Hauptplatz, Linz
Destinasi wisata kedelapan adalah Linz. Linz adalah ibu kota state Upper Austria sekaligus merupakan kota terbesar ketiga di Austria setelah Vienna dan Graz, dengan populasi penduduk sekitar 193 ribu jiwa (estimasi 2014). Secara geografis Linz terletak di wilayah tengah Austria, di tepi Sungai Danube, sekitar 30 km di sebelah selatan perbatasan Austria – Republik Ceko. Bersama Vilnius, ibu kota Lithuania, Linz terpilih menjadi kota pusat budaya Eropa (European Capital of Culture). Linz juga merupakan salah satu anggota UNESCO Creative Cities Network (UCCN) dengan julukan City of Media Arts. Linzer Torte, salah satu jenis kuliner kue tertua di dunia yang resepnya ada sejak tahun 1653, juga berasal dari kota ini. Landmark utama di Linz antara lain Hauptplatz (main square), St. Mary's Cathedral, Lentos Art Mueum, Arc Electronica Center, Brucknerhaus, Danau Pleschinger, Botanischer Garten, dan Donaulände


9. Kitzbuhel (Kitzbühel)

Kitzbuhel
Kitzbuhel
Destinasi wisata kesembilan adalah Kitzbuhel. Sama seperti Seefeld, Kitzbuhel juga merupakan kota kecil yang terletak di state Tyrol, sekitar 100 km di sebelah timur Innsbruck. Populasi penduduk kota ini sekitar 8.200 jiwa (estimasi 2014). Secara geografis kota ini terletak tepi Sungai Kitzbuhler Ache, di lembah Pegunungan Alpen Kitzbuhel. Sama seperti Zell am See, Kitzbuhel juga terkenal dengan wisata ski-resort. Wilayah pusat kota merupakan area yang bebas kendaraan (car-free) dengan berbagai toko-toko kecil serta café. Landmark wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain: St. Catherine Church yang merupakan gereja High Gothic yang telah dibangun sejak tahun 1360, Reisch Dance Café, Berghaus, dan Museum Kitzbuhel.


10. Klagenfurt

Klagenfurt
Minimundus, Klagenfurt
Destinasi wisata kesepuluh adalah Klagenfurt. Klagenfurt (Klagenfurt am Wörthersee) merupakan ibu kota state Carinthia dengan populasi penduduk sekitar 96 ribu jiwa (estimasi 2014). Secara geografis Klagenfurt terletak di wilayah selatan Austria, di tepi Danau Wörthersee dan Sungai Glan. Wilayah kota dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan yang masih tertutup hutan. Atraksi wisata utama di kota ini antara lain pusat kota Alter Platz (Old Square) dengan bangunan-bangunan berarsitektur Renaissance, air mancur Lindworm (dibangun sejak tahun 1593), Landhaus – Palace of Estates, Klagenfurt Cathedral, Viktring Abbey, Klagenfurt State Museum, Tentschach Castle, Minimundus (small world di Danau Wörthersee), kebun botani Kreuzbergl, dan Danau Wörthersee.


Demikianlah 10 destinasi wisata cantik yang wajib teman-teman kunjungi di Austria. Untuk melihat foto-foto wilayah Austria, bisa dilihat di Galeri Foto Austria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar