Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Februari 05, 2016

Wisata Alam Lombok, Pulau Cantik di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Salam Traveling!

Setelah berwisata di Bali, sekarang kita menuju ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lombok merupakan salah satu pulau utama yang membentuk Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Secara geografis Pulau Lombok terletak di antara Pulau Bali dan Pulau Sumbawa di sebelah timur. Dengan Pulau Bali yang terletak di sebelah barat, Lombok dibatasi oleh Selat Lombok. Sementara dengan Pulau Sumbawa di sebelah timur, Lombok dibatasi oleh Selat Atlas. Secara administratif, wilayah Lombok dibagi menjadi 5 kapupaten: Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Kota Mataram yang merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Hampir sama dengan Bali, pulau seluas 4.514 km persegi ini dikelilingi oleh banyak pantai dan pulau-pulau kecil yang disebut dengan Gili. Untuk mencapai pulau cantik ini, wisatawan bisa menggunakan pesawat udara melalui bandara Lombok International Airport (LOP) yang terletak di Praya, Lombok Tengah. Cara lainnya bisa menggunakan kapal yang menuju ke Pelabuhan Lembar di Lombok Barat.

Berikut beberapa wisata alam cantik yang sering dikunjungi oleh para traveler di Lombok:

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan, Lombok
Gili Trawangan, Lombok
Wisata alam pertama adalah Gili Trawangan. Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga pulau di Kepuluan Gili. Dua pulau lainnya adalah Gili Meno dan Gili Air. Kepulauan Gili ini terletak di pantai utara Lombok, di wilayah Lombok Utara. Di kepulauan ini terdapat beberapa resort yang menyediakan pondok, penginapan, dan restoran, bagi para pengunjung. Di ketiga pulau ini, kendaraan bermotor tidak diizinkan beroperasi. Untuk berkeliling pulau pengujung umumnya menggunakan cidomo (delman), sepeda, atau cukup dengan berjalan kaki. Sedangkan untuk transportasi antar pulau, pengunjung bisa menggunakan perahu atau speedboat. Sama seperti pulau-pulau kecil lain di Indonesia, Kepualuan Gili juga kaya akan ekosistem laut dan terumbu karang, sehingga sangat cocok bagi penggemar diving.

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani
Wisata alam kedua, favorit para hikers, Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah salah satu gunung vulkanik yang terletak di wilayah Taman Nasional Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Utara. Dengan ketinggian 3.726 meter, gunung ini menjadi gunung vulkanik tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Yang unik dari gunung adalah pada bagian kawah terdapat danau yang cukup luas dengan warna air biru-kehijauan, yang dikenal dengan nama Danau Segara Anak. Karena masih merupakan gunung vulkanik aktif, para pengunjung wajib mengetahui informasi jika ingin melalukan pendakian. Untuk mencapai puncak gunung ini, ada 2 rute yang sering digunakan: melalui Desa Senaru (600 meter dpl) yang terletak di kaki utara pegunungan, atau melalui Desa Sembalun-Lawang 1.150 meter dpl) yang terletak di kaki timur pegunungan.

3. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak - photo by Peter Lingdren
Masih di sekitar Gunung Rinjani, wisata alam selanjutnya adalah Danau Segara Anak yang terletak tepat di kawah gunung. Jika puncak Gunung Rinjani berada pada ketinggian 3.726 meter dpl, maka Danau Segara Anak terletak lebih rendah, yaitu 2.008 meter dpl. Danau seluas kurang lebih 11,3 km persegi ini memiliki warna air biru-kehijauan, seperti warna air laut. Karena warna air yang menyerupai warna laut itulah sehingga danau ini diberi nama Segara Anak yang berarti “anak laut”. Suhu air danau ini sekitar 20 – 22 derajat Celcius, agak panas jika dibandingkan dengan suhu air biasa. Air danau juga tidak berbahaya karena memiliki tingkat keasaman normal (pH 7 – 8). Dari bagian dasar danau terdapat gelembung gas akibat aktivitas vulkanik gunung. Di bagian barat danau terdapat gunung vulkanik kecil yang disebut Gunung Baru, sehingga bentuk danau ini menjadi seperti bulan sabit. Umumnya pengujung tidak datang ke danau ini secara langsung, tetapi hanya menikmati pemandangan danau dari atas puncak Gunung Rinjani.


4. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Wisata alam keempat adalah Pantai Senggigi, yang terletak di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di pesisir barat Pulau Lombok. Pantai Senggigi sebenarnya merupakan objek wisata utama di Lombok dan telah ada sejak tahun 1990-an. Tetapi pantai ini setiap saat selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi bagi para traveler yang ingin menikmati suasana tenang di Lombok, sebaiknya jangan berlama-lama di sini. Senggigi sebenarnya merupakan daerah pesisir yang terdiri atas beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Senggigi sendiri. Pantai lain yang cukup terkenal yang ada di daerah ini adalah Pantai Kerangdangan. Di bagian selatan juga terdapat Pura Batu Bolong (sebuah pura Hindu yang memiliki 14 altar) dan Makam Batu Layar (makam seorang tokoh Muslim).

5. Air Terjung Sendang Gile dan Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep
Setelah gunung dan danau, sekarang kita menju ke wisata air terjun. Yang pertama adalah Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun bertingkat ini terletak di kaki Gunung Rinjani, Desa Senaru, dan berasal dari aliran sungai yang sama. Tiu Kelep terletak di bagian atas dengan tinggi sekitar 45 meter. Sedangkan Sendang Gile terletak di bagian bawah dan aliran airnya mengalir melalui batuan setinggi 30 meter. Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung bisa melalui 2 rute: Rembiga – Anyar – Senaru atau Mataram – Ampenan – Pemenang – Anyar – Senaru. Jika melalui rute pertama pengunjung bisa menikmati pemandangan hutan Pusuk dengan banyak kera liar tetapi jangan khawatir karena kera-kera tersebut tindak mengganggu. Jika melalui rute kedua pengunjung akan menikmati pemandangan pesisir pantai hingga mencapai area air terjun.

6. Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun Benang Kelambu
Air terjun selanjutnya adalah Benang Kelambu yang terletak di Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Lombok Tengah. Air terjun ini sangat unik dan kemungkinan hanya ada satu di dunia. Mengapa? Karena jika air terjun pada umumnya jatuh melalui tebing atau batu, maka air terjun ini jatuh melalui dedaunan tumbuhan di sekitar air terjun. Karena bentuknya menyerupai benang gorden atau kelambu, sehingga dinamakan dengan Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini memiliki 3 tingkat; tingkat paling atas setinggi 30 meter, tingkat kedua setinggi 10 meter, dan tingkat paling bawah setinggi 5 meter. Di dekat air terjung ini juga terdapat air terjun lain yaitu Air Terjun Benang Setokel, yang terdiri atas 2 air terjun dengan ketinggian masing-masing 20 meter.


7. Sembalun

Sembalun, Lombok
Sembalun, Lombok
Selanjutnya adalah wisata desa. Yang pertama adalah Desa Sembalun yang terletak di kaki timur Gunung Rinjani. Desa ini berada pada ketinggian 1.156 meter dari permukaan laut. Dari Mataram desa ini berjarak sekitar 110 km. Desa Sembalun memiliki pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk khas daerah pegunungan. Masyarakat desa ini umumnya berkerja sebagai petani sehingga di sini banyak dijumpai areal persawahan dan perkebunan milik warga. Di Sembalun, masyarakat Sasak juga masih menggunakan rumah tradisional yang disebut Bele Bedek. Selain itu di desa ini juga terdapat pusat kerajinan kain tenun tradisional. Untuk mencapai desa ini dari Terminal Bertais, pengunjung harus menggunakan bis jurusan Aikmel, setelah itu menggunakan angkutan yang menuju ke Sembalun.

8. Tetebatu

Desa Tetebatu dan Gunung Rinjani - photo by HannoS
Desa wisata selanjutnya adalah Tetebatu, yang terletak di kaki selatan Gunung Rinjani. Sama seperti Sembalun, desa yang terletak di ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut ini juga memiliki pemandangan yang indah yang didonimasi oleh sawah dan ladang tembakau milik penduduk. Di desa ini masyarakat juga masih tinggal di rumah tradisional dan membuat barang kerajinan seperti anyaman. Untuk mencapai desa ini pengunjung bisa menggunakan bis dari terminal Mataram menuju ke Pomotong, sekitar 12 km dari selatan Desa Tetebatu. Dari Pomotong pengunjung selanjutnya bisa menggunakan cidomo (kereta kuda) menuju ke desa. Pilihan lain adalah dengan menggunakan bis Perama rute Senggigi – Tetebatu. Sekitar 5 km di selatan desa terdapat Kotaraja yang terkenal dengan acara persesehan, sejenis silat dimana 2 orang bertarung dengan menggunakan batang rotan dan perisai.

9. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Selain di Bali, Pantai Kuta juga terdapat di Pulau Lombok, namanya Pantai Kuta Lombok. Pantai berpasir putih ini terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, wilayah Lombok Tengah, sekitar 72 kilometer dari Kota Mataram. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat pantai terdapat sebuah bukit yang dinamakan Bukit Mandalika. Umumnya para pengunjung menikmati pemandangan pantai serta matahari terbenam dari atas bukit ini. Sekitar 2 kilometer di sebelah timur pantai ini, terdapat Pantai Seger, yang juga memiliki pasir putih. Untuk mencapai pantai ini, dari Mataram, hanya bisa menggunakan rental mobil. Jika berangkat dari Mataram, sebelum mencapai Desa Kuta, pengunjung akan melewati Desa Sade, dimana pengunjung bisa melihat proses pembuatan dan membeli kain tenun tradisional khas Suku Sasak. 


10. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu
Wisata alam terakhir kita adalah Bukit Malimbu, sebuah bukit yang terletak sekitar 10 kilometer di sebelah utara Pantai Senggigi. Secara geografis Bukit Malimbu terletak di Kecamatan Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. Dari pusat kota Mataram, tempat wisata ini berjarak sekitar 24 kilometer. Umumnya pengunjung yang datang ke sini ingin menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset, sehingga waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pada sore hari. Jika cuaca cerah, pada saat matahari terbenam, pengunjung juga melihat pulau Gili Trawangan dan Gili Meno, bahkan Gunung Agung Bali, dari atas bukit ini. Untuk memasuki area wisata ini tidak dipungut biaya apapun, kecuali biaya parkir kendaraan. Di area bukit juga terdapat banyak pedagang makanan dan minuman.

Nah, itulah 10 wisata alam favorit para traveler di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar