Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 13, 2016

Daftar 10 Masjid Besar di United Kingdom

Salam Traveling!

Bagi para traveler Muslim yang ingin berwisata ke negara United Kingdom, selain mengunjungi kota dan tempat wisata, sebaiknya jangan lupa mengunjungi masid-masjid utama yang ada di negara ini. Meski bukan negara Muslim, tetapi jumlah penduduk Muslim di UK cukup banyak, sehingga di negara in banyak terdapat masjid maupun restoran halal. Sebagian besar masjid-masjid ini terletak di kota-kota besar seperti London, Birmingham, Manchester, Bristol, Liverpool, Sheffield, Edinburgh, dan Glasgow. Masjid-masjid tersebut antara lain:

1. London Central Mosque

London Central Mosque
London Central Mosque - photo by Asim Saleem
Masjid pertama adalah London Central Mosque, atau yang lebih dikenal dengan nama Islamic Cultural Centre (ICC), yang terletak di 146 Park Road, London, Inggris. Karena letaknya di dekat Regent’s Park, maka masjid ini sering juga disebut dengan nama Regent’s Park Mosque. London Central Mosque pertama kali dibangun pada tahun 1969, resmi dibuka pada tahun 1977, dan dikelola oleh London Central Mosque Trust. Masjid ini dibangun di atas lahan yang didonasikan oleh King George VI kepada warga Muslim Britain, sebagai rasa terima kasih kepada King Farouk, Raja Mesir dan Sudan, yang telah mendonasikan lahan untuk pembangunan gereja katedral Anglican di Cairo, Mesir. Masjid berarsitektur Islamic - Modern ini memiliki 1 minaret, 1 kubah berwarna keemasan, dan daya tampung hingga 5.000 jamaah. Di bagian halaman masjid terdapat sebuah toko buku kecil dan café yang menyajikan berbagai makanan dan minuman halal.

2. Birmingham Central Mosque

Birmingham Central Mosque
Birmingham Central Mosque - photo by Oosoom
Masjid kedua adalah Birmingham Central Mosque, yang terletak di 180 Belgrave Middleway, Highgate, Birmingham, Inggris. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1969 atas donasi kaum Muslim dan non-Muslim setempat. Kemudian pada tahun 1976 Birmingham Central Mosque resmi dibuka untuk publik dan dikelola oleh  Birmingham Mosque Trust. Masjid ini memiliki 1 minaret dan 1 kubah berwarna putih. Pada tahun 1988 hingga 1990, Al-Hijrah School menggunakan beberapa ruangan masjid sebagai sekolah sebelum pindah ke Midland House di Small Heath. Selain sebagai tempat ibadah, Birmingham Central Mosque juga menyediakan layanan konsultasi agama Islam, pendidikan, pernikahan, dan pemakaman jenazah.

3. East London Mosque

East London Mosque
East London Mosque - photo by AA
Masjid ketiga adalah East London Mosque, yang terletak di antara Whitechapel dan Aldgate. Tower Hamlets, London, Inggris. Masjid ini menyatu dengan London Muslim Centre dan Maryam Centre sehingga menjadi salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1982 di sebuah tanah kosong akibat pengeboman selama Perang Dunia II. Sebagian besar dana pembangunan masjid berasal dari donasi King Fahd dari Arab Saudi, pemerintah Kuwait, dan pemerintah United Kingdom sendiri. Pada tahun 1985 East London Mosque resmi dibuka ke publik dan dikelola oleh East London Mosque Trust. Masjid berarsitektur Islamic - Modern ini memiliki 1 kubah berwarna putih, 3 minaret, dan daya tamping hingga 7.000 jamaah. Beberapa Imam Masjidil Haram Mekkah seperti Abdul Rahman Al-Sudais dan Saud Al-Shuraim pernah berkunjung ke masjid ini.

4. Finsbury Park Mosque

Finsbury Park Mosque
Finsbury Park Mosque - photo by Salimfadhley
Masjid keempat adalah Finsbury Park Mosque (FPM), yang terletak di Finsbury Park, 7-11 St Thomas Road, Islington, London, Inggris. Masjid ini pertama kali dibuka pada tahun 1994 dan dihadiri oleh Prince Charles of Wales. Masjid berarsitektur Islamic – Modern ini memiliki 5 lantai, 1 minaret, dan daya tamping hingga 1.800 jamaah. Saat ini, masjid ini dikelola oleh Finsbury Park Mosque Trust, sebuah organisasi amal yang melayani komunitas Muslim di Islington, London. Beberapa Islamic event yang sering diadakan di masjid ini antara lain Visit My Mosque, Family Day, dan Young Sisters Event.

5. Glasgow Central Mosque

Glasgow Central Mosque
Glasgow Central Mosque - photo by Finlay McWalter
Masjid kelima adalah Glasgow Central Mosque, yang terletak di 1 Mosque Ave, Gorbals, Glasgow, Skotlandia. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1983 di atas lahan seluas 1,6 hektar di tepi Sungai Clyde, oleh Muhammed Tufail Shaheen MBE, seorang pensiunan bisnisman sekaligus pemimpin komunitas Glasgow Central Mosque. Pada tahun 1984 masjid ini resmi dibuka ke publik oleh H.E. Abdullah Omar Nasseef, Secretary General Muslim World League. Bangunan Glasgow Central Mosque memiliki arsitektur Islamic - Arabesque, 1 minaret, 1 kubah berwarna perak, dan daya tampung hingga 2.500 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, di Glasgow Central Mosque juga terdapat Islamic Centre yang menyediakan layanan bagi komunitas Muslim maupun non-Muslim.

6. Medina Mosque

Medina Mosque
Medina Mosque - photo by Gregory Deryckère
Masjid keenam adalah Medina Mosque atau Madina Masjid, yang terletak di 24-28 Wolseley Road, Sheffield, South Yorkshire, Inggris. Karena letaknya di Wolseley Road sehingga masjid ini juga sering dinamakan dengan Wolseley Road Mosque. Medina Mosque pertama kali dibuka pada tahun 2006. Masjid berarsitektur Islamic ini memiliki 1 kubah berwarna hijau toska, 2 minaret, dan daya tampung hingga 2.500 jamaah. Bagian dalam masjid terdiri dari 19 ruangan, 2 prayer hall, sebuah perpustakaan, dan sebuah day centre. Masjid ini dikelola oleh Sheffield Islamic Centre Madina Masjid Trust, yang melayani penduduk Muslim di Distrik Nether Edge dan Sharrow, Sheffield, Inggris.

7. Edinburgh Central Mosque

Edinburgh Central Mosque
Edinburgh Central Mosque - photo by Revolutionary786
Masjid ketujuh adalah Edinburgh Central Mosque, juga dikenal dengan nama King  Fahd Mosque and Islamic Centre of Edinburgh, yang terletak di Potterow, Edinburgh, Skotlandia. Letak masjid ini tidak jauh dari University of Edinburgh dan National Museum of Scotland. Masjid ini dibangun untuk menyediakan tempat ibadah dan layanan bagi penduduk Muslim di Edinburgh yang terus bertambah. Pembangunan masjid sempat terhambat karena keterbatasan biaya. Tetapi King Fahd, Raja Arab Saudi, kemudian mendonasikan sekitar 90% dari total dana yang dibutuhkan, sehingga pada tahun 1998 pembangunan masjid selesai dan Edinburgh Central Mosque resmi dibuka ke publik. Arsitektur masjid menggunakan perpaduan antara Islamic, Turkish dan Scots Baronial. Masjid ini juga memiliki 2 kubah, 1 minaret, 3 tower di setiap sudut bangunan, dan daya tampung hingga 1.300 jamaah. Di kompleks masjid juga terdapat perpustakaan dan dapur umu yang menyediakan makanan halal bagi pengunjung. Pada bulan Agustus setiap tahun, Edinburgh Central Mosque mengadakan event Islam Festival Edinburgh, yang merupakan bagian dari Edinburgh Festival.

8. Manchester Central Mosque

Manchester Central Mosque
Manchester Central Mosque - photo by Eirian Evans
Masjid kedelapan adalah Manchester Central Mosque dan Islamic Cultural Centre, yang terletak di 20 Upper Park Road, Manchester, Inggris. Masjid ini terletak di tengah Victoria Park tidak jauh dari Curry Mile, sehingga sering disebut dengan nama Victoria Park Mosque. Manchester Central Mosque pada awalnya hanyalah 2 bangunan rumah: rumah pertama milik seorang merchant tekstil Suriah, dan rumah kedua milik komunitas India yang tinggal di area tersebut. Pada tahun 1971, komunitas Jamaat-ul-Muslimeen memutuskan untuk membangun sebuah masjid di Manchester. Kedua rumah tersebut dihancurkan dan dibangunlah sebuah masjid dengan perpaduan warna hijau dan merah bata seperti yang ada saat ini. Selain sebagai tempat ibadah dan Islamic Centre, Manchester Central Mosque juga menyediakan layanan pendidikan, pernikahan, dan pemakaman jenazah.

9. Bristol Jamia Mosque

Bristol Jamia Mosque
Bristol Jamia Mosque - photo by Thomas Nugent
Masjid kesembilan adalah Bristol Jamia Mosque, yang terletak di Green Street, Totterdown, Bristol, Inggris. Bristol Jamia Mosque merupakan masjid pertama di Bristol. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1968 di sebuah area gejera yang tidak lagi digunakan. British Muslim Association membeli area tersebut dari parish council kemudian dibangunlah sebuah masjid. Bangunan masjid ini memiliki panjang 67 meter, lebar 64 meter, 1 kubah, 1 minaret setinggi 88 meter, dan daya tampung hingga 840 jamaah. Saat ini Bristol Jamia Mosque merupakan masjid terbesar di region South West England. Masjid ini dikelola oleh Council of Bristol Mosques (CBM) dan terbuka bagi seluruh Muslim maupun non-Muslim.

10. Al-Rahma Mosque, Liverpool

Al-Rahma Mosque, Liverpool
Al-Rahma Mosque, Liverpool
Masjid kesepuluh adalah Al-Rahma Mosque, yang terletak di 29-31 Hatherley Street, Toxteth, Liverpool, Inggris. Masjid ini juga dikenal dengan dengan nama Liverpool Muslim Society Al Rahma Mosque and Cultural Centre. Menurut sejarah, Al-Rahma Mosque merupakan masjid tertua di Inggris. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1889 oleh seorang muallaf, William Abdullah Quilliam, di Brougham Terrace, Liverpool. Pada tahun 1974 masjid ini dibangun kembali dan dikelola oleh Liverpool Muslim Society. Bangunan masjid memiliki 1 kubah, 2 minaret, dan daya tampung hingga 2.500 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah dan Islamic Centre, masjid ini juga menyediakan layanan pendidikan Bahasa Arab dan area makan halal bagi penduduk Muslim di Liverpool.

Nah, itulah 10 masjid besar di United Kingdom, yang juga berfungsi sebagai Islamic Centre bagi penduduk Muslim setempat. Semoga informasi ini bermafaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar