Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 22, 2016

10 Destinasi Wisata Utama di Amerika Serikat

Salam Traveling!

Setelah Asia dan Eropa, sekarang kita menuju ke Amerika, dan negara pertama yang akan kita tuju adalah Negeri Paman Sam, Amerika Serikat.

Amerika Serikat (United States of America) adalah negara maju yang terletak di wilayah Amerika Utara, di antara Kanada dan Meksiko. Negara yang berbentuk republik federal ini terdiri dari dari 50 state (negara bagian) dan 1 distrik federal yaitu Washington, D.C. yang merupakan ibu kota negara. Dari semua negara bagian, 48 diantaranya terletak di daratan utama. Dua state lain, Alaska dan Hawaii, terpisah dari daratan utama; Alaska terletak di sebelah barat Kanada; dan Kepulauan Hawaii yang terletak di Samudra Pasifik. Dari luas wilayah, Amerika Serikat merupakan negara ketiga terluas di dunia, setelah Russia dan Kanada. Dari jumlah penduduk, negara ini juga merupakan negara ketiga dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, setelah China dan India. Dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, Amerika Serikat tentunya memiliki berbagai ragam wisata dan budaya, yang menjadi favorit para traveler di seluruh dunia.

Apa saja destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Amerika Serikat? Berikut 10 di antaranya:

1. New York City, New York

New York City, New York
New York City
Destinasi wisata pertama adalah New York City, kota metropolitan terbesar di Amerika Serikat. New York City (N.Y.C.) atau sering disingkat dengan New York, adalah kota global yang terkenal sebagai pusat bisnis, keuangan, media, seni, hiburan, dan fashion, di dunia. Secara geografis, kota ini terletak di ujung tenggara state New York, di muara Sungai Hudson, wilayah barat-laut Amerika Serikat. Wilayah New York dibagi menjadi 5 borough (sektor) yaitu Brooklyn, Queens, Manhattan, The Bronx, dan Staten Island. Jumlah penduduk kot ini lebih dari 8,5 juta jiwa pada tahun 2015. Salah satu bandara tersibuk di Amerika, John F. Kennedy International Airport, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di New York City antara lain: Central Park, Empire State Building, Patung Liberty, Times Square, Metropolitan Museum of Art, Brooklyn Bridge, dan One World Trade Center, yang merupakan gedung tertinggi di Amerika Serikat. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata New York.

2. Washington, D.C.

Washington, D.C.
Washington, D.C.
Destinasi wisata kedua adalah Washington, D.C., ibu kota negara Amerika Serikat. Washington, D.C. (District of Columbia) adalah distrik federal yang terletak di antara state Maryland dan state Virginia, bukan di state Washington. Secara geografis, Washington, D.C. terletak di tepi Sungai Potomac, wilayah pantai timur Amerika Serikat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 672 ribu jiwa pada tahun 2015. Washington, D.C. pertama kali dibentuk pada tahun 1791 sebagai ibu kota federal. Nama Washington sendiri digunakan untuk menghargai jasa presiden pertama Amerika Serikat, George Washington. Di Washington, D.C. terdapat berbagai bangunan dan monumen penting, 3 diantaranya merupakan kantor utama pemerintah yaitu The Capitol, White House, dan Supreme Court. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain National Mall, The Capitol, White House, Lincoln Memorial, Washington Monument, National Zoological Park, dan National Museum of Natural History.

3. Los Angeles, California

Los Angeles, California
Los Angeles - photo by Nserrano
Destinasi wisata ketiga adalah Los Angeles, kota metropolitan yang terkenal dengan industri film Hollywood. Los Angeles (L.A.) merupakan kota terbesar kedua di Amerika Serikat setelah New York City. Secara geografis, Los Angeles terletak di wilayah selatan state California, wilayah barat Amerika Serikat, dan dikelilingi oleh banyak pegununungan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,9 juta jiwa pada tahun 2014. Penduduk kota ini disebut dengan Angelenos. Nama “Los Angeles” berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti “The Angels”. Kota ini juga sering dijuluki sebagai “City of Angels”, “Angeltown”, “The Entertainment Capital of the World”, dan “La La Land”. Selain sebagai pusat perfilman, Los Angeles juga merupakan pusat kebudayaan, seni, fashion, media, pendidikan, sains, dan teknologi. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Hollywood Sign, Walt Disney Concert Hall, Getty Center, Los Angeles County Museum of Art, Venice Beach, dan Echo Park.


4. San Francisco, California

San Francisco, California
San Francisco
Destinasi wisata keempat adalah San Francisco, kota metropolitan yang terkenal dengan kabut sepanjang tahun. San Francisco adalah kota kecil modern yang terletak di Teluk San Francisco, di pantai barat California, wilayah barat Amerika Serikat. Luas wilayah kota ini hanya 121 km persegi, dengan jumlah penduduk sekitar 852 ribu jiwa pada tahun 2014. Nama San Francisco berasal dari Bahasa Spanyol yang berarti “Saint Francis”, untuk menghormati jasa St. Francis of Asisi. Kota ini memiliki berbagai julukan seperti “The City by the Bay”, “Fog City”, dan “The Paris of the West”. San Francisco terkenal dengan area industri IT, Silicon Valley. Di area ini terdapat kantor pusat berbagai perusahaan teknologi informasi ternama seperti Google, Facebook, Yahoo, dan Apple Inc. Landmark dan objek wisata utama di San Francisco antara lain Golden Gate Bridge, Fisherman’s Wharf, Alcatraz Island, Golden Gate Park, Chinatown, dan san Francisco Cable Car System. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata San Francisco.

5. Orlando, Florida

Orlando, Florida
Walt Disney World Orlando - photo by Raul654
Destinasi wisata kelima adalah Orlando, kota yang terkenal dengan Walt Disney World. Orlando adalah kota kecil cantik yang terletak di wilayah tengah state Florida. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah tenggara Amerika Serikat, di daratan basah dengan banyak danau dan rawa, yang terbesar adalah Danau Apopka. Jumlah penduduk kota ini sekitar 262 ribu jiwa pada tahun 2014. Orlando sering dijuluki sebagai “The City Beautiful” dan “The Theme Park Capital of the World”. Objek wisata utama di kota ini adalah Walt Disney World Resort, yang terletak di Bay Lake, dan telah dibuka sejak tahun 1971. Taman hiburan ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti Magic Kingdom, Epcot, Disney’s Hollywood Studios, Disney’s Animal Kingdom, dan Typhoon Langoon. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain: Universal Orlando Resort, SeaWorld Orlando, Gatorland, Wet ‘n Wild, dan Danau Eola.

6. Miami, Florida

Miami, Florida
Miami - photo Marc Averette
Destinasi wisata keenam adalah Miami, kota metropolitan yang terletak di ujung tenggara state Florida. Secara geografis, Miami yang terletak di Teluk Florida, wilayah tenggara Amerika Serikat. Luas wilayah kota ini hanya sekitar 143 km persegi, dengan jumlah penduduk mencapai 430 ribu jiwa pada tahun 2014. Karena letaknya yang dekat dengan Laut Karibia, kebudayaan Miami sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Karibia, terutama Kuba. Miami merupakan salah satu kota terbesar di Amerika Serikat yang penduduknya Bahasa Spanyol dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kota ini sering dijuluki sebagai “Capital of Latin America”. Beberapa kuliner khas Kuba seperti Cuban sandwich, Cuban espresso, medianoche, dan croqueta. Miami terkenal dengan wisata pantai South Beach dan Biscayne Bay. Objek wisata lain di kota ini antara lain Jungle Island, Villa Viscaya, Miami Seaquarium, Fairchild Tropical Botanic Garden, dan Bayfront Park.


7. Boston, Massachusetts

Boston, Massachusetts
South Boston - Jameslwoodward
Destinasi wisata ketujuh adalah Boston, salah satu kota tertua di Amerika Serikat yang telah ada sejak tahun 1630. Boston merupakan ibu kota state Massachusetts, dan merupakan kota terbesar di wilayah New England. Secara geografis, Boston terletak di tepi pantai Samudra Atlantik, wilayah timur-laut Amerika Serikat. Jumlah penduduk kota ini sekitar 655 ribu jiwa pada tahun 2014. Boston merupakan salah satu kota penting dalam sejarah Revolusi Amerika. Beberapa peristiwa penting pernah terjadi di kota ini yaitu Boston Massacre, Boston Tea Party, Battle of Bunker Hill, dan Siege of Boston. Beberapa universitas terbaik dunia seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology, dan Boston University, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Boston antara lain Freedom Trail, Faneuil Hall, Boston Common, Fenway Park, Museum of Fine Arts Boston, Boston Public Library, dan Public Garden.

8. Chichago, Illinois

Chichago, Illinois
Chichago
Destinasi wisata kedelapan adalah Chicago, yang terletak di negara bagian Illinois. Chichago merupakan kota terbesar ketiga di Amerika Serikat setelah New York dan Los Angeles. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,7 juta jiwa pada tahun 2014. Secara geografis, Chichago terletak di tepi Danau Michigan dan Sungai Mississipi, wilayah timur-laut Amerika Serikat. Nama “Chichago” berasal dari Bahasa Prancis yang berarti “wild leek” atau “wild onion”. Kota ini sering dijuluki sebagai “The Windy City”. Chichago terkenal sebagai kota dengan berbagai museum dan gedung pencakar langit (skycraper). Willis Tower, gedung tertinggi kedua di Amerika Serikat, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Chichago antara lain: Navy Pier, Shed Aquarium, Art Institute of Chichago, Field Museum of Natural History, Chichago Building, dan Lincoln Park.

9. Honolulu, Hawaii

Honolulu, Hawaii
Honolulu
Destinasi wisata kesembilan adalah Honolulu, pintu gerbang untuk menuju ke Kepulauan Hawaii. Honolulu merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di negara bagian Hawaii. Jumlah penduduk kota ini sekitar 402 ribu jiwa pada tahun 2013. Secara geografis, Honolulu terletak di pantai selatan Pulau Oahu, salah satu pulau besar di Kepulauan Hawaii, di Samudra Pasifik. Pulau Oahu merupakan pulau terbesar ketiga di Kepualaun Hawaii setelah Pulau Hawaii dan Pulau Maui. Di kota ini terdapat Honolulu International Airport (HNL) yang merupakan bandara utama di Kepulauan Hawaii. Bandara lainnya adalah Kalaeloa Airport yang melayani penerbangan lokal antar pulau. Objek wisata utama di Honolulu antara lain Diamond Head, USS Arizona Memorial, Iolani Palace, Pantai Waikiki, Hanauma Bay, dan Manoa Falls.


10. San Diego, California

San Diego, California
San Diego - photo by Jon Sullivan
Destinasi wisata kesepuluh adalah San Diego, kota metropolitan di pantai Samudra Pasifik yang selalu memiliki iklim hangat sepanjang tahun. San Diego merupakan kota terbesar kedua di state California setelah Los Angeles, dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 juta jiwa pada tahun 2014. Dari Los Angeles, kota ini berjarak sekitar 190 km di sebelah selatan. Secara geografis, San Diego terletak di Teluk San Diego, di ujung selatan California, tidak jauh dari perbatasan Amerika Serikat – Meksiko. Nama San Diego berasala dari Bahasa Spanyol yang berarti Saint Didacus of Alcalá, pemimpin angkatan laut Spanyol yang pertama kali menemukan kota ini. San Diego juga merupakan salah satu kota pangkalan utama Angkatan Laut Amerika Serikat (U.S. Navy). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain: Balboa Park, SeaWorld San Diego, USS Midway Museum, Cabrillo National Monument, dan Seaport Village.

Nah, itulah 10 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

3 komentar:

  1. Keren gan artikelnya.
    Follback gan
    http://publictopics.blogspot.co.id/2017_01_01_archive.html?m=1

    BalasHapus
  2. negara nya sangat bagus, rasanyapengen ke sini! tapi terkendala biaya :D kapan ya bisa tour kesini?

    BalasHapus