Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 31, 2016

10 Destinasi Wisata di Australia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Asia, sekarang kita menuju ke wilayah Oseania di belahan bumi selatan (Southern Hemisphere). Dan negara pertama yang akan kita tuju adalah Negeri Kanguru, Australia.

Australia (Commonwealth of Australia) merupakan satu-satunya negara di dunia yang menempati seluruh wilayah di satu benua, yaitu Benua Australia. Benua Australia sendiri merupakan benua terkecil di dunia. Secara geografis, benua ini terletak di sebelah selatan khatulistiwa serta dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Wilayah Australia dibagi menjadi 6 state dan 2 teritorial yaitu New South Wales (NSW), Queensland (QLD), South Australia (SA), Tasmania (TAS), Victoria (VIC), Western Australia (WA), Australian Capital Territory (ACT), dan Northern Territory (NT). Hampir semua kota-kota utama di Australia seperti Sydney, Brisbane, Melbourne, Perth, Darwin, dan Adelaide, terletak di wilayah pantai. Hanya ibu kota negara, Canberra, yang terletak di wilayah pedalaman, jauh dari pantai. Suku Aborigin merupakan penduduk asli Australia sebelum Bangsa Inggris datang dan mendiami wilayah ini pada abad ke-18. Bagi para traveler, Australia terkenal dengan Sydney Opera House, Great Barrier Reef, padang savanna yang luas, dan spesies hewan-hewan unik seperti kanguru, koala, dan platypus.

Apa saja destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Australia? Berikut 10 di antaranya:

1. Sydney

Sydney Opera House, Sydney
Sydney Opera House, Sydney
Destinasi wisata pertama adalah Sydney, ibu kota state New South Wales (NSW). Sydney merupakan kota terbesar di Australia sekaligus di seluruh wilayah Oseania. Jumlah penduduk kota ini sekitar 4,8 juta jiwa pada tahun 2014. Penduduk Sydney disebut dengan Sydneysiders. Secara geografis, Sydney terletak di wilayah pantai timur Australia, membentang mulai dari Laut Tasman hingga ke Blue Mountain, dan dari Sungai Hawkesbury hingga ke Dataran Tinggi Wonorora. Sydney merupakan wilayah Australia yang pertama kali didiami oleh Bangsa Inggris, sejak tahun 1788. Di kota juga terdapat beberapa perguruan tinggi utama Australia seperti University of Sydney, University of Technology Sydney, Unversity of New South Wales, dan Macquarie University. Landmark dan objek wisata di Sydney antara lain Sydney Harbour, Sydney Opera House, Sydney Harbour Bridge, Darling Harbour, The Rocks, dan Bondi Beach. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Sydney.

2. Melbourne

Melbourne, Australia
Royal Exhibition Building, Melbourne - photo by Diliff and Ian Fieggen
Destinasi wisata kedua adalah Melbourne, ibu kota state Victoria (VIC). Melbourne merupakan kota terbesar kedua di Australia dan Oseania dengan jumlah penduduk lebih dari 4,4 juta jiwa pada tahun 2014. Penduduk Melbourne disebut dengan Melburnians. Secara geografis, Melbourne terletak di pantai tenggara Australia, membentang mulai dari Port Philip hingga ke Pegunungan Dandenong, dan dari Semenanjung Mornington hingga ke Yarra Valley. Bangsa Inggris mulai mendiami wilayah ini sejak tahun 1835. Melbourne dikenal sebagai kota pendidikan dengan beberapa universitas terbaik di dunia seperti University of Melbourne, Monash University, RMIT University, La Trobe University, dan Swinburne University of Technology. Melbourne juga mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai City of Literature. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Melbourne City Centre, Royal Botanic Gardens, Queen Victoria Market, National Gallery of Victoria, dan Yarra Valley.Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Melbourne.


3. Perth

Perth, Australia
Fremantle, Perth
Destinasi wisata ketiga adalah Perth, ibu kota state Western Australia (WA). Perth merupakan kota terbesar keempat di Australia dengan jumlah penduduk sekitar 2,02 juta jiwa pada tahun 2014. Secara geografis, Perth terletak di Swan Coastal Plain, pantai barat Australia. Sungai Swan membatasi wilayah kota ini di bagian timur dan selatan, serta Kings Park di bagian barat. Bangsa Inggris pertama kali mendiami wilayah Perth pada tahun 1829. Nama Perth sendiri berasal dari nama kota Perth di Skotlandia. Sedangkan nama Swan berasal dari black swan (angsa hitam) yang merupakan hewan asli di Sungai Swan. Di Perth juga terdapat beberapa perguruan tinggi utama Australia seperti University of Western Australia, Curtin University, dan Murdoch University. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Kings Park, Swan Valley, Perth Mint, Penguin Island, Shoalwater Island Marine Park, dan Fremantle. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Perth.

4. Brisbane

Brisbane Town Hall - photo by Marty Portier
Destinasi wisata keempat adalah Brisbane, ibu kota state Queensland (QLD). Brisbane merupakan kota terbesar ketiga di Australia dengan jumlah penduduk sekitar 2,3 juta jiwa pada tahun 2014. Secara geografis, Brisbane terletak di tepi Sungai Brisbane, wilayah pantai timur Australia, sekitar 15 km dari Moreton Bay. Brisbane merupakan wilayah tertua di Australia yang dihuni oleh manusia. Penduduk yang pertama kali mendiami wilayah ini adalah suku Turrbal dan Jagera, yang juga merupakan penduduk asli Australia. Nama Brisbane sendiri diambil dari nama Sir Thomas Brisbane, gubernur New South Wales pada periode 1821 – 1825. Perguruan tinggi utama Austalia yang terletak di kota ini yaitu University of Queensland (UQ), Queensland University of Technology, dan Griffith University. Landmark dan objek wisata utama di Brisbane antara lain Lona Pine Koala Sanctuary, Queensland Gallery of Modern Art, City Botanic Gardens, Roma Street Parkland, dan Museum of Brisbane. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Brisbane.


5. Gold Coast

Gold Coast, Australia
Main Beach, Gold Coast - photo by Kgbo
Destinasi wisata kelima adalah Gold Coast, kota resort yang terkenal dengan wisata pantai dan kanal. Kota ini terletak di wilayah tenggara state Queensland, pantai timur Australia. Dari pusat kota Brisbane, Gold Coast berjarak sekitar 42 km di sebelah tenggara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 507 ribu jiwa pada tahun 2010. Hampir separuh wilayah kota ini masih berupa hutan yang ditumbuhi oleh pohon pinus, eucalyptus, dan mangrove. Salah satu ciri utama Gold Coast adalah kanal atau saluran air yang telah dibangun sejak tahun 1950. Selain itu kota ini juga memiliki garis pantai sepanjang 70 km yang merupakan favorit para wisatawan terutama pecinta surfing. Beberapa pantai utama di kota ini yaitu Main Beach, Surfer Paradise, Broadbeach, Burleigh Heads, dan Coolangatta. Objek wisata lainnya antara lain Sea World Gold Coast, Dreamworld, Warner Bros Movie World, Springbrook National Park, dan Purling Brook Falls.

6. Cairns

Cairns, Australia
Cairns Esplanade - photo by Donaldytong
Destinasi wisata keenam adalah Cairns, pintu gerbang menuju ke Great Barrier Reef, salaa satu wisata alam yang termasuk dalam 7 Natural Wonders. Cairns merupakan kota yang terletak di pantai timur Queensland (QLD), wilayah timur laut Australia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 146 ribu jiwa pada tahun 2014. Wilayah Cairns membentang mulai dari Laut Coral (Coral Sea) hingga ke pegunungan Great Dividing Range. Kota ini pertama kali ditemukan oleh Bangsa Inggris pada tahun 1876. Nama Cairns diambil dari nama Gubernur Queensland, William Wellington Cairns, yang menjabat pada tahun 1875 – 1877. Objek wisata utama di kota ini adalah Great Barrier Reef, terumbu karang terbesar di dunia yang juga merupakan UNESCO World Heritage Site. Objek wisata lainnya antara lain Kuranda Scenic Railway, Daintree Rainforest, Palm Cove, Paronella Park, dan Fitzroy Island.


7. Darwin

Darwin - photo by Bidgee
Destinasi wisata ketujuh adalah Darwin, ibu kota Northern Territory (NT). Darwin terletak di pantai utara Australia, di tepi Laut Timor. Jumlah penduduk kota ini sekitar 146 ribu jiwa pada tahun 2014. Nama Darwin berasal dari nama ilmuwan sekaligus pelaut Charles Darwin yang pertama kali berlayar ke wilayah ini. Darwin merupakan kota utama Australia yang letaknya paling dekat dengan wilayah Asia. Darwin juga merupakan kota pintu gerbang menuju ke objek wisata Kakadu National Park, Arnhem Land, dan pulau-pulau di sebelah utara Australia seperti Groote Eylandt dan Tiwi Islands. Wilayah Northern Territory dan South Australia dihubungkan oleh Stuart Highway, jalan raya sepanjang 2.834 km yang terbentang mulai dari Darwin, Alice Springs, hingga ke Port Augusta di pantai selatan Australia. Objek wisata utama di kota ini antara lain Mindil Beach, Museum and Art Gallery, George Brown Darwin Botanic Garden, Territory Wildlife Park, dan Bicentennial Park.

8. Canberra

Canberra, Australia
Australian War Memorial, Canberra - photo by John Torres
Destinasi wisata kedelapan adalah Canberra, ibu kota negara Australia. Canberra merupakan satu-satunya kota besar yang terletak di pedalaman Australia, jauh dari tepi pantai, serupa dengan Washington,D.C. di Amerika Serikat. Kota ini terletak di Australian Capital Territory (ACT), wilayah tenggara Australia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 381 ribu jiwa pada tahun 2013 dan penduduknya disebut dengan Canberran. Canberra sering dijuluki sebagai “Bush Capital” karena letaknya yang dikelilingi oleh hutan, cagar alam, dan areal pertanian. Sebagai ibu kota negara, di Canberra terdapat berbagai kantor pusat pemerintahan seperti Parliament House, kediaman resmi Governor-General, dan High Court (pengadilan tinggi). Dari Sydney, Canberra berjarak sekitar 280 km dan bisa diakses dengan railway NSW TrainLink. Landmark dan objek wisata utama di Canberra antara lain Australian War Memorial, National Museum of Australia, National Gallery of Australia, Questacon dan Danau Burley Griffin.


9. Adelaide

Adelaide, Australia
Art Gallery of South Australia, Adelaide - photo by Kajinoz
Destinasi wisata kesembilan adalah Adelaide, ibu kota state South Australia (SA). Adelaide merupakan kota terbesar kelima di Australia dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta jiwa pada tahun 2014. Penduduk kota ini disebut dengan Adelaidean. Secara geografis, Adelaide terletak di wilayah selatan Australia, di Semenanjung Flerieu, antara Teluk St Vincent dan Mount Lofty Ranges. Wilayah kota ini terletak di dataran Adelaide Plains, di tepi Sungai Torrens. Adelaide pertama kali ditemukan oleh Bangsa Inggris pada tahun 1836. Sebelum itu, wilayah Adelaide didiami oleh suku Kaurna, salah satu suku asli Australia. Nama Adelaide berasal dari nama Adelaide of Saxe-Meiningen, permaisuri King William IV. Sejak abad ke-19, Adelaide telah dikenal sebagai City of Churches. University of Adelaide, salah satu perguruan tinggi terbaik di Australia, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata di Adelaide antara lain Art Gallery of South Australia, Adelaide Botanic Garden, South Australian Museum, Victoria Square, dan Adelaide Festival Centre.

10. Hobart

Hobart, Australia
Strickland Avenue, Hobart - photo by Thennicke
Destinasi wisata kesepuluh adalah Hobart, ibu kota state Tasmania (TAS). Kalau kesembilan kota di atas terletak di daratan utama Australia, maka Hobart terletak terpisah, di Pulau Tasmania. Secara geografis, Hobart terletak di muara Sungai Denver, wilayah tenggara Pulau Tasmania. Jumlah penduduk kota ini sekitar 218 ribu jiwa pada tahun 2013. Bangsa Inggris pertama kali mendiami wilayah Hobart pada tahun 1803. Charles Darwin juga sempat mengunjungi kota ini pada tahun 1803 sebagai bagian dari Ekspedisi Beagle. Di wilayah Hobart terdapat beberapa pantai utama seperti Sandy Bay, Cornelian Bay, Nutgrove, Kingston dan Bellerive. Hobart juga merupakan pintu gerbang menuju ke Benua Antartika dan Samudra Selatan (Southern Ocean). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Tasmanian Museum and Art Gallery, Royal Tasmanian Botanical Gardens, Salamanca Market, Iron Pot, dan Theater Royal.

Nah, itulah 10 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Australia. Untuk melihat foto-foto di wilayah Australia, bisa dilihat di Galeri Foto Australia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar