Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 18, 2016

10 Destinasi Wisata Favorit di Korea Selatan

Salam Traveling!

Selain Jepang, negara lain di Asia Timur yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Korea Selatan, negeri ginseng yang terkenal dengan K-Drama dan musik K-Pop.

Korea Selatan adalah negara berdaulat di Asia Timur yang terletak ujung selatan Semenanjung Korea (Korean Peninsula). Nama resmi negara ini adalah Republic of Korea, tetapi lebih sering disingkat dengan Korea. Secara geografis wilayah Korea dibatasi oleh Laut Kuning (Yellow Sea) di sebelah barat, Laut Jepang (Sea of Japan) di sebelah timur, Korea Utara di sebelah utara, serta Selat Korea dan Laut China Selatan di sebelah selatan. Menurut sejarah nama Korea berasal dari nama Kerajaan Goguryeo, yang juga dikenal dengan nama KoryƏ, yang berkuasa di wilayah ini sejak tahun 37 BC. Kerajaan lain yang juga sempat berkuasa lama di wilayah Korea adalah Dinasti Joseon. Secara administratif, wilayah Korea dibagi menjadi 9 provinsi, 7 kota metropolitan, serta 1 kota khusus yaitu Seoul, yang merupakan ibu kota negara.

Apa saja destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Korea Selatan? Berikut 10 diantaranya:

1. Seoul

Seoul, Korea Selatan
Seoul - foto oleh Julian Fong
Destinasi wisata pertama adalah Seoul. Seoul adalah ibu kota negara sekaligus merupakan kota terbesar di Korea dengan jumlah penduduk lebih dari 10 juta jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Han, di wilayah barat-laut Korea. Menurut sejarah, Seoul pertama kali ditemukan oleh Kerajaan Baekje pada tahun 18 BC. Pada saat Dinasti Joseon berkuasa, Seoul diubah menjadi ibu kota kerajaan. Di kota ini terdapat 5 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu: Changdeok Palace, Hwaseong Fortress, Jongmyo Shrine, Namhansanseong, dan Royal Tombs of the Joseon Dynasty. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Gyeongbok Palace, Changdeok Palace, N Seoul Tower, War Memorial of Korea, Gunung Namsan, Gunung Bukhan, Lotte World, Moonlight Rainbow Fountain, dan Myeong-dong. Untuk lebih jelasnya tentang objek wisata di Seoul bisa dibaca di Wisata Seoul.


2. Busan

Busan, Korea Selatan
Busan - foto oleh Yonguk Kim
Destinasi wisata kedua adalah Busan. Busan merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Korea setelah Seoul. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,5 juta jiwa pada tahun 2014. Secara geografis, Busan terletak di wilayah pantai tenggara Korea, di tepi Sungai Nakdong, sungai terpanjang di Korea yang bermuara di Selat Korea. Wilayah Busan bersama dengan Ulsan dan Provinsi Gyeongsangnam-do, merupakan area industri terbesar di Korea yang dikenal dengan nama “The Southeast Economic Zone”. Busan juga merupakan kota pelabuhan terbesar dan memiliki pantai terpanjang di seluruh Korea. Salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea, Pusan National University (PNU), terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Pantai Gwangalli, Pantai Haeundae, Beomeosa, Haedong Yonggungsa, Bokcheon Museum, Busan Modern History Museum, Geumjeongsan, Yongdusan Park,  Nampo-dong.


3. Jeju City

Hallasan, Jeju City, Korea Selatan
Hallasan di Jeju City - foto oleh Mass Ave 975
Destinas wisata ketiga adalah Jeju City. Jeju City (Jeju-si) adalah ibu kota Provinsi Jeju sekaligus merupakan kota terbesar di Pulau Jeju (Jeju-do). Jumlah penduduk kota ini sekitar 450 ribu jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Jeju City terletak di Pulau Jeju, di Selat Korea, di wilayah selatan Korea. Seperti halnya Pulau Bali di Indonesia, Pulau Jeju juga merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Korea dan termasuk dalam daftar 7 Wonders of Nature. Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini sebagian besar berasal dari daratan Korea, Jepang, dan China. Jeju City merupakan pintu gerbang menuju ke Pulau Jeju. Di kota ini terdapat pelabuhan Jeju dan bandara Jeju International Airport. Objek wisata di kota ini antara lain Yongduam (Dragon's Head Rock), Samseonghyeol, Hallasan National Park, Hallasan, Bunjae Artpia. Sedangkan untuk objek wisata di Pulau Jeju, bisa dibaca di Wisata Pulau Jeju.


4. Incheon

Incheon, Korea Selatan
Incheon - foto oleh Dogtra_Nick
Destinasi wisata keempat adalah Incheon. Jika teman-teman berkunjung ke Korea, teman-teman pasti akan mendarat di kota ini, karena di sini terdapat Incheon International Airport, yang merupakan bandara utama di Korea. Incheon adalah kota metropolitan yang terletak di wilayah barat-laut Korea. Incheon merupakan kota terbesar ketiga di Korea setelah Seoul dan Busan, dengan jumlah penduduk mencapai 3 juta jiwa pada tahun 2015. Incheon bersama Provinsi Gyeonggi merupakan bagian dari Seoul Capital Area. Pada tahun 2007, kota ini mengadakan program “English City” yang bertujuan untuk membuat penduduk Incheon berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, seperti halnya Singapore dan Hong Kong. Incheon International Airport yang terletak di kota ini, merupakan salah satu bandara terbaik di dunia, sama seperti Bandara Changi di Singapore. Objek wisata utama di kota ini antara lain Muuido, Pulau Ganghwa, Pulau Yeongjong, Pulau Baengnyeong, Bupyeong Station, Chinatown, dan Jayu Park.


5. Gyeongju

Gyeongju, Korea Selatan
Gyeongju
Destinasi wisata kelima adalah Gyeongju. Gyeongju (Gyeongju-si) adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Gyeongsang Utara (Gyeongsangbuk-do). Secara geografis, Gyeongju terletak di tepi pantai tenggara Korea. Jumlah penduduk di kota ini sekitar 264 ribu jiwa pada tahun 2013. Pada zaman dahulu, Gyeongju merupakan ibu kota Kerajaan Silla, yang berkuasa di wilayah Korea sejak abad ke-7 hingga abad ke-9. Beberapa bangunan peninggalan kerajaan tersebut tetap ada di wilayah Gyeongju hingga saat ini, dan dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Bangunan-bangunan tersebut adalah Seokguram, Bulguksa, Gyeongju Historic Area, dan Yangdong Folk Village. Objek wisata lain yang terdapat di kota ini antara lain: Gyeongju National Park, Gyeongju National Museum, Cheomseongdae, Anapji, dan Gyerim.


6. Chuncheon

Chuncheon, Korea Selatan
Chuncheon - foto oleh Mark Zastrow
Destinasi wisata keenam adalah Chuncheon. Chuncehon (Chuncheon-si) adalah ibu kota Provinsi Gangwon. Jumlah penduduk kota ini sekitar 273 ribu jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Chuncheon terletak di wilayah utara Korea, di antara Sungai Soyang dan Sungai Han. Di kota ini terdapat beberapa danau besar, yang terkenal adalah Danau Soyang dan danau Uiyam. Di kota ini juga terdapat beberapa pulau kecil yang terletak di aliran sungai, seperti Sangjungdo, Ha-Jungdo, Bungeodo, dan Wido. Salah satu K-Drama terkenal, Winter Sonata, pernah menggunakan wilayah Chuncheon sebagai lokasi syuting, tepatnya di pulau resort Namiseom. Setiap tahun, di Chuncheon diadakan berbagai macam festival seperti: Puppet Festival, Chicken Ribs & Makguksu Festival, Uiam Jae, Kim – Yu Jeong Munhakje, dan Chuncheon Marathon Festival.


7. Daegu

Daegu, Korea Selatan
Daegu - foto oleh Timber Tank
Destinasi wisata ketujuh adalah Daegu. Daegu adalah kota metropolitan terbesar keempat di Korea Selatan setelah Seoul, Busan, dan Incheon. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,5 juta jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Daegu terletak di wilayah tenggara Korea, di dekat Sungai Geumho dan Sungai Nakdong. Pada saat Kerajaan Silla berkuasa, Daegu merupakan salah satu kota penting di wilayah Korea. Pada masa Dinasti Joseon, Daegu merupakan ibu kota Provinsi Gyeongsang. Saat ini Daegu merupakan salah satu pusat industri manufaktur di Korea. Daegu juga terkenal sebagai produsen apel berkualitas sehingga sering dijuluki sebagai “Apple City”. Salah satu universitas terbaik di Korea, Kyungpook National University (KNU), terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Daegu antara lain Gatbawi, Donghwasa, Pagyesa, Daegu-Hyanggyo, Daegu National Museum, Yangnyeongsi, Duryu Park, dan Seomun Market.


8. Yeosu

Yeosu, Korea Selatan
Yeosu - foto oleh Junho Jung
Destinasi wisata kedelapan adalah Yeosu. Yeosu (Yeosu-si) adalah sebuah kota yang terlatk di Provinsi Jeolla Selatan (Jeollanam-do). Secara geografis kota ini terletak di wilayah pantai selatan Korea. Wilayah Yeosu dibagi menjadi 4 bagian: Old Yeosu City yang telah ada sejak tahun 1949; Yeocheon City yang dibangun pada tahun 1986; Yeocheon County yang baru bergabung dengan kota ini pada tahun 1998; dan pulau-pulau kecil yang terletak di pantai selatan Korea. Jumlah penduduk kota ini sekitar 295 ribu jiwa pada tahun 2011. Yeosu memiliki iklim laut yang hangat sehingga pada musim panas suhu udara di kota ini lebih sejuk, dan pada musim dingin suhu udara tidak terlalu dingin. Selain itu Yeosu juga memiliki musim semi dan musim gugur yang lebih panjang dibandingkan dengan wilayah Korea yang lain. Objek wisata yang ada di kota ini antara lain: Admiral Yi’s Turtle Ship, Pantai Manseongri, Pulau Dolsan, Pulau Odongdo, dan Dolsan Bridge.


9. Jeonju

Jeonju Bibimbap
Jeonju Bibimbap - foto oleh aka_maya
Destinasi wisata kesembilan adalah Jeonju. Jeonju (Jeonju-si) adalah ibu kota Provinsi Jeolla Utara (Jeollabuk-do). Secara geografis kota ini terletak di Dataran Honam, wilayah barat Korea. Jumlah penduduk kota ini sekitar 653 ribu jiwa pada tahun 2015. Nama “Jeonju” dalam Bahasa Korea berarti “Perfect City” atau “Kota yang Sempurna”. Jeonju dikenal oleh wisatawan sebagai pusat kuliner khas Korea, yang paling popular adalah Jenju Bibimbap. Pada tahun 2012, Jeonju mendapat penghargaan sebagai Creative City for Gastronomy, yang merupakan bagian dari UNESCO’s Creative Cities Network. Penghargaan ini diberikan kepada masyarakat Jeonju selalu memelihara cara memasak secara tradisional selama ribuan tahun, dan festival-festival kuliner lokal yang selalu diadakan di kota ini. Selain kuliner, objek wisata yang sering dikunjungi di Jeonju adalah Jeonju Hanok Village (Hanok Maeul) dan National Jeonju Museum.


10. Daejeon

Daejeon, Korea Selatan
Daejeon - foto oleh Yoo Chung
Destinasi wisata kesepuluh adalah Daejeon. Daejeon adalah kota metropolitan terbesar kelima di Korea Selatan setelah Seoul, Busan, Incheon, dan Daegu. Secara geografis, Daejeon terletak di wilayah tengah Korea. Dari Seoul, Daejeon berjarak sekitar 167 km dan dapat ditempuh dengan high-speed train KTX dengan waktu tempuh hanya sekitar 50 menit. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,5 juta jiwa pada tahun 2014. Daejeon dikenal sebagai pusat penelitian dan teknologi di Korea, sehingga sering dijuluki sebagai “Asia’s Silicon Valley”. Beberapa perguruan tinggi dan pusat penelitian ternama di kota ini antara lain Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Chungnam National University, dan Korea Institute of Science and Technology Information (KISTI. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain: Expo Science Park, Hanbit Tower, Expo Bridge, National Science Museum, Daejeon Museum of Art, dan Yuseong Foot Spa.


Nah, itulah 10 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Korea Selatan. Untuk melihat foto-foto di negara ini, bisa dilihat di Galeri Foto Korea Selatan. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar