Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 16, 2016

8 Destinasi Wisata Cantik di Prancis yang Wajib Kamu Kunjungi - Bagian 1

Salam Traveling!

Setelah UK, Belanda, dan Jerman, sekarang kita menuju ke negara tujuan wisata selanjutnya, yaitu Prancis.

Prancis (République Française /French Republic) merupakan sebuah negara maju yang terletak di region Eropa Barat. Wilayah negara ini membentang dari Laut Mediterrania di sebelah selatan, hingga ke Selat Inggris (English Channel) dan Laut Utara (North Sea) di sebelah utara ; serta dari Sungai Rhine di sebelah timur, hingga ke Samudra Atlantik di sebelah barat. Wilayah Prancis dibatasi oleh 8 negara yaitu: Belgia, Luxembourg, Jerman, Swiss, Italia, Monaco, Spanyol, dan Andorra. Secara administratif wilayah negara ini dibagi ke dalam 13 region, dan setiap region dibagi menjadi beberapa sub-wilayah yang lebih kecil yang disebut department.

Bagi para traveler, Prancis terkenal dengan kota-kota klasik dengan berbagai bangunan berarsitektur khas abad pertengahan, desa-desa cantik khas Eropa, pegunungan yang selalu bersalju, dan pantai Mediterania yang selalu hangat sepanjang tahun. Sebagai anggota Uni Eropa, Prancis termasuk dalam area Schengen, serta menggunakan Euro sebagai mata uang resmi. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Prancis (français). Bandara internasional utama di negara ini adalah Charles de Gaulle Airport (CDG) yang terletak sekitar 25 km dari pusat kota Paris.

Berikut ini 8 destinasi wisata di Prancis yang sering dikunjungi oleh para traveler:

1. Paris

Paris, Prancis
Paris, Prancis
Destinasi wisata pertama Paris, ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Prancis. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Seine, wilayah utara – tengah Prancis. Paris juga merupakan ibu kota region Île-de-France, atau yang juga dikenal dengan nama Région Parisienne (Region Paris). Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,2 juta jiwa pada tahun 2015. Sejak abad ke-18, Paris memiliki peran penting sebagai kota pusat Revolusi Prancis. Salah satu perguruan tinggi tertua di Eropa, University of Paris, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata terkenal di Paris antara lain Menara Eiffel, Arc de Triomphe, Museum Louvre, Louvre Pyramid, Notre Dame Cathedral, Musee d’Orsay, dan Sungai Seine. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di Wisata Paris, Prancis.

2. Côte d’Azur (French Riviera)

Côte d’Azur, Prancis
Eze, Côte d’Azur - foto oleh Sergey Ashmarin
Destinasi wisata kedua adalah Côte d’Azur atau French Riviera, area resort di sepanjang tepi pantai Laut Mediterania. Area ini terletak di wilayah tenggara Prancis, membentang mulai dari Cassis/Toulon di sebelah barat, melintasi Monaco, hingga ke perbatasan Prancis - Italia di sebelah timur. Di Italia, area pantai Laut Mediterania ini akan berlanjut, dan dikenal dengan nama Italian Riviera. Seluruh area Côte d’Azur termasuk dalam wilayah region Provence-Alpes-Côte d’Azur (PACA). Jumlah keseluruhan penduduk di area ini sekitar 2 juta jiwa. Kota terbesar di area Côte d’Azur adalah Nice. Di kota tersebut, juga terletak bandara Nice Côte d’Azur Airport, yang merupakan bandara internasional terbesar ketiga di Prancis. Beberapa kota utama lainnya di area ini antara lain Cap-d’Ail, Saint-Jean-Cap-Ferrat, Villefranche-sur-Mer, Cannes, Saint-Raphaël, serta Saint-Tropez.


3. Nice

Nice, Prancis
Nice, Prancis
Destinasi wisata ketiga adalah Nice, kota cantik di tepi pantai Cote d’Azur atau French Riviera. Nice adalah ibu kota department Alpes Maritimes, yang terletak di region Provence-Alpes-Côte d'Azur (PACA). Jumlah penduduk kota ini sekitar 343 ribu jiwa pada tahun 2013. Secara geografis Nice terletak di tepi pantai Laut Mediterania, wilayah tenggara Prancis, hanya sekitar 13 km dari Kerajaan Monaco. Kota ini dikenal dengan julukan Nice la Belle yang berarti Nice yang Indah, karena pemandangan pantai kota ini merupakan salah satu panorama alam yang terindah di dunia. Selain pesisir pantai Cote d’Azur, objek wisata terkenal lainnya di Nice antara lain Promenade des Anglais, Terra-Amata, Musee Matisse, Russian Orthodox Cathedral Nice, Place Masséna, Castle of Nice, Cours Saleya, dan Nice Observatory.

4. Versailles

Versailles, Prancis
Versailles, Prancis
Destinasi wisata keempat adalah Versailles, kota artistik yang terletak di department Yvelines, region Île-de-France. Kota ini terletak hanya sekitar 21 km di sebelah barat Paris. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 88 ribu jiwa pada tahun 2009. Versailles pada awalnya merupakan ibu kota de facto Kerajaan Prancis di bawah kekuasaan King Louis XIV dari tahun 1682 hingga 1789. Setelah Revolusi Prancis, kota ini kehilangan statusnya sebagai ibu kota kerajaan dan hanya menjadi prefecture (ibu kota region). Di Versailles terdapat 2 landmark yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu Château de Versailles (Palace of Versailles)dan Gardens of Versailles. Landmark dan objek wisata lainnya di kota ini antara lain Church of Notre Dame, Musée Lambinet, dan Temple de l’Amour (Temple of Love).


5. Tours

Tours, Prancis
Hôtel de Ville, Tours
Destinasi wisata kelima adalah Tours, kota artistik yang terletak wilayah tengah Prancis. Secara georafis, kota ini terletak di antara dua sungai ; Sungai Loire di sebelah utara, serta Sungai Cher di sebeah selatan. Tours merupakan pusat administratif department Indre-et-Loire, serta merupakan kota terbesar di region Centre-Val de Loire. Jumlah penduduk kota ini sekitar 134 ribu jiwa pada tahun 2013. Selain dikenal dengan kampus Universitas François Rabelais, Tours juga dikenal dengan julukan “Le Jardin de La France” (The Garden of France), karena di kota ini terdapat berbagai taman-taman kota. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Tours Cathedral, Jardin botanique de Tours, Musée des Beaux-Arts de Tours, Hôtel Goüin, dan Basilique St-Martin. Dari Paris, Tours berjarak sekitar 240 km, dan untuk mencapai destinasi ini, pengujung bisa menggunakan kereta serta membutuhkan waktu sekitar 1 jam 35 menit.

6. Chamonix

Chamonix, Prancis
Chamonix dan Mont Blanc
Destinasi wisata keenam adalah Chamonix, atau Chamonix-Mont Blanc, sebuah kota resort yang terletak di wilayah timur Prancis. Kota cantik ini termasuk dalam wilayah department Haute-Savoie, region Auvergne-Rhône-Alpes. Chamonix terletak di tepi Pegunungan Aiguilles Rouges, tepat di perbatasan Prancis – Swiss – Italia. Jumlah penduduk kota ini cukup sedkit, hanya sekitar 8.900 jiwa pada tahun 2013. Chamonix juga merupakan pintu gerbang menuju ke puncak tertinggi di Pegunungan Alpen, Mont Blanc (4.808 m). Sama seperti Innsbruck di Austria dan Zermatt di Swiss, Chamonix juga merupakan salah satu tujuan wisata hiking dan ski di dunia. Olimpiade Musim Dingin (Winter Olympics) untuk pertama kalinya diselenggarakan di kota ini pada tahun 1924. Objek wisata di kota ini umumnya berupa wisata alam seperti Mont Blanc, Aiguille du Midi, Le Brévent, Lac Blanc, Lac Cornu, Bossons Glacier, dan Vallée Blanche.


7. Lyon

Lyon, Prancis
Lyon, Prancis
Destinasi wisata ketujuh adalah Lyon, ibu kota department Rhône, sekaligus ibu kota region Auvergne-Rhônes-Alpes. Secara geografis, Lyon terletak di wilayah timur Prancis, di persimpangan Sungai Rhône dan Sungai Saône. Lyon merupakan kota terbesar ketiga di Prancis setelah Paris dan Marseille, dengan jumlah penduduk sekitar 500 jiwa pada tahun 2013. Sama seperti Liverpool dan Glasgow di UK, penduduk Lyon juga memiliki julukan khusus, yaitu Lyonnais. Pada tahun 1998 sejumlah area dan landmark di Lyon dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site dengan nama Historic Sites of Lyon. Lyon juga merupakan salah satu kota pusat kuliner khas Prancis (French Cuisine). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Vieux Lyon, Fourvière, Croix-Rousse, Lyon Cathedral, Basilica of St-Martin-d’Ainay, Hôtel de Ville (City Hall), Place des Terreaux, Musée dex beaux-art (Fine Arts Museum), Opéra Nouvel, Parc de la Tête d’Or, dan Fête des Lumières (Festival of Lights) yang diadakan pada tanggal 8 Desember setiap tahun.

8. Marseille

Marseille, Prancis
Marseille, Prancis
Destinasi wisata kedelapan adalah Marseille, ibu kota department Bouches-du-Rhône, sekaligus ibu kota region Provence-Alpes-Côte d'Azur (PACA). Marseille merupakan kota terbesar kedua di Prancis, setelah Paris, dengan jumlah penduduk sekitar 852 ribu jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Marseille sama seperti Nice, juga terletak di wilayah selatan Prancis, di pantai Laut Mediterania yang selalu hangat sepanjang tahun. Sejak abad pertengahan, Marseille telah menjadi kota pelabuhan penting dan terbesar di Prancis dan Laut Mediterania. Landmark dan objek wiata utama di kota ini antara lain Vieux-Port (Old Port), Notre-Dame de la Garde, Fort Saint-Jean, Palais Longchamp, Hôtel de Ville, Marseille History Museum, Musée Cantini, Stade Vélodrome, Calanque de Morgiou, Plages du Prado, Ratonneau, dan Jardin de la Magalone. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Marseille.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata cantik di Prancis yang sering dikunjungi oleh para traveler. Informasi tentang 8 destinasi selanjutnya, bisa dibaca di 8 Destinasi Wisata di Prancis – Bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya !




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar