Minggu, 27 Maret 2016

10 Destinasi Wisata Cantik di Negeri Kincir Angin, Belanda

Salam Traveling!

Setelah UK, Prancis, dan Jerman, sekarang kita akan menuju ke Negeri Tulip dan Kincir Angin, Belanda.

Belanda (The Netherlands / Nederland) adalah negara maju yang terletak di wilayah Eropa Barat. Negara ini juga sering disebut dengan nama Holland, meskipun Holland sebenarnya hanyalah nama wilayah, bukan keseluruhan negara. Secara geografis, Belanda berbatasan dengan Jerman di sebelah timur, Belgia di sebelah selatan, dan Laut Utara (North Sea) di sebelah barat dan utara. Menurut bahasa, “Netherlands” berarti “negara yang rendah”, yang menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah negara ini berada di daratan yang sangat rendah, bahkan hampir separuhnya lebih rendah dari permukaan laut. Wilayah tersebut disebut polder, yang berasal dari wilayah laut dan danau yang dikeringkan dengan kincir angin. Selain itu, di Belanda juga terdapat banyak kanal dan saluran air, yang dibangun untuk mencegah banjir. Saat ini, kincir angin dan kanal tersebut merupakan objek wisata utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Belanda.

Lalu apa saja destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Belanda? Berikut 10 di antaranya:

1. Amsterdam

Amsterdam, Belanda
Amsterdam
Destinasi wisata pertama adalah Amsterdam, ibu kota negara Belanda. Amsterdam merupakan kota terbesar di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 837 ribu jiwa pada tahun 2016. Amsterdam terletak di provinsi Noord-Holland (Holland Utara), di wilayah barat Belanda. Sungai Amstel mengalir di wilayah pusat kota hingga ke IJ Bay. Hampir seluruh wilayah Amsterdam berupa polder dengan ketinggian 2 meter di bawah permukaan laut. Di kota ini terdapat banyak kanal dengan total panjang lebih dari 100 km. Tiga kanal utama: Herengracht, Prinsengracht, dan Keizergracht: termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Dengan banyaknya kanal, di Amsterdam terdapat setidaknya 90 pulau dan lebih dari 1.200 jembatan, sehingga kota ini sering dijuluki sebagai Venice of the North. Canal cruise atau pelayaran menyusuri kanal merupakan objek wisata utama di Amsterdam. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Rijksmuseum, Anne Frank House, Royal Palace, dan Vondelpark. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Amsterdam dan Wisata Kanal Amsterdam.


2. Rotterdam

Rotterdam - photo by FacemePLS
Destinasi wisata kedua adalah Rotterdam, kota pelabuhan terbesar di Belanda. Rotterdam merupakan kota terbesar kedua di Belanda setelah Amsterdam dengan jumlah penduduk sekitar 630 ribu jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Rotterdam terletak di delta sungai Rhine-Meuse-Scheldt, provinsi Zuid-Holland (Holland Selatan), wilayah barat Belanda. Sungai Nieuwe Maas membagi wilayah kota menjadi 2 bagian: utara dan selatan. Rotterdam merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Laut Utara dan Benua Eropa sehingga sering dijuluki sebagai “Gateway to Europe”. Di kota ini terdapat Erasmus University Rotterdam (EUR), salah satu universitas utama di Eropa yang terletak di tepi sungai. Landmark dan objek wisata utama di Rotterdam antara lain Erasmus Bridge (Erasmusburg), Euromast, Museum Boijmans Van Beuningen, Cube House, Witte Huis, dan Ahoy Rotterdam. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Rotterdam.


3. Den Haag (The Hague)

Den Haag
Destinasi wisata ketiga adalah Den Haag, kota pusat parlemen Kerajaan Belanda. Den Haag merupakan ibu kota provinsi Zuid-Holland (Holland Selatan) sekaligus kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdam dan Rotterdam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 515 ribu jiwa pada tahun 2015. Secara geografis, Den Haag terletak di kawasan urban Haaglanden, wilayah barat Belanda. Meski bukan ibu kota negara, tetapi Den Haag merupakan kota penting, karena di kota ini terdapat kantor pusat pemerintah (kabinet), parlemen, dan pengadilan tinggi (supreme court) negara Belanda. Sama seperti New York, Geneva, dan Vienna, Den Haag juga merupakan salah satu kota yang memiliki kantor pusat PBB (United Nations). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Madurodam, Mauritshuis, Peace Palace, Binnenhof, dan Escher Museum.


4. Maastricht

Maastricht
Destinasi wisata keempat adalah Maastricht, ibu kota provinsi Limburg. Maastricht terletak di wilayah selatan Belanda, di tepi Sungai Mass (Meuse) dan Sungai Jeker merupakan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 121 ribu jiwa pada tahun 2014. Maastricht terkenal sebgai kota pendidikan dan budaya dengan berbagai bangunan berarsitektur klasik, sama seperti Amsterdam. Bagi masyarakat Eropa, Maastricth merupakan kota dibentuknya European Union (EU), European Citizenship, dan mata uang utama Eropa, Euro. Salah satu perguruan tinggi utama di Belanda, Maastricht University, terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Maastricht antara lain Bonnefanten Museum, Museum an het Vrijthof, Sint Servaasburg, Binnenstad, Jekerwartier, Mount Saint Peter, dan Stadspark.


5. Utrecht

Utrecht
Destinasi wisata kelima adalah Utrecht, ibu kota provinsi Utrecht. Utrecth merupakan kota terbesar keempat di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 330 ribu jiwa pada tahun 2014. Kota ini terletak di kawasan Randstad, wilayah tengah Belanda. Sejak abad ke-8, Utrecth telah menjadi pusat agama Kristen dan Katolik di Belanda. Karena posisi Utrecht yang terletak di wilayah sentral Belanda sehingga kota ini dijadikan sebagai pusat perhubungan dan transportasi darat. Utrecht Centraal merupakan stasiun railway utama di negara ini yang menghubungkan Schipol Airport, Amsterdam, Rotterdam, dan kota-kota lain, termasuk Jerman. Utrecth University yang terletak di kota ini merupakan perguruan tinggi terbesar di Belanda. Landmark dan objek wisata utama di Utrecht antara lain Dom Tower of Utrecht, Railway Museum, Museum Speelklok, Centraal Museum, dan De Haar Castle.


6. Eindhoven

Eindhoven - photo by FaceMePLS
Destinasi wisata keenam adalah Eindhoven, kota terbesar di provinsi Noord-Brabant. Secara geografis, kota ini terletak di persimpangan aliran Sungai Dommel dan Sungai Gender, wilayah selatan Belanda. Eindhoven merupakan kota terbesar kelima di Belanda dengan jumlah penduduk sekitar 223 ribu jiwa pada tahun 2015. Eindhoven merupakan kota pusat teknologi dan industry hi-tech. Salah satu perusahaan elektronik terkenal di dunia, Philips, berpusat di kota ini, sehingga Eindhoven sering dijuluki sebagai City of Light. Selain itu, di kota ini juga terdapat Eindhoven University of Technology, yang merupakan perguruan tinggi dan pusat penelitian utama di Belanda. Landmark dan objek wisata utama di Eindhoven antara lain Van Abbe Museum, Eindhoven Museum, Evoluon, Genneper Parken, dan Stadswandelpark.


7. Delft

Delft - photo by Boserma
Destinasi wisata ketujuh adalah Delft, kota kecil klasik yang dikelilingi oleh kanal. Delft terletak di provinsi Zuid-Holland, di sebelah utara Rotterdam dan di sebelah selatan Den Haag. Jumlah penduduk kota ini sekitar 99 ribu jiwa pada tahun 2014.Delft merupakan kota asal ilmuwan Antony van Leeuwenhoek dan pelukis Johannes Vermeer. Kota ini juga merupakan pusat industri keramik Delftware (Delft Blue Pottery). Salah satu universitas teknologi utama di Belanda, Delft University of Technology (TU Delft), terletak di kota ini. Landmark utama di Delft berupa monumen dan bangunan berarsitektur klasik seperti Oude Kerk, Nieuwe Kerk, City Hall, patung Hugo Grotius, Prinsenhof, Oostport (Eastern Gate), dan Windmill De Ross. Objek wisata lainnya adalah kanal dan taman publik Delftse Hout (Delft Wood).


8. Lisse

Keukenhof Garden, Lisse, Belanda
Keukenhof Garden, Lisse
Destinasi wisata kedelapan adalah Lisse, kota kecil cantik yang terkenal dengan padang bunga tulip Keukenhof Garden. Lisse adalah sebuah kota di provinsi Zuid-Holland, wilayah barat Belanda. Luas kota ini hanya sekitar 16 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 22 ribu jiwa pada tahun 2014. Lisse terletak di pusat Duin en Bollenstreek (Dune and Bulb Region), sebuah wilayah di Belanda yang ditumbuhi berbagai macam bunga. Sejak abad ke-20, bisnis bunga tulip mulai berkembang di kota ini, dan saat ini Lisse merupakan salah satu kota pengekspor bunga tulip terbesar di dunia. Objek wisata utama di Lisse adalah Keukenhof Garden, yang hanya dibuka pada musim semi saat bunga-bunga tulip mekar. Pada saat itu juga diadakan parade bunga yang disebut Bollenstreek Bloemencorso. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Huys Dever, Castle Keukenhof, dan Museum De Zwarte Tulp (Black Tulip).


9. Giethoorn

Giethoorn, Belanda
Giethoorn - photo by PhotoBobil
Destinasi wisata kesembilan adalah Giethoorn, desa cantik dengan banyak kanal sama seperti Amsterdam. Giethoorn adalah desa tradisional yang terletak di wilayah Steenwijkerland, provinsi Overijssel, wilayah timur Belanda. Dari pusat kota Steenwijk, Giethoorn hanya berjarak sekitar 5 km di sebelah tenggara. Jumlah penduduk desa ini sekitar 2.620 jiwa. Yang unik dari Giethoorn adalah di desa ini tidak terdapat jalan besar bagi kendaraan bermotor, hanya jalan-jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda dan pejalan kaki, sehingga bisa dipastikan desa ini bebas dari polusi udara. Transportasi utama di desa ini melalui kanal-kanal dengan menggunakan perahu, sehingga Giethoorn sering dijuluki sebagai Venice of the Netherlands. Selain kanal, di desa ini juga terdapat beberapa danau dan sekitar 180 jembatan. Setiap tahun, hampir 200 ribu wisatawan mengunjungi desa ini untuk menikmati pemandangan desa dan kanal-kanal yang masih alami, hijau, dan asri.


10. Kinderdijk

Kinderdijk, Belanda
Kinderdijk
Destinasi wisata kesepuluh adalah Kinderdijk, sebuah desa kecil yang terkenal dengan kincir angin klasik khas Belanda. Kinderdijk adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Moolenwaard, provinsi Zuid-Holland, wilayah barat Belanda. Dari Rotterdam, desa ini berjarak sekitar 15 km di sebelah timur. Kinderdijk terletak di wilayah polder Alblasserwaard, di persimpangan Sungai Lek dan Sungai Noord. Untuk mengeringkan polder tersebut, 19 kincir angin berukuran besar dibangun sejak tahun 1740. Kumpulan kincir angin tersebut merupakan yang tertua dan terbanyak dari seluruh wilayah Belanda. Pada tahun 1997, UNESCO memasukkan wilayah desa ini ke dalam World Heritage Site dengan nama Mill Network at Kinderdijk-Elshout. Wilayah lain di Belanda yang serupa dengan Kinderdijk adalah Zaanse Schans yang terletak di kota Zandaam, provinsi Noord-Holland.


Nah, itulah 10 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Belanda. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar