Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Maret 10, 2016

10 Objek Wisata Cantik dan Menarik di Inggris, di luar London

Salam Traveling!

Masih di Inggris (England)United Kingdom. Setelah London sekarag kita akan mengunjungi beberapa objek wisata cantik dan menarik lainnya di country ini.

Inggris (England) merupakan satu dari empat country yang ada di negara United Kingdom. Tiga country lainnya adalah Wales, Skotlandia (Scotland), dan Irlandia Utara (Northern Ireland). Dari keempat country tersebut, Inggris merupakan country utama, karena ibu kota dan pusat pemerintahan negara United Kingdom, yaitu London, terletak di country ini. Wilayah Inggris meliputi 2/3 pulau Great Britain dan dibagi menjadi 9 region yaitu: North East, North West, Yorkshire and The Humber, East Midlands, West Midlands, East of England, South East, South West, dan London, yang merupakan region ibu kota negara.

Berikut beberapa objek wisata yang cantik dan menarik di Inggris di luar London:

1. Windsor Castle

Windsor Castle
Windsor Castle - photo by Andrew Smith
Windsor Castle adalah kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris yang terletak di Windsor, Berkshire, South West England. Kastil ini dibangun pertama kali pada abad ke-11 oleh William The Conqueror sebagai benteng kerajaan untuk mengawasi Sungai Thames di luar London. Seiring berjalanya waktu bangunan ini kemudian diubah menjadi kompleks istana kerajaan dengan perpaduan arsitektur Gothic – Victorian – Georgian yang indah. Kompleks kastil ini terletak di area seluas 5,3 hektar yang meliputi benteng, istana kerajaan, dan sebuah kota kecil. Saat ini Windsor Castle merupakan salah satu tempat wisata favorit di Inggris, di luar London. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

2. Stonehenge

Stonehenge
Stonehenge
Jika teman-teman pernah belajar Sejarah di sekolah, teman-teman pasti akan mengenal tempat ini. Stonehenge adalah monument prasejarah yang terletak di Amesbury, Wiltshire, South West England. Monumen ini berupa deretan batu-batu besar yang didirikan secara tegak lurus dan dideret sehingga membentuk lingkaran. Para arkeologis memperkirakan monumen ini telah dibangun sejak 3000 tahun sebelum masehi, pada zaman perunggu dan Neolotikum. Belum diketahui apa tujuan monumen ini dibangun. Tetapi pada bagian tengah lingkaran diperkirakan merupakan tempat pemakaman karena ditemukan fosil tulang-tulang manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa batu-batu besar ini pertama kali dibangun di Wales lalu dindahkan ketempt saat ini, tetapi tidak ada yang tahu pastinya. Pada tahun 1986, oleh UNESCO, monumen ini dan area disekitarnya dimasukkan ke dalam World Heritage Site dengan nama Stonehenge. Avebury and Associated Sites. Waktu terbaik untuk memngunjungi tempat wisata ini adalah pada bulan Juni, saat terjadi titik balik matahari (summer solstice).

3. Roman Bath

Roman Bath
Roman Bath - photo by Tonywieczorek
Roman Bath adalah kompleks museum dan permandian umum Bangsa Romawi yang terletak di Bath, Somerset, South West England. Menurut sejarah, tempat permandian ini pertama kali dibangun oleh Bangsa Romawi di sebuah mata air suci untuk memuja Dewi Sulis, yang dikenal dengan nama Minerva. Pada saat itu hanya terdapat sebuah kolam dan sebuah kuil. Sedangkan bangunan-bangunan lain mulai dibangun pada abad ke-19 dengan perpaduan arsitektur Victorian - Neoclassical. Saat ini di kompleks ini terdapat 4 bagian utama: Sacred Spring, Roman Temple, Roman Bath House, dan museum. Meski merupakan permandian, tetapi pengunjung tidak diizinkan untuk masuk ke kolam, karena air permandian tidak aman bagi tubuh manusia. Pengunjung hanya bisa memasuki ruangan permandian atau mengunjungi museum dan Grand Pump Room. Wisatawan yang ingin menikmati permandian dengan mata air yang sama, bisa mengunjungi Thermae Bath Spa, sebuah permandian umum yang letaknya tidak jauh dari permandian ini. Roman Bath bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.


4. National Railway Museum

National Railway Museum
National Railway Museum - photo by TheTurfBurner
National Railway Museum (NRM) adalah museum kereta api nasional yang terletak di Leeman Road, York, Yorkshire. Museum ini merupakan bagian dari British Science Museum Group, bersama dengan Science Museum London. Bangunan museum pertama kali dibangun pada tahun 1975 di area seluas 8,1 hektar yang pada saat itu merupakan depot lokomotif York North. Di museum ini terdapat sekitar 100 lokomotif beraneka bentuk dan warna seperti Japanese 0 Series Shinkansen, Hogwarts Express, British Rail Class 31, dan China Railways KF. Selain itu juga terdapat 300 kendaraan beroda dan ratusan ribu item yang berkaitan dengan sejarah kereta api di Inggris, termasuk Semaphore railway signals. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

5. National Media Museum

National Media Museum
National Media Museum - photo by David Dixon
National Media Museum adalah museum media nasional Inggris yang terletak di Bradford, York, West Yorkshire. Sama seperti National Railway Museum, National Media Museum juga merupakan bagian dari British Science Museum Group. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1983 dengan nama National Museum of Photography, Film and Television. Bangunan museum memiliki 7 lantai yang menampilkan masing-masing galeri media yaitu: Kodak Gallery (fotografi); Life Online (internet); Experience TV (sejarah televisi); TV Heaven (program televisi); Magic Factory (perpaduan warna dan cahaya); Animation (animasi); dan Games Lounge. Selain itu museum ini juga memiliki 3 cinema: Pictureville Cinema, Cubby Broccoli Cinema, dan IMAX Cinema. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

6. Bodleian Library

Bodleian Library
Bodleian Library - photo by Chris Allen
Bodleian Library adalah perpustakaan utama di Universitas Oxfrod yang terletak Broad Street, Oxford, South East England. Bodleian merupakan salah satu perpustakaan tertua di Eropa. Perpustakaan ini pertama kali dibangun pada tahun 1602 oleh Sir Thomas Bodley sebagai perpustakaan universitas. Setelah itu di kompleks perpustakaan ditambahkan berbagai bangunan mulai dari Old Schools Quadrangle, Tower of the Five Orders, Radcliffe Camera, Clarendon Building, dan New Bodleian Library. Selain pelajar dan staff universitas, pengunjung umum juga bisa berkunjung ke perpustakaan ini. Sebelum masuk ke perpustakaan, semua pengunjung harus menandatangani deklarasi yang menyatakan bahwa mereka akan mematuhi peraturan, tidak merusak benda apa pun, serta tidak merokok di dalam perpustakaan. Bodleian Library juga popular sebagai lokasi syuting film, salah satunya adalah film perdana Harry Potter. Perpustakaan ini bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 9 pagi hingga 7 sore.


7. Leeds Castle

Leeds Castle
Leeds Castle - photo by Adusa
Leeds Castle adalah kastil Kerajaan Inggris yang terletak di Maidstone, Kent, South East England. Kastil ini pertama kali dibangun pada tahun 1119 kemudian pada abad ke-18 King Edward I menjadikan kastil ini sebagai tempat tinggal favorit. Sejak tahun 1976, kastil ini dibuka bagi wisatawan publik. Leeds Castle memiliki pemandangan yang cantik karena terletak di atas sebuah pulau kecil di sebuah danau di Sungai Len. Selain itu letak kastil di wilayah pedesaan Leeds sehingga pemandangan kastil masih terlihat hijau alami, jauh dari hiruk-pikuk seperti kastil-kastil di London. Dari pusat kota Maidstone, kastil ini berjarak sekitar 8 km. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 3 sore.

8. Yorkshire Dales

Yorkshire Dales
Yorkshire Dales - photo by Petr Kratochvil
Yorkshire Dales adalah area wisata yang terletak di dataran tinggi Pegunungan Pennines, Yorkshire. Sebagian besar area Yorkshire Dales termasuk dalam Yorkshire Dales National Park yang didirikan sejak tahun 1954. Area wisata seluas 1.769 km persegi ini didominasi oleh lembah dan perbukitan hijau yang membentang mulai dari tepi barat Vale of York hingga ke puncak bukit Pegunungan Pennines. Di beberapa area terdapat sungai, air terjun, dan gua. Nama Dale sendiri berasal dari Bahasa Old English dæl, yang berarti “valley” atau “lembah”. Yorkshire Dales merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Inggris bagi para mereka yang ingin menikmati suasana alami, jauh dari hiruk-pikuk kota metropolitan. Selain menikmati panorama lembah yang masih hijau, pengunjung Yorkshire Dales juga bisa melakukan soft-hiking atau mengamati kehidupan satwa liar yang hidup di area wisata ini.

9. Canterbury Cathedral

Canterbury Cathedral
Canterbury Cathedral - photo by Julian P Guffogg
Canterbury Cathedral adalah salah satu gereja katedral terkenal dan tertua di Inggris yang terletak di Canterbury, Kent, South East England. Gereja ini merupakan salah satu contoh bangunan klasik berarsitektur Gothic di Inggris. Canterbury Cathedral pertama kali dibangun pada tahun 597 dan dibangun kembali pada abad ke-11 dengan perpaduan arsitektur English – Gothic - Romanesque. Keseluruhan bangunan memiliki panjang 160 meter, lebar 47 meter, dan 3 tower setinggi 72 meter. Pada tahun 1988, oleh UNESCO kompleks gereja ini dimasukkan ke dalam World Heritage Site dengan nama Canterbury Cathedral, St Augustine’s Abbey, and St Martin’s Church. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 9 pagi hingga 5.30 sore.

10. Cotswold

Cotswold, Inggris
Bibury Village, Cotswold - foto oleh Saffron Blaze
Tempat wisata terakhir adalah Cotswolds, sebuah area pedesaan dan perbukitan yang terletak di wilayah selatan Inggris. Area ini dibatasi oleh beberapa county yaitu Gloucestershire, Oxfordshire, Wiltshire, Somerset, Worcestershire, dan Warwickshire. Area Cotswold didominasi oleh perbukitan kapur yang dikenal dengan nama Cotswolds Hills. Karena keunikan dan keindahan alamnya, pada tahun 1966, area ini dimasukkan ke dalam Area of Outstanding Natural Beauty. Beberapa objek wisata di area ini antara lain Bibury Village, Sudeley Castle, Beverston Castle, Tetbury Market House, Chavanage House, Quarwood, Woodchester Mansion, Newark Park, Broadway Tower, dan Corsham Court. Cotswols dapat dijangkau melalui jalur darat dari Bath, Oxford, Bristol, Birmingham, dan London.

Nah teman-teman, itulah 10 objek wisata yang cantik dan menarik di Inggris, di luar London. Artikel tentang tempat wisata di London, bisa dibaca di Wisata London. Artikel tentang destinasi wisata di United Kingdom, bisa dibaca di Destinasi Wisata di United Kingdom.Semoga artikel ini bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar