Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-04-08

Panduan Wisata Singapura - Bag.1

Salam Traveling!

Setelah membahas tentang 10 tempat wisata di Singapura, sekarang kita akan membahas sedikit tentang panduan wisata di Singapura.

Singapura (Singapore) merupakan negara kecil yang terletak di ujung Semenanjung Malaysia. Negara ini terletak di sebuah pulau yang hanya memiliki luas sekitar 716 km persegi. Jumlah penduduk Singapura sekitar 5,5 juta jiwa pada tahun 2015. Meski memiliki luas wilayah yang kecil, tetapi Singapura merupakan salah satu negara maju di dunia, dan memiliki tingkat kesejahteraan hidup paling tinggi di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Merlion Park
Ibu kota negara ini juga bernama Singapore. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduudk adalah Bahasa Inggris, Mandarin, Melayu, dan Tamil. Mata uang negara ini adalah Dollar Singapura (S$). Singapura merupakan negara yang bersih dan bebas dari sampah. Selain itu, sebagian besar wilayah negara ini juga merupakan area hijau, seperti taman kota dan cagar alam. Sisanya, merupakan pemukiman penduduk dan pusat kota dengan berbagai bangunan modern, pertokoan, shopping mall, dan gedung-gedung pencakar langit.


Distrik dan Wilayah

Peta wilayah Singapura - from Wikitravel
Berikut beberapa distrik dan wilayah yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Singapura:
1. Central Business District (CBD), merupakan pusat kota, terletak di wilayah selatan Singapura. Merlion Park, terletak di dekat distrik ini.
2. Marina Bay, juga terletak di wilayah selatan Singapura. Distrik ini didominasi oleh Marina Bay Sands, sebuah resort yang terdiri dari hotel, casino, shopping mall, convention centre, dan museum. Di sebelah Marina Bay Sands, terdapat Garden by the Bay, taman publik yang luas yang terdiri dari Flower Dome, Cloud Forest, dan Super Trees.
3. Orchard Road, merupakan area pusat pertokoan, hotel, dan shopping mall.
4. North East, merupakan pemukiman penduduk. Shopping mall Serangoon NEX, Hougang Mall, dan Compass Point, terletak di distrik ini.
5. North, juga dikenal dengan nama Woodlands. Terletak di wilayah utara Singapura. Area ini merupakan pemukiman penduduk dan sebagian merupakan pusat industri. Singapore Zoo, terletak di distrik ini.

Kampong Glam
6. Bugis Street dan Kampong Glam, merupakan wilayah yang didominasi oleh penduduk Melayu. Area ini terkenal dengan pasar tradisional yang memiliki harga barang yang relatif lebih murah.
7. Chinatown, seperti namanya, area ini merupakan pemukiman warga keturunan Tionghoa, sekarigus merupakan objek wisata yang sering dikunjungi di Singapura. 
8. Little India, terletak di wilayah tengah Singapura, merupakan pemukiman penduduk keturunan India.
9. Balestier, Newtown, Novena, dan Toa Payoh, area ini terletak jauh dari pusat kota. Di sini terdapat beberapa kuil Burma dan akomodasi dengan harga yang relatif murah.
10. West, terletak di wilayah barat Singapura. Area ini merupakan pemukiman penduduk. Shopping Mall Star Vista terletak di distrik ini.

Clarke Quay, Riverside
11. Riverside (Civic District), merupakan pusat kota tua Singapura. Di wilayah ini terdapat museum, teater, serta monumen dan patung-patung bersejarah bagi negara Singapura.Clarke Quay terletak di distrik ini.
12. Jurong, di distrik ini terdapat Nanyang Technological University, Jurong Bird Park, Singapore Science Center, dan Singapore Discovery Center.
13. Tampines, terletak di wilayah timur Singapura. Area ini merupakan pemukiman penduduk.
14. East Coast, terletak di pantai timur Singapura. Area luas ini merupakan pemukiman penduduk. Changi Airport terletak di area ini.
15. Sentosa, pulau resort yang terletak di wilayah selatan Singapura. Universal Studios Singapore terletak di area ini.


Cara Berkunjung

Karena merupakan negara anggota ASEAN, sama seperti Indonesia, jadi untuk berkunjung ke Singapura selama 30 hari, kita tidak membutuhkan visa, cukup dengan menggunakan paspor Indonesia.

Terminal 3 Changi International Airport
Jika berkunjung ke Singapura melalui jalur udara, dari bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, kita akan mendarat di Changi International Airport (SIN). Changi Airport merupakan salah satu airport modern dengan pelayanan terbaik di dunia. Bandara ini memiliki 3 terminal (Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3), semuanya dilengkapi dengan akses internet gratis. Untuk maskapai penerbangan, bisa tersedia beberapa low-cost carrier seperti AirAsia, Jetstar, atau Tiger Airways.

Setelah tiba di Changi Airport, untuk mencapai pusat kota atau wilayah-wilayah lain di Singapura, tersedia beberapa pilihan. Pertama dengan Airport Shuttle, yang bisa dipesan di Ground Transport Desk di Arrival Hall masing-masing terminal. Airport Shuttle tersedia selama 24 jam dan memiliki harga yang relatif terjangkau, dewasa $9 dan anak-anak $6.

Pilihan kedua dengan taksi, untuk mencapai pusat kota biayanya sekitar $20 - $30. Pilihan ketiga dengan MRT, stasiunnya terletak di antara Terminal 2 dan Terminal 3, biaya sekitar $1.9. Pilihan keempat dengan bis, terminal bis terletak di lantai basement Terminal 2 dan Terminal 3, biaya bis sekitar $2.

Causeway Singapura - Johor Bahru - photo by Calvin Teo
Jika berkunjung ke Singapura melalui jalur darat dari Malaysia, kita akan melewati satu dari 2 jalur utama, yaitu Causeway atau Second Link. Jika melalui Causeway, bis akan berhenti di Woodlands Checkpoint. Dan jika melalui Second Link, bis akan berhenti di Tuas.

Di Kuala Lumpur tersedia berbagai operator bis, seperti KKKL, Aeroline, First Coach, NiCE, Transnasional, dan Transtar. Biaya bis dari Kuala Lumpur ke Singapura sekitar S$30 hingga S$50. Alternatif lain, melalui transit di Johor Bahru. Di sini, operator bis lebih beragam dan ongkosnya juga lebih bervariatif. Beberapa operator bis utama di Johor Bahru antara lain Causeway Link, Advance Coach, Transtar, SBS, dan SMRT. Biayanya hanya sekitar S$1.5 hingga S$4.

Jika berkunjung ke Singapura melalui jalur laut, dari Batam maupun Bintan, tersedian beberapa operator ferry, seperti Penguin, Indo Falcon, Berlian Wave Master, dan Dino/Batam Fast. Biayanya berkisar antara $15 – S20 untuk satu kali penyeberangan.


Transportasi

Kartu EZ-Link - photo by Kalleboo
Jika ingin berkeliling di Singapura, berbagai macam transportasi umum sudah tersedia, bisa menggunakan MRT, bis, taksi, atau cukup dengan berjalan kaki. Jika menginap di Singapura lebih lama, ada baiknya membeli kartu EZ-Link atau Net Flash Pay, dengan harga sekitar S$12. Kartu ini bisa digunakan di semua MRT di Singapura selama 5 tahun. Pilihan lain bisa menggunakan Singapore Tourist Pass, meski harganya lebih mahal: S$10 untuk 1 hari, S$16 untuk 2 hari, dan S$20 untuk 3 hari.


Objek Wisata

Merlion Sentosa
Patung Merlion di Pulau Sentosa
- Pantai dan resort: Pulau Sentosa dan pantai-pantai di wilayah East Coast.
- Budaya dan kuliner: Chinatown untuk melihat kebudayaan dan menikmati kuliner khas China, Little India untuk melihat kebudayaan India, Kampong Glam (Arab Street) untuk melihat kebudayaan Arab, dan East Coast untuk mencicipi masakan seafood.
- Museum dan sejarah: Riverside yang terletak di sebelah utara Singapore River, wilayah ini dulunya merupakan pusat kolonial di Singapura. Di wilayah ini terdapat museum dan berbagai monumen sejarah Singapura. Area wisata historis lainnya adalah Bras Basah yang terletak di sebelah timur Orchard Road.
- Wisata alam: Singapore Zoo, Night Safari, Jurong Bird Park, dan Botanical Gardens. Wisata alam lainnya adalah Bukit Timah Nature Reserve dan Pulau Ubin, sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Changi Village.


Singapore Botanical Garden
Singapore Botanical Garden
- Taman kota: The Garden City dan City in the Garden; Botanical Gardens dan National Orchid Garden; serta Garden by the Bay termasuk di dalamnya Flower Dome, Cloud Forest, dan Super Trees.
- Skycraper: Singapore River, Marina Bay
- Shopping: Orchard Road, Bugis Street.
- Tempat Ibadah: Masjid Sultan di Kampong Glam, kuil Budha Kong Meng San Phor Kark See di Ang Mo Kio, kuil Hindu Sri Mariamman di Chinatown, dan kuil Budha Burma di Balestier.


Nah, itulah artikel tentang Panduan Wisata di Singapura Bagian 1. Semoga bermanfaat. Untuk panduan wisata selanjutnya, silahkan baca di Panduan Wisata Singapura Bagian 2.

Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar