Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 04, 2016

Wisata Wina, Kota Artistik di tepi Sungai Danube, Austria

Salam Traveling!

Setelah Paris, Berlin, Zurich, dan Praha, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya yaitu Wina, Austria.

Wina (Vienna/Wien) adalah ibu kota negara sekaligus merupakan kota terbesar di Austria. Secara geografis, Wina terletak di tepi Sungai Danube (Vienna River), wilayah timur laut Autria. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,8 juta jiwa pada tahun 2016. Wina dikenal dengan julukan City of Music karena di kota ini pernah tinggal beberapa musisi dunia sepeti Mozart dan Beethoven. Selain itu Wina juga dikenal sebagai kota cantik dengan berbagai taman-taman kota yang dihiasi dengan berbagai macam bunga, serta patung dan monumen bearsitektur klasik. Landmark utama dan terkenal di kota ini adalah Schönbrunn Palace dan Hofburg Palace. Sebagai ibu kota negara, di Vienna terdapat Austrian Parliament Building serta kantor pusat PBB (United Nations) yang dikenal dengan nama Vienna International Center. Untuk mencapai kota ini, teman-teman bisa langsung mendarat di Vienna Internatioal Airport (VIE) yang terletak di Wien-Flughafen, Schwechat.

Berikut landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Wina antara lain:

1. Schönbrunn Palace

Schönbrunn Palace, Wina
Schönbrunn Palace, Wina
Schönbrunn Palace (Schloss Schönbrunn) merupakan landmark utama di Austria dan di seluruh wlayah Eropa. Seperti namanya, Schönbrunn Palace merupakan bangunan istana Kerajaan Austria yang terletak di Wina. Istana ini pertama kali dibangun pada abad ke-16 dengan nama Katterburg. Dulunya istana ini merupakan kediaman resmi keluarga kerajaan yang digunakan pada musim panas. Nama Katterburg selanjutnya diganti menjadi Schönbrunn yang berarti “beautiful spring”. Kompleks istana ini terletak di areal yang sangat luas. Bangunan utama istana dibangun pada tahun dengan arsitektur Baroque-Rococo dan memiliki 1.441 ruangan. Di sekeliling bangunan utama terdapat berbagai taman yang sangat luas yang dihiasi dengan rumput hijau, bunga, pepohonan, air mancur, dan dilengkapi dengan danau buatan serta labirin (maze). Beberapa taman utama antaa lain Great Parterre, Tiergarten, Orangerie, Palm House, dan Gloriete. Pada tahun 1996, kompleks Schönbrunn Palace dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga pukul 5.30 sore.


2. Hofburg Palace

Hofburg Palace - photo by Mary2605
Landmark utama kedua di Vienna adalah Hofburg Palace, yang terletak di Michaelerkuppel, pusat kota Wina. Sama seperti Schönbrunn, Hofburg Palace juga merupakan istana Kerajaan Austria. Bedanya, Hofburg merupakan kediaman resmi dan tempat kerja Presiden Austria yang digunakan pada musim dingin. Bangunan istana ini dibangun pertama kali pada abad ke-13 dengan arsitektur Baroque. Sejak saat itu, Hofburg Palace telah menjadi istana kerajaan bagi tokoh-tokoh penting dalam sejarah Austria dan seluruh wilayah Eropa. Beberapa bagian utama bagunan istana ini antara lain Swiss Wing yang merupakan bagian bangunan tertua, Stallburg, Amelienburg, Leopold Wing, Imperial Library, Heldenplatz, dan Joseph Square. Selama beberapa abad di kompleks bangunan ini juga ditambahkan berbagai bangunan lain seperti Imperial Chapel, Naturhistorisches Museum, Kunsthistorisches Museum, Austrian National Library, dan Imperial Treasury. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5.30 sore.


3. Belvedere

Belvedere, Wina
Belvedere, Wina
Selanjutnya adalah Belvedere, yang terletak di Prinz Eugen-Straße, Wina. Sama seperti Schönbrunn dan Hofburg, Belvedere juga merupakan kompleks bangunan Kerajaan Austria. Belvedere pertama kali dibangun pada abad ke-17 di areal luas di Baroque Park. Kompleks bangunan ini terdiri dari 2 istana berarsitektur Baroque (Upper Belvedere dan Lower Belvedere), Orangery, dan Palace Stables. Kedua istana baroque tersebut digunakan oleh Pangeran Eugene Savoy sebagai kediaman pada musim panas. Di sebelah tenggara Baroque Park terdapat Belvedere Museum. Di kompleks ini juga terdapat taman yang dihiasi air mancur yang serupa dengan taman yang terdapat di Versailles, Prancis. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiapa hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore.


4. Tiergarten Schönbrunn

Tiergarten Schönbrunn, Wina
Tiergarten Schönbrunn, Wina
Selanjutnya adalah Tiergarten Schönbrunn, taman dan kebun binatang yang terletak di kompleks Schönbrunn Palace. Kebun binatang ini juga dikenal dengan nama Schönbrunn Zoo atau Vienna Zoo. Tiergarten pertama kali dibuka pada tahun 1792 dan merupakan kebun binatang tertua di dunia. Kebun binatang ini dibangun di atas lahan seluas 17 hektar sebagai pusat konservasi hewan dan tumbuhan. Tiergarten merupakan salah satu kebun binatang di dunia yang memiliki sepsies panda raksasa. Selain panda, atraksi wisata di kebun binatang ini adalah Rainforest House yang merupakan miniatur dari Amazon Rainforest. Meski berkonsep kebun binatang, Tiergarten tetap merupakan bagian dari taman-taman Schönbrunn Palace yang memiliki arsitektur Baroque, seperti yang terlihat pada bangunan Kaiserliches Pavillon. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 6.30 sore.



5. Museumquartier

Museumquartier - photo by Gryffindor
Tempat wisata kelima adalah Museumquartier (MQ), yang terletak di Museumplatz, distrik Neubau, Wina. Museumquartier adalah lapangan seluas 6 hektar yang merupakan pusat kebudayaan kota Vienna. serupa dengan Trafalgar Square dan Alexanderplatz. Di lapangan ini terdapat berbagai bangunan klasik berarsitektur Baroque dan modern karya arsitek Laurids dan Manfred Ortner. Selain itu di Museumquartier juga terdapat Leopold Museum, Museum of Modern Art Ludwig Foundation Vienna (MUMOK), Kunsthalle Wien, ZOOM Kindermuseum, Tanzquartier, Architekturzentrum Wien, dan Quartier21 (Q21). Beberapa festival utama di kota Vienna juga sering diadakan di lapangan ini seperti Wiener Festwochen dan Vienna Film Festival.


6. Kunsthistoriches Museum

Kunsthistoriches Museum - photo by Manfred Werner
Tempat wisata kelima adalah Kunsthistoriches Museum, yang terletak di kompleks Hofburg Palace. Kusthistoriches Museum (Museum of Art History atau Museum of Fine Arts) pertama kali dibuka pada tahun 1891 oleh Kaisar Franz Joseph I bersamaan dengan Naturhistoriches Museum. Kedua museum tersebut terletak di lapangan Maria-Theresien-Platz serta memiliki arsitektur yang identik. Kusthistoriches museum seni terbesar di Austria dan terdiri atas 2 bagian: bangunan utama dan institusi. Di museum ini terdapat berbagai koleksi lukisan dari Kerajaan Hasburg seperti Portrait of Cardinal Niccolò Albergati karya Jan van Eyck, Susanna and the Elders karya Tintoretto, dan Madonna of the Meadow karya Raphael. Selain itu di Kunsthistoriches juga terdapat berbagai karya patung, perpustakaan, serta koleksi koin Kerajaan Austria.


7. Hundertwasserhaus

Hundertwasserhaus
Tempat wisata ketujuh adalah tempat unik yang bernama Hundertwasserhaus. Seperti namanya, Hundertwasserhaus adalah sebuah apartemen yang terletak di persimpangan Kegelgasse dan Löwengasse, distrik Landstraße, Wina. Apartemen ini unik karena rumah-rumahnya dicat berwarna-warni dengan gaya expressionis. Hundertwasserhaus pertama kali dibangun pada tahun 1986 atas ide seniman terkenal Austria, Friedensreich Hundertwasser, dengan bantuan arsitek Joseph Krawina. Saat ini, Hundertwasserhaus merupakan salah satu landmark utama di Vienna yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan.


8. Volksgarten

Volksgarten - photo by SchiDD
Tempat wisata kedelapan adalah taman kota, Volksgarten. Seperti yang disebutkan di atas, Wina merupakan kota cantik dengan banyak taman kota, salah satunya adalah Volksgarten. Taman kota ini merupakan bagian dari kompleks Hofburg Palace yang terletak di distrik Inner Stadt, pusat kota Wina. Volksgarten pertama kali dibangun pada tahun 1821 di dibuka ke publik pada tahun 1823. Di bagian tengah taman ini terdapat Theseus Temple, kuil berarsitektur neoclassical yang merupakan replika kecil dari Temple of Hephaestus di Athena. Selain itu di Volksgarten juga terdapat beberapa monumen seperti Empress Elizabeth Monument dan Franz Grillparzer Monument. Tidak lupa, air mancur Triton & Nymph Fountain dan Volksgarten Fountain, serta taman bunga mawar dengan aneka warna. Tempat wisata ini dibuka 24 jam dan bisa dikunjungi setiap hari.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Wina, Austria. Semoga bermanfaat. Sampat jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar