Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 06, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Zurich, Swiss

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi kota-kota wisata di Swiss, sekarang kita akan berwisata ke kota terbesar di negara ini, yaitu Zurich.

Zurich adalah kota terbesar Swiss meski bukan merupakan ibu kota negara. Kota ini merupakan ibu kota canton Zurich. Secara geografis, Zurich terletak di tepi utara Danau Zurich, wilayah utara Swiss. Wilayah kota ini dialiri oleh Sungai Limmat, sebuah sungai kecil yang berasal dari Danau Zurich, yang kemudian bermuara di Sungai Aare. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 400 ribu jiwa pada tahun 2015. Bahasa komunikasi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Jerman. Zurich dikenal sebagai kota pusat ekonomi dan perbankan dunia. Salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia, Zurich Insurance, berpusat di kota ini. Pada tahun 2012, Zurich dinobatkan sebagai salah satu kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Bandara utama Austria, Zürich International Airport (ZRH), juga terletak di kota ini, tepatnya di municipality Kloten.

Berikut 8 landmark dan tempat wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para traveler di Zurich:

1. Old Town Zurich

Zurich, Swiss
Zurich
Old Town atau Altstadt adalah area pusat kota Zurich pada zaman dahulu, sebelum Zurich dibentuk menjadi kota pada tahun 1893. Area ini terletak di sepanjang aliran Sungai Limmat, yang saat ini dikenal dengan nama Kreis 1 atau Distrik 1. Luas area Altstadt sekitar 1,8 km persegi, dan dibagi menjadi 4 bagian yaitu Rathaus, Lindenhof, Hochschulen, dan City. Di area ini terdapat berbagai landmark utama di Zurich. Di bagian Rathaus dan Lindenhof terdapat Town Hall (Rathaus), Fraumünster, Limmatquai, Grossmünster, Wasserkirche, dan Predigerkirche. Di bagian Hochschulen (University) terdapat bangunan utama kampus ETH Zurich dan University of Zurich. Dan di bagian City terdapat Platzspitz Park, Swiss National Musem, Bürkliplatz, Schanzengraben, dan Selnau.


2. Danau Zürich

Danau Zurich
Danau Zurich
Danau Zürich (Zürisee) adalah danau besar yang terletak di wilayah utara Swiss. Danau ini terletak pada ketinggian 406 meter dari permukaan laut dan memiliki luas sekitar 88 km persegi. Danau Zürich sebenarnya terbagi menjadi 2 wilayah: wilayah hilir yang disebut dengan Zürisee (lower lake) dan wilayah hulu yang disebut Obersee (upper lake). Zürisee terletak di sebelah barat, di canton Zurich; sedangkan Obersee terletak di sebelah timur, di canton St. Gallen dan canton Schwyz. Antara kedua wilayah danau tersebut dipisahkan oleh jembatan Seedam. Di Danau Zürich terdapat 2 pulau kecil yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan yaitu Lützelau dan Ufenau. Jika ingin menjelajahi danau ini lebih jauh, pengunjung bisa menyewa perahu atau menggunakan jasa tour.


3. Üetliberg

Üetliberg
Üetliberg - photo by Roland zh
Üetliberg adalah sebuah bukit yang terletak di dataran tinggi Swiss, yang merupakan bagian dari deretan Pegunungan Albins. Bukit ini memiliki tinggi 869 meter. Üetliberg dan Danau Zürich merupakan pemandangan alam utama di kota Zurich. Di puncak Üetliberg terdapat sebuah hotel yang bernama “Uto Kulm” yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, di puncak bukit ini juga terdapat 2 tower, Uetilberg Look-Out Tower dan Uetilberg TV Tower yang memiliki tinggi 186 meter. Untuk mencapai puncak bukit, bisa menggunakan train. Tersedia juga jalur hiking melalui Albisgüetli, Triemli atau Albisrieden yang menyediakan area camping atau perkemahan. Dari atas puncak Üetliberg, pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Zürich dan panorama kota Zurich.


4. Museum Nasional Swiss

Swiss National Museum
Museum Nasional Swiss - foto oleh Roland zh
Museum Nasional Swiss (Landesmuseum) merupakan museum seni dan budaya yang terletak di Museumstrasse, distrik Old Town, Zurich. Museum Nasional Swiss merupakan bagian dari Musée Suisse Group dan merupakan salah satu museum penting di wilayah Eropa. Museum ini pertama kali dibangun 1898 dengan arsitektur Renaissance, serupa dengan arsitektur chateau di Prancis. Museum Nasional Swiss menjadi salah satu objek wisata favorit di Zurich karena museum ini memiliki aristektur yang indah dengan halaman dan taman-taman, serta letaknya di atas pulau kecil di antara Sungai Limmat dan Sungai Sihl. Koleksi yang ditampilkan di museum ini antara lain aneka gothic art, ukiran kayu, dan lukisan panel, yang berasal dari zaman prasejarah hingga abad ke-20. Museum ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.


5. Kunsthaus Zurich

Kunsthaus Zurich
Kunsthaus Zurich - photo by Adrian Michael
Kunsthaus atau Museum of Art merupakan museum seni yang terletak di Heimpl, Zurich. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1910 dan menyimpan koleksi berbagai benda seni yang berasal dari abad pertengahan hingga zaman modern. Arsitektur bangunan museum ini menggunakan perpaduan Neo-Grec dan Secession. Beberapa koleksi utama Kunsthaus Zurich antara lain lukisan karya Claude Monet, Edvard Munch, Pablo Picaso, Jacques Lipchitz, dan Alberto Giacometti. Museum ini bisa diakses dengan menggunakan tram. Stasiun terdekat adalah Kunsthaus Station yang terletak di Pfauenplatz. Kunsthaus Zurich bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.


6. Uhrenmuseum Beyer

Uhrenmuseum Beyer
Uhrenmuseum Beyer - photo by Natalia Sverdlova
Uhrenmuseum Beyer (Beyer Watch and Clock Museum) adalah museum jam yang terletak di Bahnhofstrasse, wilayah Old Town Zurich. Seperti yang kita ketahui, Swiss merupakan negara yang terkenal dengan industri jam tangan. Salah satu museum yang memiliki koleksi lengkap industry jam tangan (horology) adalah Uhrenmuseum Beyer. Museum ini merupakan bagian dari Chronometrie Beyer, salah satu perusahaan retailer jam tangan terkemukan di Swiss, yang telah beroperasi selama beberapa generasi. Di museum ini terdapat berbagai koleksi jam antik dari seluruh belahan dunia, beberapa di antaranya memiliki model Gothic dan Renaissance. Tempat wisata ini hanya bisa dikunjungi padai hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 2 siang hingga pukul 6 sore.


7. Old Botanical Garden

Old Botanical Garden Zurich
Old Botanical Garden - photo by Roland zh
Old Botanical Garden atau Alter Botanischer Garten adalah taman dan kebun botani yang terletak di Talstrasse, pusat kota Zurich. Taman ini terletak di antara kanal Schanzengraben dan Bauschänzli. Taman ini dibangun di atas area seluas 2 hektar dan pertama kali dibuka pada tahun 1837. Saat ini, Old Botanical Garden dikelola oleh Universitas Zurich, bersama dengan taman lain yaitu Botanical Garden Universitas Zurich, yang juga sering dikunjungi oleh wisatawan. Karena merupakan kebun botani, di Old Botanical Garden terdapat berbagai koleksi tumbuhan seperti herb, shrub, dan berbagai tanaman obat-obatan. Di area taman ini juga terdapat Palmhouse dan Museum Ethnology (Völkerkundemuseum). Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.


8. Augustinergasse

Augustinergasse, Zurich
Augustinergasse - photo by Roland Fischer
Augustinergasse merupakan sebuah jalan, khusus bagi pejalan kaki, yang terletak di wilayah Old Town Zurich. Jalan ini membentang sepanjang 200 meter, mulai dari Bahnhofstrasse, Weinplatz, St. Peterhofstatt, dan Münsterhof. Jalan sepanjang ini pertama kali dibangun pada tahun 1881. Nama Augustinergasse diambil dari gereja Augustinian Abbey yang sekarang dikenal dengan nama Augustinerkirche. Di jalan ini terdapat aneka bangunan klasik dengan arsitektur yang unik. Bangunan-bangunan tersebut berupa rumah penduduk, café, restoran, dan toko-toko, yang dicat beraneka warna dan dihiasi dengan bendera. Karena keunikan tersebut, Augustinergasse menjadi salah satu landmark utama di area Old Town Zurich yang selalu dikunjungi oleh wisatawan.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Zurich, Swiss. Semoga bermanfaat. Sampat jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel







Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar