Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

April 18, 2016

Wisata London, Kota Cantik di tepi Sungai Thames, Inggris (Bag.2)

Salam Traveling!

Masih di London, Inggris. Karena kota klasik dan metropolitan ini merupakan kota yang luas, dengan banyak landmark dan objek wisata, sehingga belum cukup jika hanya mengunjungi 10 tempat wisata yang telah dibahas sebelumnya. Selain Palace of Westminster, Big Ben, Buckingham Palace, Tower Bridge, Tower of London, London Eye, Natural History Museum, British Museum, Hyde Park, dan Trafalgar Square, tentunya masih banyak objek wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi di London. Nah, berikut 8 landmark dan objek wisata berikutnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan di London, Inggris:

1. Kensington Gardens

Kensington Gardens, London
Kensington Gardens
Kensington Gardens merupakan taman Kerajaan Inggris (Royal Park) yang terletak di sebelah barat Hyde Park, Central London. Taman ini memiliki luas 111 hektar, separuh wilayahnya terletak di City of Westminster, separuhnya lagi terletak di Borough Kensington dan Chelsea. Kensington Gardens pertama kali dibangun pada abad ke-16 atas perintah King Henry VIII sebagai taman privat di kompleks Kensington Palace. Wilayah Kensington Gardens bersama dengan Hyde Park, Green Park, dan St James’s Park, membentuk area hijau terbuka di pusat kota London yang dikenal dengan nama “green lung”. Di taman ini terdapat air mancur, danau, jembatan, serta beberapa monumen dan patung seperti Albert Memorial dan patung Peter Pan. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam.

2. Tate Modern

Tate Modern, London
Tate Modern - foto oleh Christine Matthews
Tate Modern merupakan galeri seni modern (modern-art) yang terletak di Bankside, Southwark, London. Tate Modern adalah galeri nasional United Kingdom dan merupakan bagian dari Tate Group, bersama dengan Tate Britain, Tate Liverpool, Tate St Ives, dan Tate Online. Galeri ini pertama kali dibuka pada tahun 2000 dan merupakan salah satu galeri seni modern terbesar di dunia. Koleksi yang ada di galeri ini merupakan benda-benda seni modern yang dibuat setelah abad ke-20 dari seluruh wilayah United Kingdom. Beberapa koleksi yang dipamerkan antara lain Poetry and Dream, Structure and Clarity, Transformed Visions, Energy and Process, dan Setting the Scene. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore.

3. Regent’s Park

Regent's Park, London
Regent's Park - foto oleh ed g2s
Regent’s Park merupakan salah satu Royal Park (taman Kerajaan Inggris) yang terletak di Chester Rd, wilayah barat laut London. Taman ini memiliki luas 170 hektar, separuh wilayahnya terletak di City of Westminster, dan separuhnya lagi terletak di Borough Camden. Regent’s Park pertama kali dibangun pada tahun 1814 atas perintah Prince Regent (King George). Di taman ini terdapat Regent’s University London dan London Zoo. Salah satu masjid utama di London, Regent’s Park Mosque, juga terletak di taman ini. Selain itu, di Regent’s Park juga terdapat danau dengan banyak burung heron, playground, villa, dan berbagai bangunan lain seperti Park Crescent, Winfield House, dan St John’s Lodge. Tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap hari.


4. Westminster Abbey

Westminster Abbey, London
Westminster Abbey - foto oleh Gordon Joly
Westminster Abbey, nama resminya Collegiate Church of St Peter at Westminster, merupakan gereja Katolik utama yang terletak di Deans Yd, City of Westminster, London. Gereja ini terletak tepat di sebelah barat Palace of Westminster. Gereja berarsitektur Gothic ini pertama kali dibangun pada abad ke-10, kemudian dibangun kembali pada abad ke-16. Gereja ini dibangun di atas area seluas 3.000 meter persegi. Bangunan gereja sendiri memiliki 2 menara setinggi masing-masing 69 meter yang dilengkapi dengan 10 lonceng. Bersama dengan Palace of Westminster, gereja ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1958. Westminster Abbey masih aktif digunakan sebagai gereja hingga saat ini. Tercatat sekitar 16 pasangan keluarga Kerajaan Inggris (Royal Family) yang melangsungkang pernikahan di gereja ini, termasuk Pangeran William dan Kate Middleton. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 3.30 sore.

5. Kensington Palace

Kensington Palace, London
Kensington Palace - foto oleh Karyl212
Selain Kensinton Gardens, ada juga Kensington Palace, istana Kerajaan Inggris yang terletak di Kensinton Gardens, Borough Kensington dan Chelsea, London. Kensington Palace pertama kali dibangun pada abad ke-17 sebagai kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris: Duke dan Duchess Cambridge, Duke dan Duchess Gloucester, serta Duke dan Duchess Kent. Sejak abad ke-19, bagian State Rooms dibuka untuk publik dan dikelola oleh History Royal Palaces. Bagian istana yang lain tetap merupakan kediaman kerajaan dan tidak bisa dikses oleh publik. Di bagian depan istana, terdapat patung Queen Victoria. Halaman istana juga dihiasi dengan aneka macam bunga, kolam, serta air mancur. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

6. Victoria Tower Gardens

Victoria Tower Gardens, London
Victoria Tower Gardens - foto oleh Andreas Praefcke
Victoria Tower Gardens adalah taman kota yang terletak di tepi utara Sungai Thames, London. Seperti namanya, taman ini terletak tepat di sebelah Victoria Tower, Palace of Westminster. Wilayah taman ini membentang mulai dari tepi selatan Palace of Westminster hingga ke Lambeth Bridge. Victoria Tower Gadens pertama kali dibangun pada tahun 1870 untuk menyediakan ruang terbuka bagi publik di pusat kota London. Selain sebagai taman dan playground, di Victoria Tower Gardens juga terdapat beberapa monumen karya seniman-seniman ternama seperti The Burghers of Calais, Emmeline Pankhurst Memorial, dan Buxton Memorial Fountain. Sama seperti taman kota lain di London, Victoria Tower gardens juga merupakan bagian dari Royal Park.


7. Somerset House

Somerset House, London
Somerset House - foto oleh Anthony O'Neil
Somerset House adalah bangunan istana berarsitektur Neoclassical yang terletak di tepi selatan Strand, City of Westminster, pusat kota London. Bangunan ini terletak tepat di sebelah timur Waterloo Bridge, dan menghadap ke Sungai Thames. Somerset House pertama kali dibangun pada tahun 1776 oleh Sir William Chambers sebagai istana Tudor. Setelah itu, istana ini diperluas dengan ditambahkan beberapa bangunan berarsitektur Victoria pada sebelah timur dan barat bangunan utama. Kompleks bangunan ini memiliki halaman yang luas yang dilengkapi dengan kolam dan beberapa air mancur. Pada musim panas, di tempat ini sering diadakan berbagai pameran dan festival seni. Sedangkan pada musim dingin, bagian halaman istana merupakan tempat yang populer untuk olahraga ice-skating. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

8. Royal Observatory, Greenwich

Royal Observatory, Greenwich, London
Royal Observatory, Greenwich - foto oleh David Dixon
Bagi pecinta sains, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata ini. Royal Observatory Greenwich, juga dikenal dengan nama Royal Greenwich Observatory (RGO), adalah observatorium sekaligus museum yang terletak di Blackheath Ave, London. Observatorium ini terletak di atas bukit di Greenwich Park, yang menghadap ke Sungai Thames. Observatorium ini pertama kali dibangun pada tahun 1675 atas perintah King Charles II. Sejak saat tu, observatorium ini telah memiliki berbagai peran penting dalam bidang astronomi dan navigasi, serta merupakan lokasi prime meridian (garis bujur 0°). Seperti yang kita ketahui, Greenwich merupakan penentu waktu internasional yang dikenal dengan Greenwich Mean Time (GMT). Pada malam hari, dari observatorium ini akan dipancarkan sinar laser ke langit kota London yang menunjukkan posisi garis prime meridian. Selain itu di pintu gerbang observatorium juga terdapat Shepherd gate clock, sebuah jam dinding dengan format 24 jam. Tempat wisata ini bisa dikunungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama di London, Inggris - bagian 2. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:



Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar