Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 16, 2016

8 Destinasi Wisata Utama di Portugal

Salam Traveling!

Negara di Eropa yang akan kita tuju selanjutnya adalah salah satu negara di Semenanjung Iberia, yang terletak di tepi Samudra Atlantik, yaitu Portugal.

Portugal (Potuguese Republic) adalah salah satu negara yang terletak di wilayah barat daya Benua Eropa. Secara georafis, Portugal terletak di Semenanjung Iberia, di antara Spanyol dan Samudra Atlantik. Ibu kota negara ini adalah Lisbon. Wilayah Portugal juga meliputi beberapa pulau di Samudra Atlantik seperti Azores dan Madeira. Jumlah penduduk negara ini sekitar 10,4 juta jiwa pada tahun 2014 dan bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Portugis (Portuguese). Portugal termasuk dalam 20 negara yang paling sering dikunjungi di dunia. Setidaknya sekitar 13 juta wisatawan berkunjung ke negara ini setiap tahun. Bandara internasional utama di negara ini adalah Lisbon Portela Airport dan Porto Francisco Sá Carneiro Airport.

Apa saja destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Portugal ? Berikut 8 di antaranya :

1. Lisbon (Lisboa)

Lisbon, Portugal
Lisbon - foto oleh Lee Cannon
Lisbon (Lisboa) adalah ibu kota sekaligus merupakan kota terbesar di negara Portugal. Secara geografis, Lisbon terletak di wilayah barat Portugal, di tepi Samudra Atlantik dan muara Sungai Tagus. Jumlah penduduk kota ini sekitar 545 ribu jiwa pada tahun 2011. Lisbon merupakan salah satu kota tertua di wilayah Eropa Barat, sama seperti London, Paris, dan Roma. Bandara internasional utama di Portugal, Portela Airport, terletak di kota ini. Dengan kota-kota lain di negara ini, Lisbon dihubungkan melalui jalur high-speed rail, Alfa Pendular. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Belém Tower, Jerónimos Monastery, São Jorge Castle, Lisbon Oceanarium, Rossio Square, Praça do Comércio, Carmo Covent, Alfama, dan Mouraria.

2. Porto

Porto - foto oleh Rui Daniel Ferreira
Porto, juga dikenal dengan nama Oporto, adalah kota terbesar kedua di Portugal setelah Lisbon. Secara geografis, Porto terletak di wilayah utara Portugal, di tepi Samudra Atlantik dan muara Sungai Douro. Jumlah penduduk kota ini sekitar 237 ribu jiwa pada tahun 2011. Sama seperti Lisbon, Porto juga merupakan salah satu kota tertua di Benua Eropa. Area pusat kota ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1996. Nama negara Portugal juga berasal dari nama kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Porto antara lain Sungai Douro, Palácio da Bolsa, Clérigos Church, Porto Cathedral, Dom Luís I Bridge, São Francisco Church, Livraria Lello & Irmão, Porto City Hall, dan Ribeira.


3. Sintra

Sintra, Portugal
Sintra - foto oleh Lacobrigo
Sintra adalah sebuah kota yang terletak di subregion Grande Lisboa, tidak jauh dari ibu kota Lisbon. Secara geografis, Sintra terletak di Pegunungan Sintra, wilayah barat Portugal, dan merupakan bagian dari Portuguese Riviera. Pusat kota Sintra dibagi menjadi 2 wilayah yaitu Queluz dan Agualva-Cacém. Jumlah penduduk kota ini sekitar 377 ribu jiwa pada tahun 2011. Sintra terkenal dengan berbagai bangunan klasik berarsitektur Romantic yang telah dibangun pada abad ke-19. Pada tahun 1995, wilayah Sintra dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Landmark utama di kota ini antara lain Pena National Palace, Sintra National Palace, Quinta da Regaleira, Castelo dos Mouros, dan Sintra-Cascais Nature Park.

4. Algarve

Algarve - foto oleh Ricard12
Algarve adalah sebuah region di wilayah selatan Portugal. Area seluas hampir 5.000 km persegi ini terdiri atas 16 kota, yang terbesar antara lain Faro, Albufeira, Loulé, dan Lagos. Secara georafis, wilayah Algarve membentang mulai dari lembah Sungai Tagus hingga ke Samudra Atlantik. Nama “Algarve” berasal dari Bahasa Arab “Al-Gharb” yang berarti “Wilayah Barat”. Jumlah penduduk region ini sekitar 451 ribu jiwa pada tahun 2011. Pusat kota terletak di Faro. Salah satu bandara utama di Portugal, Faro Airport, juga terletak di kota ini. Sama seperti Cote d'Azur di Prancis, Algarve juga terkenal dengan objek wisata pantai karena letaknya di tepi Samudra Atlantik serta memiliki iklim yang hangat sepanjang tahun. Beberapa objek wisata utama di area ini antara lain Praia da Rocha, Ria Formosa, dan Zoomarine Algarve.


5. Madeira

Madeira, Portugal
Madeira, Portugal
Madeira merupakan sebuah kepulauan yang terletak di Samudra Atlantik, wilayah barat-daya Portugal. Dengan Canary Islands (Spanyol), kepulauan ini berjarak sekitar 400 km ke sebelah utara. Bersama dengan Azores, Madeira merupakan dua region otonom (Região Autónoma) yang ada di Portugal. Ibu kota dan pusat administrasi region ini adalah Funchal, yang terletak di pantai selatan pulau utama. Jumlah penduduk region ini sekitar 267 ribu jiwa pada tahun 2011. Kepulauan Madeira tersusun atas 3 pulau yaitu Madeira yang merupakan pulau utama, Porto Santo, dan Desertas. Saat ini, Madeira merupakan destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Untuk mencapai kepulauan ini, pengunjung bisa menggunakan pesawat udara melalui bandara Cristiano Ronaldo Madeira International Airport (FNC) yang terletak di pulau utama, Madeira. Dan untuk mencapai 2 pulau lainnya, pengunjung bisa menggunakan jasa ferry Porto Santo Line.

6. Azores

Azores, Portugal
Mt. Pico, Azores - foto oleh Guillaume Baviere
Sama seperti Madeira, Azores juga merupakan sebuah kepulauan di Samudra Atlantik, wilayah barat Portugal. Dari daratan utama, kepulauan ini berjarak sekitar 1.360 km. Azores juga merupakan satu dari dua region otonom (Região Autónoma) yang ada di negara ini. Kepulauan Azores tersusun atas 9 pulau vulkanik yang membentang sepanjang 600 km. Pulau-pulau tersebut dibagi menjadi 3 kelompok: Flores dan Corvo di sebelah barat; Graciosa, Terceira, São Jorge, Pico, dan Faial di wilayah tengah; São Miguel, Santa Maria, dan Formigas Reef di sebelah timur. Di pulau Pico terdapat Mt. Pico (2.351 m) yang merupakan puncak tertinggi di Portugal. Jumlah total penduduk di kepulauan ini sekitar 245 ribu jiwa pada tahun 2012. Region ini memiliki 3 kota utama yaitu Angra do Heroismo yang terletak di pulau Terceira, Horta di pulau Faial, serta Ponta Delgada di pulau São Miguel. Untuk mencapai destinasi ini, dari Lisbon pengunjung bisa mengguanakan pesawat udara melalui bandara João Paulo II Airport (PDL) yang terletak di pulau São Miguel.


7. Braga

Braga, Portugal
Braga - foto oleh José Goncalves
Braga merupakan sebuah kota yang terletak di distrik Braga, wilayah barat-laut Portugal. Wilayah kota ini membentang dari Sungai Cávado hingga ke Sungai Este. Dari Porto, Braga berjarak hanya sekitar 57 km di sebelah utara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 181 ribu jiwa pada tahun 2011. Pada masa Kekaisaran Romawi, Braga dikenal dengan nama Bracara Augusta, yang merupakan pusat dari Provinsi Gallaecia. Kota ini juga merupakan salah satu pusat keuskupan tertua di Portugal. Pada tahun 2012, Braga mendapat penghargaan sebagai European Youth Capital. Beberapa landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Bom Jesus do Monte, Biscainhos Museum, Monastery of São Martinho de Tibães, Raio Palace, dan Braga Baixa.

8. Aveiro

Aveiro, Portugal
Aveiro - foto oleh endless autumn
Destinasi wisata terakhir kita kali ini adalah Aveiro, kota yang dijuluki sebagai Venice of Portugal. Aveiro juga terletak di Centro Region, wilayah pantai barat Portugal. Kota ini terletak di sepanjang lagoon (danau di tepi laut) yang disebut Ria de Aveiro. Jumlah penduduk kota ini sekitar 78 ribu jiwa pada tahun 2011. Aveiro terkenal dengan kanal-kanal serta perahu tradisional berwarna-warni (barcos moliceiros), yang digunakan oleh penduduk lokal untuk memanen rumput laut. Pemandangan kanal dan perahu tradisional berwarna-warni tersebut merupakan objek wisata utama di kota ini. Landmark lainnya di kota ini adalah Cathedral of Aveiro, Ria de Aveiro, dan Barra Beach.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang 8 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Portugal. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar