Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 19, 2016

8 Destinasi Wisata Favorit di Spanyol yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah UK, Jerman, Belanda, dan Prancis, negara Eropa selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah Spanyol. Bagi penggemar sepak bola, Spanyol tetntu tidak asing. Tetapi, tahukah teman-teman, bahwa di negara ini juga terdapat berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Spanyol sendiri merupakan sebuah negara luas yang terletak di Semenanjung Iberia, wilayah barat-daya Eropa. Nama resmi negara ini adalah Reino de España atau Kingdom of Spain. Di sebelah utara, Spanyol berbatasan dengan Prancis, Andorra, dan Teluk Biscay; di sebelah barat dengan Portugal dan Samudra Atlantik; dan di sebelah selatan serta timur dengan Laut Mediterania. Wilayah Spanyol juga meliputi Kepulauan Balearic di Laut Mediterania dan Kepulauan Canary di Samudra Atlantik. Ibu kota negara ini adalah Madrid dan bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Spanyol (Spanish). Mata uang resmi negara ini adalah Euro. Dua bandara internasional utama di negara ini adalah Madrid-Barajas Airport dan Barcelona-El Prat Airport .

Berikut beberapa destinasi di Spanyol yang sering dikunjungi oleh para wisatawan:

1. Madrid

Madrid, Spanyol
Madrid - foto oleh jsogo
Madrid adalah ibu kota negara Spanyol serta merupakan kota terbesar di community Madrid. Secara geografis, Madrid terletak di tepi Sungai Manzanares, wilayah sentral Spanyol. Jumlah penduduk kota ini sekitar 3,2 juta jiwa pada tahun 2015. Sebaga ibu kota negara, di Madrid terletak kantor pusat pemerintahan dan kediaman resmi Kerajaan Spanyol (Royal Palace). Bagi penggemar sepak bola, Madrid pasti sudah tidak asing lagi. Dua klub sepak bola dunia, Real Madrid dan Atlético Madrid, berasal dari kota ini. Bandara internasional utama di Spanyol, Adolfo Suaréz Madrid-Barajas Airport, juga terletak di kota ini. Landmark dan objek wisata utama di Madrid antara lain Royal Palace of Madrid, Buen Retiro Park, Museuo Nacional Del Prado, National Library, Royal Theatre, dan Paseo del Prado. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Madrid.

2. Barcelona

Barcelona, Spanyol
Barcelona - foto oleh Canaan
Barcelona merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di community Catalonia. Secara geografis, Barcelona terletak di wilayah timur Spanyol, di pantai Laut Mediterania. Barcelona merupakan kota tersebar kedua di Spanyol dengan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2015. Bagi penggemar sepak bola, kota ini juga tidak asing, karena salah satu klub sepak bola ternama dunia, FC Barcelona, berasal dari kota ini, tepatnya di Camp Nou. Di kota ini juga terdapat salah satu bandara utama di Spanyol, Barcelona-El Prat Airport. Di Barcelona terdapat beberapa bangunan bersejarah yang merupakan UNESCO World Heritage Site seperti Park Güell, Palau Güell, Casa Milá, Casa Vicens, dan Sagrada Família. Landmark lainnya di kota ini antara lain Fabra Observatory, Venetian Towers, Plaça de Catalunya, dan Gothic Quarter. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Barcelona.


3. Tenerife

Tenerife, Spanyol
Tenerife - foto oleh Martely Noemi M.M.
Tenerife bukanlah sebuah kota, melainkan sebuah pulau di Kepulauan Canary. Tenerife merupakan pulau terbesar di Kepulauan Canary. Pulau ini terletak di Samudra Atlantik, di barat daya Spanyol. Ibu kota pulau ini terletak di Santa Cruz de Tenerife dan jumlah penduduknya sekitar 890 ribu jiwa pada tahun 2015. Meski letaknya jauh dari daratan utama Spanyol, tetapi Tenerife serta Kepulauan Canary merupakan salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Di pulau ini terdapat 2 bandara utama yaitu North Airport dan South Airport. Landmark dan objek wisata utama di pulau ini antara lain Teide National Park, Macizo de Anaga, Loro Parque, Plaza de España, dan Auditorio de Tenerife.

4. Mallorca

Mallorca - foto oleh WALLI1912
Jika Tenerife terletak di Kepulauan Canary, maka Mallorca terletak di Kepulauan Balearic. Mallorca (Majorca) merupakan pulau terbesar di Kepulauan Balearic. Pulau ini terletak di Laut Mediterania, di sebelah timur Spanyol. Ibu kota pulau ini terletak di Palma dan jumlah penduduknya sekitar 859 ribu jiwa pada tahun 2015. Sama seperti Kepulauan Canary, Kepulauan Balearic juga merupakan salah satu tujuan wisata favorit di dunia. Di pulau ini terdapat bandara internasional Palma de Mallorca Airport. Landmark utama di pulau ini adalah Pegunungan Serra de Tramuntana, yang merupakan UNESCO World Heritage Site. Landmark dan objek wisata lainnya antara lain Cala Millor, Cap de Formentor, Cuevas del Drach, Palma Cathedral, dan Bellver Castle.


5. Valencia

Valencia, Spanyol
Valencia - foto oleh chatani
Valencia merupakan ibu kota community Valencia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Turia, pantai timur Semenanjung Iberia. Wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Teluk Valencia dan Laut Mediterania. Valencia merupakan kota terbesar ketiga di Spanyol dengan jumlah penduduk sekitar 809 ribu jiwa pada tahun 2010. Valencia merupakan salah satu kota pelabuhan terbesar di Laut Mediterania. Di wilayah selatan kota ini terdapat sebuah lagoon (danau di tepi laut), Albufera, yang merupakan salah satu danau terluas di Spanyol. Klub sepak bola yang berasal dari kota ini, Valencia C.F., bermarkas di Stadion Mestalla. Landmark utama di Valencia antara lain Llotja de la Seda (Silk Exchange) yang merupakan UNESCO World Heritage Site, Valencia Cathedral, Torres de Serrans, Torres de Quart, Puerta de Apostoles, dan Plaza del Ayuntamiento.

6. Seville

Seville, Spanyol
Seville
Seville adalah ibu kota community Andalusia. Secara geografis, Seville teletak di tepi Sungai Guadalquivir, wilayah selatan Spanyol. Seville merupakan kota terbesar keempat di Spanyol dengan jumlah penduduk sekitar 703 ribu jiwa pada tahun 2011. Penduduk kota ini disebut dengan Sevillanos, dan Sevillanas (untuk perempuan). Pada saat kaum Muslim Moor berkuasa di Andalusia, Seville termasuk dalam wilayah Kekhalifahan Córdoba dengan nama Ishbiliya. Di kota ini terdapat 3 bangunan bersejarah yang merupakan UNESCO World Heritage Site yaitu Alcázar Palace, Seville Cathedral, dan Archivo General de Indias. Selain ketiga bangunan tersebut, landmark lainnya di kota ini antara lain Plaza de España, Casa de Pilatos, dan Metropol Parasol.


7. Granada

Granada, Spanyol
Granada
Granada adalah sebuah kota yang juga terletak di community Andalusia, wilayah selatan Spanyol. Secara geografis, kota ini terletak di kaki Pegunungan Sierra Nevada, di persimpangan 4 sungai: Beiro, Darro, Genil, dan Monachil. Wilayah Granada berada pada ketinggian 738 meter dari permukaan laut. Dari pantai Laut Mediterania, jika menggunakan mobil, Granada bisa dicapai hanya dengan waktu 1 jam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 237 ribu jiwa pada tahun 2014. Granada terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah peninggalan Muslim Moor yaitu Alhambra, Generalife, dan Albaicín. Semua bangunan tersebut termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Landmark lainnya di kota ini antara lain Sacromani, Cathedral of Granada, Plaza Nueva, dan Royal Chapel.

8. Córdoba

Cordoba, Spanyol
Cordoba - foto oleh Toni Castillo Quero
Córdoba (Cordova) juga meupakan sebuah kota yang terletak di community Andalusia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Gualdaquivir, di kaki Pegunungan Sierra Morena. Jumlah pendudukkota ini sekitar 330 ribu jiwa pada tahun 2011. Córdoba merupakan kota penting selama kaum Muslim Moor menguasai wilayah Semenanjung Iberia. Selanjutnya, kota ini djadikan sebagai ibu kota dan pusat pemerintahan Kekhalifahan Córdoba. Pada abad ke-10, kota ini menjadi salah satu pusat pendidikan dunia Islam dengan dibangunnya berbagai perpustakaan, universitas, dan sekolah medis. Landmark utama di kota ini adalah Great Mosque of Córdoba, yang merupakan UNESCO World Heritage Site. Landmark lainnya di kota ini antara lain Medina Azahara, Roman Mausoleum, Calahorra Tower, Alcázar de los Reyes Cristianos, dan Parque de Miraflores.

Nah, itulah 8 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Spanyol. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar