Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 25, 2016

8 Destinasi Wisata di Turki yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Asia, sekarang kita akan berwisata ke sebuah negara yang terletak di 2 benua, Asia dan Eropa, yaitu Turki.

Turki (Republik Turki / Türkiye Cumhuriyeti) adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Eurasia. Sebagian besar wilayah Turki terletak di wilayah Asia Barat dan hanya sebagian kecil yang terletak di daratan Eropa Timur. Wilayah Turki berbatasan dengan 8 negara yaitu: Syria, Iraq, Iran, Armenia, Azerbaijan, Bulgaria, dan Yunani. Wilayah negara ini juga dibatasi oleh Laut Hitam (Black Sea) di sebelah utara, dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Antara wilayah Asia (Anatolia) dan Eropa (East Thrace) dibatasi oleh Selat Bosphorus dan Laut Marmara. Karena letaknya yang sangat strategis, sehingga sejak zaman dahulu, Turki telah menjadi pusat berbagai peradaban, mulai dari Yunani, Persia, Romawi, Byzantium, dan Ottoman (Utsmani). Ibu kota negara ini terletak di Ankara meskipun kota terbesar adalah Istanbul. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Turki dan mata uangnya adalah Turkish lira (TRY). Bandara internasional utama di negara ini adalah Istanbul Atatürk Airport (IST) yang berjarak sekitar 19 km dari pusat kota Istanbul.

Berikut beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Turki:

1. Istanbul

Istanbul, Turki
Istanbul
Istanbul merupakan kota utama dan terbesar di negara Turki. Kota ini terletak di wilayah Eurasia, separuh wilayahnya terletak di daratan Eropa (East Thrace), dan separuhnya lagi di daratan Asia (Anatolia). Antara kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Selat Bosphorus. Di sebelah utara, kota ini dibatasi oleh Laut Hitam (Black Sea), dan di sebelah selatan dengan Laut Marmara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 14 juta jiwa pada tahun 2016. Istanbul pertama kali dibangun dengan nama Byzantium, kemudian namanya diubah menjadi Constantinople, kemudian diubah lagi menjadi Istanbul dan dijadikan sebagai ibu kota negara Turki hingga tahun 1923. Wilayah Old City Istanbul dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site pada tahun 1985. Landmark utama di Istanbul antara lain Sultan Ahmed Mosque, Hagia Sophia, Topkapı Palace, Bosphorus Bridge, dan Grand Bazaar. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Istanbul.

2. Antalya

Antalya, Turki
Antalya - foto oleh Bernard Gagnon
Antalya merupakan ibu kota Provinsi Antalya. Secara geografis, kota ini terletak di region Mediterrania, wilayah selatan Turki. Wilayah Antalya terletak di antara Laut Mediterania dan Pegunungan Taurus. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,2 juta jiwa pada tahun 2014. Antalya terkenal dengan objek wisata pantai Mediterania yang berwarna biru turquoise. Pada saat Bangsa Romawi berkuasa d wilayah ini, Antalya dijadikan sebagai kota pelabuhan utama. Berbagai benteng dibangun di wilayah kota. Yang tetap ada hingga saat ini adalah Hıdırlık Tower dan Hadrian’s Gate. Selain pantai, landmark dan objek wisata lainnya di Antalya antara lain Düden Waterfalls, Yivli Minare Mosque, Kesik Minare Mosque, Tekeli Mehmet Paşa Mosque, Tünek Hill, dan Karaalioglu Park. Kota ini bisa dicapai dengan menggunakan bus maupun airplane melalui bandara Antalya Airport.


3. Bodrum

Bodrum, Turki
Bodrum
Bodrum adalah sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Muğla, region Aegean, wilayah barat-daya Turki. Kota ini terletak di Semenanjung Bodrum, di tepi Teluk Gökova, sebuah teluk yang menghadap ke Laut Aegea. Jumlah penduduk kota ini sekitar 36 ribu jiwa pada tahun 2013.Kota ini pertama kali dibangun oleh Bangsa Yunani dengan nama Halicarnassus. Pada saat itu, berbagai kastil dan mausoleum dibangun di wilayah kota ini. Yang terkenal hingga saat ini adalah Bodrum Castle (Castle of St. Peter) dan Mausoleum of Mausolus, yang juga termasuk dalam daftar Seven Wonders of the Ancient World. Selain itu, di Bodrum juga terdapat Museum of Underwater Archeolgy yang selalu mengadakan festival kebudayaan sepanjang tahun. Untuk mencapai kota ini, bisa menggunakan bis maupun ferry.

4. Cappadocia

Cappadocia, Turki
Cappadocia - foto oleh Benh LIEU SONG
Cappadocia (Kapadokya) adalah sebuah area wisata yang terletak di region Central Anatolia, wilayah tengah Turki. Area ini meliputi Provinsi Nevşehir, Kayseri, Aksaray, dan Niğde. Cappadocia terkenal dengan objek wisata yang disebut “fairy chimneys”, yaitu berbagai batuan yang berukuran besar. Beberapa area yang sering dikunjungi di Cappadocia antara lain Ürgüp, Göreme, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Derinkuyu, dan Kaymakli. Selain formasi bebatuan, area ini juga terkenal dengan objek wisata hot-air balloon dan trekking. Untuk mencapai Cappadocia, dari Istanbul atau Ankara pengunjung bisa menggunakan kereta maupun pesawat udara menuju ke Provinsi Kayseri.


5. Bursa

Bursa, Turki
Bursa - foto oleh Haluk CÖMERTEL
Bursa adalah kota metropolitan yang terletak di region Marmara, tepi Laut Marmara, wilayah barat-laut Turki. Bursa juga merupakan ibu kota Provinsi Bursa dan merupakan kota terbesar keempat di Turki dengan jumlah penduduk sekitar 1,9 juta jiwa pada tahun 2014. Bursa sempat menjadi ibu kota Kekhalifahan Utsmani Turki pada tahun 1335 hingga 1363. Pada saat itu, kota ini dijluki sebagai Hüdavendigar yang artinya “hadiah dari Tuhan”. Pada saat ini Bursa dijuluki dengan Yeşil Bursa atau “Bursa yang hijau” karena di kota ini terdapat banyak taman kota dan area hijau. Kota ini juga dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Dari Istanbul, Bursa bisa dijangkau dengan bis maupn ferry dan jaraknya tidak terlalu jauh. Landmark utama di kota in antara lain Bursa Grand Mosque, Yeşil Mosque, Koza Han (Silk Bazaar), Bursa Castle, Bursa Archeological Museum, dan Uludağ National Park.

6. Pamukkale

Pamukkale, Turki
Pamukkale
Pamukkale adalah sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Denizli, wilayah barat-daya Turki. Secara geografis, kota ini terletak di region Aegean, di lembah Sungai Menderes. Pamukkale terkenal dengan objek wisata air panas (hot spring) yang mengalir melalui travertine (teras-teras bebatuan kapur) yang berwarna putih. Di area tersebut terdapat sekitar 17 mata air panas yang memiliki temperatur antara 35 hingga 100 derajat Celcius. Selain objek wisata air panas, di Pamukkale juga terdapat Hierapolis, reruntuhan kota kuno yang dibangun oleh Bangsa Byzantium. Kedua objek wisata tersebut dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site dengan nama Hierapolis-Pamukkale.


7. Ankara

Ankara, Turki
Ankara - foto oleh ÖzgürKöse
Ankara adalah ibu kota negara Turki sekaligus merupakan kota terbesar kedua di negara ini setelah Istanbul. Secara geografis, kota ini terletak di region Central Anatolia, wilayah tengah Turki. Jumlah penduduk kota ini sekitar 4,5 juta jiwa pada tahun 2014. Ankara menjadi ibu kota negara menggantikan Istanbul saat Turki resmi menjadi negara republik pada tahun 1923. Selain sebagai ibu kota negara, Ankara juga dikenal sebagai daerah asal benang wool Angora, kelinci Angora, kambing Angora, dan kucing Angora. Dari Istanbul, Ankara bisa dijangkau dengan high speed railway maupun airplane melalui bandara Esenboğa International Airport. Landmark utama di kota in antara lain Antikabir, Ankara Entography Museum, Kocatepe Mosque, Hacı Bayram Mosque, Suluhan, Ankara Citadel, dan Gençlik Parkı.

8. Konya

Konya, Turki
Konya - foto oleh Intension
Konya adalah sebuah kota yang terletak di region Central Anatolia, wilayah tengah Turki. Konya juga merupakan ibu kota Provinsi Konya serta merupakan kota dengan wilayah terluas di negara Turki. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,2 juta jiwa pada tahun 2014. Pada saat Kesultanan Seljuk berkuasa di Anatolia, Konya dijadikan sebagai ibu kota pemerintahan hingga abad ke-12. Berbagai masjid dan bangunan didirikan di kota ini, termasuk tarian Sufi Turki yang terkenal yaitu Sufi Mevlevi Order. Dari Istanbul, Konya bisa dicapai dengan menggunakan bis, tram, high speed railway, dan maupun airplane melalu bandara Konya Airport. Landmark utama di kota ini antara lain Mevlana Museum, Alaeddin Mosque, Karatay Medrese, Ince Minaret Medrese, Aziziye Mosque, dan Seljuk Tower.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Turki. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar