Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 27, 2016

10 Destinasi Wisata Favorit di Indonesia

Salam Traveling!

Sekarang kita akan berwisata ke tanah air tercinta, Indonesia.

Indonesia (Republic of Indonesia / Republik Indonesia) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari lebih dari 13 ribu pulau. Indonesia memiliki posisi yang strategis karena terletak di antara 2 benua dan 2 samudra yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Secara administrative, wilayah Indonesia dibagi menjadi 34 provinsi. Ibu kota negara ini terletak di Jakarta. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dan mata uang resminya adalah Indonesian Rupiah (IDR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Soekarno-Hatta International Airport yang terletak di Jakarta.

Apa saja destinasi wisata favorit yang sering dkunjungi oleh para traveler di Indonesia? Berikut 10 di antaranya:

1. Bali

Bali, Indonesia
Bali
Bali adalah sebuah pulau dan provinsi yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa. Provinsi Bali beribu kota di Denpasar. Di sekitar Pulau Bali, terdapat beberapa pulau kecil yang juga termasuk dalam wilayah Provinsi Bali, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4,2 juta jiwa pada tahun 2014. Bali sering dijuluki sebagai Pulau Dewata dan merupakan tujuan wisata favorit baik di Indonesia maupun mancanegara. Objek wisata utama di Bali antara lain Pantai Kuta, Pantai Sanur, Desa Ubud, Uluwatu, Danau Batur Kintamani, Gunung Agung, dan Nusa Dua. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Bali.

2. Jakarta

Jakarta, Indonesia
Jakarta - foto oleh Yohanes Budiyanto
Jakarta (Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta) adalah ibu kota negara sekaligus merupakan kota terbesar di Indonesia. Secara geografis, Jakarta terletak di Teluk Jakarta, wilayah barat laut Pulau Jawa. Sungai Ciliwung mengalir melalui wilayah kota ini dan bermuara ke Laut Jawa. Wilayah metropolitan Jakarta juga meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Jumlah penduduk kota ini sekitar 10 juta jiwa pada tahun 2015. Selain sebagai pusat pemerintahan, Jakarta juga merupakan pusat ekonomi dan kebudayaan Indonesia. Objek wisata utama di kota ini antara lain Monumen Nasional (Monas), Museum Nasional, Museum Fatahillah, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Kepulauan Seribu. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Jakarta.

3. Bandung

Bandung, Indonesia
Bandung - foto oleh Gunawan Kartapranata
Bandung adalah ibu kota Provinsi Jawa Barat sekaligus merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Secara geografis, Bandung terletak di wilayah barat Pulau Jawa, di dataran tinggi dengan ketinggian 768 meter dari permukaan laut. Sungai utama di wilayah kota ini adalah Sungai Citarum. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,4 juta jiwa pada tahun 2015. Pada masa Kolonial Belanda, Bandung mendapat julukan sebagai Paris van Java. Objek wisata utama di Bandung antara lain Gedung Sate, Trans Studio Bandung, Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih, dan Dago.

4. Lombok

Lombok, Indonesia
Lombok
Lombok adalah sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Secara geografis, Pulau Lombok terletak di antara Pulau Bali dan Pulau Sumbawa. Dengan Bali, Lombok dipisahkan oleh Selat Lombok, dan dengan Sumbawa, Lombok dipisahkan oleh Selat Atlas. Ibu kota provinsi NTB, Mataram, terletak di pulau ini. Jumlah penduduk Lombok sekitar 3,3 juta jiwa pada tahun 2014. Objek wisata utama di Lombok antara lain Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gunung Rinjani, Danau Segara Anak, dan Desa Sembalun. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Lombok.

5. Yogyakarta

Yogyakarta, Indonesia
Yogyakarta - foto oleh orangescale
Yogyakarta, atau lebih dikenal dengan nama Jogja, adalah ibu kota provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis, Yogyakarta terletak di wilayah tengah Pulau Jawa, tidak jauh dari Gunung Merapi, salah satu gunung vulkanik yang paling aktif di Indonesia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 388 ribu jiwa pada tahun 2010. Yogyakarta mendapat julukan sebagai Kota Pelajar dan terkenal sebagai pusat seni dan budaya Jawa, seperti batik, wayang, musik, tarian, dan kerajinan tangan. Objek wisata utama di kota ini antara lain Candi Prambanan, Taman Sari, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, dan Jalan Malioboro.

6. Pulau Bintan

Pulau Bintan, Kepulauan Riau
Pulau Bintan
Pulau Bintan, atau juga dikenal dengan nama Negeri Segantang Lada, merupakan pulau terbesar di Kepulauan Riau. Ibu kota Provinsi Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, terletak di pulau ini. Secara geografis, Pulau Bintan terletak di Selat Malaka. Dari Singapura, pulau ini bisa dicapai hanya dalam waktu 45 menit. Jumlah penduduk Pulau Bintan sekitar 334 ribu jiwa pada tahun 2010. Pulau ini terkenal dengan objek wisata Bintan Resort, area pantai seluas 300 hektar dengan berbagai hotel dan resort berskala internasional. Selain Bintan Resort, objek wisata lainnya di pulau ini antara lain Pulau Penyengat, Masjid Raya Sultan Riau, Monumen Raja Haji Fisabilillah, dan Senggarang.

7. Surabaya

Surabaya, Indonesia
Surabaya - foto oleh Yeremia Evian
Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Secara geografis, Surabaya terletak di tepi Selat Madura, wilayah timur-laut Pulau Jawa. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2,8 juta jiwa pada tahun 2018. Area metropolitan Surabaya juga meliputi wilayah Gresik dan Sidoarjo, dan dikenal dengan nama Zona Surabaya Raya. Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan, untuk mengenang peristiwa Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 30 Oktober 1945. Objek wisata utama di kota ini antara lain Tugu Pahlawan, Kebun Binatang Surabaya, Masjid Cheng Ho, Masjid Al-Akbar Surabaya, dan Tunjungan Plaza.

8. Medan

Medan, Indonesia
Medan - foto oleh Midori
Medan, atau lebih dikenal dengan nama Kota Medan, adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Secara geografis, Medan terletak di pantai utara Pulau Sumatra. Dengan Semenanjung Malaysia, kota ini dibatasi oleh Selat Malaka. Medan merupakan kota terbesar keempat di Indonesia dan kota metropolitan terbesar di Pulau Sumatra. Jumlah penduduk kota ini sekitar 2 juta jiwa pada tahun 2010. Pada masa Kolonial Belanda, kota ini dikenal dengan nama Deli. Objek wisata utama di Medan antara lain Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Vihara Gunung Timur, Rumah Tjong A Fie, dan Pasar Rame.

9. Makassar

Makassar, Indonesia
Makassar - foto oleh Arian Zwegers
Makassar adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan kota metropolitan terbesar di Pulau Sulawesi. Secara geografis, kota ini terletak di pantai barat-daya Pulau Sulawesi, dan menghadap ke Selat Makassar. Makassar merupakan kota terbesar kelima di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2013. Antara tahun 1971 hingga 1999, kota ini bernama Ujung Pandang, dan nama tersebut masih sering digunakan hingga saat ini. Objek wisata utama di Makassar antara lain Pantai Losari, Fort Rotterdam, Benteng Somba Opu, Trans Studio Makassar, dan Pulau Samalona. Lebih jelasnya bisa dibaca di Wisata Makassar.

10. Manado

Manado, Indonesia
Manado - foto oleh Midori
Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Secara geografis, kota ini terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, di tepi Teluk Manado, dan dikelilingi oleh pegunungan. Wilayah Manado juga meliputi Kepulauan Bunaken. Manado merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Pulau Sulawesi setelah Makassar. Jumlah penduduk kota ini sekitar 430 ribu jiwa pada tahun 2014. Objek wisata utama di Manado antara lain Taman Nasional Bunaken, Danau Tondano, Danau Linow, Gunung Lokon, Bukit Kasih, Citraland, dan Jalan Wakeke.

Nah, itulah 10 destinasi wisata favorit yang sering dikunjungi oleh para wisatawan di Indonesia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "10 Kota dan Tujuan Wisata di Indonesia".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "10 Kota dan Tujuan Wisata di Indonesia" .
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di disini

    BalasHapus