Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 29, 2016

10 Wisata Alam Spektakuler di Indonesia

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi kota dan tujuan wisata favorit di Indonesia, sekarang kita akan mengunjungi beberapa wisata alam yang spektakuler, alias menakjubkan di negeri ini.

Seperti yang kita ketahui, negara kita, Indonesia, memiliki letak geografis yang sangat strategis. Pertama, letaknya tepat di garis khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis sepanjang tahun. Kedua, negara kita ini terletak di antara 2 benua dan 2 samudra, yaitu Benua Asia dan Benua Australia, serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 13.000 pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dengan wilayah yang luas serta keanekaragaman hayati yang beragam, di Indonesia tentunya terdapat banyak sekali objek wisata alam yang merupakan destinasi favorit para wisatawan.

Berikut ini 10 objek wisata dari sekian banyak wisata alam spektakuler yang ada di Indonesia:

1. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo - foto oleh Thomas Hirsch
Gunung Bromo adalah gunung vulkanik yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Yang unik dari Gunung Bromo adalah letaknya di tengah daratan pasir yang disebut Segara Wedi atau Lautan Pasir. Nama Bromo berasal dari nama Brahma, salah satu dewa dalam agama Hindu. Untuk mencapai gunung ini, lokasi terdekat adalah melalui Desa Cemoro Lawang atau Gunung Penanjakan. Meski merupakan objek wisata favorit para wisatawan, tetapi hingga saat ini Gunung Bromo masih merupakan gunung vlkanik yang aktif.

2. Raja Ampat, Papua Barat

Raja Ampat, Papua Barat
Raja Ampat
Raja Ampat adalah deretan pulau-pulau yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat terdiri atas 4 pulau utama yaitu Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Luas keseluruhan wilayah ini sekitar 40.000 km persegi dengan total 612 pulau. Menurut legenda setempat, nama Raja Ampat berarti Empat Raja yang masing-masing mendiami keempat pulau utama. Raja Ampat merupakan salah satu lokasi diving yang sangat terkenal, baik di Indonesia maupun mancanegara.Untuk mencapai objek wisata ini, bandara terdekat terletak di Sorong.

3. Danau Toba, Sumatra Utara

Danau Toba, Sumatra Utara
Danau Toba
Danau Toba adalah danau kaldera vulkanik yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia serta danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini terletak pada ketinggian 900 meter dari permukaan laut, memiliki luas 1.130 km persegi dan kedalaman 500 meter. Di bagian tengah danau terdapat sebuah Pulau Samosir, yang merupakan salah satu pulau danau terbesar di dunia. Meski merupakan danau vulkanik, tetapi aktivitas vulkanik hampir tidak pernah terjadi lagi di wilayah danau ini. Baik Danau Toba dan Pulau Samosir, keduanya merupakan objek wisata utama di Indonesia.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Wakatobi - photo by Jenny from Taipei
Wakatobi adalah deretan 4 pulau yang terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Keempat pulau tersebut adalah Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, yang membentuk nama Wakatobi. Wakatobi merupakan bagian dari wilayah Taman Nasional Wakatobi yang terletak di wilayah tenggara Pulau Sulawesi, di antara Laut Banda dan Laut Flores. Selain 4 pulau utama, di taman nasional ini juga terdapat beberapa pulau-pulau kecil seperti Tokobao dan Hoga. Selain objek wisata pantai dan terumbu karang, di Wakatobi juga terdapat ekosistem hutan bakau, hutan rawa, sungai, dan hutan hujan. Untuk mencapai kepulauan ini, bisa menggunakan ferry atau penerbangan lokal, dari Kendari maupun Bau-Bau.

5. Pulau Komodo, NTT

Pulau Komodo, NTT
Pulau Komodo - photo by Jon Hanson from London
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini terkenal sebagai habitat asli komodo dradon, spesies komodo terbesar di dunia yang panjang tubuhnya mencapai 3 meter. Luas pulau ini sekitar 390 km persegi. Selain pulau utama, di sekitar Pulau Komodo juga terdapat Pulau Rinca dan beberapa pulau kecil, seluruhnya merupakan bagian sari Taman Nasional Komodo. Pada tahun 2011, Pulau Komodo dimasukkan ke dalam New 7 Wonders of Nature. Selain komodo, di pulau ini juga terdapat pantai berpasir pink. Untuk mencapai Pulau Komodo, bandara terdekat terletak di Labuan Bajo, ujung barat Pulau Flores.

6. Gunung Rinjani, Lombok, NTB

Gunung Rinjani, Lombok, NTB
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani adalah salah satu gunung vulkanik aktif yang terletak di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 meter dari permukaan laut serta merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Di bagian kawah, terdapat Danau Segara Anak (Anak Laut) yang berwarna biru kehijauan, menyerupai warna air laut. Oleh Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok, Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak dianggap suci. Beberapa ritual keagamaan sering diadakan di kedua tempat ini. Untuk mencapai Gunung Rinjani, jalur pendakian terdekat adalah melalui Desa Senaru atau Desa Sembalun.

7. Danau Kelimutu, Flores, NTT

Danau Kelimutu, Flores, NTT
Danau Kelimutu
Danau Kelimutu adalah danau vulkanik yang terletak di Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu terdiri atas 3 danau yang memiliki warna yang berbeda-beda yaitu Tiwu Ata Bupu (danau orang tua) yang biasanya berwarna biru, Tiwu Ko’o Fai Nuwa Muri (danau muda-mudi) berwarna hijau, dan Tiwu Ata Polo (danau orang jahat) berwarna merah. Meski demikian, warna ketiga danau tersebut selalu berubah secara periodik mengikuti aktivitas vulkanik. Gunung Kelimutu sendiri memiliki ketinggian 1.639 meter dari permukaan laut. Untuk mencapai Danau Kelimutu, bandara terdekat terletak di Maumere dan Ende.

8. Bunaken, Sulawesi Utara

Bunaken, Sulawesi Utara
Bunaken - foto oleh Sakurai Midori
Bunaken adalah sebuah pulau yang terletak di Kota Manado, Sulawesi Utara. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken. Luas pulau ini hanya sekitar 8 km persegi, sedangkan luas keseluruhan taman nasional lebih dari 890 km persegi. Taman Nasional Bunaken merupakan bagian dari Coral Triangle sehingga memiliki keanekaragaman terumbu karang dan ekosistem laut yang sangat beragam. Menurut penelitian, ekosistem termbu karang di Bunaken, 7 kali lebih beragam dibandingkan dengan eksistem terumbu karang di Hawaii. Selain Bunaken, Taman Nasional Bunaken juga meliputi wilayah 4 pulau lainnya, yaitu Manado Tua, Mantehage, Nain, dan Siladen, serta pesisir pantai Tanjung Kelapa.

9. Karimunjawa, Jawa Tengah

Karimunjawa, Jawa Tengah
Karimunjawa - foto oleh Azwari Nugraha
Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terletak sekitar 80 km di sebelah barat-laut Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri atas 27 pulau dan termasuk dalam Taman Nasional Karimunjawa. Dua pulau terbesar di kepulauan ini adalah Karimun dan Kemujan. Menurut legenda setempat, Karimunjawa pertama kali ditemukan oleh Sunan Nyamplungan, yang merupakan keponakan Sunan Kudus. Selain pantai berpasir putih dan air laut biru yang jernih, di Karimunjawa terdapat terumbu karang yang masih murni dan konservasi beberapa hewan endemik. Kepulauan ini bisa diakses dari Semarang maupun Jepara dengan ferry dan penerbangan lokal.

10. Kawah Ijen, Jawa Tengah

Kawah Ijen, Jawa Tengah
Kawah Ijen - photo by © SĂ©mhur
Kawah Ijen merupakan salah satu kawah gunung vulkanik yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Tengah. Kawah ini merupakan bagian dari deretan Gunung Merapi, gunung vulkanik paling aktif di Indonesia. Kawah ini berada pada ketinggian 2.799 meter dari permukaan laut dan memiliki luas sekitar 20 km persegi. Di Kawah Ijen terdapat danau sulfur yang berwarna biru cerah. Menurut penelitian, danau ini merupakan danau dengan tingkat keasaman tertinggi di dunia, yaitu 0,5. Di Kawah Ijen juga sering terjadi fenomena Blue Fire, yaitu api yang berwaran biru akibat pengaruh sulfur pada kawah.

Nah, itulah 10 objek wisata dar sekian banyak wisata alam spektakuler di negeri kita, Indonesia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip yang lain!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Wisata Alam Spektakuler di Indonesia".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    BalasHapus