Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Mei 10, 2016

Wisata Melbourne, Kota Cantik di Pantai Tenggara Australia

Salam Traveling!

Masih di Australia, setelah Sydney, sekarang kita akan berwisata ke Melbourne.

Melbourne merupakan ibu kota negara bagian Victoria (VIC). sekaligus kota terbesar kedua di Australia setelah Sydney. Secara geografis, kota ini terletak di pantai tenggara Australia, membentang mulai dari Port Philip hingga ke Pegunungan Dandenong, dan dari Semenanjung Mornington hingga ke Yarra Valley. Jumlah penduduk Melbourne sekitar 4,7 juta jiwa pada tahun 2016. Mereka dikenal dengan julukan 'Melburnians'. Bangsa Inggris mulai mendiami wilayah kota ini sejak tahun 1835. Melbourne dikenal sebagai kota pendidikan dengan beberapa universitas terbaik di dunia seperti University of Melbourne, Monash University, RMIT University, dan La Trobe University. Bandara internasional utama di kota ini adalah Melbourne Airport (MEL) yang juga dikenal dengan nama Tullamarine Airport.

Apa saja landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Melbourne, Australia? Berikut 8 di antaranya:

1. Melbourne City Centre

Melbourne City Centre
Melbourne City Centre - foto oleh Rexness
Melbourne City Centre, atau sering disingkat dengan City Centre, merupakan pusat kota Melbourne saat kota ini pertama kali dibangun pada tahun 1835. Kalau di Eropa, area ini serupa dengan Old Town. Area seluas 6,2 km persegi ini melputi 2 wilayah tertua di Melboune yaitu Hoddle Grid dan Queen Victoria Market. Meski merupakan wilayah kota yang tertua, tetapi Melbourne City Centre merupakan pusat bisnis utama di Melbourne yang dikenal dengan nama Central Business District (CBD). Di area ini terdapat beberapa teater utama Australia seperti Victorian Arts Centre, Melbourne Recital Centre, Princess Theatre, dan Regent Theatre. Melbourne City Centre juga dikenal sebagai kota pusat buku dan literatur serta mendapat penghargaan dari UNESCO sebagai City of Literature.

2. Royal Botanic Gardens

Royal Botanic Gardens
Royal Botanic Gardens - foto oleh John Torcasio
Royal Botanic Gardens adalah taman dan kebun botani yang terletak di Birdwood Ave, di dekat Melbourne City Centre. Taman ini terletak di tepi selatan Sungai Yarra (Yarra River) dan merupakan salah satu kebun botani terkenal di dunia. Taman seluas 38 hektar ini pertama kali dibuka pada tahun 1846. Koleksi tumbuhan yang ada di taman ini berjumlah lebih dari 10.000 spesies, sebagian besar merupakan vegetasi asli Benua Australia. Selain vegetasi tumbuhan, di kompleks taman ini, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Sungai Yarra, Danau Ornamental, Danau Nymphea, dan National Herbarium. Royal Botanic Gardens juga dilengkapi dengan fasilitas bagi pengunjung seperti information centre, toilet, gift shop, cafe, tea room, barbecue, dan shelter.

3. Queen Victoria Market

Queen Victoria Market, Melbourne
Queen Victoria Market - foto oleh Sho Horiuchi
Queen Victoria Market, sering disingkat dengan Vic Market, adalah pasar tradisional yang terletak di Elizabeth Street, pusat kota Melbourne. Pasar ini dibangun pada abad ke-19, di atas lahan tebuka seluas 7 hektar. Selain sebagai pasar tradisional tertua, Queen Victoria Market juga merupakan pasar tradisional teluas di seluruh wilayah Oseania. Nama pasar ini diambil dari nama Queen Victoria yang memerintah Kerajaan Inggris pada saat itu. Selain pasar ini, ada 2 pasar lain yang juga terletak di Melbourne pada saat itu, yaitu Eastern Market dan Western Market. Tetapi, kedua pasar tersebut ditutup pada tahun 1960, dan hingga saat ini, hanya Queen Victoria Market yang tetap betahan sebagai pasar tradisional tertua di Melbourne. Barang-barang yang dijual di pasar ini beraneka ragam, mulai dari buah-buahan, seafood, makanan, pakaian, perhiasan, hingga aneka souvenir dan kerajinan tangan. Pasar ini bisa dibuka setiap hai kecuali Senin dan Rabu.

4. National Gallery Victoria

National Gallery Victoria, Melbourne
National Gallery Victoria - foto oleh Dysprosia
National Gallery Victoria (NGV) adalah museum seni yang terletak di St Kilda Road, Southbank, Melbourne. Museum ini dibangun pertama kali pada tahun 1861 dan merupakan museum seni terbesar dan tertua di Austalia. Museum ini terbagi menjadi 2 bangunan: NGV International yang terletak di St Kilda Road, dan Ian Potter Centre yang terletak di dekat Federation Square. NGV International menyimpan berbagai koleksi benda seni internasional dan koleksi Victorian Heritage Register, sedangkan Ian Potter Centre khusus menyimpan koleksi benda seni Australia. Beberapa koleksi seni Australia antara lain artifak suku Aborigin, karya seni kolonial, karya seni abad ke-20, serta karya seni modern dan kontemporer. Sedangkan koleksi internasional meliputi gambar, lukisan, fotografi, keramik, dan seni dekorasi, yang berasal dari seluruh penjuru dunia, terutama Eropa dan Asia. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

5. Yarra Valley

Yarra Valley, Melbourne
Yarra Valley - foto oleh edwin.11
Yarra Valley atau Lembah Yarra adalah area lembah Sungai Yarra (Yarra River), yang terletak di sebelah timur kota Melbourne. Sungai Yarra sendiri mengalir sepanjang 90 km, mulai dari Melbourne CBD (Central Business District) hingga ke Port Philip Bay. Di lembah ini terdapat perkebunan anggur Yarra Valley, yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Area Yarra Valley memiliki iklim sejuk yang sangata cocok bagi perkebunan anggur. Selain kebun anggur, objek wisata yang sering dikunjungi di lembah ini adalah Warburton Trail, sebuah jalur bersepeda atau berkuda, yang terletak di wilayah timur Victoria.

6. Dandenong Ranges

Dandenong Ranges, Melbourne
Dandenong Ranges - foto oleh Adrian Mohedano
Selanjutnya ada Dandenong Ranges, atau sering disingkat dengan The Dandedong. Dandenong Ranges merupakan deretan pegunungan rendah yang terletak di sebelah timur kota Melbourne. Puncak tertinggi di pegunungan ini adalah Mount Dandenong, yang memiliki ketinggian hanya sekitar 633 meter dari permukaan laut. Deretan pegunungan ini sebagian besar berupa bukit dan lembah yang didominasi oleh pepohonan Eucalyptus dan vegetasi pakis. Sebagian besar wilayah pegunungan ini dilindungi dan termasuk dalam Dandenong Ranges National Park. Dandenong Ranges merupakan salah satu wisata favorit di Melbourne terutama bagi para pecinta alam.

7. Melbourne Zoo

Melbourne Zoo - foto oleh Johntorcasio
Melbourne Zoo, nama resminya Royal Melbourne Zoological Garden, adalah kebun binatang yang terletak di Elliot Ave, Parkville, Melbourne. Dari pusat kota Melbourne, kebun binatang ini berjarak sekitar 4 km ke sebelah utara. Melbourne Zoo pertama kali dibuka pada tahun 1862 di atas lahan seluas 22 hektar milik Royal Park. Pada saat itu, kebun binatang ini hanya sebagai tempat penyesuaian diri bagi hewan-hewan domestik yang baru didatangkan dari berbagai wilayah. Pada tahun 1870, kebun binatang ini dibuka ke publik. Jumlah fauna yang ada di Melbourne Zoo saat ini sekitar 5.120 hewan yang terdiri dari 320 spesies. Beberapa hewan utama antara lain harimau, singa, gajah, orang utan, jerapah, pinguin, dan masih banyak lagi. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

8. Healesville Sanctuary

Healesville Sanctuary, Melbourne
Koala di Healesville Sanctuary
Healesville Sanctuary, atau Sir Colin MacKenzie Fauna Park, adalah kebun binatang dan cagar alam yang terletak di Badger Creek Road, Healesville, sebelah timur kota Melbourne. Dari pusat kota Melbourne, kebun binatang ini berjarak sekitar 65 km. Healesville Sanctuary pertama kali dibangun pada tahun 1920 oleh Dr Colin MacKenzie sebagai bagian dari Institute of Anatomical Research. Kebun binatang ini memiliki luas sekitar 32 hektar dan merupakan salah satu kebun binatang yang mengembang-biakkan platypus, hewan endemic Australia. Selain platypus, di kebun binatang ini juga terdapat berbagai macam fauna asli Australia lainnya seperti kanguru, koala, wallaby, Tasmanian devils, dingo, wombat, dan berbagai spesies burung.

Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama di Melbourne, Australia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Tekait:


Baca Juga:

2 komentar:

  1. Wah Melbourne, keren! buat yg lagi pengen jalan-jalan ke Melbourne contact aja "Teman Australia" mereka tour guide lokal yang bisa bantu antar jemput dan atur perjalanan di Melbourne, jadi gak usah ikut2 paket tour gitu. jadi kalau kemana-mana sesuka kita yang atur aja. Apalagi mereka tahu banget tempat2 wisata di Melbourne!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya blog nya di tourkotamelbourne.blogspot.com

      Hapus