Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Klook.com

2016-05-13

Wisata New York City, Kota Metropolitan di Pantai Timur Amerika Serikat

Salam Traveling!

Setelah mengunjungi kota-kota wisata di Amerika Serikat, sekang kita akan berwisata ke kota modern terbesar di negara ini, yaitu New York City.

New York City
New York City - foto oleh Richard van Liessum / Pixabay
Kota New York (New York City) merupakan kota metropolitan terbesar di Amerika Serikat, yang terkenal sebagai pusat bisnis, keuangan, media, seni, hiburan, dan fashion, di dunia. Secara geografis, New York terletak di ujung tenggara state New York, di muara Sungai Hudson, wilayah timur-laut Amerika Serikat. Wilayah New York dibagi menjadi 5 borough (sektor) yaitu Brooklyn, Queens, Manhattan, The Bronx, dan Staten Island. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,8 juta jiwa pada tahun 2020. Sementara untuk keseluruhan area metropolitan, jumlah penduduknya mencapai 23,5 juta jiwa. Di New York, terdapat salah satu bandara tersibuk di Benua Amerika, yaitu John F. Kennedy International Airport.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi di New York? Berikut 8 di antaranya:

1. Patung Liberty

Patung Liberty, New York City
Patung Liberty - foto oleh Bruce Emmerling / Pixabay
Landmark nomor 1 di New York, Amerika Serikat. Patung Liberty (Statue of Liberty) adalah patung bergaya colossal-neoclassical yang terletak di Liberty Island, Manhattan, New York. Patung ini berbentuk sosok wanita berjubah, Libertas, yang memegang sebuah obor dan tabula ansata, sebuah tablet yang mencantumkan tanggal Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (4 Juli 1776). Di bagian kaki patung terdapat rantai putus yang menandakan kemerdekaan. Patung setinggi 93 meter ini pertama kali diresmikan pada tahun 1886 oleh arsitek Frédéric Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel sebagai hadiah dari warga Prancis untuk kemerdekaan Amerika Serikat. Patung ini bisa dikunjungi setiap hari dan tidak dipungut biaya sama sekali. Tetapi, untuk bisa mencapat Liberty Island, pulau di mana patung ini berada, pengunjung harus mebayar jasa ferry. Patung Liberty dikelola oleh U.S. National Park Service dan termasuk dalam UNESCO World Heritage Site.

2. Empire State Building

Empire State Building, New York
Empire State Building, New York - foto oleh Olga Fil / Pixabay
Empire State Building adalah gedung pencakar langit (skycraper) yang terletak di Midtown Manhattan, New York, tepatnya di Fifth Avenue, antara 33rd Street dan 34th Street. Gedung berarsitektur Art Deco ini memliki memiliki 102 lantai dengan tinggi total 443 meter. Bagian gedung sendiri sebenarnya hanya memiliki tinggi 381 meter, sisanya merupakan tinggi puncak menara dan antena. Empire State Building pertama kali diresmikan pada tahun 1931, dan merupakan gedung tertinggi di dunia hingga tahun 1971, sebelum dilampaui oleh gedung World Trade Center yang juga terletak di New York. Gedung ini sangat populer dalam berbagai film maupun serial televisi Amerika Serikat. Tersedia obeservatory deck yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota New York dari puncak gedung. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 2 malam.

3. Central Park

Central Park, New York City
Central Park, New York City - foto oleh David Mark / Pixabay
Central Park adalah taman kota yang terletak di Manhattan, New York. Taman ini merupakan taman kota yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan, hampir sekitar 40 juta pengunjung setiap tahunnya. Taman seluas 315 hektar ini dibangun pertama kali pada tahun 1857 untuk menyediakan lahan terbuka bagi warga kota New York. Area taman dibagi menjadi 5 bagian yaitu Harlem Meer, The Reservoir, Great Lawn, The Lake, dan The Pond. Beberapa atraksi wisata utama di taman ini antara lain Belvedere Castle, Blockhouse, Carousel, Delacorte Teater, Tevern on the Green, dan Central Park Zoo. Di taman ini juga terdapat Cleopatra’s Needle, sebuah obelisk granit yang hanya ada 3 di dunia, 2 lainnya terdapat di London dan Paris. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 6 pagi hingga pukul 1 malam.

4. Times Square

Times Square, New York City
Times Square, New York City - foto oleh PxHere
Times Square adalah area persimpangan jalan yang membentang mulai dari 42nd Street hingga ke 47th Street., Midtown Manhattan, New York. Area ini selalu gemerlap dihiasi oleh berbagai billboard dan papan iklan berbagai perusahaan kelas dunia sehingga sering dijuluki sebagai The Crossroads of the World dan The Center of the Universe. Area ini dulunya bernama Longacre Square. Sejak tahun 1904, The New York Times, salah satu perusahaan penerbitan terkemuka di Amerika Serikat, memindahkan kantornya ke area ini, tepatnya di Times Building. Sejak saat itu, nama area ini berubah menjadi Times Square. Sejak saat itulah Times Square menjadi terkenal hingga saat ini. Setiap hari, tercatat sekitar 330.000 orang yang melewati area ini, dan sebagian besar merupakan wisatawan.

5. Metroplitan Museum of Art

Metropolitan Museum of Art, New York City
Metropolitan Museum of Art, New York City - foto oleh The Met / Flickr
Metropolitan Museum of Art, sering disingkat dengan The Met, adalah museum seni yang terletak di 5th Ave, New York. Museum ini merupakan yang terbesar di Amerika Serikat serta merupakan salah satu museum seni di dunia yang paling sering dikunjungi. The Met pertama kali dibangun pada tahun 1870 oleh beberapa orang businessman dan artist yang ingin memberikan pengetahuan seni bagi warga Amerika Serikat. Setidaknya lebih dari 2 juta karya seni yang merupakan koleksi permanen museum ini, di antaranya berupa karya masrterpiece para seniman Eropa dan Amerika. Selain itu juga terdapat bebagai koleksi benda seni yang berasal dari Afrika, Asia, Oseania, serta Islamic Art. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.30 sore.

6. American Museum of Natural History (AMNH)

American Museum of Natural History, New York City
American Museum of Natural History, New York City - foto oleh Ingfbruno / Wikimedia Commons
Museum selanjutnya adalah American Museum of Natural History, yang sering disingkat dengan AMNH. Seperti namanya, museum ini merupakan museum sejarah alam yang terletak di sebelah barat Central Park, tepatnya di 79th Street, Manhattan, New York. Musuem ini pertama kali dibuka pada tahun 1869 dan saat ini merupakan salah satu museum terbesar di dunia. Kompleks museum ini terdiri atas 45 ruang pameran (exhibition hall), sebuah planetarium, dan sebuah perpustakaan. Jumlah total koleksi museum ini lebih dari 32 juta spesimen, yang berasal dari tumbuhan, hewan, fosil, batu-batuan, mineral, dan meterorit. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.45 sore.

7. High Line

High Line Park, New York
High Line Park, New York - foto oleh Dansnguyen / Wikimedia Commons
Jika Central Park merupakan taman yang terletak di daratan, maka berbeda dengan taman yang satu ini. High Line, atau High Line Park, adalah taman linear di sepanjang 2,33 km yang terletak di Manhattan, New York. Taman ini tidak dibangun di atas tanah secara langsung, melainkan di atas jalur kereta api West Side Line yang tidak lagi digunakan. High Line pertama kali dibuka pada tahun 2009 dan terinspirasi dari Promenade plantée di Paris. Taman ini membentang mulai dari Gansevoort Street, melalui Chelsea, hingga ke 34th Street. Selain tumbuhan hijau, atraksi lain di taman ini adalah Urban Theater. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 10 malam.

8. Grand Central Terminal (GCT)

Grand Central Terminal, New York City
Grand Central Terminal, New York City - foto oleh Shankar S. / Flickr
Grand Central Terminal (GCT), juga dikenal dengan Grand Central Station, merupakan terminal komuter dan railway yang terletak di 42nd Street, Park Avenue, New York. Terminal berarsitektur Beaux-Art ini pertama kali dioperasikan pada tahun 1871 sebagai terminal New York Central & Hudson River Railroad. Kompleks terminal ini memiliki luas sekitar 19 hektar, dengan 2 lantai, dan 44 platform, jauh lebih besar dari pada terminal-terminal railway lainnya di dunia. Selain sebagai terminal, GCT juga merupakan salah satu landmark favorit para wisatawan di New York, karena memiliki arsitektur klasik serta desain interior yang unik, misalnya Kodak Colorama dan Westclox. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 5.30 pagi hingga pukul 2 malam.


Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata New York City, kota metropolitan di pantai timur Amerika Serikat. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:


1 komentar:

  1. Patung Liberty benar-benar bikin kepengen kesana, hunting disana bikin greget bnget, makasih min infonya

    BalasHapus