Rabu, 04 Mei 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Favorit di Salzburg, Austria

Salam Traveling!

Masih di Austria, setelah ibu kota Vienna, sekarang kita menuju ke kota wisata berikutnya, yaitu Salzburg.

Salzburg merupakan ibu kota state Salzburg. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-laut Austria, tepat di perbatasan AustriaJerman. Salzburg meupakan kota terbesar keempat di Austria dengan jumlah penduduk sekitar 147 ribu jiwa pada tahun 2015. Seperti wilayah Austria lainnya, Salzburg juga terletak di dataran Pegunungan Alpen. Sungai Salzach mengalir membagi wilayah kota menjadi dua bagian: Old Town (Altstadt) dengan bangunan-bangunan klasik abad pertengahan; dan New City (Neustadt) dengan berbagai bangunan modern. Pada tahun 1997 oleh UNESCO, area Old Town dimasukkan ke dalam World Heritage Site dengan nama Historic Centre of the City of Salzburg.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Salzburg, Austria? Berikut 10 di antaranya:

1. Altstadt (Old Town)

Altstadt Salzburg
Altstadt
Seperti namanya, Atstadt atau Old Town adalah area pusat kota Salzburg pada zaman dahulu. Hampir semua landmark dan bangunan bersejarah di kota Salzburg terletak di area ini. Bangunan-banguna tersebut memiliki arsitektur klasik khas medieval (abad pertengahan) dan Baroque. Wilayah Altstadt meliputi area sebelah kiri Sungai Salzach, area Nonntal, Bukit Festungberg, Pegunungan Mönchsberg, Linzergasse, Steingasse, serta Bukit Kapuzinerberg. Beberapa bangunan utama yang terletak di area ini antara lain Salzburg Cathedral (Dom), Hohensalzburg Castle, dan Residentplatz. Pada tahun 1997, area Altstadt dimasukkan kedalam UNESCO World heritage Site dengan nama Historic Centre of the City of Salzburg.


2. Mirabell Palace

Mirabell Palace, Salzburg
Mirabell Palace - foto oleh Andrew Bossi
Mirabell Palace (Schloss Mirabell) adalah kompleks bangunan bersejarah yang terletak di Mirabellplatz, Salzburg. Sama seperti Schönbrunn Palace di Vienna, Mirabell Palace juga merupakan bangunan milik Kerajaan Austria dan bagian dari Historic Centre of the City of Salzburg. Kompleks istana ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1606 di tepi Sungai Salzach atas perintah Pangeran Wolf Dietrich Raitenau. Selanjutnya pada tahun 1866, bangunan ini dibeli oleh dewan kota Salzburg dan digunakan sebagai kantor pemerintahan. Kompleks bangunan berarsitektur baroque ini terdiri atas beberapa bangunan utama dan dikelilingi oleh taman-taman. Bagian bangunan yang sering dikunjungi oleh wisatawan antara lain Mirabell Hall yang merupakan lokasi Salzburg Palace Concerts, dan taman Mirabellgarten yang dihiasi dengan aneka macam bunga dan air mancur. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore.


3. Hellbrunn Palace

Hellbrunn Palace, Salzburg
Hellbrunn Palace - foto oleh Peterburg23
Hellbrunn Palace (Schloss Hellbrunn) adalah komleks bangunan villa milik Kerajaan Austria yang terletak di Fürstenweg, wilayah selatan Salzburg. Villa ini dibangun pertama kali pada abad ke-17 oleh Pangeran Markus Sittich von Hohenems sebagai tempat tinggal pada siang hari di musim panas. Dibanding dengan Mirabell Palace, Hellbrunn berukuran lebih kecil. Nama Hellbrunn berarti “clear spring” atau “mata air jernih” yang merujuk pada sumber air yang mengalir di kompleks bangunan ini. Di sekeliling bangunan villa utama terdapat taman-taman yang luas, sebuah kebun binatang kecil, sebuah teater batu, dan sebuah bangunan kecil yang disebut Monatschlössl. Di taman sekeliling villa terdapat beberapa kolam da air mancur. Hellbrunn Palace juga terkenal dengan jeux d’eau atau permainan air seperti trick / hidden fountain dan sebuah music-playing theatre yang dioperasikan oleh air. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiapa hari mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5.30 sore.


4. Hohensalzburg Castle

Hohensalzburg Castle, Salzburg
Hohensalzburg Castle - foto oleh Ra Boe
Hohensalzburg Castle (Festung Hohensalzburg) adalah sebuah kastil yang terletak di Mönchsberg, Salzburg. Kastil ini terletak di atas Bukit Festungsberg, sebuah bukit kecil di wilayah Salzburg yang berada pada ketinggian 506 meter. Hohensalzburg Castle pertama kali dibangun pada tahun 1077 atas perintah Pangeran Gebhard von Helfenstein sebagai benteng kerajaan. Selanjutnya pada abad ke-19, kastil ini direnovasi dan dibuka ke publik sebagai objek wisata. Kompleks kastil ini terdiri atas beberapa bangunan utama dan halaman. Bagian eksterior kastil didominasi oleh warna putih. Beberapa bagian utama kastil antara lain Salzburg Bull, Golden Hall, Chapel of Archbishop, dan Golden Chamber. Untuk mencapai kastil ini, dari pusat kota Salzburg pengunjung bisa menggunakan Festungsbahn cable car. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9.30 hingga pukul 5 sore.


5. Petersfriedhof

Petersfriedhof, Salzburg
Petersfriedhof - foto oleh Andreas Praefcke
Petersfriedhof (St. Peter’s Cemetery) adalah kompleks pemakaman yang terletak di Sankt-Peter-Bezirk, di kaki Bukit Festungberg, Salzburg. Kompleks pemakaman ini merupakan yang tertua di Salzburg dan merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Pemakaman ini pertama kali dibangun pada abad ke-7 oleh Saint Rupert Salzburg sebagai bagian dari gereja St. Peter’s Abbey. Beberapa tokoh ternama yang dimakamkan di pemakaman ini antara lain Maria Anna Mozart, Santino Solari, dan Michael Haydn. Di pemakaman ini terdapat 2 chapel atau tempat ibadah yaitu Maximuskapelle yang terletak di dalam gua dan Margarethenkapelle yang terletak di bagian tengah kompleks pemakaman.


6. Hangar-7

Hangar-7, Salzburg
Hangar-7 - foto oleh Jorge Royan
Hangar-7 adalah area pameran aircraft (kendaraan udara) yang terletak di Wilhelm-Spazier-Straße, Salzburg. Bangunan ini merupakan milik salah satu perusahaan enery drink Austria, Red Bull GmbH, dan dibuka ke publik pertama kali pada tahun 2003. Berbeda dengan hangar tradisional yang hanya digunakan untuk menyimpan pesawat terbang, di Hangar-7, selain aircraft, juga terdapat beberapa koleksi helikopter dan mobil balap F1. Setidaknya sekitar 25 aircraft bersejarah yang dipamerkan di area ini. Bangunan berarsitektur modern ini merupakan salah satu landmark utama di Salzburg karena bentuknya yang menyerupai airfoil dan keseluruhan dinding eksterior bangunan terbuat dari kaca. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.


7. Schloss Leopoldskron

Schloss Leopoldskron - foto oleh Shearings Holidays
Schloss Leopoldskron adalah bangunan hotel berbintang-3 yang yang terletak di Leopoldskron-Moos, wilayah selatan Salzburg. Dari Altstadt, hotel ini berjarak sekitar 2 km. Dulunya bangunan hotel ini merupakan istana Kerajaan Austria yang dibangun pada tahun 1736. Istana tersebut dibangun di atas lahan seluas 7 hektar atas perintah Pangeran Leopold Anton Eleutherius von Firmian. Bangunan ini memiliki arsitektur rococo dan di halaman depan terdapat sebuah kolam yang disebut Leopoldskroner Weiher. Sejak tahun 1947 bangunan ini merupakan tempat penyelenggaraan Salzburg Global Seminar dan pada tahun 2014, bangunan ini resmi diubah menjadi hotel. Meski telah menjadi hotel, Schloss Leopoldskron tetap menjaga nilai-nilai klasik dan sejarahnya, serta merupakan bagian dari Historic Hotels of Europe.


8. Residenplatz

Residenzplatz, Salzburg
Residenzplatz - foto oleh Andrew Bossi
Hampir semua kota-kota di Eropa memiliki lapangan atau public square yang merupakan salah satu objek wisata favorit para wisatawan. Dan di Salzburg ada Resdenplatz, sebuah public square yang terletak tepat di pusat Old Town (Altstadt). Wilayah Lapangan ini dibatasi oleh Alte Residenz di sebelah barat, Neue Residenz di sebelah timur, Salzburg Cathedral (Dom) di sebelah selatan, dan Bürgerhäuser di sebelah utara. Residenzplatz pertama kali dibangun pada abad ke-16 atas perintah Pangeran Wolf Dietrich Raitenau sebagai bagian dari area Salzburg Cathedral. Pada abad ke-17, di lapangan ini dibangun sebuah air mancur yang dinamakan Residenzbrunnen. Setiap musim panas, pada bulan Juli hingga Agustus, di lapangan ini selalu diadakan open air cinema.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata favorit para traveler di Salzburg, Austria. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!

Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar