Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 02, 2016

8 Destinasi Wisata Favorit di Thailand

Salam Traveling!

Setelah Indonesia, Singapura, dan Malaysia, sekarang kita menuju ke negara Asia Tenggara yang keempat, yaitu Thailand.

Thailand (Kingdom of Thailand / Ratcha-anachak Thai) adalah sebuah negara yang terletak di Semenanjung Indocina, Asia Tenggara. Negara ini berbatasan dengan Myanmar dan Laos di sebelah utara, dengan Laos dan Kamboja di sebelah timur, dengan Teluk Thailand dan Malaysia di sebelah selatan, serta Laut Andaman di sebelah barat. Dahulu, negara ini bernama Siam. Oleh warga lokal, negara ini juga sering disebut dengan nama Mueang Thai. Ibu kota negara Thailand terletak di Bangkok. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Thai dan mata uang resminya adalah Thailand Baht (THB). Bandara internasional utama di negara ini adalah Suvarnabhumi Airport (BKK) yang terletak di Bangkok.

Apa saja destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Thailand? Berikut 8 di antaranya:

1. Bangkok

Bangkok, Thailand
Bangkok - foto oleh Muisamart
Bangkok adalah ibu kota sekaligus merupakan kota terbesar di negara Thailand. Secara geografis, Bangkok terletak di delta Sungai Chao Praya, wilayah sentral Thailand. Dalam Bahasa Thai, Bangkok dikenal dengan nama Krung Thep Maha Nakhon atau sering disingkat dengan Krung Thep. Jumlah penduduk kota ini sekitar 8,2 juta jiwa pada tahun 2010. Bangkok pertama kali dibangun pada abad ke-15 oleh Kerajaan Ayutthaya. Setelah itu, kota ini dibagi menjadi 2 wilayah yaitu Thonburi dan Rattanakosin, dan merupakan pusat Kerajaan Siam. Di Bangkok terdapat 2 bandara internasional yaitu Don Mueang (Old Airport) dan Suvarnabhumi (New Airport). Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Grand Palace, Wat Phra Kaew, Wat Arun, Wat Pho, Ananta Samakhon Throne Hall, dan Sungai Chao Phraya. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Bangkok.

2. Pattaya

Pattaya, Thailand
Pattaya - foto oleh Danny Nijpels
Pattaya adalah sebuah kota resort yang terletak di Provinsi Chonburi. Secara geografis, kota ini terletak di pantai timur Thailand, menghadap ke Teluk Thailand. Dari Bangkok, Pattaya berjarak sekitar 100 km d sebelah tenggara, dan dapat dicapai dengan bis. Jumlah penduduk kota ini sekitar 107 ribu jiwa pada tahun 2010. Dahulu, Pattaya hanya berupa desa kecil yang hanya dihuni oleh para nelayan. Tetapi saat ini Pattaya merupakan salah satu kota wisata dengan berbagai hotel dan resort berskala internasional, termasuk shopping mall. Yang terkenal adalah Hotel Hilton dan Central Festival Pattaya Beach Mall. Beberapa area wisata di kota ini antara lain Pattaya Beach, Walking Street, Pratumnak, Pattaya Park, Pattaya Tower, Sanctuary of Truth, RamaYana, dan Nong Nooch Tropical Botanical Garden.


3. Ko Samui

Ko Samui, Thailand
Ko Samui - foto oleh Maksim Sundukov
Ko Samui adalah sebuah pulau yang terletak di Teluk Thailand. Ko Samui merupakan bagian dari Kepulauan Chumphon serta termasuk dalam wilayah Provinsi Surat Thani. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di Thailand setelah Phuket. Jumlah penduduk pulau ini sekitar 62 ribu jiwa pada tahun 2012. Ko Samui terkenal dengan pesisir pantai dengan banyak deretan pohon kelapa. Selain itu, di pulau ini juga terdapat objek wisata terumbu karang. Bagian tengah pulau masih berupa hutan tropis yang masih alami. Dari daratan utama Thailand, Ko Samui bisa dicapai dengan ferry maupun airplane. Beberapa objek wisata utama di pulau ini antara lain Lipa Noi Beach, Ba Phut Beach, Chaweng Beach, Namuang Waterfall, dan Wat Phra Yai dengan Patung Buddha setinggi 12 meter.

4. Chiang Mai

Chiang Mai, Thailand
Chiang Mai - foto oleh Jpatokal
Chiang Mai merupakan kota terbesar sekaligus pusat kebudayaan di wilayah Thailand Utara. Chiang Mai merupakan ibu kota Provinsi Chiang Mai. Dari Bangkok, kota ini berjarak sekitar 700 km di sebelah utara. Secara geografis, Chiang Mai terletak di wilayah pegunungan tertinggi di Thailand, di sepanjang Sungai Ping, salah satu cabang Sungai Chao Phraya. Jumlah penduduk kota ini sekitar 148 ribu jiwa pada tahun 2008. Chiang Mai pertama kali dibangun pada abad ke-13 sebagai ibu kota Kerajaan Lanna. Pada abad ke-18, kota ini merupakan pusat Kerajaan Chiang Mai yang merupakan bagian dari Kerajaan Siam. Dari Bangkok, Chiang Mai bisa dicapai dengan railway maupun airplane melalui bandara Chiang Mai Airport. Objek wisata utama di kota ini antara lain Wat Phrathat Doi Suthep, Wat Chiang Man, Wat Phra Singh, Baan Haw Mosque, festival lampion Loi Krathong (Yi Peng), dan festival Songkran (Thai New Year).


5. Krabi

Krabi, Thailand
Krabi - foto oleh kallerna
Krabi (Krabi Town) adalah sebuah kota resort yang terletak di tepi Laut Andaman, wilayah pantai selatan Thailand. Krabi Town merupakan kota utama di Provinsi Krabi. Sungai Krabi mengalir melalui wilayah kota ini dan bermuara di Teluk Phang Nga (Phang Nga Bay). Wilayah Krabi juga meliputi pulau-pulau kecil seperti Phi Phi dan Ko Lanta. Jumlah penduduk kota ini sekitar 52 ribu jiwa pada tahun 2010. Sama seperti Pattaya, objek wisata utama di Krabi adalah pantai dan taman nasional. Yang terkenal adalah Railay Beach, Ao Nang, Hat Noppharat Thara – Mu Ko Phi Phi National Park, Ko Lanta National Park, dan Tiger Cave Temple. Dari Bangkok, Krabi bisa dicapai dengan bis atau airplane melalui Krabi Airport.

6. Phuket

Phuket, Thailand
Phuket
Phuket adalah sebuah pulau dan provinsi di Laut Andaman, pantai barat Thailand. Phuket merupakan pulau terbesar di negara ini. Selain pulau utama, wilayah Provinsi Phuket juga melputi beberapa pulau kecil di sekitarnya. Ibu kota provinsi terletak di Phuket City. Jumlah penduduk Phuket sekitar 600 ribu jiwa pada tahun 2014. Dengan daratan utama Thailand, Phuket dihubungkan oleh Sarasin Bridge yang terletak di Provinsi Phang Nga. Di pulau ini juga terdapat sebuah bandara internasional yaitu Phuket International Airport (HKT). Objek wisata utama di Phuket antara lain Hat Patong (Patong Beach), Hat Karon, Wat Chalong, Big Budha, Phuket Pearl Farm, Old Phuket Town, Vegetarian Festival, dan Ghost Festival.


7. Phra Nakon Si Ayutthaya

Ayutthaya, Thailand
Ayutthaya - foto oleh Diego Delso
Phra Nakon Si Ayutthaya, atau sering disingkat dengan Ayutthaya/Ayudhya, adalah ibu kota Kerajaan Siam/Ayutthaya pada zaman dahulu. Kota ini merupakan ibu kota Provinsi Ayutthaya. Dari Bangkok, Ayutthaya berjarak sekitar 80 km di sebelah utara. Secara geografis, kota ini terletak di lembah Sungai Chao Phraya, wilayah sentral Thailand. Jumlah penduduk kota ini sekitar 54 ribu jiwa pada tahun 2006. Nama Ayutthaya berasal dari nama Ayodhya, tempat kelahiran Rama dalam legenda Ramayana di India. Objek wisata utama di kota ini antara lain Old City (Ayutthaya Historical Park), Wat Phra Si Sanphet, Wat Chai Watthanaram, Wat Ratchaburana, Wat Mahathat, dan Ayutthaya Floating Market.

8. Hat Yai

Hat Yai, Thailand
Hat Yai - foto oleh Fisher
Hat Yai (Haad Yai) adalah sebuah kota yang terletak di wilayah selatan Thailand, tidak jauh dari perbatasan Thailand – Malaysia. Hat Yai merupakan kota terbesar sekaligus pusat ekonomi di Provinsi Songkhla. Jumlah penduduk kota ini sekitar 158 ribu jiwa pada tahun 2012. Karena letaknya berdekatan dengan Malaysia, populasi penduduk Muslim di kota ini cukup banyak. Dari Bangkok, Hat Yai berjarak sekitar 946 km di sebelah selatan. Hat Yai merupakan pusat transportasi di wilayah selatan Thailand, sekaligus penghubung antara Thailand dan Malaysia. Selain jalur bis dan railway, di kota ini juga terdapat bandara internasional Hat Yai Airport. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Klonghae Floating Market, Hat Yai Municipal Park, dan Hat Yai Ice Dome.

Nah, itulah 8 destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Thailand. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar