Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 05, 2016

8 Destinasi Wisata Favorit di Vietnam

Salam Traveling!

Setelah Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand, sekarang kita menuju ke salah satu negara Asia Tenggara yang paling utara, yaitu Vietnam.

Vietnam (Socialist Republic of Vietnam / Cong hoa Xa hoi chu nghia Viet Nam) adalah salah satu negara Asia Tenggara yang terletak di Semenanjung Indocina. Negara ini dibatasi oleh Cina di sebelah utara, Laos dan Kamboja di sebelah barat, serta Laut Cina Selatan di sebelah timur dan selatan. Vietnam pada awalnya merupakan bagian dari Kerajaan Cina, antara tahun 111 sebelum masehi hingga tahun 939. Pada abad ke-19, Kolonial Prancis menguasai wilayah negara ini. Pada tahun 1954, terjadi Perang Vietnam (Vietnam War) dan negara ini terbagi menjadi 2 wilayah: Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Pada tahun 1975, Perang Vietnam berakhir dan kedua bagian negara ini bersatu. Ibu kota Vietnam terletak di Hanoi. Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Vietnam dan mata uang resminya adalah Vietnam Dong (VND). Bandara internasional utama di negara ini adalah Tan Son Nhat Airport yang terletak di Ho Chi Minh City.

Apa saja destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Vietnam? Berikut 8 di antaranya:

1. Ho Chi Minh City

Ho Chi Minh City, Vietnam
Ho Chi Minh City
Ho Chi Minh City (Thanh Pho Ho Chi Minh), juga dikenal dengan nama Saigon (Sai Gon) atau HCMC, merupakan kota terbesar di negara Vietnam. Secara geografis, Ho Chi Minh City terletak di tepi Laut Cina Selatan, wilayah selatan Vietnam. Kota ini pertama kali bernama Prey Nokor dan merupakan pelabuhan laut utama Kerajaan Khmer. Pada abad ke-17, nama kota ini diubah menjadi Saigon serta merupakan ibu kota negara Vietnam Selatan. Saat Vietnam bersatu pada tahun 1975, nama kota ini diubah lagi menjadi Ho Chi Minh City, meskipun nama Saigon tetap sering digunakan hingga saat ini. Jumlah penduduk Ho Chi Minh City sekitar 8,2 juta jiwa pada tahun 2015. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Cu Chi Tunnels, War Remnant Museum, Saigon Notre-Dame Basilica, dan Saigon Opera House. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Ho Chi Minh City.




2. Hanoi

Hanoi, Vietnam
Hanoi - foto oleh Everjean
Hanoi (Ha Noi) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar kedua di negara Vietnam. Secara geografis, Hanoi terletak di delta Sungai Merah (Red River), wilayah utara Vietnam. Kota ini pertama kali dibangun oleh Dinasti Nguyen pada tahun 1010 dengan nama Hue, sebagai pusat pemerintahan Dai Viet. Pada saat Perang Vietnam, Hanoi merupakan ibu kota negara Vietnam Utara. Pada saat Vietnam bersatu tahun 1975, Hanoi dijadikan sebagai ibu kota negara Vietnam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 7,5 juta jiwa pada tahun 2015. Bandara internasional utama di Hanoi adalah Noi Bai Airport. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Danau Hoan Kiem, Ho Chi Minh Mausoleum, Temple of Literature, Turtle Tower, Old Quarter, dan Hanoi Opera House. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Hanoi.


3. Nha Trang

Nha Trang, Vietnam
Nha Trang - foto oleh ntt
Nha Trang adalah sebuah kota resort sekaligus ibu kota Provinsi Khanh Hoa. Secara geografis, Nha Trang terletak di tepi Teluk Nha Trang, pantai tenggara Vietnam. Kota ini pertama kali dibangun oleh Kerajaan Champa (Chiem Thanh) dengan nama Kauthara. Jumlah penduduk kota ini sekitar 400 ribu jiwa pada tahun 2014. Karena letaknya di tepi pantai, Nha Thrang merupakan salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap dua tahun sekali, di kota ini diadakan Sea Festival. Oleh majalah Travel + Leisure, Teluk Nha Trang (Nha Trang Bay) juga terpilih sebagai salah satu dari 29 teluk terindah di dunia. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Nha Trang Bay, Vinpearl, Po Nagar, Long Son Pagoda, dan Alexandre Yersin Museum.


4. Ha Long Bay

Ha Long Bay, Vietnam
Ha Long Bay - foto oleh elogik
Ha Long Bay (Vinh Ha Long) adalah sebuah teluk yang terletak di Provinsi Quang Ninh, pantai timur-laut Vietnam. Wilayah Ha Long Bay meliputi kota Ha Long, kota Cham Pa, dan Distrik Van Don. Ha Long Bay merupakan salah satu tujuan wisata favorit para traveler lokal maupun mancanegara. Teluk ini merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site serta 7 Wonders of Nature. Di Ha Long Bay terdapat ribuan pulau, sebagian berupa pulau yang berpenghuni, tetapi sebagian besar hanya berupa islet (pulau kecil) yang tersusun atas batuan kapur (karst). Di teluk ini juga terdapat beberapa desa terapung, dimana penduduknya hanya bertempat tinggal di atas perahu. Lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Ha Long Bay.


5. Da Lat

Da Lat, Vietnam
Da Lat - foto oleh Nguyễn Tấn Phát
Da Lat (Dalat) adalah ibu kota Provinsi Lam Dong. Secara geografis, Da Lat terletak dataran tinggi Lambian, region Central Highlands (Tay Nguyen), pada ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 209 ribu jiwa pada tahun 2010. Da Lat merupakan tujuan wisata yang terkenal dengan hutan pinus dan pohon marigold (da quy) yang selalu bersemi pada musim dingin, sehingga kota ini sering dijuluki sebagai “City of thousand pine tress”. Selain itu, Da Lat juga mendapat julukan sebagai“City of Eternal Spring” karena iklimnya juga selalu sejuk sepanjang tahun serta sering tertutupi oleh kabut. Objek wisata utama di kota ini antara lain Golden Valley, Danau Xuan Huong, Langbiang Peak, Pren Waterfall, Truc Lam Monastery, dan Hoa Binh Square.


6. Sa Pa

Sa Pa, Vietnam
Sa Pa - foto oleh Konstantin Krismer
Sa Pa adalah sebuah kota kecil yang terletak di Provinsi Lao Cai, wilayah utara Vietnam, tidak jauh dari perbatasan Vietnam – Cina. Secara geografis, Sa Pa terletak di wilayah Pegunungan Hoang Lien Son, yang merupakan ujung timur deretan Pegunungan Himalaya. Di pegunungan ini, terletak puncak tertinggi di Vietnam yaitu Fan Si Pan yang memiliki ketinggian 3143 dari permukaan laut. Kota Sa Pa sendiri terletak pada ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut, sehingga memiliki iklim sejuk sepanjang tahun. Pada musim panas, akan sering turun hujan, dan pada musim dingin, kadang-kadang terjadi hujan salju. Jumlah penduduk kota ini sekitar 138 ribu jiwa pada tahun 2003. Objek wisata utama di Sa Pa antara lain area persawahan di Muong Hoa Valley, Hoang Lien National Park, dan Puncak Fan Si Pan.


7. Hoi An

Hoi An, Vietnam
Hoi An - foto oleh Crazy3108
Hoi An, juga dikenal dengan nama Fai-Fo atau Faifoo, adalah sebuah kota yang terletak Provinsi Quang Nam, wilayah tengah Vietnam. Secara geografis, Hoi An terletak di muara Sungai Thu Bon, di tepi Laut Cina Selatan. Jumlah penduduk kota ini sekitar 121 ribu jiwa. Hoi An pertama kali dibangun oleh Kerajaan Champa pada abad ke-1. Saat itu, kota ini bernama Lam Ap Pho dan merupakan pelabuhan penting di Asia Tenggara. Area Old Town kota ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Museum of History and Culture, Museum of Trade Ceramics, Hoi An Folklore Museum, Quan Cong Temple, dan Japanese Covered Bridge (Chua cau).


8. Mui Ne

Mui Ne, Vietnam
Mui Ne - foto oleh MikeRussia
Mui Ne adalah sebuah kota kecil yang terletak di wilayah Phan Thiet, Provinsi Binh Thuan. Secara geografis, Mui Ne terletak di tepi Laut Cina Selatan, pantai tenggara Vietnam. Jumlah penduduk kota ini sekitar 25 ribu jiwa pada tahun 2005. Sebagian besar penduduk lokal bermata pencaharian sebagai nelayan, sehingga di sekitar laut sering terlihat banyak perahu tradisonal milik para nelayan. Objek wisata utama di Mui Ne adalah pantai, yang dilengkapi dengan berbagai resort dan hotel. Tiga pantai utama di kota ini adalah Ganh Beach, Suoi Nuoc Beach, dan Rang Beach. Di sepanjang pesisir pantai juga terdapat banyak restoran, cafe, dan pertokoan. Selain pantai, Mui Ne juga populer dengan objek wisata windsurfing dan kitesurfing karena wilayah ini memiliki cuaca yang selalu cerah dengan angin sepoi-sepoi.


Nah, itulah 8 kota dan tujuan wisata favorit para traveler di Vietnam. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel






Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar