Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 22, 2016

8 Tempat Wisata Favorit di Johor Bahru, Malaysia

Salam Traveling!

Setelah Kuala Lumpur, sekarang kita menuju ke kota selanjutnya di Malaysia, yaitu Johor Bahru.

Johor Bahru merupakan ibu kota negara bagian Johor. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Selat Johor, ujung selatan Semenanjung Malaysia. Dengan Singapura, Johor Bahru dihubungkan oleh Johor-Singapore Causeway. Jumlah penduduk kota ini sekitar 497 ribu jiwa pada tahun 2010. Dahulu, kota ini bernama Tanjung Puteri / Iskandar Puteri dan merupakan ibu kota Kesultanan Johor. Perekonomian kota ini sangat dipengaruhi oleh Singapura karena letaknya yang sangat berdekatan. Bandara internasional utama di kota ini adalah Senai International Airport.

Apa saja landmark dan tempat wisata favorit para traveler di Johor Bahru? Berikut 8 di antaranya:

1. Masjid Negeri Sultan Abu Bakar

Masjid Negeri Sultan Abu Bakar
Masjid Negeri Sultan Abu Bakar
Masjid Negeri Sultan Abu Bakar (Sultan Abu Bakar State Mosque) adalah masjid negara yang terletak di Jalan Skudai, Johor Bahru. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1892 dan selesai pada tahun 1900 atas perintah Sultan Ibrahim. Masjid yang memiliki arsitektur perpaduan British Victorian – Moor - Melayu ini memiliki 4 minaret dan dapat menampung hingga 2.000 jamaah. Bagian dinding masjid didominasi oleh warna putih sedangkan bagian atap didominasi oleh warna biru. Arsitektur British Victorian tidak hanya terlihat pada bangunan masjid ini, tetapi juga terlihat pada beberapa bangunan di Johor yang dibangun pada saat yang sama. Nama Sultan Abu Bakar diambil dari nama ayah Sultan Ibrahim, Sultan Johor yang pada saat itu memerintahkan pembangunan masjid ini. Masjid ini terletak di atas sebuah bukit, dan dari bukit tersebut pengunjung juga bisa melihat pemandangan Selat Johor.

2. Danga Bay

Danga Bay
Danga Bay - foto oleh Emran Kassim
Danga Bay adalah taman rekreasi terbesar yang terletak di Johor. Tempat wisata ini terletak di dekat Istana Bukit Serene, sekitar 7 km dari pusat kota Johor Bahru. Area Danga Bay membentang sepanjang 25 km di pesisir pantai dan memiliki luas sekitar 180 hektar. Selain pesisir pantai, di Danga Bay juga terdapat resort, country garden, hotel, convention center, shopping mall, dan kompleks perumahan. Danga Bay bisa diakses dari pusat kota Johor Baru maupun dari Singapura melalui Jalan Skudai. Bisa juga dengan menggunakan railway, dan dari stasiun Johor Bahru, Danga Bay bisa dicapai hanya dengan waktu 10 menit.

3. Istana Besar

Istana Besar, Johor Bahru
Istana Besar - foto oleh AngMoKio
Sesuai dengan namanya, Istana Besar (Great Palace) merupakan istana kediaman Sultan Johor yang terletak di Johor Bahru. Istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1886 atas perintah Sultan Abu Bakar. Serupa dengan Masjid Negeri Sultan Abu Bakar, bangunan Istana Besar juga memiliki arsitektur perpaduan British Victorian – Melayu, dengan dominasi warna putih pada bagian dinding dan warna biru pada bagian atap. Saat ini, Istana Besar tidak lagi digunakan sebagai kediaman resmi Sultan Johor tetapi hanya digunakan untuk acara pelantikan dan perjamuan negara. Di bagian dalam istana terdapat museum negara, The Royal Abu Bakar Museum. Museum tersebut menampilkan berbagai koleksi benda pusaka dan sejarah Kesultanan Johor.

4. Istana Bukit Serene

Istana Bukit Serene
Istana Bukit Serene - foto oleh Aimanabdulharis
Selain Istana Besar, landmark serupa di Johor Bahru yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Istana Bukit Serene. Seperti namanya, Istana Bukit Serene merupakan kediaman resmi Sultan Johor yang terletak di tepi Selat Johor. Istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1933 dan selesai pada tahun 1939. Istana ini merupakan hadiah dari pemerintah Johor kepada Sultan Ibrahi. Di kompleks istana ini terdapat sebuah tower setinggi 35 meter. Dari tower tersebut, pengunjung bisa melihat wilayah Singapura, yang terletak di sebelah selatan Selat Johor. Selain bangunan utama, di kompleks istana ini juga terdapat taman yang las serta sebuah replika mahkota Kesultanan Johor.

5. Bangunan Sultan Ibrahim

Bangunan Sultan Ibrahim
Bangunan Sultan Ibrahim - foto oleh Emrank
Bangunan Sultan Ibrahim (Sultan Ibrahim Building) merupakan bangunan kesekretariatan negara yang terletak di Bukit Timbalan, Johor Bahru. Bangunan ini pertama kali dibangun pada tahun 1936, selesai pada tahun 1940, dan diresmikan oleh Sultan Ibrahim. Serupa dengan Istana Besar, Bangunan Sultan Ibrahim juga dibangun dengan arsitektur perpaduan British – Melayu dengan tambahan desain Sarasenic. Sejak diresmikan, bangunan ini merupakan yang tertinggi di Johor Bahru hingga tahun 1970, saat Merlin Tower diresmikan. Saat ini, kantor kesekretarian negara dan pemerintahan Johor telah dipindahkan ke Kota Iskandar. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Selasa, dan dibuka selama 24 jam.

6. Jalan Wong Ah Fook

Jalan Wong Ah Fook
Jalan Wong Ah Fook - foto oleh Terence Ong
Jalan Wong Ah Fook adalah sebuah jalan utama yang terletak di pusat kota Johor Bahru. Jalan ini hanya satu arah serta merupakan salah satu jalan raya tersibuk di kota ini. Di sebelah utara jalan ini terdapat Skudai Highway, dan di sebelah selatan terdapat Iskandar Coastal Highway. Nama jalan ini diambil dari nama Wong Ah Fook, seorang saudagar Cina yang datang ke wilayah Singapura pada tahun 1854 serta mengembangkan konstruksi dan berbagai bisnis lainnya. Wong Ah Fook dan Temenggung Daeng Ibrahim adalah dua orang yang pertama kali membangun kota Johor Bahru. Beberapa objek wisata yang ada di jalan ini antara lain Legaran Segget, Meldrum Walk, Johor Bahru City Square, dan Johor Bahru City Centre.

7. Legoland Malaysia Resort

Legoland Malaysia Resort
Legoland Malaysia Resort - foto oleh milst1
Legoland Malaysia Resort adalah theme park bertema lego yang terletak di Iskandar Putri, Johor, Malaysia. Taman bermain ini dibuka pada tahun 2012 oleh Sultan Johor, Sultan Ibrahim Ismail. Legoland memiliki luas 310.000 meter persegi dan dilengapi dengan lebih dari 40 atraksi wisata. Seperti namanya Legoland, maka atraksi wisata di taman ini hampir semuanya berkaitan dengan lego seperti menyusun lego menjadi rumah, mobil, gedung, dan lain sebagainya. Ada juga Lego Mindstorm, sejenis game dan robot milik Lego. Atraksi lainnya adalah Lego Duplo, ruangan bermain bagi khusus bagi anak-anak usia 2 – 6 tahun. Di bagian belakang taman terdapat kastil lego dengan ksatria dan para putri. Dan di bagian depan taman terdapat toko yang menjual aneka produk Lego seperti mainan, DVD, buku, dan aneka souvenir lainnya.

8. Gunung Pulai

Gunung Pulai, JohorBahru
Gunung Pulai
Tempat wisata terakhir bagi pecinta alam adalah Gunung Pulai Recreational Forest. Gunung Pulai terletak sekitar 35 km dari pusat kota Johor Bahru, dan sekitar 90 km dari Singapura. Gunung ini hanya memiliki ketinggian 654 meter dari permukaan laut sehingga sangat cocok untuk soft-trekking. Jalur trekking yang disediakan sekitar 10 km, yang terbagi menjadi 2 bagian: 5 km menanjak dan 5 km menurun. Selain hutan yang masih alami, di gunung ini juga terdapat air terjun. Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung harus melalui jalan poros Johor Bahru – Pontian, hingga mencapai pos pendakian yang terletak di Pekan Nenas. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dan tidak dipungut biaya sama sekali.
Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Johor Bahru, Malaysia. Informasi tentang tempat wisata di Kuala Lumpur, bisa dibaca di Wisata Kuala Lumpur. Informasi tentang destinasi wisata di Malaysia, bisa dibaca di Destinasi Wisata Malaysia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

2 komentar:

  1. terimakasih infonya :)
    salam kenal dari batam ya

    BalasHapus
  2. Makasih infonya sist, aku tertarik buat pergi ke Masjid Negeri Sultan Abu Bakar sama Istana Bukit Serene, kayaknya keren tuh tempatnya.

    BalasHapus