Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juni 26, 2016

8 Tempat Wisata Favorit di Osaka, Jepang

Salam Traveling!

Masih di Jepang, setelah Tokyo dan Kyoto, sekarang kita menuju ke kota tujuan wisata berikutnya di negara ini, yaitu Osaka.

Osaka (Osaka-shi) merupakan ibu kota Prefektur Osaka sekaligus kota terbesar kedua di Jepang setelah Tokyo. Kota ini tereletak di region Kansai. Osaka merupakan kota pelabuhan terbesar dan pusat perdagangan di Pulau Honshu. Jumlah penduduk kota ini lebih dari 2,6 juta jiwa pada tahun 2012. Secara geografis, Osaka terletak di muara Sungai Yodo, di tepi Teluk Osaka, wilayah tengah Pulau Honshu. Sejak Periode Edo, Osaka telah menjadi kota pusat perdagangan. Selain itu Osaka juga dijuluki sebagai “tenka no daidokoro” atau “dapur nasional” karena kota ini merupakan pusat perdagangan beras di seluruh wilayah Jepang. Bandara internasional utama di kota ini adalah Kansai International Airport (KIX).

Apa saja landmark dan tempat wisata favorit para traveler di Osaka? Berikut 8 di antaranya :

1. Osaka Castle

Osaka Castle
Osaka Castle - foto oleh Mc681
Osaka Castle (Osaka-jo) adalah sebuah kastil Jepang yang terletak di wilayah Chuo-ku, Osaka. Kastil ini merupakan salah satu landmark dan tempat wisata utama di Jepang, terutama saat festival Hanami (cherry blossom) pada musim semi. Selain itu, Osaka Castle juga memiliki peran penting dalam sejarah penyatuan wilayah Jepang selama abad ke-16, yang pada saat itu berada dalam masa kepemimpinan Azuchi Momoyama. Kastil ini pertama kali dibangun pada tahun 1583 dan digunakan hingga tahun 1868. Pada saat Restorasi Meiji dan Perang Dunia II, kastil ini dihancurkan, dan dibangun kembali oleh pemerintah kota pada tahun 1995. Luas area kastil sekitar 6 hektar dan memiliki 13 struktur bangunan penting yang merupakan aset kebudayaan Jepang, di antaranya Ote-mon, Sakura-mon, Ichiban-yagura, Inui-yagura, dan Kinmesui. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiapa hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.


2. Dotonbori

Dotonburi, Osaka
Dotonburi - foto oleh Type specimen
Dotonbori adalah sebuah kanal yang terletak di distrik Namba, wilayah Chuo-ku, Osaka. Kanal ini mengalir dari jembatan Dotonboribashi hingga ke jembatan Nipponbashi. Dotonbori ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada malam hari, saat area ini dihiasi oleh berbagai lampu dan iluminasi aneka macam signboard dan billboard di sekitar kanal. Yang paling terkenal adalah sebuah billboard milik perusahaan Glico, yang menampilkan gambar seorang pelari yang mencapai garis finish. Bagi warga lokal, gambar tersebut dianggap sebagai ikon Osaka. Area Dotonbori telah ada sejak tahun 1612. Selain sebagai tempat wisata favorit, Dotonburi juga merupakan pusat kuliner di Osaka. Berbagai macam restoran terdapat di area ini seperti Kinry Ramen, Kani Doraku, Otakoya, Zubora-ya, dan Cui-daore.


3. Osaka Aquarium Kaiyukan

Osaka Aquarium Kaiyukan
Osaka Aquarium Kaiyukan - foto oleh Teddy Yoshida
Osaka Aquarium Kaiyukan, atau sering disingkat dengan Kaiyukan, merupakan sebuah akuarium publik yang terletak di wilayah Minato-ku, Osaka. Akuarium ini terletak di dekat Teluk Osaka serta merupakan salah satu akuarium publik terbesar di dunia. Kaiyukan pertama kali dibuka pada tahun 1990. Di sini ditampilkan sekitar 29.000 hewan laut spesies hewan laut yang diletakkan di dalam tangki-tangki kaca. Total ada sekitar 27 tangki kaca yang dibagi ke dalam 16 tema, antara lain Tunnel Tank, Japanese Forest, Aleutian Islands, Monterey Bay, Panama Bay, Antartica, Great Barrier Reef, The Pacific Ocean, Japanese Trench, Deep Sea Zone, dan Jellyfish Area. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulau pukul 10 pagi hingga 8 malam. Di sebelah Kaiyukan, terdapat tempat wisata lainnya yaitu Tempozan Ferris Wheel.


4. Shitenno-ji

Shitenno-ji, Osaka
Shitenno-ji - foto oleh 663highland
Shitenno-ji, juga dikenal dengan nama Arahaka-ji, adalah sebuah kuil Budha yang terletak di wilayah Tennoji-ku, Osaka. Kuil ini merupakan kuil Budha pertama dan tertua di Jepang. Shitenno-ji pertama kali dibangun pada tahun 593 oleh Pangeran Shotoku untuk memuja Dewa Kannon (Avilokiteshvara). Kuil ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu Kyoden-in (bagian agama dan pendidikan), Hiden-in (bagian kesejahteraan), Ryobyo-in (rumah sakit), dan Seiyaku-in (bagian obat-obatan). Bangunan utama kuil sendiri terdiri atas sebuah pagoda bertingkat lima, sebuah paviliun utama (Kondo), sebuah hall (Kodo). Di bagian halaman terdapat 4 gerbang yaitu Nandaimon (gerbang selatan), Higashi-no-omon (gerbang timur), Nishi-no-omon (gerbang barat), dan sebuah torii Gokuraku-jodo di sebelah timur. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore.


5. Tsutenkaku

Tsutenkaku, Osaka
Tsutenkaku
Tsutenkaku (Tower Reaaching Heaven) adalah sebuah tower sekaligus tempat wisata yang terletak di distrik Shinsekai, wilayah Naniwa-ku, Osaka. Tower milik perusahaan Tsutenkaku Kanko ini memiliki bentuk segi delapan dan tinggi total 103 meter. Tower ini juga memiliki observatory deck dengan ketinggian 91 meter yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Tsutenkaku sebenarnya merupakan tower kedua yang dibangun di tempat yang sama. Tower pertama dibangun pada tahun 1912 dengan tinggi 64 meter dengan bentuk perpaduan antara Eiffel Tower dan Arc de Triomphe. Pada tahun 1943 tower pertama tersebut mengalami kebakaran parah dan pada tahun 1956 dibangunlah tower Tsutenkaku seperti yang ada pada saat ini. Di lantai ke-5 observatory deck terdapat boneka Billiken (Dewa Kebahagiaan). Di salah satu sisi tower terdapat tulisan “HITACHI” yang merupakan sponsor tower ini sejak tahun 1957. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.


6. Tennoji Park

Tennoji Park, Osaka
Tennoji Park - foto oleh 663highland
Tennoji Park (Tennoji Koen) merupakan taman kota sekaligus kebun botani yang terletak di wilayah Tennoji-ku, Osaka. Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 di atas area seluas 28,8 hektar. Selain berbagai macam tumbuhan hijau dan bunga, di Tennoji Park juga terdapat beberapa objek wisata lainnya seperti aneka macam patung, rumah kaca (greenhouse), Tennoji Zoo, Osaka Municipal Museum of Art, Keitakuen Garden, dan Chausuyama Tomb. Di Tennoji Zoo sendiri terdapat sekitar 1.500 binatang yang terdiri dari 300 spesies, termasuk di antaranya adalah koala, panda, gajah, dan burung kiwi. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 9.30 hingga pukul 4 sore.


7. National Museum of Art, Osaka

National Museum of Art, Osaka
National Museum of Art - foto oleh 663highland
Seperti namanya, National Museum of Art (Kokuritsu Kokusai Bijutsukan) atau sering disingkat dengan NMAO, adalah museum seni nasional yang terletak di wilayah Kita-ku, Osaka. Museum berkonsep bawah tanah ini dibangun di atas sebuah pulau kecil yang bernama Nakanoshima, di antara Sungai Dojima dan Sungai Tosabori. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 2004. Yang unik dari museum ini adalah arsitektur bangunan luar yang berkonsep modern art yang disebut dengan Pelli’s building. Koleksi museum ini sebagian besar berupa karya seni pada era setelah perang. Selain itu, juga terdapat beberapa karya seni Paul C├ęzanne, Pablo Picasso, Max Ernst, dan Tsuguharu Foujita. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore. Di sebelah National Museum of Art, terdapat Osaka Science Museum yang juga merupakan objek wisata favorit para wisatawan.


8. Universal Studios Japan

Universal Studios Japan, Osaka
Universal Studios Japan
Jika di Tokyo ada Tokyo Disneyland, maka di Osaka ada Universal Studios Japan (USJ). Universal Studios Japan adalah taman hiburan dan theme park milik Universal Parks & Resorts yang terletak di Teluk Osaka, wilayah Konohara-ku, Osaka. Taman hiburan ini merupakan 1 dari 4 Universal Parks yang ada di dunia; 3 lainnya adalah Universal Studios Hollywood, Universal Orlando Resort, dan Universal Sudios Singapore. Taman hiburan ini pertama kali dibuka pada tahun 2001 di atas area seluas 54 hektar. Beberapa atraksi utama yang tersedia antara lain Hollywood Dream, The Amazing Adventures of Spider-Man, Space Fantasy, Jurassic Park, Snoopy Studios, Hello Kitty’s Fashion Avenue, Sesame Street Fun Zone, Water World, Amit Village, dan The Wizarding World of Harry Potter.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Osaka, Jepang. Informasi tentang tempat wisata di Tokyo, bisa dibaca di Wisata Tokyo. Informasi tentang tempat wisata di Kyoto, bisa dibaca di Wisata Kyoto. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!








Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar