Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 04, 2016

8 Destinasi Wisata di Selandia Baru yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Masih di Oseania, setelah Australia, sekarang kita akan menuju ke Selandia Baru.

Selandia Baru (New Zealand) adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di wilayah barat-daya Samudra Pasifik. Negara ini terdiri atas 2 pulau utama yaitu North Island (Te Ika-a-Maui) dan South Island (Te Waipounamu); serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dari Australia, Selandia Baru berjarak sekitar 1.500 km di sebelah tenggara, dan dari negara-negara Kepulauan Pasifik, negara ini berjarak sekitar 1.000 km di sebelah selatan. Karena letaknya yang terpencil, Selandia Baru menjadi salah satu negara yang paling akhir dihuni oleh penduduk. Ibu kota negara Selandia Baru terletak di Wellington, tetapi kota terbesarnya adalah Auckland. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Inggris dan Maori. Mata uang resminya adalah New Zealand Dollar (NZD). Bandara internasional utama di negara ada 2 yaitu Auckland International Airport (AKL)di North Island dan Christchurh International Airport (CHC) di South Island.

Apa saja destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Selandia Baru? Berikut 8 di antaranya :

1. Auckland

Auckland, Selandia Baru
Auckland - foto oleh ChewyPineapple
Auckland merupakan kota terbesar di North Island sekaligus di seluruh wilayah Selandia Baru. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang isthmus (tanah genting) antara Inlet Mangere dan Sungai Tamaki, wilayah utara North Island. Karena letaknya di sepanjang isthmus, Auckland diapit oleh 2 pelabuhan alam besar yaitu Waitemata Harbour di sebelah utara yang bermuara di Teluk Hauraki, dan Manukau Harbour di sebelah selatan yang bermuara di Laut Tasman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,4 juta jiwa pada tahun 2015. Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama Tāmaki Makaurau. Nama Auckland sendiri diadaptasi dari Bahasa Maori, Ākarana. Auckland merupakan salah satu kota di dunia yang memiliki populasi penduduk asli Polynesia terbanyak. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Sky Tower, Waiheke Island, Rangitoto Island, Auckland Domain, dan Queen Street.

2. Queenstown

Queenstown, Selandia Baru
The Remarkables, Queenstown - foto oleh Ben Robinson
Queenstown adalah sebuah kota wisata yang terletak di region Otago, South Island. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang inlet yang disebut Queenstown Bay, di tepi Danau Wakatipu. Danau Wakatipu sendiri merupakan sebuah danau yang berbentuk memanjang menyerupai huruf Z, yang terbentuk akibat aktivitas gletser. Dari Queenstown, pengunjung bisa melihat berbagai deretan pegunungan di sekitar danau tersebut seperti The Remarkables, Cecil Peak, Walter Peak, Ben Lomond, dan Queenstown Hill. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 13 ribu jiwa pada tahun 2015. Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama Tāhuna. Queenstown sangat popular sebagai tujuan wisata terutama ski. Setidaknya ada 4 area wisata ski di kota ini yaitu Cardrona Alpine Resort, Coronet Peak, The Remarkables, dan Treble Cone. Selain ski, d dekat Queenstown juga terdapat area wisata perkebunan anggur yaitu Two Paddocks dan Arrowtown.


3. Christchurch

Christchurch, Selandia Baru
Christchurch - foto oleh edwin.11
Christchurch merupakan kota terbesar di South Island sekaligus pusat region Canterbury. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang pantai timur South Island, di sebelah utara Bank Peninsula. Di wilayah tengah kota ini mengalir sebuah sungai yang dinamakan Sungai Avon (Avon River). Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama Ōtautahi. Jumlah penduduk kota ini sekitar 367 ribu jiwa pada tahun 2015. Bagi penduduk Selandia Baru, nama Christchurch sering disingkat dengan Chch. Christchrch termasuk salah satu kota di dunia yang sering dilanda gempa bumi. Selain itu, karena letaknya di belahan bumi selatan, Christchurch juga sering dijadikan pintu gerbang bagi ekspedisi ke Antartika. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain International Antartic Centre, TranzAlpine, Christchurch Art Centre, Willowbank Wildlife Reserve, Hagley Park, dan Christchurch Botanic Gardens.

4. Rotorua

Rotorua, Selandia Baru
Rotorua - foto oleh Ian Armstrong
Rotorua adalah sebuah kota yang terletak di region Bay of Plenty, North Island. Secara geografis, kota ini terletak di tepi selatan Danau Rotorua, wilayah utara North Island. Danau Rotorua sendiri merupakan kumpulan dari 17 danau yang semuanya berada di wilayah kota ini. Rotorua juga merupakan pusat Rotorua District. Dari Auckland, kota ini berjarak sekitar 230 km di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama Te-Rotorua-nui-a-Kahumatamomoe. Jumlah penduduk kota in sekitar 69 ribu jiwa pada tahun 2015. Rotorua terkenal dengan objek wisata geyser dan mud pool (kolam lumpur panas), yang paling populer adalah Geyser Pohutu yang terletak di area Whakarewarewa. Selain geyser, objek wisata utama lainnya di kota ini adalah Danau Rotorua, Sungai Kaituna, Polynesian Spa, Government Gardens, Tamaki Maori Village, dan Hutan Whakarewarewa.


5. Wellington

Wellington, Selandia Baru
Wellington
Wellington merupakan ibu kota negara Selandia Baru sekaligus ibu kota negara yang letaknya paling selatan di dunia. Secara geografis, kota ini terletak di ujung selatan North Island, di antara Selat Cook dan Pegunungan Rimutaka. Wellington merupakan pusat region Wellington, yang terdiri dari 4 kota yaitu Wellington, Porirua, Lower Hutt, dan Upper Hut. Dalam Bahasa Maori, kota ini ber nama yaitu Te Whanga-nui-a-Tara. Wellington merupakan kota terbesar kedua di North Island setelah Auckland, dengan jumlah penduduk sekitar 398 ribu jiwa pada tahun 2015. Sebagai ibu kota negara, Wellington merupakan pusat pemerintahan dan politik di Selandia Baru. Di kota ini terdapat gedung parlemen sekaligus berbagai kantor pemerintahan. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Museum of New Zealand (Te Papa Tongarewa), Museum of Wellington City & Sea, Zealandia, Wellington Zoo, Wellington Botanical Gardens, dan Wellington Cable Car.

6. Dunedin

Dunedin, Selandia Baru
Dunedin - foto oleh Nathan Hughes Hamilton
Dunedin merupakan pusat region Otago sekaligus kota terbesar kedua di South Island setelah Christchurch. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Otago Harbour, pantai tenggara South Island. Dalam Bahasa Maori, kota ini bernama Ōtepoti. Jumlah penduduk kota ini sekitar 125 ribu jiwa pada tahun 2015. Dunedin dulunya merupakan kota dengan wilayah terluas di Selandia Baru, hingga dibentuknya Auckland Council pada tahun 2010. Di kota ini terdapat University of Otago, yang merupakan perguruan tinggi tertua di negara ini. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Otago Peninsula, Toitū Otago Settlers Museum, Hocken Collections, Dunedin Railway Station, dan St Clair Beach.


7. Taupo

Taupo, Selandia Baru
Taupo - foto Kiwi Flickr
Taupo adalah kota wisata yang terletak di tepi timur-laut Danau Taupo (Lake Taupo), danau terbesar di Selandia Baru. Kota ini terletak di region Waikato, wilayah tengah North Island. Wilayah Taupo dialiri oleh Sungai Waikato yang mengalir dari Danau Taupo, serta merupakan sungai terpanjang di negara ini. Danau Taupo juga merupakan danau terbesar kedua di wilayah Oseania setelah Danau Murray di Papua Nugini. Nama Taupo berasal dari Bahasa Maori, dengan nama lengkap Taupō-nui-a-Tia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 23 ribu jiwa pada tahun 2015. Selain Danau Taupo, objek wisata utama lainnya di kota ini antara lain Huka Falls, Huka Prawn Park, Tongariro National Park, dan Kaingaroa Forest.

8. Wanaka

Wanaka, Selandia Baru
Wanaka - foto oleh Markus Koljonen
Sama seperti Taupo, Wanaka juga merupakan kota wisata yang terletak di tepi danau. Bedanya, Wanaka terletak di tepi selatan Danau Wanaka, region Otago, wilayah tengah South Island. Danau Wanaka merupakan danau terbesar keempat di Selandia Baru. Dari danau ini mengalir Sungai Clutha yang melalui wilayah kota Wanaka. Selain terletak di tepi danau, Wanaka juga merupakan pintu gerbang menuju ke objek wisata Mount Aspiring National Park, yang terletak di Pegunungan Southern Alps. Nama Wanaka diambil dari Bahasa Maori. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 7 ribu jiwa pada tahun 2015. Selain Danau Wanaka dan Mount Aspiring National Park, objek wisata utama lannya di kota ini antara lain Treble Cone, Puzzling World, Paradiso Cinema, dan festival Warbirds over Wanaka. Pada musim dingin, Wanaka juga merupakan lokasi populer untuk menyaksikan aurora Southern Lights.

Nah, itulah 8 kota tujuan wisata utama di Selandia Baru. Untuk melihat foto-foto di negara ini, bisa dilihat di Galeri Foto Selandia Baru. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar