Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 31, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Salam Traveling!

Masih di Uni Emirat Arab, setelah Dubai, sekarang kita akan berwisata ke ibu kota negara ini, yaitu Abu Dhabi.

Abu Dhabi merupakan ibu kota negara Uni Emirat Arab sekaligus kota terbesar kedua di negara ini setelah Dubai. Kota ini juga merupakan ibu kota Emirat Abu Dhabi, emirat terbesar di negara ini. Secara geografis, Abu Dhabi terletak di sebuah pulau di Teluk Persia, wilayah pantai barat Uni Emirat Arab. Dengan daratan utama Jazirah Arab, kota ini dihubungkan oleh 3 jembatan : Maqta Bridge, Mussafah Bridge, dan Sheikh Zayed Bridge. Jumlah penduduk kota ini sekitar 1,5 juta jiwa pada tahun 2014. Sebagai ibu kota negara, di Abu Dhabi terdapat berbagai kantor pemerintahan sekaligus kediaman resmi Presiden Uni Emirat Arab. Kota ini juga merupakan pusat politik, industri, perdagangan, dan kebudayaan di negara ini. Bandara utama di kota ini adalah Abu Dhabi International Airport (AUH).

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang ada di Abu Dhabi ? Berikut 8 di antaranya :

1. Sheik Zayed Grand Mosque

Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi
Sheikh Zayed Grand Mosque, Abu Dhabi
Sheik Zayed Grand Mosque merupakan masjid utama yang terletak di Sheikh Rashid bin Saeed Street, Abu Dhabi. Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1996 dan resmi dibuka pada tahun 2007. Masjid ini dibangun di atas area seluas 12 hektar serta merupakan masjid terbesar di negara Uni Emirat Arab. Bangunan masjid dibangun dengan arsitektur perpaduan Persia, Mughal, dan Moor, serta bagian eksterior dan interiornya didominasi oleh warna putih. Masjid ini memiliki 82 kubah, 4 minaret setinggi 107 meter, serta kapasitas hingga 41.000 jamaah. Di kompleks masjid ini terdapat sebuah perpustakaan dengan berbagai koleksi buku-buku Islami yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Di halaman dalam masjid juga terdapat kolam yang dihiasi dengan iluminasi cahaya mengikuti cahaya bulan.

2. Heritage Village Abu Dhabi

Abu Dhabi Heritage Village
Abu Dhabi Heritage Village
Serupa dengan Al Bastakiya di Dubai, Abu Dhabi Heritage Village merupakan area wisata yang menunjukkan kehidupan tradisional masyarakat Emirat. Kompleks wisata ini terletak di tepi pantai Abu Dhabi, tepatnya di dekat Marina Mall, Breakwater. Area wisata ini dikelola oleh Emirates Heritage Club. Beberapa hal dilihat di area wisata ini antara lain kehidupan tradisional masyarakat Arab di oasis dan gurun, sistem irigasi tradisional Arab (falaj), dan museum terbuka dengan koleksi aneka macam artifak tradisional Arab. Di kompleks ini juga terdapat bengkel dimana para pengrajin menunjukkan keahlian mereka dalam membuat barang-barang logam dan keramik. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Sabtu hingga Kamis, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.


3. Qasr Al Hosn

Qasr Al Hosn, Abu Dhabi
Qasr Al Hosn, Abu Dhabi
Qasr Al Hosn, juga dikenal dengan nama White Fort, merupakan kompleks benteng yang terletak di Sheik Zayed the First Street, Abu Dhabi. Kompleks benteng berwarna putih ini pertama kal dibangun pada tahun 1761 serta merupakan bangunan tertua di Abu Dhabi. Selain sebagai benteng, bangunan ini juga pernah digunakan sebagai tempat tinggal resmi pemimpin (emir) Abu Dhabi, yaitu Sheikh Shakbhut bin Dhiyab Al Nahyan. Hingga tahun 1966, bangunan ini tetap menjadi kediaman resmi keluarga emir, sehingga sering dijuluki sebagai Al Hosn Palace. Pada tahun 1976, bangunan ini kemudian diubah menjadi museum dan dibuka untuk publik.

4. Observation Deck at 300

Observation Deck at 300, Abu Dhabi
Observation Deck at 300, Abu Dhabi
Jika di Dubai terdapat Burj Khalifa dengan observation deck-nya, maka di Abu Dhabi juga terdapat Observation Deck at 300 yang terletak di Jumeirah Hotel, Etihad Tower, Abu Dhabi. Sesuai dengan namanya, Observation Deck at 300 merupakan sebuah dek observasi yang terletak pada ketinggian 300 meter dari permukaan tanah. Dek ini terletak di lantai 74, Tower 2, Etihad Tower. Dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati panorama kota Abu Dhabi dari ketinggian 300 meter. Biaya masuk ke tempat wisata ini sebesar AED 75, dan pengunjung bisa me-redeem sebesar AED 50 untuk ditukar dengan voucher makanan dan minuman. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.


5. Abu Dhabi Corniche

Abu Dhabi Corniche
Abu Dhabi Corniche
Abu Dhabi Corniche merupakan area di sepanjang pesisir pantai barat Abu Dhabi. Area ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu Corniche Road dan Corniche Beach. Area Corniche Road membentang sepanjang 8 km serta sebagian besar berupa jalan setapak, jalur bersepeda, playground, taman-taman, restoran, dan cafe. Sedangkan Corniche Beach merupakan area pantai yang membentang mulai dari Hilton Hotel hingga ke Khaleej Al Arabi Street. Selain bisa dinikmati dengan berjalan kaki, wisatawan yang datang ke tempat ini umumnya menyewa sepeda untuk berkeliling. Salah satu penyewaan sepeda yang terkenal adalah FunRideSports yang terletak di dekat The Hiltonia Beach Club. Biaya penyewaan sepeda mulai dari AED 30 per jam untuk dewasa dan AED 20 per jam untuk anak-anak.

6. Emirates Park Zoo

Emirates Park Zoo, Abu Dhabi
Emirates Park Zoo
Emirates Park Zoo merupakan kebun binatang yang terletak di wilayah Al Bahia, sekitar 35 km dari pusat kota Abu Dhabi. Kebun binatang ini dibagi menjadi 2 area yaitu “Predators” dan “Wild Animals”. Di sini terdapat sekitar 1.700 satwa, yang paling terkenal adalah sepasang harimau putih yang telah berusia lebih 31 tahun dan seekor beruang Siberia yang memiliki berat tubuh lebih drai 300 kg. Hewan-hewan lain yang terdapat di kebun binatang ini antara lain singa, macan, zebra, jerapah, gajah, flamingo, dan lain sebagainya. Di bagian “Petting Zoo” terdapat hewan-hewan jinak yang bisa dipegang atau diberi makan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam. Biaya tiket masuk sebesar AED 25 untuk dewasa dan AED 10 untuk anak-anak.


7. Yas Island

Yas Island, Abu Dhabi
Yas Island, Abu Dhabi
Yas Island adalah sebuah pulau artifisial yang terletak di Abu Dhabi. Pulau seluas 2.500 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 2006 oleh perusahaan Aldar Properties. Dari Abu Dhabi, pulau ini bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Di Yas Island terdapat beberapa landmark utama Abu Dhabi seperti Ferrari World, Yas Waterworld, Yas Marina Circuit, Yas Viceroy, dan Yas Links. Di sebelah selatan pulau ini juga terdapat sebuah pantai yang disebut Yas Beach. Di pulau ini juga terdapat Yas Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Abu Dhabi.

8. Aldar Headquaters Building

Aldar Headquarters Building - foto oleh FritzDaCat
Jika di Dubai ada Burj Al Arab dengan bentuknya yang unik, maka di Abu Dhabi ada Aldar Headquarters Building, yang juga memiliki bentuk unik. Aldar Headquarters merupakan bangunan pertama di Timur Tengah yang berbentuk lingkaran. Bangunan ini terletak di Al Raha Beach, Abu Dhabi, serta merupakan gedung perkantoran milik Aldar Properties, perusahaan konstruksi Abu Dhabi yang membangun pulau artificial Yas Island. Aldar Headquaters pertama kali diresmikan pada tahun 2010. Bangunan ini memiliki tinggi keseluruhan 121 meter dengan 23 lantai. Karena keunikan bentuknya ini, Aldar Headquarters mendapat penghargaan sebagai "Best Futuristic Design" oleh The Building Exchange (BEX) Conference di Spanyol.

Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar