Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Juli 12, 2016

Wisata Edinburgh, Kota Cantik sekaligus Ibu Kota Negara Skotlandia

Salam Traveling!

Masih di United Kingdom, setelah London, Inggris, sekarang kita menuju ke kota wisata selanjutnya yaitu Edinburgh, Skotlandia.

Edinburgh merupakan ibu kota country Skotlandia (Scotland) sekaligus kota terbesar kedua di negara ini setelah Glasgow. Secara geografis Edinburgh terletak di region Lothian, di muara Sungai Forth (Firth of Forth), wilayah pantai timur Skotlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 464 ribu jiwa pada tahun 2014. Di area Old Town (Auld Toun) terdapat berbagai bangunan historis seperti Edinburgh Castle, Holyrood Palace, dan St. Giles Cathedral. Sedangkan area New Town didominasi oleh bangunan-bangunan berarsitektur Georgian yang dibangun pada abad ke-18. Kedua area tersebut, Old Town dan New Town, dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site pada tahun 1999. Di Edinburgh terdapat Univeristy of Edinburgh, yang merupakan salah satu universitas tertua di United Kingdom serta memiliki peringkat terbaik di dunia. Bandara internasional utama di kota ini adalah Edinburgh Airport, yang juga merupakan bandara tersibuk di Skotlandia.

Apa saja landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Edinburgh? Berikut 8 di antaranya:

1. Calton Hill

Calton Hill, Edinburgh
Calton Hill - foto oleh Jeremy Nelson
Calton Hill adalah sebuah bukit yang terletak di ujung timur Princes Street, wilaya sentral Edinburgh. Bukit ini memiliki ketinggian 103 meter dari permukaan laut serta termasuk dalam UNESCO World Heritage Site. Di bukit inilah terletak berbagai bangunan pemerintahan Kerajaan Skotlandia seperti St. Andrew’s House, Scottish Parliament Building, dan Holyrood Palace. Selain itu, di bukit ini juga terdapat beberapa landmark dan bangunan penting lainnya seperti National Monument, Nelson Monument, Dugald Stewart Monument, Old Royal High School, Robert Burns Monument, Political Martyrs’ Monument, dan City Observatory.

2. Edinburgh Castle

Edinburgh Castle
Edinburgh Castle - foto oleh Kim Traynor
Edinburgh Castle adalah kompleks benteng kerajaan yang terletak di wilayah Castle Rock, Old Town, Edinburgh. Menurut penelitian para ahli arkeologi, area Castle Rock tersebut telah dihuni oleh manusia sejak zaman besi (Iron Age), sekitar tahun 200 masehi. Bangunan kastil sendiri baru dibangun pada sekitar abad ke-12 sebagai tempat tinggal para keluarga Kerajaan Skotlandia, hingga abad ke-16. Sejak abad ke-17, area di sekitar Castle Rock digunakan sebagai pusat militer dan pertahanan. Beberapa bagian kastil yang sering dikunjungi antara lain Esplanade, Portcullis Gate & Argyle Tower, Royal Palace, Great Hall, Queen Anne Building, Scottish National War Memorial, dan St. Margaret’s Chapel yang merupakan bangunan tertua di Edinburgh. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap har mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 6 sore.


3. Holyrood Palace

Holyrood Palace, Edinburgh
Holyrood Palace - foto oleh Kim Traynor
Holyrood Palace, nama resminya Palace of Holyroodhouse, merupakan kediaman resmi keluarga Kerajaan British di Skotlandia. Istana kerajaan ini terletak di wilayah Royal Mile, Edinburgh, di seberang Edinburgh Castle. Bangunan berarsitektur Neoclassical ini pertama kali dibangun pada abad ke-16 sebagai tempat tinggal utama Raja dan Ratu Kerajaan Skotlandia. Hampir semua bagian istana dibuka untuk publik kecuali beberapa bagian yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga keraajaan. Beberapa bagian istana yang sering dikunjungi adalah 17th century Apartments, North-west Tower, dan taman-taman di sekeliling istana. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 6 sore.

4. Arthur’s Seat

Arthur's Seat, Edinburgh
Arthur's Seat - foto oleh David Monniaux
Arthur’s Seat merupakan puncak utama dari semua deretan pegunungan di Edinburgh. Puncak setinggi 251 meter ini terletak di wilayah tengah kota Edinburgh, sekitar 1,6 km di sebelah timur Edinburgh Castle. Menurut legenda setempat, nama Arthur’s Seat diambil dari nama King Arthur. Beberapa pegunngan di sekitar bukit ini juga memiliki nama serupa, seperti Ben Arthur (The Cobbler) dan Arthur’s Chair. Dari Arthur’s Seat, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Edinburgh, sehingga puncak in sangat populer untuk aktivitas hillwalking. Untuk mencapai puncak bukit, jalur yang sering digunakan adalah dari sebelah timur, di sekitar Dunsaipe Loch.


5. Royal Botanic Garden Edinburgh

Royal Botanic Gardens Edinburgh
Royal Botanic Gardens Edinburgh - foto oleh Calum McRoberts
Royal Botanic Garden Edinburgh (RBGE) adalah kebun botani dan pusat konservasi tanaman milik pemerintah Skotlandia yang terletak di Inverleith Row, Edinburgh. Selain sebagai tempat wisata, kebun botani seluas 28 hektar ini juga merupakan pusat penelitian tumbuh-tumbuhan. Koleksi tumbuhan hidup yang terdapat di kebun botani ini berjumlah lebih dari 13.302 spesies. Dan di bagian herbarium, terdapat lebih dari 3 juta specimen tumbuhan. Royal Botanic Garden pertama kali dibangun pada tahun 1670 di St. Anne’s Yard, dekat Holyrood Palace, dan merupakan kebun botani tertua kedua di United Kingdom, setelah University of Oxford Botanic Garden. Pada tahun 1820, kebun botani ini dipindahkan ke lokasinya saat ini. Di kebun ini terdapat sebuah palm house yang tertinggi di seluruh United Kingdom. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

6. HMY Britannia

HMY Britannia
HMY Britannia - foto oleh Tony Hisgett
HMY Britannia, juga dikenal dengan nama Royal Yacht Britannia, dulunya merupakan kapal kerajaan sekaligus museum yang terletak di Ocean Terminal, Leith, Edinburgh. Kapal ini pertama kali diresmikan pada tahun 1953, dan digunakan oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 1954 hingga 1997. HMY Britannia pertma kali dibuat oleh perusahaan John Brown & Co. Ltd yang terletak di Clydebank, West Durbartonshire. Kapal ini memiliki panjang 126 meter, lebar 37 meter, serta dapat menampung hingga 250 tamu dan 21 kru kapal. Saat ini, HMY Britannia merupakan bagian dari National Historic Fleet dan merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi di Port of Leith, Edinburgh. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 4.30 sore.


7. Camera Obscura

Camera Obscura, Edinburgh
Camera Obscura - foto oleh Christian Michelides
Camera Obscura and World of Illusions merupakan museum bertema ilusi optik yang terletak di wilayah Royal Mile, Edinburgh. Museum ini terletak tidak jauh dari Holyrood Palace dan Edinburgh Castle. Museum ini pertama kali dibangun pada abad ke-18 oleh Thomas Short, seorang ahli instrumen di Edinburgh. Pada saat itu, museum ini hanyalah sebuah menara observatorium yang disebut dengan Short’s Observatory. Pada tahun 1892, menara tersebut kemudian diubah menjadi museum dengan nama Outlook Tower. Saat ini, bangunan Camera Obscura memiliki 6 lantai yang menampilkan berbagai aspek ilusi optik, cahaya, warna, puzzle, mirror maze, dan vortex tunnel. Selain sebagai tempat wisata, museum ini juga digunakan sebagai pusat ilmu pengetahuan tentang ilusi optic di Edinburgh. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

8. Princes Street

Princes Street, Edinburgh
Princes Street - foto oleh kilnburn
Princes Street merupakan sebuah jalan utama sekaligus pusat perbelanjaan yang terletak di wilayah sentral Edinburgh. Jalan ini terletak di ujung selatan New Town, sekitar 1,6 km dari Lothian Road. Dari jalan ini pengunjung bisa melihat panorama Old Town serta Edinburgh Castle. Berbagai petokoan dan shopping mall ternama di Skotlandia terletak di jalan ini seperti Boots, BHS, H&M, Debenhams, dan House of Fraser. Di bagian selatan jalan juga terdapat beberapa objek wisata seperti taman kota, teater open-air, war memorial, floral clock, Royal Scottish Academy, dan National Gallery of Scotland. Jalan ini ditutup bagi penggunan mobil pribadi, dan hanya bisa dilalui oleh tram, bis, taksi, sepeda, dan pejalan kaki.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Edinburgh, kota cantik sekaligus ibu kota negara Skotlandia, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar