Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 10, 2016

8 Destinasi Wisata Favorit di Belgia yang Wajib Kamu Kunjungi

Salam Traveling!

Setelah Jerman, Prancis, dan Belanda, negara selanjutnya di Eropa Barat yang akan kita kunjungi adalah Belgia.

Belgia (Kingdom of Belgium / Koninkrijk België) adalah sebuah negara monarki yang terletak di wilayah Eropa Barat. Wilayah negara ini relatif kecil, tetapi memiliki jumlah penduduk yang cukup padat. Secara geografis, Belgia berbatasan dengan Belanda di sebelah utara, dengan Jerman dan Luxembourg di sebelah timur, dengan Prancis di sebelah selatan, dan dengan Laut Utara (North Sea) di sebelah barat. Wilayah negara ini dibagi menjadi 3 region: Flemish (Flanders) yang didominasi oleh Bahasa Belanda, Walloon (Walloonia) yang didominasi oleh Bahasa Prancis, dan Brussels Capital Region yang merupakan region bilingual. Ibu kota negara ini terletak di Brussels. Ada 3 bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk Belgia yaitu Belanda, Prancis, dan Jerman. Mata uang resminya adalah Euro (EUR). Bandara internasional utama di negara ini adalah Brussels Airport.

Nah, jika teman-teman berkunjung ke Belgia, di mana saja kota-kota dan destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi? Berikut 8 di antaranya:

1. Brussels

Old Town, Brussels
Brussels, Belgia
Brussels, nama resminya Brussels-Capital Region, merupakan 1 dari 3 region yang membentuk negara Belgia. Region ini terdiri atas 19 kotamadya, dan salah satu di antaranya adalah City of Brussels (Ville de Bruxelles / Stad Brussel), yang merupakan ibu kota negara Belgia. Jumlah penduduk region ini sekitar 1,1 juta jiwa pada tahun 2016. Wilayah Brussels merupakan enclave dari region Flemish, yang didominasi oleh Bahasa Belanda. Meski demikian, Brussels merupakan region bilingual, artinya di region ini penduduk menggunakan 2 bahasa yaitu Belanda dan Prancis. Sejak Perang Dunia II berakhir, Brussels telah menjadi kota pusat politik internasional. Kota ini merupakan ibu kota Uni Eropa (European Union). Di Brussels juga terdapat sejumlah institusi penting Uni Eropa serta kantor pusat NATO. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Grand Place, Town Hall, Mini-Europe, Atomium, dan Cinquantenaire. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di Wisata Brussels.


2. Bruges

Bruges, Belgia
Bruges - foto oleh Hans Hillewaert
Bruges (Brugge) merupakan ibu kota provinsi West Flanders, region Flemish, wilayah barat-laut Belgia. Kota ini terkenal dengan kanal-kanal, gang-gang kecil, dan bangunan-bangunan klasik khas abad pertengahan. Sama seperti Amsterdam dan Stockholm, Bruges juga sering dijuluki sebagai Venice of the North. Jumlah penduduk kota ini sekitar 118 ribu jiwa pada tahun 2016. Area Old Town kota ini dimasukkan ke dalam UNESCO World Heritage Site dengan nama Historic Centre of Bruges. Landmark yang terkenal di kota ini adalah sebuah menara lonceng (Belfry) yang telah dibanguan sejak abad ke-13, dan gereja Church of Our Lady yang memiliki tinggi mencapai 122 meter. Landmark terkenal lainnya antara lain Béguinage, Basilica of the Holy Blood, Concertgebouw, City Hall, dan Markt (Market Square). Dari Brussels, Bruges berjarak sekitar 100 km dan dapat dicapai dengan bis maupun kereta melalui Station Brugge.


3. Antwerp

Antwerp, Belgia
Antwerp - foto oleh Jules Grandgagnage
Antwerp merupakan ibu kota provinsi Antwerp, region Flemish, wilayah utara Belgia. Kota ini terletak di sepanjang Sungai Scheldt, yang mengalir ke North Sea melalui estuary Westerschelde. Pelabubah Antwerp merupakan salah pelabuhan terbesar di dunia, serta terbesar kedua di Eropa. Jumlah penduduk kota ini sekitar 517 ribu jiwa pada tahun 2016. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Antwerp Zoo, City Hall, Central Station, Cathedral of Our Lady, Museum Vleeshui, Grote Markt (Main Square), Het Steen, Boerentoren, Rubenshuis, dan Den Botaniek. Dari Brussels, Antwerp berjarak sekitar 55 km di sebelah utara, dan dapat dicapai dengan bis maupun kereta melalui stasiun Antwerpen-Centraal.


4. Ghent

Ghent, Belgia
Ghent - foto oleh Gregd1957
Ghent (Gent) adalah sebuah kota yang terletak di provinsi East Flanders, region Flemish, wilayah utara Belgia. Kota ini terletak di persimpangan Sungai Scheldt dan Sungai Leie. Jumlah penduduk kota ini sekitar 257 ribu jiwa pada tahun 2016. Sejak abad pertengahan, Ghent telah menjadi salah satu kota terbesar dan terkaya di wilayah utara Eropa. Saat ini, Ghent terkenal sebagai kota pelabuhan dan perguruan tinggi Ghent University (Universiteit Ghent / UGent), yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di dunia. Landmark dan objek wisata utama di Ghent antara lain Gravensteen Castle, Saint Bavo Cathedral, Ghent Altarpience, Ghent Belfry, dan Museum voor Schone Kunsten (Museum of Fine Arts). Dari Brussels, Ghent berjarak sekitar 56 km di sebelah barat, dan bisa dicapai dengan kereta melalui stasiun Gent-Sint-Pieters.


5. Liège

Liège, Belgia
Liège
Liège (Lidje) merupakan kota utama di provinsi Liège, region Wallonia, wilayah timur Belgia. Berbedar dengan 4 kota sebelumnya yang terletak di region Flemish, Liège terletak di region Wallonia, dimana mayoritas penduduknya menggunakan Bahasa Prancis dalam kehidupan sehari-hari. Kota ini terletak di lembah Sungai Meuse, tidak jauh dari perbatasan Belgia – Belanda dan Belgia – Jerman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 197 ribu jiwa pada tahun 2016. Pelabuhan Liège yang terletak di Sungai Meuse, merupakan pelabuhan sungai terbesar ke-3 di Eropa. Landmark utama di kota ini antara lain Prince Bishop’s Palace, Liège Cathedral, Place du Marché, dan Curtis Museum. Dari Brussels, Liége berjarak sekitar 97 km di sebelah timur, dan dapat dicapai dengan kereta melalui stasiun Liége-Guillemins.


6. Leuven

Leuven, Belgia
Leuven
Leuven (Louvain) merupakan ibu kota provinsi Flemish Brabant, region Flemish, wilayah sentral Belgia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 99 ribu jiwa pada tahun 2016. Leuven terkenal dengan Katholieke Universiteit Leuven (KU Leuve), yang merupakan salah satu perguruan tinggi Katolik tertua di dunia. Rumah sakit di universitas tersebut, UZ Leuven, merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Eropa. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain Leuven Town Hall, St. Peter’s Chrch, Saint-Anthony’s Chapel, Linen-Hall, Grand Béguinage, Totem, Fonske, dan Sint-Donatus Park. Dari Brussels, Leuven berjarak sekitar 30 km di sebelah timur, dan dapat dicapai dengan kereta melalui stasiun Leuven.


7. Dinant

Dinant, Belgia
Dinant - foto oleh jiuguangw
Dinant adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Namur, region Wallonia, wilayah selatan Belgia. Sama seperti Liége, mayoritas penduduk di kota ini juga menggunakan Bahasa Prancis dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kota ini juga terletak di tepi Sungai Meuse, tepatnya di lembah Upper Meuse. Jumlah penduduk kota ini sekitar 13 ribu jiwa pada tahun 2016. Nama ‘Dinant’ berasal dari Bahasa Celtic Divo-Nanto, yang berarti ‘Sacred Valley’. Beberapa landmark utama di kota ini antara lain gereja Notre Dame de Dinant, Citadel of Dinannt, Rocher Bayard, dan House of Adolphe Sax. Dari Brussels, Dinant berjarak sekitar 105 km di sebelah tenggara, dan dapat dicapai dengan kereta.


8. Durbuy

Durbuy, Belgia
Durbuy - foto oleh Jean Housen
Durbuy adalah sebuah kota kecil yang terletak di provinsi Luxembourg, region Wallonia, wilayah selatan Belgia. Karena letaknya di region Wallonia, maka mayoritas penduduk di kota ini juga menggunakan Bahasa Prancis dalam kehidupan sehari-hari. Durbuy terletak di sepanjang Sungai Ourthe, salah satu cabang Sungai Meuse. Jumlah penduduk kota ini sekitar 11 ribu jiwa pada tahun 2016. Pada abad pertengahan, Durbuy merupakan kota pusat perdagangan dan industri. Saat itu, Durbuy merupakan salah satu tujuan wisata utama di Belgia. Objek wisata utama di kota ini antara lain Topiary Park, Re des Récollets, Spanish House, Church Sainte Walburge, dan City Walls. Dari Brussels, Durbuy berjarak sekitar 123 km dan dapat dicapai dengan kereta.


Nah, itulah 8 destinasi wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Belgia. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel







Artikel Terkait:

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar