Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 05, 2016

7 Destinasi wisata di Irlandia yang sering dikunjungi oleh para Traveler

Salam Traveling!

Setelah United Kingdom, sekarang kita menuju ke negara selanjutnya di Eropa Barat-Laut, yaitu Irlandia.

Irlandia (Éire), nama resminya Republic of Irlandia (Poblacht na hÉireann), merupakan sebuah negara yang menempati sekitar lima per enam wilayah Pulau Irlandia. Seperenam wilayah Pulau Irlandia lainnya merupakan wilayah negara Irlandia Utara (Northern Ireland), United Kingdom. Bersama dengan United Kingdom, Irlandia termasuk dalam wilayah Eropa Barat-Laut. Di sebelah barat, Irlandia berbatasan dengan Samudra Atlantik, di sebelah utara dengan Irlandia Utara, di sebelah timur dengan Laut Irlandia, dan di sebelah selatan dengan Laut Celtic. Ibu kota negara ini terletak di Dublin. Bahasa resmi yang digunakan oleh penduduk adalah Bahasa Irlandia dan Bahasa Inggris. Mata uang resmi negara ini adalah Euro (EUR). Di Irlandia terdapat 3 bandara internasional utama yaitu Dublin Airport, Shannon Airport, dan Cork Airport.

Apa saja destinasi wisata di Irlandia yang sering dikunjungi oleh para traveler? Berikut 7 di antaranya:

1. Dublin

Dublin, Irlandia
Dublin - foto oleh Donaldytong
Dublin merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di negara Irlandia. Kota ini termasuk dalam wilayah provinsi Leinster. Secara geografis, Dublin terletak di muara Sungai Liffey, wilayah pantai timur Irlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 527 ribu jiwa pada tahun 2011. Dublin pertama kali ditemukan oleh bangsa Viking. Selanjutnya saat invasi bangsa Norman pada abad ke-12, kota ini berkembang menjadi Kerajaan Dublin (Kingdom of Dublin). Pada saat Irlandia berpisah dari UK, Dublin selanjutnya dijadikan sebagai ibu kota negara ini. Dublin mendapat perdikat sebagai „global city“ dengan level „Alpha“ yang menunjukkan bahwa kota ini merupakan pusat ekonomi utama di dunia. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Spire of Dublin, Dublin Castle, St Patrick’s Catedral, National Museum of Ireland, Phoenix Park, dan St Stephen’s Green. Di Dublin terdapat salah satu bandara internasional utama Irlandia yaitu Dublin Airport.

2. Galway

Galway, Irlandia
Galway
Galway merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Connacht. Secara geografis, kota ini terletak di muara Sungai Corrib dan tepi Teluk Galway, wilayah barat Irlandia. Galway merupakan kota terbesar keempat di Irlandia dengan jumlah penduduk sekitar 75 ribu jiwa pada tahun 2011. Pada abad ke-12, Galway hanyalah sebuah benteng dan pemukiman kecil dengan nama Gaillimh. Saat invasi bangsa Norman, area ini kemudian berkembang menjadi sebuah kota yang dikelilingi oleh tembok. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Lynch’s Castle, Galway Cathedral, Menlo Castle, Eglinton Canal, Galway City Museum, dan Eyre Square. Di kota ini juga sering diadakan berbagai festival seperti Tulca Festival of Visual Art, Galway Arts Festival, dan Galway International Oyster Festival. Dengan Dublin, Galway dihubungkan oleh jalur railway melalui stasiun Ceannt Station.


3. Cork

Cork, Irlandia
Cork - foto oleh Assorti
Cork merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Munster. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Lee, wilayah barat-daya Irlandia. Cork merupakan kota terbesar kedua di negara ini dengan jumlah penduduk sekitar 125 ribu jiwa pada tahun 2011. Dalam Bahasa Irlandia, kota ini bernama Corcaigh, yang berasal dari kata ‘corcach’, yang berarti ‘marsh’ atau ‘rawa’. Di wilayah kota ini terdapat Cork Harbour, yang merupakan salah satu pelabuhan alam terbesar di dunia. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Cork City Gaol, St. Mary’s Cathedral, Saint Fin Barre’s Cathedral, St Patrick Street, Red Abbey, Cork City Hall, dan English Market. Di Cork terdapat salah satu bandara internasional utama Irlandia yaitu Cork Airport. Selain itu, kota ini juga bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta melalui Cork Kent Railway Station.

4. Killarney

Killarney, Irlandia
Killarney - foto oleh Pedelecs
Killarney adalah sebuah kota kecil yang terletak di County Kerry, provinsi Munster. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Lough (danau) Leane, wilayah barat-daya Irlandia. Killarney termasuk di wilayah Killarney National Park dan Rings of Kerry, salah satu wisata alam favorit para wisatawan di Irlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 14 ribu jiwa pada tahun 2011. Killarney telah menjadi tujuan wisata sejak abad ke-18. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain Killarney National Park, Muckross House, Muckross Abbey, Ross Castle, St Mary’s Cathedral, Danau Killarney, Torc Waterfall, Purple Mountain, dan Mangerton Mountain. Dari Dublin dan Cork, Killarney bisa dijangkau dengan bis maupun kereta melalui Killarney Railway Station.


5. Limerick

Limerick, Irlandia
Limerick - foto oleh Bjørn Christian Tørrissen
Limerick merupakan sebuah kota yang terletak di County Limerick, provinsi Munster. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Shannon, wilayah barat Irlandia. Kota ini juga terletak di muara Sungai Shannon, sebelum mengalir ke Samudra Atlantik. Area Old Town kota ini terletak di King’s Island, sebuah pulau yang dikelilingi oleh Sungai Shannon dan Sungai Abbey. Limerick merupakan kota terbesar ketiga di Irlandia dengan jumlah penduduk sekitar 95 ribu jiwa pada tahun 2011. Landmark dan objek wisata utama di kota ini antara lain King John’s Castle, Hunt Museum, Treaty Stone, Limerick City Gallery of Art, Belltable Arts Centre, dan Lough Gur. Di Limerick terdapat salah satu bandara internasonal utama Irlandia, yaitu Shannon Airport. Selain itu, kota ini juga bisa dicapai dengan bis dan kereta melalui stasiun Limerick Colbert Station.

6. Kilkenny

Kilkenny, Irlandia
Kilkenny, Irlandia
Kilkenny merupakan sebuah kota kecil yang terletak di County Kilkenny, provinsi Leinster. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Nore, wilayah tenggara Irlandia. Jumlah penduduk kota ini sekitar 24 ribu jiwa pada tahun 2011. Dalam Bahasa Irlandia, Kilkenny disebut dengan Cill Chainnigh, yang berarti ‘church of Canneich’; Canneich merupakan seorang tokoh agama terkemuka di Irlandia. Kilkenny terkenal sebagai kota tujuan wisata sejarah. Di kota ini terdapat berbagai landmark dan bangunan bersejarah seperti Kilkenny Castle, St Canice’s Cathedral, Rothe House, Butler House, Black Abbey, Kilkenny Town Hall, Green’s Bridge. Dari Dublin dan kota-kota besar lainnya, Kilkenny bisa dicapai dengan kereta melalui Kilkenny Railway Station.


7. Waterford

Waterford, Irlandia
Waterford - foto oleh Typhoon
Waterford adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di provinsi Munster. Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Suir, dan tepi Pelabuhan Waterford, wilayah tenggara Irlandia. Waterford merupakan kota terbesar kelima di negara ini dengan jumlah penduduk sekitar 51 ribu jiwa pada tahun 2011. Waterford merupakan salah satu kota tertua di Irlandia, yang telah dibangun sejak tahun 914. Reginald’s Tower, yang terletak di tepi Sungai Suir, merupakan bangunan tertua di Irlandia, yang dibangun oleh Bangsa Viking. Sejak dahulu, Waterford telah dikenal dengan industri gelas dan kristal. Landmark dan objek wisata utama di kota in antara lain Waterford Museum of Treasures, The Mall, The House of Waterford Crystal, Waterford Municipal Art Gallery, The Theatre Royal, Garter Lane Arts Centre. Dari Dublin dan kota-kota besar lainnya, Waterford bisa dicapai dengan menggunakan bis maupun kereta melalui Waterford Railway Station.

Nah teman-teman, demikianlan informasi tentang 7 destinasi wisata di Irlandia yang wajib kamu ketahui karena sering dikunjungi oleh para traveler. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar