Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 03, 2016

Wisata Belfast, ibu kota sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara

Salam Traveling!

Masih di United Kingdom, setelah London dan Edinburgh, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya yaitu Belfast, Irlandia Utara.

Belfast (Béal Feirste) merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara (Northern Ireland). Secara geografis, Belfast terletak di lembah Sungai Lagan, di pantai timur Irlandia Utara. Jika kota-kota lain pada umumnya terletak di satu region atau county, maka berbeda dengan Belfast. Wilayah Belfast terbagi di 2 county: wilayah pusat kota terletak di County Antrim; sedangkan wilayah timur dan selatan kota terletak di County Down. Jumla penduduk kota ini sekitar 333 ribu jiwa pada tahun 2015. Belfast merupakan tempat asal kapal terkenal dunia RMS Titanic yang diproduksi oleh perusahaan konstruksi kapal Harland and Wolff. Di kota ini terdapat 2 bandara utama yaitu George Best Belfast City Airport dan Belfast International Airport.

Berikut beberapa landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Belfast:

1. Belfast Castle

Belfast Castle
Belfast Castle - foto oleh Ross
Belfast Castle merupakan kompleks kastil yang terletak di lereng Cavehill Country Park, Belfast. Area kastil ini berada pada ketinggian 120 mete,r sehingga dari tempat ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Belfast dengan jelas. Belfast Castle sebenarnya telah dibangun sejak abad ke-12 di area pusat kota Belfast saat ini. Tetapi bangunan tersebut kemudian terbakar sehingga pada tahun 1811 dibangunlah kastil baru di wilayah pinggiran kota Belfast, seperti yang ada saat ini. Pada tahun 1988, kastil ini kemudian dibuka untuk publik. Di sekeliling bangunan utama kastil terdapat taman-taman yang dihiasi oleh aneka bunga dan tanaman hijau. Di kompleks kastil ini juga terdapat pusat informasi, restoran, dan toko souvenir. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.

2. Parliament Buildings

Parliament Building, Belfast
Parliament Buildings Northern Ireland
Sesuai dengan namanya, Parliament Buildings Northern Ireland merupakan gedung parlemen dan kantor pusat Northern Ireland Assembly (Dewan Perwakilan Rakyat Irlandia Utara). Gedung ini juga dikenal dengan nama Stormont karena lokasinya di area Stormont Estate, Belfast. Bangunan ini pertama kali dibuka pada tahun 1932 sebagai gedung parlemen Irlandia Utara. Kompleks bangunan ini dibagi menjadi beberapa bagian seperti Great Hall, Assembly Chamber, Senate Chamber, Stormont Castle, dan Stormont House. Di halaman depan terdapat patung Sir Edward Carson, pemimpin gerakan Irish Unionist Alliance. Gedung parlemen ini juga bisa dikunjungi oleh publik setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore.


3. Ulster Museum

Ulster Museum, Belfast
Ulster Museum - foto oleh Ardfern
Ulster Museum merupakan museum nasional yang terletak di kompleks Botanic Gardens, Stranmilis, wilayah selatan Belfast. Museum ini merupakan yang terbesar di Irlandia Utara dan merupakan bagian dari National Museums Northern Ireland. Ulster Museum pertama kali dibuka pada tahun 1929 dengan nama Belfast Natural History Society. Pada tahun 1929, museum ini dipindahkan di lokasinya saat ini, di Stranmilis. Kemudian pada tahun 1962, nama museum ini diganti menjadi Ulster Museum. Koleksi yang dipamerkan di museum ini beraneka ragam, mulai dari karya seni, arkeologi, etnografi, botani, zoologi, geologi, dan sejarah. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari kecuali Senin, mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

4. Botanic Gardens

Botanic Gardens Belfast
Botanic Gardens Belfast - foto oleh Albert Bridge
Botanic Gardens Belfast merupakan taman publik dan kebun botani yang terletak di Stranmills Road, wilayah selatan Belfast. Taman ini terletak di Queen’s Quarter, di dekat Queen’s Univerisity. Taman seluas 11 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1828 sebagai taman privat dengan nama Royal Belfast Botanical Gardens. Kemudian pada tahun 1895, taman ini dibuka untuk publik. Di taman ini 2 rumah kaca yaitu Palm House dan Tropical Ravine House. Beberapa spesies utama di kebun botani ini antara lain bunga lily setinggi 11 meter, bunga pink-ball (Dombeya wallichii) yang berbunga setiap bulan Februari, dan tumbuhan Xantorrhoea yang telah berusia 400 tahun. Di taman ini juga terdapat kebun bunga mawar dan patung Lord Kelvin. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 7.30 pagi hingga 9 malam.


5. SS Nomadic

SS Nomadic, Belfast
SS Nomadic - foto oleh Kenneth Allen
SS Nomadic merupakan museum kapal yang terletak di Hamilton Dock, Queens Road, Belfast. SS Nomadic merupakan kapal uap milik perusahaan Prancis, White Star Line. Meski merupakan milik perusaaan Prancis, tetapi SS Nomadic dikonstruksi di Belfast, UK. Kapal ini memiliki panjang 67 meter, lebar 11 meter, dan dapat menampung hingga 1.000 penumpang. Pada tahun 1911, SS Nomadic resmi diluncurkan di Cherbourg, Prancis. Pada tahun 2006, SS Nomadic dikembalikan ke Belfast dan dijadikan sebagai museum kapal. Saat ini SS Nomadis diletakkan di area Titatic Quarter, sebuah area wisata terkenal di Belfast Harbour. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

6. Belfast City Hall

Belfast City Hall
Belfast City Hall - foto oleh David Hawgood
Sesuai dengan namanya, Belfast City Hall merupakan gedung balai kota yang terletak di Donegal Square, Belfast. Di gedung inilah, Dewan Kota Belfast (Belfast City Council) berkantor. Gedung berarsitektur Baroque Revival ini pertama kali dibangun pada tahun 1898 dan resmi dibuka pada tahun 1906. Luas keseluruhan kompleks gedung dan halaman sekitar 0,6 hektar. Di keempat sudut gedung masing-masing terdapat menara setinggi 53 meter, dan di bagian tengah gedung terdapat sebuah kubah. Bagian eksterior gedung didominasi oleh warna putih, sedangkan bagian kubah dan keempat puncak menara berwarna hijau kebiruan. Tidak jauh dari gedung ini terdapat atraksi wisata lainnya yaitu Belfast Wheel dan Victoria Square Shopping Centre. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 8.30 pagi hingga 5 sore.


7. Albert Memorial Clock

Albert Memorial Clock, Belfast
Albert Memorial Clock - foto oleh Kenneth Allen
Albert Memorial Clock, juga dikenal dengan nama Albert Clock, merupakan menara jam (clock tower) yang terletak di Queen’s Square, Belfast. Menara jam ini pertama kali diresmikan pada tahun 1869 serta merupakan landmark utama kota Belfast. Nama Albert Clock, digunakan untuk mengenang Prince Albert, suami Queen Victoria, yang telah wafat sebelumnya. Menara ini memiliki arsitektur perapaduan French Gothic - Italian Gothic serta tinggi 40 meter. Di slaah satu sisi menara terdapat patung Prince Albert dengan mengenakan jubah, dan bagian jam dilengkapi dengan 2 bel.

8. Cave Hill

Cave Hill, Belfast
Cave Hill - foto oleh Ross
Cave Hill atau Cavehill merupakan sebuah bukit yang terletak di County Antrim, tidak jauh dari pusat kota Belfast. Area wisata bukit ini dikenal dengan nama Cave Hill Country Park. Cave Hill merupakan bukit yang tersusun dari batu-batuan basalt dan memiliki ketinggian 370 meter dari permukaan laut. Serupa dengan Artur’s Seat di Edinburgh, dari puncak Cave Hill, pengunjung juga bisa menikmati panorama kota Belfast. Bahkan pada cuaca cerah, dari puncak bukit ini bisa terlihat pulau Isle of Man dan wilayah Skotlandia. Karena tersusun atas batu-batuan, di area bukit ini terdapat beberapa gua, dan di bagian puncak bukit terdapat sebuah benteng batu yang disebut McArt’s Fort. Di sekitar bukit ini juga terdapat beberapa objek wisata lain yaitu Belfast Castle dan Belfast Zoo.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Belfast, ibu kota sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar