Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 16, 2016

Wisata Den Haag, Kota Pusat Parlemen Kerajaan Belanda

Salam Traveling!

Masih di Belanda, setelah Amsterdam dan Rotterdam, sekarang kita menuju ke kota tujuan wisata selanjutya, yaitu Den Haag.

Den Haag (The Hague) merupakan kota terbesar ketiga di Belanda setelah Amsterdam dan Rotterdam. Kota ini merupakan ibu kota provinsi South Holland (Zuid-Holland) sekaligus pusat Parlemen Kerajaan Belanda. Secara geografis, Den Haag terletak di tepi North Sea, wilayah barat Belanda. Jumlah penduduk kota ini sekitar 515 ribu jiwa pada tahun 2015. Sebagai kota pusat parlemen kerajaan, di Den Haag terdapat kantor pusat pemerintah (kabinet), gedung parlemen, serta pengadilan tinggi (supreme court) negara Belanda. Sama seperti New York, Geneva, dan Vienna, Den Haag juga merupakan salah satu kota yang memiliki kantor pusat PBB (United Nations). Dari Amsterdam dan Rotterdam, kota ini bisa dicapai dengan kereta melalui stasiun Den Haag Centraal.

Berikut 8 landmark dan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Den Haag:

1. Binnenhof

Binnenhof, Den Haag
Binnenhof, Den Haag
Binnenhof (Inner Court) merupakan kompleks bangunan pemerintahan yang terletak di tepi danau Hofvijver, pusat kota Den Haag. Beberapa bangunan pemerintahan yang ada di kompleks ini antara lain kantor Perdana Menteri Belanda, State General of the Netherlands, Ministry of General Affairs. Kompleks bangunan berarsitektur Gothic ini pertama kali dibangun pada abad ke-13 sebagai tempat tinggal para pangeran Kerajaan Belanda. Bangunan yang pertama kali dibangun adalah sebuah hall yang disebut Ridderzaal, yang merupakan pusat kompleks ini. Pada tahu 1584, Biinnenhof kemudian dijadikan sebagai kantor pusat pemerintahan negara Belanda. Saat ini Binnenhof merupakan salah satu kompleks bangunan pemerintahan tertua di dunia serta dimasukkan ke dalam Dutch Heritage Sites.

2. Peace Palace

Peace Palace, Den Haag
Peace Palace, Den Haag
Peace Palace atau Vredespaleis merupakan sebuah bangunan administrasi hukum internasional yang terletak di Carnegieplein, Den Haag. Di gedung inilah letak kantor pusat International Court of Justice (Badan Peradilan PBB) dan Permanent Court of Arbitration. Selain itu, di gedung ini juga terdapat kampus Hague Academy of International Law dan perpustakaan Peace Palace Library. Bangunan berarstektur Neo-Renaissance ini pertama kali diresmikan pada tahun 1913 sebagai gedung Permanent Court of Arbitration, sebuah badan peradilan yang didirikan berdasarkan Hague Convention pada tahun 1899. Selain sebagai gedung peradilan, saat ini Peace Palace juga merupakan landmark yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Pada tahun 2014, gedung ini mendapat penghargaan European Heritage Label. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

3. Mauritshuis

Mauritshuis, Den Haag
Mauritshuis, Den Haag
Mauritshuis (Maurice House) adalah museum seni yang terletak di Plein 29, Den Haag, tepat di sebelah kompleks Binnenhof. Museum ini pada awalnya hayalah sebuah rumah yang dibangun oleh Pangeran Maurice Nassau pada tahun 1636. Setelah Pangeran Maurice wafat, bangunan ini kemudian dibeli oleh pemerintah Belanda dan dijadikan sebagai museum seni pada tahun 1822. Mauritshuis memiliki koleksi Royal Cabinet of Paintings yang terdiri dari 841 objek, sebagian besar berupa lukisan yang dibuat pada masa Dutch Golden Age. Beberapa lukisan utama antara lain karya seniman Johannes Vermeer, Rembrandt, Jan Steen, dan Paulus Potter. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

4. Panorama Mesdag

Panorama Mesdag, Den Haag
Panorama Mesdag, Den Haag
Panorama Mesdag merupakan sebuah museum yang menampilkan lukisan panorama yang terletak di Zeestraat 65, Den Haag. Lukisan panorama yang ditampilkan merupakan sebuah lukisan silinder, yang juga dikenal dengan nama cyclorama, karya seniman Hendrik Willem Mesdag. Mesdag adalah seorang pelukis terkenal dari Hague School yang hidup pada abad ke-19. Lukisan-lukisan panorama karya Mesdag tersebut dipamerkan di sebuah ruang silinder yang memiliki diameter 40 m dan tinggi 14 meter. Di pusat ruang silinder terdapat galeri observasi. Dari sini, pengunjung bisa melihat perspektif lukisan yang menggambarkan panorama desa Scheveningen pada abad ke-19, saat lukisan ini dibuat. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 4 sore.

5. Gemeentemuseum Den Haag

Gemeentemuseum, Den Haag
Gemeentemuseum Den Haag - foto oleh Roel Wijnants
Gemeentenmuseum (Municipal Musem) merupakan museum seni yang terletak di Stadhouderslaan 41, Den Haag. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1931 hingga 1935. Koleksi museum ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu: Modern Art, Print Room, Fashion, dan Music. Museum ini memiliki jumlah koleksi terbesar dari karya seniman Piet Modrian, termasuk karya terakhirnya, Victory Boogie-Woogie. Beberapa koleksi utama lainnya antara lain lukisan karya Edger Degas, Claude Monet, Pablo Picaso, dan perhiasan karya Gabriele Chanel. Gemeentemuseum juga memiliki 2 cabang lain yang letaknya terpisa yaitu GEM (museum seni kontemporer) dan Fotomuseum (museum fotografi). Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 5 sore.

6. Louwman Museum

Louwman Museum, Den Haag
Louwman Museum - foto oleh Pvt Pauline
Louwman Museum adalah museum mobil terletak di Leidsestraatweg 57, Den Haag. Berbeda dengan museum-museum lain yang pada umumnya menyimpan koleksi karya seni, Louwman Museum merupakan museum yang menyimpan koleksi berbagai mobil antik termasuk bis dan motor. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1969 di Leidschendam. Pada tahun 2010, museum ini kemudian dipindahkan di Den Haag, lokasinya saat ini. Sebelumnya, museum ini bernama Nationaal Automobiel Museum and Louwman Collection. Koleksi mobil yang ada di sini berjumlah lebih dari 200 item yang dikumpulkan oleh keluarga Louwman sejak tahun 1934, termasuk di antaranya mobil milik Winston Churchill, Aston Martin DB5 yang digunakan di film James Bond, dan sebuah Cadillac milik Elvis Presley. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.

7. Escher Museum

Escher Museum, Den Haag
Escher Museum, Den Haag - foto oleh Niels Elgaard Larsen
Escher Museum merupakan museum seni yang terletak di Lange Voorhout Palace, Den Haag. Karena letaknya di dalam bangunan istana, sehingga museum ini juga sering disebut dengan Escher in het Paleis (Escher in the Palace). Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 2002 untuk menyimpan karya-karya seni M. C. Escher, seorang seniman Belanda yang terkenal dengan karya ukiran kayu (woodcut), lithograph, dan mezzotint. Beberapa karya utama yang dipamerkan antara lain Air and Water, Belvedere, Waterfall, dan Drawing. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 5 sore.

8. Madurodam

Madurodam, Den Haag
Madurodam, Den Haag
Madurodam adalah sebuah taman miniatur Belanda yang terletak di distrik Scheveningen, Den Haag. Serupa dengan Mini-Europe di Brussels, tetapi Madurodam hanya dikhususkan untuk landmark dan bangunan-bangunan utama di Belanda. Taman ini pertama kali dibuka pada tahun 1952 dan sejak saat itu, tempat wisata ini telah dikunjungi oleh jutaan pengunjung. Nama taman ini diambil dari nama George Madurodam, seorang mahasiswa CuraƧao yang wafat saat melawan Nazi pada tahun 1945. Sama seperti Mini-Europe, semua objek yang ada di Madurodam juga dibangun dengan skala 1:25 dari ukuran aslinya. Beberapa objek miniatur utama antara lain Rijksmuseum, Binnenhof, Schipol Airport, kanal-kanal, kincir angin, dan padang bunga tulip.

Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Den Haag, Belanda. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar