Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 19, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Frankfurt, Jerman

Salam Traveling!

Masih di Jerman, setelah Berlin, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Frankfurt.

Frankfurt (Frankfurt am Main) merupakan kota terbesar di state Hessen (Hesse). Secara geografis, kota ini terletak di sepanjang Sungai Main, wilayah barat daya Jerman. Jumlah penduduk kota ini sekitar 732 ribu jiwa pada tahun 2016. Frankfurt merupakan kota asal Johann Wolfgang von Goethe, salah satu penulis terkenal dunia. Frankfurt juga merupakan pusat lalu lintas udara dunia. Bandara internasional utama di Jerman, Frankfurt International Airport (FRA), terletak di kota ini. Bandara tersebut juga merupakan bandara tersibuk keempat di Eropa setelah London Heathrow Airport, Paris-Charles de Gaulle Airport, dan Amsterdam Airport Schipol. Frankfurt juga terkenal dengan trade fair terbesar di dunia, Messe Frankfurt, serta Frankfurt Book Fair. Di kota ini juga terdapat berbagai institusi pendidikan ternama seperti Johann Wolfgang Goethe University dan Frankfurt University of Applied Sciences.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Frankfurt? Berikut 8 di antaranya:

1. Römerberg

Römerberg, Frankfurt
Römerberg - foto oleh Mylius
Römerberg (Roman Mountain) merupakan sebuah lapangan (square) yang terletak di pusat kota Frankfurt. Sejak abad pertengahan, lapangan ini telah menjadi pusat Altstadt (Old Town). Di lapangan ini terdapat salah satu landmark dan bangunan utama di Frankfurt, yaitu sebuah city hall (Rathaus) yang telah berumur lebih dari 600 tahun, yang disebut Römer. Lapangan berbatasan dengan Paulsplatz di sebelah utara, dengan Old St Nicholas Church dan Historical Museum di sebelah selatan, dengan bangunan Römer di sebelah timur, serta dengan Döm Römer Project dan Frankfurt Catedral di sebelah timur. Römerberg merupakan lokasi utama kegiatan Frankfurt Christmas Market.

2. Goethe House

Goethe House, Frankfurt
Goethe House - foto oleh Mylius
Goethe House dulunya merupakan rumah kediaman keluarga Johann Wolfgang von Goethe, salah seorang penulis terkenal dunia yang berasal dari Frankfurt. Saat ini, bangunan ini merupakan museum yang terletak di Großer Hirschgraben, distrik Innenstadt, Frankfurt. Di rumah inilah Johann Wolfgang lahir pada tahun 1749 dan bertempat tinggal bersama saudara perempannya, Cornelia. Pada tahun 1765, saat berusia 16 tahun, Goethe pindah ke Leipzig untuk belajar hukum, setelah itu kembali ke Frankfurt hingga tahun 1795. Salah satu buku autobiografi Goethe yang terkenal adalah Aus Meinem Leben: Dichtung und Wahrheit (Out of my Life: Poetry and Truth) yang menceritakan tentang masa kecilnya di rumah ini. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.


3. Naturmuseum Senckenberg

Naturmuseum Senckenberg, Frankfurt
Naturmuseum Senckenberg
Naturmuseum Senckenberg adalah museum sejarah alam yang terletak di Senckenberganlage, Frankfurt. Museum ini merupakan museum sejarah alam terbesar kedua di Jerman. Museum Senckenberg pertama kali dibangun pada tahun 1904 oleh Johann Christian Senckenberg, di area yang sama dengan Johann Wolfgang Goethe University. Museum ini sangat populer di kalangan wisatawan, terutama anak-anak, karena di sini terdapat koleksi berbagai fosil dinosaurus. Di museum ini terdapat model dinosaurus Diplodocus, Hadrosaur, Tyrannosaurus, Oviraptor, dan Iguanodon. Selain itu, di museum ini juga terdapat berbagai fosil dan spesimen burung, ikan, dan reptil. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

4. Städel

Städel, Frankfurt
Städel
Städel, nama resminya Städelsches Kunstinstitut und Städtische Galerie, merupakan sebuah museum seni yang terletak di Schaumainkai, Frankfurt. Museum ini merupakan salah satu museum penting di Jerman. Museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1815 oleh Johann Friedrich Städel. Pada tahun 1878, gedung museum ini dibangun dengan gaya Gründerzeit di Schaumainkai, yang saat ini menjadi distrik museum utama di Frankfurt. Städel memiliki koleksi sekitar 2.700 lukisan, 100.000 gambar, dan 600 patung. Museum ini memilki area pameran seluas 4.000 meter persegi dan sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi sekitar 100.000 buku. Beberapa koleksi utama yang dipamerkan antara lain lukisan karya Jan van Eyck, Sandro Botticeli, Rembrandt, dan Johannes Vermeer.

5. Palmengarten

Palmengarten, Frankfurt
Palmengarten - foto oleh Anna16
Palmengarten adalah kebun botani yang terletak di Siesmayerstraße, distrik Westend-Süd, Frankfurt. Palmengarten merupakan 1 dari 2 kebun botani yang ada di Frankfurt. Kebun botani lainnya dalah Frankfurt Botanical Garden yang juga terletak di Siesmayerstraße. Palmengarten pertama kali dibuka pada tahun 1871 di atas area seluas 22 hektar. Disebut Palmerngarten karena di kebun botani ini terdapat sebuah rumah kaca (palm house). Selain tumbuhan-tumbuhan di rumah kaca dan udara terbuka, Palmgarten juga memiliki sejumlah koleksi tumbuhan tropis dan subtropis. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.

6. Frankfurt Botanical Garden

Frankfurt Botanical Garden
Frankfurt Botanical Garden
Frankfurt Botanical Garden atau Botanischer Garten Frankfurt adalah kebun botani kedua yang juga terletak di Siesmayerstraße. Kebun botani ini memiliki luas 7 hektar dan dikelola oleh Goethe University. Kebun botani ini pertama kali dibangun pada tahun 1767 oleh Johann Christian Senckenberg di dekat Eschenheimer Tor. Setelah itu, pada tahun 1907, kebun botani ini dibangun kembali di Siesmayerstraße, dekat Palmgarten saat ini. Frankfurt Botanical Garden memiliki koleksi sekitar 5.000 spesies tumbuhan, termasuk di antaranya spesies Rubus dan tumbuhan asli wilayah Eropa Tengah. Koleksi kebun botani ini dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain: Alpine Garden, Arboretum, Meadow, Steppe, Marsh, Pond, Rose, dan beberapa spesies tanaman yang terancam punah. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.


7. Main Tower

Main Tower, Frankfurt
Main Tower - foto oleh Thomas Wolf
Main Tower adalah sebuah menara komersil yang terletak di tepi Sungai Main, distrik Innenstadt, Frankfurt. Menara ini memiliki 56 lantai dan tinggi total 240 meter, yang terdiri dari tinggi bangunan 200 meter, dan tinggi antenna 40 meter. Main Tower pertama kali dibangun pada tahun 1996 dan resmi dibuka pada tahun 2000. Nama Main Tower diambil dari nama Sungai Main yang terletak di dekat menara ini. Menara ini merupakan menara tertinggi di Frankfurt serta tertinggi keempat di seluruh wilayah Jerman. Main Tower juga dilengkapi dengan dek observasi dan merupakan satu-satunya menara di Frankfurt yang memiliki dek observasi.

8. Museumsufer

Museumsufer, Frankfurt
Museumsufer - foto oleh Dontworry
Museumsufer atau Museum Riverbank merupakan sebutan bagi area di sebelah selatan dan utara Sungai Main, Frankfurt. Dinamakan Museumsufer karena di area ini terdapat berbagai museum dan galeri seni, yang utama adalah Städel Art Gallery yang terletak di sebelah selatan sungai. Museum-museum lainnya yang juga terletak di sebelah selatan Sungai Main antara lain Icon Museum, Museum of Applied Arts, Ethnological Museum, German Film Museum, German Architecture Museum, Communication Museum, Liebieghaus, Museum Giersch, dan Portikus. Sedangkan di sebelah utara sungai hanya terdapat 2 museum yaitu Jewish Museum dan Historiches Museum. Jalan di area ini dinamakan Schaumankai dan setiap hari Sabtu akan diadakan flea market (pasar loak) di sepanjang jalan ini.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Frankfurt, Jerman. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar