Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 28, 2016

Wisata Liverpool, Kota Metropolitan di muara Sungai Mersey, Inggris

Salam Traveling!

Masih di United Kingdom, setelah London, Edinburgh, dan Belfast, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Liverpool.

Liverpool adalah sebuah kota metropolitan yang terletak di county Merseyside, region North West England. Secara geografis, kota ini terletak di muara Sungai Mersey, wilayah barat-laut Inggris. Liverpool pertama kali dibangun pada tahun 1207 dan menjadi sebuah kota pada tahun 1880. Jumlah penduduk kota ini sekitar 473 ribu jiwa pada tahun 2014. Pelabuhan Liverpool (Port of Liverpool), yang terletak di tepi Laut Irlandia, merupakan salah satu pelabuhan utama di United Kingdom, yang menyediakan jasa ferry penyeberangan ke Belfast, Isle of Man, dan Dublin. Bandara internasional utama di kota ini adalah Liverpool John Lennon Airport (LPL). Dari kota-kota besar lainnya di Inggris, Liverpool juga bisa dijangkau dengan menggunakan kereta melalui stasiun Lime Street. Liverpool juga merupakan kota asal 2 klub sepak bola utama Eropa, yaitu Liverpool FC dan Everton FC.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Liverpool? Berikut 8 di antaranya:

1. Royal Liver Building

Royal Liver Building, Liverpool
Royal Liver Building
Royal Liver Building merupakan bangunan kantor komersil yang terletak di Pier Head, Liverpool. Bangunan ini merupakan 1 dari 3 bangunan Three Graces Liverpool, dua lainnya adalah Cunard Building dan Port of Liverpool Building yang letaknya berdekatan satu sama lain. Royal Liver Building pertama kali dibuka pada tahun 1911 sebagai kantor perusahaan Royal Liver Assurance. Bangunan ini memiliki tinggi 51 meter dan 2 menara setinggi 98 meter. Di masing-masng menara tersebut, terdapat sebuah jam dengan diameter 7,6 m, lebih besar daripada diameter jam di Big Ben London. Dan di bagian puncak kedua menara, terdapat 2 patung burung Liver Bird; seekor burung menghadap ke kota dan seekor burung lainnya menghadap ke laut. Menurut legenda setempat, jika salah satu burung tersebut terbang, maka kota Liverpool akan musnah.

2. Albert Dock

Albert Dock, Liverpool
Albert Dock
Albert Dock adalah kompleks dermaga kapal dan gudang yang terletak di Edward Pavilion, Liverpool. Dermaga ini pertama kali dibuka pada tahun 1864 dan merupakan bangunan pertama di UK yang dibangun tanpa menggunakan kayu, tetapi menggunakan batu, besi, dan batu bata. Pada saat itu, Albert Dock merupakan dermaga yang revolusioner, karena semua kapal yang berlabuh dapat membongkar muatan mereka langsung ke gudang masing-masing. Tetapi pada saat Perang Dunia II, dermaga ini mengalami kerusakan parah dan harus ditutup total pada tahun 1972. Sepuluh tahun kemudian, Albert Dock direnovasi, dan pada tahun 1984, dermaga ini dibuka kembali. Saat ini, Albert Dock merupakan salah latu landmark utama Inggris, di luar London, yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Demaga ini juga termasuk dalam Liverpool Maritime City yang merupakan UNESCO World Heritage Site.

3. The Beatles Story

The Beatles Story, Liverpool
The Beatles Story
The Beatles Story adalah museum yang didedikasikan untuk mengenang The Beatles, grup musik legendaris dunia yang berasal Liverpool. Museum ini terletak di 2 tempat; di Albert Dock, dan di Pier Head. Museum yang terletak di Albert Dock pertama kali dibuka pada tahun 1990. Sedangkan museum yang terletak di Pier Head, baru dibuka pada tahun 2009. Beberapa objek yang dipamerkan di museum ini antara lain: audio dalam 10 bahasa yang dinarasikan oleh Julia Baird (saudara perempuan John Lennon), kaca mata John Lennon, gitar pertama George Harrison, replika Cavern Club, Beatles Hidden Gallery, Fab4D Experience.


4. Merseyside Maritime Museum

Merseyside Maritime Museum, Liverpool
Merseyside Maritime Museum - foto oleh John S Turner
Merseyside Maritime Museum merupakan museum maritim yang terletak di Albert Dock, Liverpool. Museum ini merupakan bagian dari National Museum Liverpool dan Anchor Point of ERIH (European Route of Industrial Heritage). Merseyside Maritime Museum pertama kali dibuka pada tahun 1980. Museum ini menempati bangunan di Blok D, kompleks Albert Dock, bersama dengan Piermaster’s House, Canning Half Tide Dock, dan Canning Graving Docks. Koleksi yang dipamerkan di museum ini sebagian besar berupa objek yang menunjukkan peranan Liverpool sebagai pelabuhan utama di dunia. Di lantai dasar museum ini terdapat galeri Museum Nasional UK Border Agency, yang bernama Seized! The Border and Customs uncovered.

5. Walker Art Gallery

Walker Art Gallery, Liverpool
Walker Art Gallery - foto oleh Rept0n1x
Walker Art Gallery adalah sebuah museum dan galeri seni yang terletak di William Brown Street, Liverpool. Galeri ini merupakan bagian dari National Museum Liverpool serta merupakan galeri seni terbesar di Inggris, di luar London. Galeri berarsitektur Neoclassical ini pertama kali dibuka pada tahun 1877. Nama galeri ini diambil dari nama Sir Andrew Barclay Walker, pendiri galeri ini, yang juga pernah menjadi walikota Liverpool. Koleksi yang ada di Walker Art Gallery antara lain lukisan-lukisan seniman Belanda dari tahun 1300-1550, karya seni Eropa dari tahun 1550-1900, karya seni British dari abad 18 hingga 19, aneka macan gambar dari abad 20, dan koleksi patung. William Brown Street, lokasi museum ini, merupakan satu-satunya jalan di UK yang hanya memiliki bangunan museum, galeri, dan perpustakaan.


6. World Museum Liverpool

World Museum Liverpool
World Museum Liverpool - foto oleh Chowells
World Museum adalah museum nasional yang juga terletak di William Brown Street, Liverpool. Museum ini berfokus pada bidang arkeologi, etnologi (ilmu tentang suku bangsa), dan ilmu pengetahuan alam. World Museum juga merupakan bagian dari National Museum Liverpool. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1851 dengan nama Derby Museum. Seiring berjalannya waktu, museum ini terus berkembang sehingga di awal tahun 2000-an, nama museum ini diganti menjadi World Museum Liverpool. Koleksi yang dipamerkan di museum ini meliputi bidang astronomi & luar angkasa, arkeologi, sejarah manusia, sejarah alam, biologi, zoologi, dan geologi. Di museum ini juga terdapat sebuah planetarium.

7. Chavasse Park

Chavasse Park, Liverpool
Chavasse Park - foto oleh Rept0n1x
Chavasse Park adalah taman kota dan areal terbuka yang terletak di pusat kota Liverpool. Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 1980 oleh Keluarga Chavasse, salah satu keluarga uskup di Liverpool. Pada saat itu, taman ini hanyalah sebuah lahan kosong seluas 1 hektar. Pada tahun 2004, taman ini harus ditutup untuk pembangunan Liverpool One, sebuah pusat perbelanjaan bawah tanah di Liverpool. Kemudian pada tahun 2008, Chavasse Park dibuka kembali dengan luas 2,2 hektar, seperti yang ada saat ini. Di taman ini terdapat sebuah monumen John Lennon yang berjudul "Peace and Harmony". Taman ini dibatasi oleh One Park West di sebelah barat, Liverpool One di sebelah utara, Hilton Liverpool di sebelah timur, dan Albert Dock di sebelah selatan.


8. Anfield Stadium

Anfield Stadium, Liverpool
Anfield Stadium - foto oleh Ivan PC
Tempat wisata terakhir adalah Anfield Stadium, markas salah satu klub sepak bola raksasa Inggris, Liverpool FC. Anfield Stadium merupakan stadion yang terletak di distrik Anfield, Liverpool, distrik yang lebih dikenal dengan julukan City of Liverpool. Stadion ini pertama kali dibuka pada tahun 1884 sebagai markas klub Everton FC. Kemudian pada tahun 1891, Everton FC pindah ke stadion Goodison Park, di Walton. Pada tahun 1892, Liverpool FC didirikan, dan Anfield Stadium resmi menjadi markas klub ini hingga sekarang. Anfield Stadium dibagi menjadi 4 stand yaitu Spion Kop, Main Stand, Centenary Stand, dan Anfield Road. Stadion ini memiliki kapasitas 54.167 kursi dan merupakan stadion sepak bola terbesar ke-6 di seluruh wilayah Inggris.

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang wisata Liverpool, kota metropolitan di muara Sungai Mersey, Inggris, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip selanjutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar