Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 31, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Manchester, Inggris

Salam Traveling!

Masih di United Kingdom, setelah London, Edinburgh, Belfast, dan Liverpool, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Manchester.

Manchester adalah kota metropolitan yang terletak di county Greater Manchester, region North West England. Secara geografis, kota ini terletak di wilayah barat-laut Inggris. Wilayah Manchester dibatasi oleh 2 pegunungan; Pegunungan Pennies di sebelah utara dan Cheshire Plan di sebelah selatan. Area pusat kota ini terletak di tepi timur Sungai Irwell, dan wilayah selatan kota dialiri oleh Sungai Mersey. Dari Liverpool, Manchester berjarak sekitar 56 km di sebelah barat-laut. Jumlah penduduk kota ini sekitar 520 ribu jiwa pada tahun 2014. Sejak Revolusi Industri pada abad ke-19, Manchester telah berkembang sebagai pusat industri utama di Eropa. Kota ini juga merupakan kota asal 2 klub sepak bola utama Eropa yaitu Manchester United dan Manchester City. Bandara internasional utama di kota ini adalah Manchester Airport. Stasiun kereta (rail) utama di kota ini adalah Manchester Piccadily dan Manchester Victoria.

Landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunnjungi oleh para traveler di Manchester antara lain:

1. Manchester Town Hall

Manchester Town Hall
Manchester Town Hall - foto oleh Baresi Franco
Manchester Town Hall merupakan gedung balai kota yang terletak di Albert Square, Manchester. Selain sebagai kantor administrasi dewan kota, gedung ini juga digunakan sebagai kantor beberapa lembaga pemerintahan. Gedung berarsitektur perpaduan Victorian dan Neo-gothic ini pertama kali dibangun pada tahun 1868 dan resmi dibuka pada tahun 1877. Bagian eksterior gedung ini didominasi oleh sebuah menara jam (clock tower) setinggi 85 meter. Di keempat sisi menara tersebut masing-masing terdapat sebuah jam. Menara ini juga dilengkapi dengan sebuah bel seberat 8 ton, yang disebut Great Abel. Sedangkan bagian interior gedung yang sering dikunjungi adalah Great Hall. Di bagian in terdapat lukisan mural yang berjudul History of Manchester karya Ford Madox Brown. Di sebelah utara gedung terdapat Albert Square dan Albert Memorial, serta di sebelah selatan terdapat St Peter’s Square dan The Cenotaph.


2. Museum of Science and Industry

Museum of Science and Industry, Manchester
Museum of Science and Industry, Manchester
Museum of Science and Industry (MOSI) adalah museum nasional yang didedikasikan untuk bidang sains, teknologi, dan industri, yang terletak di Liverpool Road, Manchester. MOSI pertama kali dibuka pada tahun 1969 di area stasiun kereta pertama di dunia, yang menghubungkan Manchester dan Liverpool. Koleksi objek yang dipamerkan di museum ini dibagi ke dalam beberapa bidang yaitu Aircraft, Computing, Locomotive, dan beberapa galeri dengan tema tertentu. Objek-objek tersebut antara lain alat transportasi (mobil, aircraft, dan lokomotif), pembangkit energi (air, listrik, uap, dan gas), peralatan komunikasi, komputer, tekstil, dan sanitasi. Pada hari-hari tertentu, pengunjung juga bisa mendemontrasikan cara menjalankan kereta api di lantai dasar museum. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


3. John Rylands Library

John Rylands Library, Manchester
John Rylands Library - foto oleh Mdbeckwith
John Rylands Library, atau Rylands Library, merupakan perpustakaan yang terletak di Deansgate, Manchester. Perpustakaan berarsitektur perpaduan Victorian dan Neo-Gothic ini pertama kali dibangun pada tahun 1890, oleh Enriqueta Augustina Rylands, untuk mengenang mendiang suaminya, John Rylands. Koleksi yang ada di perpustakaan ini merupakan yang terbesar di seluruh wilayah UK, termasuk di antaranya manuskrip Injil, papyrus, dan catatan pribadi tokoh-tokoh penting.Yang unik dari museum ini adalah bagian interior ruang baca, yang terletak di lantai dasar, dihiasi dengan jendela stained glass, sangat kontras dengan bagian eksterior bangunan yang tampak seperti bangunan tua. Saat ini, John Rylands Library menjadi bagian dari perpustakaan Universitas Manchester, dan dibuka bagi pengunjung umum.


4. National Football Museum

National Footbal Museum, Manchester
National Footbal Museum - foto oleh David Dixon
National Football Museum adalah museum sepak bola yang terletak di kompleks Urbis Building, pusat kota Manchester. Museum ini dibangun untuk melestarikan berbagai koleksi milik asosiasi sepak bola. National Football Museum pertama kali dibuka pada tahun 1001 di Deepdale, Preston, Lanchashire. Pada tahun 2012, museum ini kemudian dipindahkan ke Manchester, lokasinya saat ini. Koleksi yang dipamerkan di museum ini antara lain berasal dari FIFA Museum, Football Association, Football League, FIFA Book Collection, dan Neville Evans Collection yang juga dikenal dengan nama National Football Collection. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


5. Manchester Museum

Manchester Museum
Manchester Museum - foto oleh Pit-yacker
Manchester Museum adalah museum nasional yang terletak Oxford Road, Manchester. Museum ini berfokus di bidang arkeologi, antropologi, dan sejarah alam. Sama seperti John Rylands Library, Manchester Museum juga merupakan bagian dari Universitas Manchester. Museum berarsitektur Neo-Gothic ini pertama kali dibuka pada tahun 1867. Koleksi objek yang ada di museum ini dibagi menjadi beberapa bagian yaitu antropologi, arkeologi, panahan (archery), ilmu bumi, botani, serangga (entomology), koleksi mata uang (numismatic), mamalia, burung, terumbu karang, dan berbagai spesimen hewan-hewan mikroskopis. Pada tahun 2004, museum ini memperoleh replika fosil Tyrannosaurus rex, yang disebut Stan. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


6. Heaton Park

Heaton Park, Manchester
Heaton Hall di Heaton Park - foto oleh Richerman
Jika di London ada Hyde Park, maka di Manchester ada Heaton Park, taman kota yang luas, yang terletak di wilayah Higher Blackley, Manchester. Taman seluas 242 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1902. Area taman ini meliputi sebuah bangunan Neo-Classic abad ke-18, yaitu Heaton Hall. Bangunan tersebut termasuk dalam daftar Grade I Listed Building dan dijuluki sebagai bangunan terbaik di Lanchashire. Keseluruhan area Heaton Park dibagi menjadi beberapa bagian yaitu area woodlands, ornamental gardens, playground, observatorium, danau, walled garden, farm centre, animal centre, lapangan tenis, dan padang golf. Selain Heaton Hall, di taman ini juga terdapat beberapa bangunan lainnya yaitu Heaton Park BT Tower, The Temple, Dower House, Smithy Lodge, dan Grand Lodge. Untuk mencapai tempat wisata ini, pengunjung bisa menggunakan tram (metrolink), dan turun di stasiun Heaton Park.


7. Fletcher Moss Botanical Garden

Fletcher Moss Botanical Garden, Manchester
Fletcher Moss Botanical Garden - foto oleh Onnaghar
Fletcher Moss Botanical Garden, atau sering disingkat dengan Fletcher Moss, adalah taman kota dan kebun botani yang terletak di Didsbury, Manchester. Area taman ini terletak di antara Sungai Mersey dan hutan Stenner Woods. Taman seluas 4 hektar ini pertama kali dibangun pada tahun 1919. Nama taman ini diambil dari nama Alderman Fletcher Moss, orang yang mendonasikan area taman ini ke pemerintah kota Manchester. Selain sebagai taman kota dan kebun botani, Fletcher Moss Garden juga merupakan habitat asli bagi berbagai hewan liar. Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas rekreasi seperti lapangan tennis, lapangan rugby, dan cafe keluarga. Lokasi taman ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum karena terletak di jalur bis Wilmslow Road dan dekat dengan stasiun kereta East Didsbury.


8. Old Trafford

Old Trafford Stadium, Manchester
Old Trafford Stadium - foto oleh André Zahn
Tempat wisata terakhir adalah markas salah satu klub sepak bola raksasa Eropa, Manchester United F.C., yaitu Old Trafford Stadium. Old Trafford merupakan stadion sepak bola yang terletak di wilayah Old Trafford, Greater Manchester. Dari pusat kota Manchester, stadion ini hanya berjarak sekitar 4 km. Old Trafford pertama kali dibuka pada tahun 1910. Sejak pertama kali dibuka hingga saat ini, stadion ini tetap menjadi markas Manchester United. Stadion ini memiliki kapasitas 75.635 kursi, serta merupakan stadion sepak bola terbesar ke-2 di UK dan terbesar ke-11 di Eropa. Area stadion ini dibagi menjadi 4 stand yaitu Sir Alex Fergusson Stand, Sir Bobby Charlton Stand, West Stand, dan East Stand. Oleh Bobby Charlton, stadion ini sering dijuluki sebagai “The Theatre of Dreams”.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Manchester, Inggris, United Kingdom. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel





Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar