Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

Agustus 15, 2016

8 Landmark dan Tempat Wisata Utama di Rotterdam, Belanda

Salam Traveling!

Masih di Belanda, setelah Amsterdam, sekarang kita menju ke kota tujuan wisata selanjutnya, yaitu Rotterdam.

Rotterdam merupakan sebuah kota metropolitan yang terletak di provinsi South Holland (Zuid-Holland). Secara geografis, kota ini terletak di tepi North Sea, tepatnya di area delta 3 sungai (Rhine-Muse-Scheldt), wilayah barat Belanda. Sungai Nieuwe Maas mengalir membagi wilayah kota ini menjadi 2 bagian: utara dan selatan. Rotterdam merupakan kota terbesar kedua di Belanda setelah Amsterdam. Jumlah penduduk sekitar 630 ribu jiwa pada tahun 2015. Pelabuhan Rotterdam merupakan pelabuhan cargo terbesar di Eropa, sehingga kota ini sering mendapat julukan sebagai “Gateway to Europe”. Di Rotterdam terdapat Erasmus University Rotterdam (EUR), yang merupakan universitas utama di Eropa yang terkenal di bidang maritim. Dari Amsterdam dan Schipol Airport, Rotterdam bisa dicapai dengan menggunakan kereta melalui stasiun Rotterdam Centraal.

Apa saja landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh para traveler di Rotterdam? Berikut 8 di antaranya:

1. Erasmusburg

Erasmusburg, Rotterdam
Erasmusburg
Erasmusburg atau Erasmus Bridge merupakan sebuah jembatan bertipe bascule dan cable-stayed yang membentang di atas Sungai Nieuwe Maas, pusat kota Rotterdam. Jembatan ini menghubungkan wilayah utara dan selatan kota Rotterdam serta merupakan jembatan terpanjang kedua di Belanda. Jembatan sepanjang 802 meter ini pertama kali diresmikan pada tahun 1996. Bagian utara jembatan bertipe cable-stayed dengan tinggi 139 meter. Sedangkan bagian selatan jembatan bertipe bascule dengan panjang 89 meter yang disediakan bagi kapal-kapal yang tidak dapat melalui bagian bawah jembatan. Bascule tersebut merupakan yang terbesar di wilayah Eropa Barat. Karena bentuknya yang menyerupai angsa, Erasmusburg sering dijuluki sebagai De Zwaan (The Swan). Jembatan ini 4 jalur kendaraan, 2 jalur tram, 2 jalur sepeda, dan 2 jalur pejalan kaki.


2. Euromast

Euromast, Rotterdam
Euromast - foto oleh F.Eveleens
Euromast adalah sebuah menara observasi yang terletak di Parkhaven, Rotterdam. Menara ini pertama kali dibuka pada tahun 1960 untuk mempersiapkan festival Floriade yang diadakan di Rotterdam. Pada saat itu, menara ini memiliki tinggi 101 meter serta merupakan bangunan tertinggi di kota ini. Tetapi sejak tahun 1968, saat menara Erasmus MC yang memiliki tinggi 113,5 meter diresmikan. Euromast tidak lagi menjadi yang tertinggi. Kemudian pada tahun 1970, sebuah space tower setinggi 85 ditambahkan di bagian atas menara, sehingga total keseluruhan tinggi Euromast pada saat itu menjadi 185 meter. Sejak saat itu hingga kini, Euromast tetap menjadi bangunan tertinggi di Rotterdam. Menara ini dilengkapi dengan sebuah dek observasi pada ketinggian 96 meter. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9.30 pagi hingga 10 malam.


3. Museum Boijmans Van Beuningen

Museum Boijmans Van Beuningen, Rotterdam
Museum Boijmans Van Beuningen - foto oleh F.Eveleens
Museum Boijmans Van Beuningen merupakan museum seni yang terletak di Museumpark, Rotterdam. Museum ini terletak di distrik Rotterdam Centrum, tidak jauh dari Kunsthal dan Natural History Museum. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1849 dengan nama Museum Boymans untuk menyimpan koleksi seni milik Frans Jacob Otto Boijmans. Pada tahun 1958, koleksi seni milik Daniël George van Beuningen ditambahkan di museum ini, sehingga namanya diubah menjadi Museum Boymans-van Beuningen. Koleksi karya seni yang ada di museum ini sebagian besar berasal dari abad pertengahan hingga zaman modern. Beberepa karya seni utama yang dipamerkan antara lain lukisan-lukisan karya Hieronymus Bosch, Rembrandt, Vincent van Gogh, dan Paul Cézanne. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 11 pagi hingga 5 sore.


4. Cube House

Cube House, Rotterdam
Cube House - foto oleh Katerina Kirkorian
Cube House (Kubuswoningen) adalah deretan rumah berbentuk seperti kubus yang terletak di Overblaak Street, Rotterdam. Selain di Rotterdam, rumah kubus seperti ini juga terdapat di Helmond, provinsi North Brabant. Meski merupakan rumah, tetapi Cube House bukan merupakan tempat tinggal, melainkan museum dan landmark utama yang sering dikunjungi d Rotterdam. Rumah kubus ini pertama kali dibangun pada tahun 1977. Total keseluruhan rumah berjumlah 39, yang masing masing-masing berbentuk kubus yang diletakkan dengan kemiringan 45 derajat. Tiap rumah dibangun di atas sebuah tiang yang berbentuk segi enam (hexagon). Desain rumah ini menggambarkan sebuah desa di dalam kota, setiap rumah menggambarkan sebuah pohon, dan keseluruhan rumah menggambarkan sebuah hutan. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 11 pagi hingga 5 sore.


5. Kunsthal

Kunsthal Rotterdam
Kunsthal Rotterdam - foto oleh Jeffrey Beall
Kunsthal atau Art Hall merupakan sebuah museum seni yang terletak di Museumpark, Rotterdam. Museum ini juga juga terletak tidak jauh dari Museum Boijmans Van Beuningen. Kunsthal pertama kali dibuka pada tahun 1992. Berbeda dengan museum-museum pada umumnya, Kunsthal Rotterdam sama sekali tidak memiliki koleksi seni permanen. Tetapi museum ini sering mengadakan pameran berbagai macam koleksi seni yang berasal dari museum atau galeri seni yang lain. Museum ini memiliki area pameran seluas 3.300 meter persegi. Sebagian besar karya seni yang dipamerkan berasal dari abad ke-20 dan seni kontemporer. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore.


6. Witte Huis

Witte Huis, Rotterdam
Witte Huis - foto oleh F.Eveleens
Witte Huis atau White House merupakan sebuah gedung bergaya Art Nouveau yang terletak di Rotterdam. Disebut White House karena bagian eksterior bangunan didominasi oleh warna putih. Witte Huis pertama kali dibangun pada tahun 1898. Bangunan ini memiliki 10 lantai dan tinggi total 43 meter. Witte Huis merupakan salah satu bangunan tinggi (hoogbouw) pertama yang dibangun di Eropa. Saat ini, bangunan ini juga dimasukkan ke dalam Rijksmonument dan National Heritage Site Belanda. Karena memiliki bentuk yang khas, Witte Huis menjadi salah satu landmark yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Rotterdam.


7. Wereldmuseum

Wereldmuseum Rotterdam
Wereldmuseum Rotterdam - foto oleh F.Eveleens
Wereldmuseum merupakan sebuah museum etnografi yang terletak di Wilemskade, pusat kota Rotterdam. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1883. Sebelumnya, museum ini bernama Museum voor Landen Volkenkunde. Sesuai dengan namanya, museum etnografi, di museum ini terdapat lebih dari 1.800 koleksi objek yang menggambarkan kebudayaan berbagai suku bangsa d dunia, seperti Asia, Oseania, Afrika, dan kebudayaan Islami. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 10.30 pagi hingga pukul 5.30 sore.


8. Diergaarde Blijdorp

Diergaarde Blijdorp, Rotterdam
Red Panda di Diergaarde Blijdorp - foto oleh Jar0d
Diergaarde Blijdorp adalah kebun binatang yang terletak di Blijdorplan, wilayah barat-laut Rotterdam. Kebun binatang ini pertama kali dibuka pada tahun 1857 dan merupakan kebun binatang tertua di Belanda. Diergaarde Blijdorp merupakan bagian dari Dutch Zoo Federation dan European Association of Zoos and Aquaria. Kebun binatang ini berpartisipasi dalam 70 program breeding, termasuk di antaranya red panda, gajah Asia, komodo dragon, red crowned crane, Siberian crane, dan kura-kura Mesir. Di kebun binatang ini juga terdapat sebuah kebun botani dan oceanium. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.


Nah, itulah 8 landmark dan tempat wisata utama yang sering dikunjungi oleh wisatawan di Rotterdam, Belanda. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!


Indeks Artikel





Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar