Catatan Traveling

There is a world out there. Travel and explore it.

September 23, 2016

Wisata Barcelona, Kota Cantik di Tepi Laut Mediterania, Spanyol

Salam Traveling!

Masih di Spanyol, setelah Madrid, sekarang kita menuju ke destinasi wisata selanjutnya, yaitu Barcelona.

Barcelona merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di community Catalonia. Secara geografis, Barcelona terletak di wilayah timur Spanyol, di pantai Laut Mediterania. Kota ini terletak di antara 2 muara sungai yaitu Llobregat dan Besòs, serta dibatasi oleh pegunungan Sierra de Collserola di sebelah barat. Barcelona merupakan kota tersebar kedua di Spanyol dengan jumlah penduduk sekitar 1,6 juta jiwa pada tahun 2015. Bagi penggemar sepak bola, kota ini tentu tidak asing lagi, karena salah satu klub sepak bola ternama Eropa, FC Barcelona, berasal dari kota ini, tepatnya di Camp Nou. Bandara internasional utama di kota ini adalah Barcelona-El Prat Airport, yang juga merupakan bandara terbesar kedua di Spanyol. Dari Madrid, Paris, Marseille, dan Toulouse, kota ini juga bisa dicapai dengan menggunakan kereta melalui stasiun Barcelona Sants.

Landmark dan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler di Barcelona antara lain:

1. Park Güell

Park Güell, Barcelona
Park Güell - foto oleh Bernard Gagnon
Park Güell (Parc Güell) adalah sebuah taman kota yang terletak di La Salut, distrik Grácia, Barcelona. Yang unik dari taman ini adalah, jika taman-taman kota pada umumnya berupa didominasi oleh tanaman, maka Park Güell didominasi oleh bangunan-bangunan berarsitektur unik. Taman ini pertama kali dibangun pada awal tahun 1900-an di atas bukit Carmel Hill, yang merupakan bagian dari pegunungan Collserola. Pada awalnya, taman ini bernama Park del Camel, tetapi kemudian lebih dikenal dengan nama Park Güell untuk menghormati pendirinya, Eusebi Güell, seorang enterpreneur Spanyol. Beberapa bagian utama taman adalah Gaudi House Museum, Gaudi’s Mosaic, Bird Nest, Doric Column, Casa Martí, dan Pavilion. Pada tahun 1984, Park Güell dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 8 malam.

2. Sagrada Família

Sagrada Familia, Barcelona
Sagrada Familia - foto oleh Bernard Gagnon
Sagrada Família, nama lengkapnya Basílica i Temple de la Sagrada Família, adalah gereja Katorlik Roma yang berukuran besar yang terletak di Carred de Mallorca, Barcelona. Gereja ini dibangun oleh seorang arsitek ternama Spanyol, Antoni Gaudí, pada tahun 1882 tetapi tidak selesai. Meski demikian, gereja ini tetap aktif digunakan hingga saat ini dan pada tahun 1984 dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Bangunan gereja memiliki arsitektur perpaduan Gothic dan Art Nouveau, dengan panjang 90 meter dan lebar 60 meter, serta dilengkapi dengan 8 puncak menara yang masing-masing memiliki tinggi 170 meter. Sagrada Família direncanakan akan diselesaikan pada tahun 2026, dengan penambahan 10 puncak menara.

3. Plaça de Catalunya

Plaça de Catalunya, Barcelona
Plaça de Catalunya - foto oleh Rauenstein
Plaça de Catalunya, atau Catalonia Square, adalah sebuah lapangan yang merupakan pusat kota Barcelona. Sebelum abad ke-19, area ini dulunya juga merupakan Old City (Ciutat Vella) Barcelona. Plaça de Catalunya merupakan persimpangan beberapa jalan utama di kota seperti Passeig de Grácia, Rambla de la Catalunya, dan La Rambla atau Portal de l’Angel. Di lapangan ini seluas 5 hektar terdapat aneka macam patung, monumen, air mancur, yang terkenal adalah Catalunya a Francesc Macià. Di area ini juga sering berkumpul puluhan bahkan ratusan burung merpati, terutama pada pagi hari. Karena letaknya tepat di pusat kota, tempat wisata ini sangat mudah dijangkau, baik dengan menggunakan metro, bis, kereta, dan nitbus (bis malam).

4. La Rambla

La Rambla, Barcelona
La Rambla - foto oleh Marcela
Selain Plaça de Catalunya, area wisata lainnya di pusat kota Barcelona yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah La Rambla, sebuah jalan sepanjang 1,2 km yang membentang dari Plaça de Catalunya hingga ke Monumen Christopher Columbus di Port Veil. Jalan ini berbatasan dengan Barri Gòtic (Gothic Quarter) di sebelah timur, dan El Raval di sebelah barat, serta hanya dikhususkan bagi pejalan kaki. Di sepanjang jalan ini berderet berbagai kios, café, toko souvenir, dan pedagang bunga, yang selalu ramai dikunjungi, baik di siang maupun malam hari. Dua landmark utama yang terdapat di jalan ini adalah sebuah mozaik karya Joan Miró, air mancur Font de Canaletes, dan pasar La Boqueria.

5. Casa Milà

Casa Milà, Barcelona
Casa Milà - foto oleh Canaan
Casa Milà, atau lebih dikenal dengan nama La Padrera, adalah sebuah bangunan rumah berarsitektur Modern yang terletak di Passeig de Gràcia, Barcelona. Rumah ini pertama kali dibangun pada tahun 1906 dan merupakan desain arsitek Antoni Gaudí. Disebut Casa Milà karena rumah ini merupakan milik seorang pebisnis, Pere Milà i Camps, dan istrinya, Roser Segimon i Artells. Pada saat dibangun, rumah ini dianggap tidak normal dan menuai kontroversi, karena arsitekturnya yang janggal, tidak seperti rumah-rumah lain pada umumnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, rumah ini dianggap sebagai salah satu bangunan inovatif di Barcelona, sehingga pada tahun 1984 dimasukkan ke dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 11 malam.

6. Montjuïc Castle

Montjuïc Castle, Barcelona
Montjuïc Castle - foto oleh Oleg Khalimov
Montjuïc Castle, atau Castell de Montjuïc, adalah sebuah kastil yang terletak di atas bukit Montjuïc, Barcelona. Kastil ini pertama kali dibangun sekitar tahun 1640 sebagai benteng pertahanan militer. Pada saat terjadi Serangan Barcelona pada tahun 1750, kastil ini sempat jatuh ke tangan tentara Inggris. Pada saat terjadi Perang Napoleon, kastil ini juga sempat jatuh ke tangan Prancis. Pada tahun 1963, Montjuïc Castle kemudian dijadikan museum. Untuk mencapai kastil ini, pengunjung bisa menggunakan cable car yang terhubung dengan Barcelona Metro melalui stasiun Paral•lel. Di atas bukit, stasiun cable car tersebut terletak tepat di dekat pintu masuk. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam.

7. Museu Nacional d’Art de Catalunya

Museu Nacional d’Art de Catalunya, Barcelona
Museu Nacional d’Art de Catalunya - foto oleh Jvhertum
Museu Nacional d’Art de Catalunya (MNAC) adalah museum seni nasional Catalan yang terletak di Palau Nacional, Parc de Montjuïc, Barcelona. Sama seperti Montjuïc Castle, Museum Catalunya terletak di atas bukit Montjuïc, tepatnya di ujung jalan Avinguda de la Reina Maria Cristina. Museum ini pertama kali dibuka pada tahun 1934, meskipun bangunan museum, Palau Nacional, telah dibuka sejak tahun 1929. Jumlah koleksi yang ada di museum ini sekitar 290 ribu objek, yang terkenal adalah koleksi lukisan-lukisan gereja Katolik Roma, yang dibuat pada abad ke-19 hingga abad ke-20. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi lukisan Gothic yang berasal dari abad ke-13 hingga abad ke-15. Museum Catalunya juga dilengkapi dengan perpustakaan dan fasilitas penunjang pendidikan. Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam.

8. Camp Nou

Camp Nou, Barcelona
Camp Nou - foto oleh Oh-Barcelona.com
Tempat wisata terakhir adalah Camp Nou, markas salah satu klub sepak bola raksasa Eropa, FC Barcelona, yang terletak di C. Aristines Mailol, Barcelona. Camp Nou, atau Nou Camp (New Field), pertama kali dibangun pada tahun 1954 untuk menggantikan stadion FC Barcelona yang lama, Camp de Les Corts. Stadion ini memiliki kapasitas 99.354 kursi, termasuk di dalamnya 23 executive suite. Camp Nou merupakan stadion sepak bola terbesar di Spanyol dan di seluruh wilayah Eropa. Beberapa pertandingan utama yang pernah dilangsungkan di stadion ini antara lain semi-final Piala Dunia tahun 1982, dua kali final Liga Champions, serta pertandingan sepak bola pada Olimpiade Musim Panas (Summer Olympics) tahun 1992. Dari pusat kota, Camp Nou bisa dicapai dengan menggunakan tram, metro, bis, dan nitbus (bis malam).

Nah teman-teman, demikianlah informasi tentang Wisata Barcelona, kota cantik di tepi Laut Mediterania, Spanyol. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trip berikutnya!




Artikel Terkait:


Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar